Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Gulung Pandan yang Lezat

Dipos pada February 4, 2017

Bolu Gulung Pandan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Gulung Pandan yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bolu Gulung Pandan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Gulung Pandan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu Gulung Pandan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Gulung Pandan adalah 12 Potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mumpung masih ingat nih, perkiraan waktu untuk memasak Bolu Gulung Pandan diperkirakan sekitar 60 Menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu Gulung Pandan bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Bolu Gulung Pandan memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Video Memasak Ada di 👇Youtube Channel "Uli's Kitchen" https://youtu.be/1fMcdAiLJ1M Follow Juga IG @ulis_kitchen https://www.instagram.com/ulis_kitchen/ Happy Baking💗

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Pandan:

  1. 🍰bahan bolu:
  2. 4 Butir Telur
  3. 60 Gram Gula Pasir
  4. 1 Sdt Sp/Emulsifier
  5. 1/4 Sdt Baking Powder
  6. 1/2 Sdt Vanilly Bubuk
  7. 1 Sdm Susu Bubuk
  8. 60 Gram Tepung Terigu Serbaguna
  9. 1 Sdm Maizena
  10. 60 Gram Margarin Cair
  11. 1/4 Sdt Garam
  12. Secukupnya Selai Strawberry
  13. Secukupnya Buttercream
  14. Secukupnya Pasta Pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Pandan

1
Campur Tepung Terigu,Tepung Maizena dan garam.Sisihkan.
Bolu Gulung Pandan - Step 1
Bolu Gulung Pandan - Step 1
Bolu Gulung Pandan - Step 1
2
Kocok telur,gula,sp,baking powder,vanilly bubuk dan susu bubuk hingga kental berjejak.Kemudian Masukan Pasta Pandan Secukupnya.
Bolu Gulung Pandan - Step 2
Bolu Gulung Pandan - Step 2
Bolu Gulung Pandan - Step 2
3
Turunkan Kecepatan mixer ke paling rendah.Masukan campuran tepung sedikit demi sedikit.Kemudian Masukan margarin yang telah dilelehkan,mix sebentar saja.Matikan Mixer.
Bolu Gulung Pandan - Step 3
Bolu Gulung Pandan - Step 3
Bolu Gulung Pandan - Step 3
4
Aduk kembali dengan spatula agar tercampur rata.Siapkan Loyang Ukuran 24×24cm....olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas kue.olesi kembali atas kertas kue dengan margarin.
Bolu Gulung Pandan - Step 4
Bolu Gulung Pandan - Step 4
Bolu Gulung Pandan - Step 4
5
Tuang adonan hingga merata.Hentakan.Panggang dengan suhu 200°C dengan api bawah selama 20 menit dan api atas bawah selama 5-10 menit.Sesuaikan saja dengan oven masing2 dirumah ya.
Bolu Gulung Pandan - Step 5
Bolu Gulung Pandan - Step 5
Bolu Gulung Pandan - Step 5
6
Jika sudah matang,angkat.Siapkan alas kain bersih/kertas kue.Balik adonan ke atas kertas kue.Biarkan agak hangat.
Bolu Gulung Pandan - Step 6
Bolu Gulung Pandan - Step 6
Bolu Gulung Pandan - Step 6
7
Olesi bolu dengan selai strawberry dan buttercream.Lalu gulung hingga padat.Diamkan agar gulungan tidak lepas selama 15 menit.
Bolu Gulung Pandan - Step 7
Bolu Gulung Pandan - Step 7
Bolu Gulung Pandan - Step 7
8
Keluarkan bolu dari kertas.Potong-potong sesuai selera.Jika.ingin lebih set,kalian bisa masukan dulu ke dalam lemari es.Bolu Gulung pandan siap dinikamati.
Bolu Gulung Pandan - Step 8
Bolu Gulung Pandan - Step 8
Bolu Gulung Pandan - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

mini roll cake

mini roll cake

berhubung selai nanas nya sisa sedikit jadi hanya bagian ujung saja rollnya jd tipis

Blackforest Roll Cake

Blackforest Roll Cake

Suka sama tekstur kuenya

Roll Cake Kukus

Roll Cake Kukus

Resep by teh ida @facebook

30 menit
Unicorn Roll Cake (Versi Kukus)

Unicorn Roll Cake (Versi Kukus)

Yang berwarna memang bikin lebih ceria. Ya kan ya kaaan... Source: Putri (Dapur Ryuna) #GASicantikWarnaUnicorn #Semarak_GASicantikWarnaUnicorn #CookpadCommunity_Solo #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #wongSoloMasak #recookresepdapurryuna_solo #jelajahResep #GA_theNextLevel #jelajahResep #jelajahResepRumahan 💕Season everything with Love 💕 Gbu

20 pcs
60 menit
Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

source : fenita dede rebake : feniwa ditya maafkan boluku yang telanjang, mungkin pake otang dan belum tricky dengan pengapian.. kalo menurutku karna kurang kering/ kurang lama dirak atasnya.. tapii inuk bingiittt 💕💕💕 takaran saya konversikan sesuai kebutuhan saya ya mak.. tapi takaran Insyaallah ga jauh banyak bedanya..

