Cara Gampang Membuat Bolu Goreng (Pisang) yang Sempurna

Dipos pada August 17, 2017

Bolu Goreng (Pisang)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu Goreng (Pisang) yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bolu Goreng (Pisang) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Goreng (Pisang), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu Goreng (Pisang) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Goreng (Pisang) adalah 20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Bolu Goreng (Pisang) diperkirakan sekitar 30 Menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bolu Goreng (Pisang) sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Bolu Goreng (Pisang) memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bingung punya Pisang Ambon yg udh kelewat mateng mau diapain lagi. Listrik di rumah lg ngadat2 suka Jepret meteran nya kalo pake Oven. Terbesit pikiran ga masuk akal, hahaha. Kalo Adonan bolu di goreng, bisa kali ya. Akhirnya bisa ๐Ÿ˜Ž. Tanpa Baking Powder, tetapi tetep super lembut sampai menitikan air mata ๐Ÿ˜‚. Ekonomis Pastinya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Goreng (Pisang):

  1. 250 gr / 2 Buah Pisang Ambon/Cavendish/
  2. 300 gr Tepung terigu Serbaguna
  3. 125 gr Gula Pasir
  4. 2 Butir telur ayam
  5. 1 bungkus Santan instan (65 ml)
  6. 1/2 Sdt SP (Emulsifier)
  7. 1/4 sdt Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Goreng (Pisang)

1
Mixer Gula,telur dan SP Hingga Mengembang, creamy, kental, kaku, pucat (Kurleb 7 menit handmixer)
Bolu Goreng (Pisang) - Step 1
2
Masukan Pisang yang telah di lumatkan pakai garpu, tambahkan 65 ml Santan instan yg telah di campur air hingga volume mencapai 200 ml, lalu tambahkan tepung terigu, campur jadi satu. Aduk dengan mixer dengan kecepatan paling rendah sampai tercampur Rata.
Bolu Goreng (Pisang) - Step 2
3
Siapkan Wajan untuk menggoreng, yang di isi minyak sekitar 500 ml, Gunakan Api kecil saja. Siapkan centong sayur, lalu rendam sebentar kedalam minyak yang sedang dipanaskan, tidak perlu lama2 sekitar 10 detik saja.
Bolu Goreng (Pisang) - Step 3
4
Masukan adonan ke dalam centong sayur dengan menggunakan sendok yang lain. Lalu Goreng adonan. adonan akan secara otomatis lepas dari centong sekitar 5 detik.
Bolu Goreng (Pisang) - Step 4
5
Untuk ukuran wajan kecil, cukup 3 adonan saja per sekali goreng, sambil di siram2 bagian atas nya agar matang nya Rata. Apabila bagian bawah sudah kecoklatan, silahkan di balik. Goreng hingga matang.
Bolu Goreng (Pisang) - Step 5
6
Berasa makan Roti pisang yang di goreng tapi tekstur kayak Bolu pisang, jadi bingung sendiri ini apa. Hahahaa. Yang jelas enak..
Bolu Goreng (Pisang) - Step 6
7
Mirip Dorayaki Pisang jadinya ๐Ÿ˜‚. Untuk ukuran centong besar. Jadinya sekitar 20 buah ukuran jumbo.
Bolu Goreng (Pisang) - Step 7
8
Selamat Mencoba
Bolu Goreng (Pisang) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Sakura Tanpa Telur

Bolu Sakura Tanpa Telur

Pingin bikin cemilan yang bahannya murah, mudah dan cepat ...nyari di cookpad dan akhirnya pilihan jatuh pada resep bolu sakura dari Siswati Elfin Bachtiar

Bolu pandan kukus ekonomis 2 telur

Bolu pandan kukus ekonomis 2 telur

Emm .. Lembut milky pandan๐Ÿ˜

Marmer Butter Cake Kuno

Marmer Butter Cake Kuno

#PejuangGoldenBatikApron #cloverdandelion17 #marmercake ยฐ Hai, mommies. Kali ini aku membuat butter type cake kuno yang memadukan mentega dan margarine dalam pembuatannya. Kenapa sih dikatakan kuno? Karena dalam pembuatannya aku tidak menambahkan cake emulsifier (sp, tbm, ovalete), bahan pengembang (baking powder, soda kue), bahkan dalam ngemixer putih telurnya aku juga tidak menambahkan cream of tartar ataupun cuka jadi hanya putih telur. Oh iya, aku menggunakan mentega corman patisy dan margarine filma yah, moms. ยฐ Mentega adalah produk hewani yang dalam bahasa Inggris disebut butter. Selain itu ada pula mentega jernih (clarified butter) yang disebut dengan minyak samin. Mentega merupakan makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol. Kata mentega diambil dari bahasa Portugis yaitu manteiga. Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan. Mentega hampir sama dengan roombutter tetapi roombutter adalah mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

