Cara Gampang Membuat Green Tea Pandan Chiffon Cake yang Anti Gagal

Dipos pada April 1, 2019

Green Tea Pandan Chiffon Cake

Anda sedang mencari inspirasi resep Green Tea Pandan Chiffon Cake yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Green Tea Pandan Chiffon Cake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Green Tea Pandan Chiffon Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Green Tea Pandan Chiffon Cake sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Green Tea Pandan Chiffon Cake kira-kira 1 loyang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Green Tea Pandan Chiffon Cake bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Green Tea Pandan Chiffon Cake memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Awalnya mau bikin chiffon green tea, tp karna adonan nya belum ada wangi-wangi green tea nya & blm warna hijau, jadi aku tambahin pasta pandan. Jadilah chiffon green tea pandan ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Green Tea Pandan Chiffon Cake:

  1. Bahan A:
  2. 6 kuning telur
  3. 200 gr gula pasir (klo ga suka manis bs dikurangi)
  4. 225 gr tepung terigu (kunci)
  5. 1 sdt baking powder
  6. 1/2 sdt garam
  7. 220 ml santan (kara)
  8. 120 ml minyak goreng
  9. 1 sdt green tea bubuk (bs dtambah klo suka wangi)
  10. 1 sdt pasta pandan
  11. Bahan B:
  12. 6 putih telur
  13. 100 gr gula pasir
  14. 1/2 sdt cream of tartar

Langkah-langkah untuk membuat Green Tea Pandan Chiffon Cake

1
Bahan A di campur smuanya aduk pake whisk sampai tercampur rata.
2
Bahan B: putih telur & cream of tartar di mixer sampai berbuih masukkan 1/3 bagian gula pasir, ulangi 2x kali sampai gula habis. Mixer terus sampai putih telur nya kaku.
3
Ambil bahan B 1/3 bagian masukkan ke dalam adonan bahan A, campur sampai rata, ulangi lagi sampai 2x lagi sampai adonan tercampur semuanya.
4
Panggang dalam oven / baking pan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Loyang sebelum nya diolesi minyak, supaya ga lengket. Setelah smua adonan dituang dalam loyang, hentakkan loyang nya, lalu masukkan dalam oven & panggang sampai matang.
Green Tea Pandan Chiffon Cake - Step 4
5
Chiffon nya lembut & wangi tapi terlalu manis menurut aku.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chiffon durian p*p ice

Chiffon durian p*p ice

2 #BikinRamadanBerkesan 😊 Dimana-mana lagi musim teror 😰😨 tapi harga teror masih mahal saja, teror bebek kek, teror ayam, teror asin, teror dadar, teror mata sapi, teror rebus aih harga naik semua 😩😁😊 hihihi..... Nah yang ini lumayan irit cm pake 5 telor. Pagi loyang chiffon dari olshop datang, sore langsung eksekusi resep ngintip mbak fitsas. Pasti kenal semua dong sama master cookpad fitri sasmaya πŸ˜‰πŸ˜πŸ˜Š. Waktu itu Sy recook yg rasa pandan, tapi resep sy ganti pake pop ice durian. Bikin perdana sukses langsung lonjak-lonjak happy, yeeeeyeee saking semangat sampai lupa gak foto setelah di potong, langsung ludes. Hasilnya berpori halus, kempus-kempus, manisnya ringan, aroma duriannya ulala... Nih resep sdh sy buat 3kali, perdana rasa durian, rasa pandan dan rasa coklat. Tapi sedihnya semua gak difoto 😭 punya sindrom malas foto, sebab musababnya krn foto2q gak bisa sebagus cookpaders nih, nyerah deh πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Chiffon Cake Tape Pandan

Chiffon Cake Tape Pandan

Halo Sobat Cookpad :D Oke, ini adalah kedua kalinya aku mencoba resep ini. Yang pertama gagal total alias bantet. Bantet total πŸ˜‚. Memutuskan utk mencoba lagi, ternyata sukses besar! haha. Sobat cookpad pasti pernah denger kan kalo buat bolu tape itu harus memakai tape yang teksturnya tidak basah dan pula tidak kering. Ternyata itu benar adanya πŸ˜†. Pilih tape yg sdh matang, namun tidak basah dan lembek. Dijamin membuat bolu tape akan mengembang dan tidak bantat hehe. Tekstur kue ini sangat lembut semperti kue chiffon kebanyakan, dimana memang kuning dan putih telur diadon terpisah. Berbeda dengan bolu tape biasa dimana kuning dan putih telur diadon bersamaan. Rasa tape tidak terlalu "kental" karena hanya menggunakan 100 gr tape saja. Selain wangi tape, ada juga wangi pandan πŸ˜‰. Source: Sajian Sedap Yuk dicoba buat Chiffon Cake Tape Pandannya. Selamat mencoba dan happy baking! 😘 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadindonesia #cookpadcommunity #cookpad Note: Untuk bahan A, sebelum aku blender semua bahan. Terlebih dahulu aku memanaskan cairan pandan dan santan. Setelah panas, lalu aku blender bersama tape.