Bolu kukus gulung pelangi porsi mini

Bolu kukus gulung pelangi porsi mini

Penasaran.. Setiap buat bolu gulung selalu gagal.. Untung ketemu resep ini.. Dan cara potong yg simple dan gak ribet.. Alhamdulillah berhasil walau masih belum rapih 😄

25-30 biji
60 menit
Bolu gulung

Bolu gulung

Bikin ini waktu pingin belajar cara menggulung bolu.digulung buka gulung buka terus gara2 melenceng,sampai kulitnya ada yang ngelupas sedikit. nggak apa2 deh namanya belajar hehehe. Meskipun bolgul ini pakai telur utuh tapi rasanya lembut dan lentur jadi mudah digulungnya.kalo mau hasil akhir pori2nya rapat,pakai cara kocok all in one.jadi semua bahan(kecuali mentega) langsung dikocok jadi satu sampai mengembang,baru terakhir masuk mentega.tapi pakai cara ini banyak yang gagal,termasuk saya sendiri :D.akhirnya pakai cara yang biasa saja deh...nyerah dulu...yang penting bolgulnya jadi hehehe. Saya bikin 1/2 resep ya,pakai loyang 22x22x4,kalo 1 resep pakai loyang 30x30x4. makasih resepnya ya mbak dida rachmadiah,memang beneran enak&lembut mbak.

Strawberry Roll Cake

Strawberry Roll Cake

Saya persembahkan strawberry roll cake ini untuk pejuang kanker payudara yang sedang berjuang melawan kanker payudara. Seperti kita ketahui di dalam buah strawberry mengandung kandungan asam ellagic yang memiliki peranan penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker selain itu vit c yang terkandung dalam buah strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh yg dapat di gunakan untuk melawan sel2 kanker. Tetaplah semangat, berpikiran positif, kalian pasti bisa melewatinya💪💪 #PahlawanDapur

Bolu Gulung Ovomaltine Keju (Metode All In One)

Bolu Gulung Ovomaltine Keju (Metode All In One)

#cookpadcommunity_bandung #berburucelemekemas #resolusi2019 #3weekschallenge

Bolu Gulung Abon Mini

Bolu Gulung Abon Mini

Ini kalau bukan PR dari Grup masak tercinta kagak bakalan buat sepertinyaa. Secaraa gituu drku selalu tak pernah lulus soal gulung menggulung si bolu 😅😅 Check it out yaw 😘😘

119. Bolu gulung tipe 2

119. Bolu gulung tipe 2

Mencoba berbagai macam cara. Tinggal pilih mana yg hasilnya paling memuaskan.

Bolu Gulung Pandan Happy Call

Bolu Gulung Pandan Happy Call

05.03.19 .. Bolu gulung yg praktis apalagi tanpa oven,, sekalian ikut kontes #KueTanpaOven .. Ternyata buka Cookpad lewat aplikasi ga keluar even/kontes Cookpad, baru tau byk even/kontes setelah buka lewat situsnya. Kembali ke bolu gulung pandan happy call ini,, Sy suka bgt dgn resep ini krn selain ga perlu dioven, bahannya gampang diingat, ga perlu ditimbang jd ga ribet dan memudahkan saat proses pembuatan. Hasilnya pun bolunya enak & lembut. Apalagi berpadu dgn selai strawberry jd tambah enak. Bakalan sering2 bikin utk cemilan. Oea api kompor harus bener2 kecil sekali, punya sy agak kosong padahal api udah kecil, mgkn waktu panggangnya 10 menit aja,, krn pny sy 11-12 menit lumayan eksotis kulitnya 😁. Source: Yunita Hovina #3weekschallenge #berburucelemekemas Minggu ke-9 #resolusi2019 #cookpadcommunity_yogyakarta #cookpadcommunity_aceh #resepdapurnauzalla

Bolu Gulung bintik

Bolu Gulung bintik

Ternyata bolu gulung bisa dibikin aneka macam bentuk. Salah satunya adalah bolu gulung bintik ini. Hati2 kalau mau bikin. Jangan coba2 merubah cara membuatnya. Pasti gagal. #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Mau share resep bolgul ekonomis andalan nih.. Siapa tahu bermanfaat😀 resepnya dapat dari blog Bunda Ricke Ordinary Kithcen. Resep ini memakai all in one methode; yaitu semua bahan dikocok jadi satu sampai mengembang (kecuali butter) lalu baru dimasukkan butter lelehnya. Hasil akhir cake dengan cara ini sangat bergantung pada kocokan adonan dan teknik mencampur mentega lelehnya. Harus pelan-pelan dan cukup diADUK BALIK menggunakan spatula hingga rata saja. Sayangnya saya tidak sempat menyertakan step by step fotonya karena memang sudah lama sekali saya membuatnya. Bolgulnya pun langsung ludess.. Hanya tersisa foto saja.. hehe. Saya sarankan agar rasanya lebih milky dan wangi sebaiknya gunakan butter (mentega) ya dan bukan margarin.. Selanjutnya, membuatnya sangat mudah dan hasilnya so yummy.. Tetep lembut dan pasti lebih sehat karena irit kuning telur☺ yuk buat!

Bolu gulung pake otang ala tintin rayner

Bolu gulung pake otang ala tintin rayner

Sekali coba bkn bolu gulung ini knp lsg sukses yah nyampe senyum2 sendiri liat hasilnya & jd ketagihan bkn ini terus soalnya gampang sih bknnya ga ribet..., meskipun pake otang tapi hasilnya cantik ko ga kalah sama oven listrik hee..., trm ksh resepnya yah ci tintin ini beneran enak banget 😊😊

Swiss roll perfect

Swiss roll perfect

No ribet n anti gagal✌

Hurricane taro swissroll cake #SelasaBisa

Hurricane taro swissroll cake #SelasaBisa

Bissmillah,,,17.04.2018 first trial resep cantik ciamik ini,,,,😍