10 orang
2 jam.
Bolu cokelat Benk Benk Drink ekonomis

Bolu cokelat Benk Benk Drink ekonomis

Resep andalan rumah krna Teksturnya lembuttt sprti sponge cake, gak seret jg d makan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bolu Spekuk / Ontbijtkoek / Bolu Rampa (Bugis) ekonomis

Bolu Spekuk / Ontbijtkoek / Bolu Rampa (Bugis) ekonomis

Salah satu bolu yang sering dibuat mamak. Jaman kecil dulu kurang suka karena aroma bumbu spekuknya itu.. Tapi makin kesini jadi bisa menerima rasanya. Malah jadi doyan. Base resep dari mba @BakeWithConny, kemudian sy melakukan sedikit modifikasi. Hasilnya... wangi gula aren, butter dan bumbu spekuk home made. Hmmmm.. Nagih!! ๐Ÿคค๐Ÿ˜‹ teksturnya cukup lembut dan lembab (menurut sy), tp tdk selembut dan selembab CCC yaa,, jgn disamakan hahaha..,, ps : resep bumbu spekuk homemade ada dipostingan sebelumnya yaa. Happy baking๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

12-16 potong
Bolu brownis kukus chocodrink ekonomis (tanpa telur dan mixer)

Bolu brownis kukus chocodrink ekonomis (tanpa telur dan mixer)

Pengen makan bolu yg smooth tapi pake bahan seadanya. Browsing sana sini, lalu mencoba uprek di dapur dg resep 1 porsi biar ga kecewa kalo gagal. Alhamdulillah rejeki banget, ternyata sukses dipercobaan pertama ๐Ÿ˜‚ wasyukurillah.. setor deh buat #PejuangGoldenApron3 biar ga lupa, besok buat lagi kalo lg pengen

1 porsi (8 pc)
1 jam
Bolu Kukus Chocolatos

Bolu Kukus Chocolatos

Bahan-bahan ekonomis mudah di dapat dimana saja mam, ๐Ÿ˜Š cocok buat yg punya balita dan yg mager buat manggang di oven

Bolu kukus susu keju murah meriah

Bolu kukus susu keju murah meriah

Berawal dari pengen nya buka puasa dengan bolu susu yg lagi trend. Tapi tidak ada yg bisa berangkat membelikan nya karena cukup jauh.. Kebetulan di kulkas ada bahan2 nya tinggal beli keju nya aja.. buat toping Bikin kue bolu ini jadi berkesan dan menyenangkan karena di bantu sama si cikal walaupun laki laki-laki tapi dia tertarik sama masak memasak seperti ayahnya.. Alhamdulillah langsung abis tak bersisa.. dan bikin saya ketagihan untuk mencoba resep resep yg lainnya dan sedikit bereksperimen..

45menit
Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Setelah beberapa kali bikin bolu gulung gagal saya jadi males apalagi kalo pakai resep yg gunakan banyak telur sebeell bgt kan ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ ya walaupun masih bisa kemakan sih,, paling gagalnya itu dalam menggulung kalo gk patah atau kulit atasnya ngelupas jadi gak cantik kan hehe,,pernah juga bantetttt. Ya macem2 deh, eitz skrg udah nemuin resep bolgul yg ekonomis dan rasanya enak sekali ๐Ÿค—๐Ÿค— browsing2 jg tips dan cara buat si cake ini biar cantik..(walaupun blm bisa mulus) yg penting bisa di gulung hehe Source akun cookpad: Hestyismyname

15 potong
BOLU GULUNG ABON Lembut & Lentur

BOLU GULUNG ABON Lembut & Lentur

Holaa bolgul lagiii..setelah nyobain bolgul2 versi manis masi penasaran sama bolgul abon mba Ricke Ordinary :D laah..Bolgulll terusss*gubrak Xixixi uda kebiasaanku kalo lagi demen sesuatu ya gini,sampe bosen diulang2+sambil meyakinkan diri kalo uda cukup bisa melewati tantangan bolgul :D Kali iniii bikin yang savoury yaa,karena suami komplen bikin manis2 terus secara dia lebi suka savoury daripada sweet :D pilihan jatuh pada bolgul abon mba Ricke @rickeindriani_ordinarykitchen makasih mba Ricke atas resep+inspirasinya,scr saya ini penggemar berat beliau:) tastenya lebi gurihh daripada resep bolgul ekonomis.oh ya,match banget ternyata bolgul sm abon,takaran gula juga dikit. Suami suka banget,bilang ini enak banget,gurihhh,tapi kalo saya pribadi yang suka rasa enteng,lebi cuco yang versi bolgul ekonomis,semua kembali lidah masing2:) Dari awal smpe akhir sukses ga ada accident,kecuali susah dipotong rd kiriwl2 karena nindes daun bawang+cabe keringnya pisonya :D

4 porsi
30 menit
Bolu Coklat Batang 2 telur

Bolu Coklat Batang 2 telur

Masih dg resep 2 telur. Hihihi, emg suka bgt sama yg irit2 dan ekonomis. Lumayan rasanya cukup enak dan bs dijadikan base cake blackforest dan kue ultah. Emg mseti ngandalin SP utk menaikkan adonan yg cuma 2 telur. Ngocoknya wajib sampai kakuu bgt sampe putih dan jambul petruk yg keras. Kyk ngocok putih telur gt soft peak. Klu gak, kuenya ga tinggi ya. Ini resepnya..