1 jam 30 menit
Chiffon Taro

Chiffon Taro

Ini bener2 lembyutt, seratnya cakep, dan bener2 lentur,,, Bakal jd resep andalan kalau bikin chiffon,,, Tapi warna taronya kurang pekat yaa, agak kurang sreg ama taronya lain kali cari yg warnanya memang ungu pekat dgn good quality,,, Ini resep chiffonnya cii @tintinrayner dengan d kolaborasi sm teknik iris bagian atas biar merekah kaya cii @linaguikitchen,,,

Chiffon tepung ubi manis

Chiffon tepung ubi manis

Habis beli tepung gasol ubi buat si krucil yg sdh mulai mpasi.tiba2 pnya ide experiment chiffon Pakai tepung itu absurd bgt gak sihπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜… Tp enak jg hasilnya lembut moist. Ngintip resep chiffon taro nya ci tin2 Rainer sy bikin cm setengah resep dan ada modif dikit

Cheese n Butter Chiffon Cake

Cheese n Butter Chiffon Cake

Memang benar perlu latihan bikin chiffon cake ni. First trial lumayan hasilnya tapi mungkin karena kurang kering bagian bawahnya jd cake nya lepas pas dibalik. Next jadi penasaran pengen bikin lagi... Ni pakai chesse n butter chiffon cake ala ci @linagui.kitchen enak banget kaya makan kapas πŸ˜‰ maap norak pertama kali buat dan pertama kali makan rasa2nya mirip sih sama cheese cake. Sukak banget pas lagi anak2 suka keju. Next mau bikin chiffon varian lain. Bagi saya kalo gagal itu bukan nyerah justru penasaran pengen bikin lagi. πŸ˜ŽπŸ˜‰ karena sebenarnya ga ada org yg ga bisa masak yg ada org yg ga mau masak. Kalo belajar semua pasti bisa, yg penting ada niat dan praktek berkelanjutan. Ceritanya quote pagi untuk nyemangatin diri sendiri

Cake sifon Keto 3 bahan

Cake sifon Keto 3 bahan

Iseng browsing cake sehat, Nemu postingan Frielingga Sit yang judulnya "Healthy Chiffon 3 ingredients Only" akhirnya saya recook versi low carb atau Keto...hasilnya lumayan...

Chiffon Pandan Putih Telur

Chiffon Pandan Putih Telur

Source,tintin rayner. Gambar agak burem ya,keburu buru potonya,keburu bangun sikecilnya.hihihi

1,5 jam
Chiffon Cake Ketan Hitam(Gluten Free)

Chiffon Cake Ketan Hitam(Gluten Free)

Ini Chiffon Cake bikin malem2 bbrp hari yg lalu,tumben bgt anak lanang minta dibuatin bolu,pdhl biasanya klw pas bikin paling cuma makan 1 atau 2 potong aja πŸ˜‚,request nya sih bolu coklat,tp stock coklat lagi habis,mau keluar males banget mlm2,eh trs katanya yaudah yg ada bahannya apa πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†*good boy*,ditawari cake ketan hitam dia nya mau,oke lah secara bahannya simple ajah,,kebetulan lagi mau belajar banyak menaklukkan Chiffon Cake,jadilah tuh tepung ketan hitam dibikin chiffon cake,alhamdulillah sdh bagusan tampilannya,tp dari dipanggang nih anak udh nanyain mulu kapan matengnya,jd bgitu pas mateng boro2 mau potoin,yg ada udah diantriin mau dipotong,untung lah msh ada yg bisa diabadikan😁😁,bikin chiffon pake metode ini gampang bgt yak,cukup 1 bowl,nggak banyak cucian πŸ˜›,resiko gagal juga sptnya minim,yg ini intip resepnya mbak @susie.agung ,recomended lho buibuπŸ‘ŒπŸ‘Œmakasih mbak susi utk resep2 yg selalu nikmat dan mudah

Topo Map Chiffon Cake

Topo Map Chiffon Cake

Lagi suka buat² cake selain hobi, lumayan bisa dijual buat nambah jajan.... 😁

Cheese chiffon cake

Cheese chiffon cake

Baru pertama kali buat chiffon cheese ini moms..mgkn hasilnya blum sempurna moms,mgkn ngaduknya kurang merata..tapi bneran moms..ini recomended banget bagi pecinta keju..yuk moms buat,biasalah pake resep cici tintin rayner lagi..my idol..thanks cici.

Chiffon cake pandan keju

Chiffon cake pandan keju

Masih disekitar chiffon cake 😁dan masih di resep'a mba Servia madian, secara kalo cb resep'a mba servia selalu ok hasilnya πŸ˜„cm ada sedikit bahan tambahan aja dari resep saya yg ini 😊

1 loyang
55 menit
Chiffon Yoghurt (tanpa loyang chiffon) 3 telur saja

Chiffon Yoghurt (tanpa loyang chiffon) 3 telur saja

Chiffon bisa dibuat tanpa loyang khusus. Adonan chiffon yang rentan sesaat selesai dipanggang membutuhkan 'pegangan' agar tidak berkerut. Karenanya loyang untuk chiffon tidak boleh diolesi mentega supaya chiffon dapat mempertahankan bentuknya hingga kondisinya dingin dan stabil. Chiffon juga butuh dibalik untuk mempertahankan volumenya. Maka dari itu, loyang chiffon memiliki 'kaki'. Hal ini bisa diakali dengan memakai loyang biasa yang lebih tinggi dari tinggi adonan. Karena dinding dan dasar loyang tidak diberi mentega, maka dasar loyang chiffon dirancang dengan sistem bongkar pasang agar kue mudah dikeluarkan. Kalau pake loyang biasa cuma perlu dikasih kertas roti aja di dasarnya😎 Oya, kunci sukses bikin chiffon ini terutama pada pengocokan putih telur, teknik pencampuran adonan kuning dan putih telur serta pemanggangan. Karena oven masing-masing berbeda, maka perlakuan juga berbeda. Jadi, 'kenali ovenmu' is a must!

6 porsi
65 menit
Orange Chiffon Cake 🍊🍊🍊

Orange Chiffon Cake 🍊🍊🍊

Resep sebelum sebelumnya uda pernah di share ! Scroll saja ya 🍊🍊🍊

Black Tea Chiffon Cake

Black Tea Chiffon Cake

Masih banyak PR dan banyak pertanyaan soal Chiffon Cake,udah seringkali bikin tp ada aja kurang sempurnanya,kmrn dapat ilmu dari mbak @susie.agung ,biar atasnya nggak meletek heboh suhunya diturunin,saking keponya pagi2 udh bikin Chiffon,suhu di 160' dan beneran nggak meletek heboh,msh meletek dikit sih tp kayaknya msh wajar,sampe seneng banget,pinggirnya juga coklat rata πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„,seneng bgt mbak susi,suwun untuk berbagi ilmunya πŸ˜™πŸ˜™tp msh hrs coba lagi ini biar bener2 berhasil sempurna 😍 ini td nyoba Chiffon rasa teh hitam,tp kok kurang terasa yak teh nya,mgkn teh celup hitamnya hrs yg berkualitas bagus ya tp nggak tau juga merk apa πŸ™ˆπŸ™ˆjadi biar terasa rasa teh nya

Chiffon cake pandan

Chiffon cake pandan

Udah beberapa kali coba baru 2x ini berhasil, yg pertama jadi cantik banget, tp sayang bnaget anak2 terlalu semangat makannya sampe tidak memperbolehkan kuenya difoto dan yg kedua ini kurang rapat pori2nya, kayaknya salah satunya karena ngaduk putih telurnya kurang rata dan tidak dihentakkan juga. Tapi makannya tetap kembus2 kok, cm tampilannya kok yg kurang mulus. Kali ini pasta pandannya kebanyakkan jg menurutku, td pas tuang ada krucil ganggu2 jadinya kebanyakan tuangnya.Lain kali coba lagi .

Chiffon Coklat - Japanese Dark Pearl Chiffon

Chiffon Coklat - Japanese Dark Pearl Chiffon

Udah lama banget pengen nyoba resep nya ci tintin walau di mix sedikit resep nya hehe maaf ya ci. Eh baru sekarang ada wktunya wkwkwk. Dan aslinya ini nyoklat klat klat banget.😍 yang suka banget sama coklat RECOMENDED !

60 menit
Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Rasanya mau nangis pertama kali bikin chiffon cake sendiri, dan jadiiiiii 😍😘 kempus kempus, endolitaaaaa pokoknya πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ‘πŸ’˜ bikinnya sampe nahan napas, ngaduk pelan pelaaannn, takut bantet soalnya kwkwkwkkwk. Mana ata ikut bantuin lagi (red : ngerecokin) πŸ˜€πŸ˜…πŸ˜„ Saya share ya resepnya, sapa tau ada yg mau coba dirumah.

1,5 jam
Chiffon ketan hitam

Chiffon ketan hitam

Cara baru menikmati ketan hitam. Kaya makan jenang ketan hitam pake santan dalam bentuk chiffon cake 😁😁 kue ini jg pastinya lebih sehat karna less gluten. Walaupun pori nya masih agak gede tapi ini enak kok lembut 😊 Bikin chiffon cake emg banyaaakkk tantangan nya #beranibaking Source : lawthomas

20 potong