24 - 32 potong
45 menit
Bolu Kukus Keju 3 M (Murah, Meriah, Makyuss)

Bolu Kukus Keju 3 M (Murah, Meriah, Makyuss)

Resep asli dari Tutty Frutty Selama ini emang kurang suka ama yg namanya bolu. Karena kadang nyobain bolu berasa hanyir telurnya, apalagi klo bolunya yg dipanggang buat cepat kering tenggorokan. Alhasil sampai saat ini klo mau makan bolu paling suka yg kukus. Dan cari-cari resep yg gampang buatnya ya ini. Cocok di lidah dan murah, meriah, maknyoosss Hehehe

5 porsi
60 menit
Resep bolu gulung batik ekonomis

Resep bolu gulung batik ekonomis

Pngn buat bolu yg gak terlalu banyak memakai telur,,secara sy ibu2 rmh tngga yg terlalu memperhitungkn biaya ya bu ibu, ,jd biar hobi tersalurkan,,tp kantong jg gak jebol, dan pastiny. Rasany hrs enak y buntik,,, krn itu point utamany y buntik

Ioyang
Bolu lembang ekonomis ala umma shakila

Bolu lembang ekonomis ala umma shakila

Kangen pengen maem bolu lembang akhirnya bkin sendiri hasilnya pun lumayan pake loyang seadnyanya jd bntuknya bulat ๐Ÿ˜Š

Pie Bolu Coklat ekonomis (Tanpa Telur)

Pie Bolu Coklat ekonomis (Tanpa Telur)

Minggu ini dicookpad rame ngepost pie krn tema PR. Ikut-ikutan ngepost pie jg tapi ini versi super ekomis dan praktis. Kulit peinya seperti yang sudah pernah saya post diresep sebelumnya saya menggunakan resep Mbk Kheyla's Kitchen krn praktis gak pake telur dan hasilnya renyah gak seret. Sedangkan Bolu coklat dan Ganache nya saya adopsi dari resep mbak Aditya Damayanti yang merujuk pada resep si Cantik Farah Quen. Saya memberanikan diri untuk mengolaborasikan pie dengan bolu ini. Awalnya sudah ragu2 hasilnya bakal seperti apa yang penting #BeraniBaking dulu yaah.. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰alhamdulillah.. keragu2an itu hilang setelah mencicipi hasilnya. Renyah diluar, lembut didalam perpaduan pie dan coklat nyammie. Ayo lah moms.. langsung diintip ajah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰

10 cetakan pie
60 menit
Red Velvet rollcake

Red Velvet rollcake

Ini request dari adik sebelum saya berkunjung ke rumahnya.. Minta dibuatkan red velvet rollcake dengan isi cheese butter cream.. Ini resep untuk 2 kue yaaa.. Biar lebih ekonomis.. Berikut resepnya..๐Ÿ˜Š

24 porsi
45 menit
Bolu Gulung ekonomis 6 telur

Bolu Gulung ekonomis 6 telur

Masih penasaran sm resep bolu gulung krn pnh bikin bulan lalu tp gatot๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…. Makin tinggi keponya doong ya,, resep sama.step by stepnya pun sesuai panduan tapi gagal. Knp???๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ขsalahnya dimana?? Pasti ada yg salah dg step saya dong. Buka refrensi sana sini dari mulai baca buku resep sampe terakhir kmrn sore sy buka youtube. daaaan ktm sm resep yg ini. Step by stepnya sy perhatiin benerยฒ. Dan bener aja moms step sy ada yg kurang tepat๐Ÿ˜„๐Ÿ˜€ Dari cara bagaimana menggulung yg benar agar tdk belepotan sana sini๐Ÿ˜†, bkin toping yg rapih. makasii teh restu buat tutornya๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Pagi tadi sengaja bangun lbh awal krn mmg pgn banget eksekusi resep ini. Buat newbie dlm dunia perbakingan spt sy, "All In One Methode" ini sangat memudahkan๐Ÿ˜‚ Insya Allah ga gagal lg. Daaan yaass!!! BERHASIL! masih kurang rapih sebenernya, next bikin lg mudahยฒan sesuai ekspektasi. Mudahยฒan bermanfaat ya moms resep berikut. Happy Baking๐Ÿ‘

10 potong
60menit