Cara Gampang Membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) yang Lezat Sekali

Dipos pada January 18, 2022

BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER)

Bagaimana membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) biasanya untuk 15 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) memakai 13 jenis bahan dan 26 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

#cloverdandelion17 Hai, moms. Hari ini aku bikin bolu pisang dengan versi kukus dan tetap menggunakan blender. On iya, ini tetap tanpa cake emulsifier seperti ovalete, sp, tbm. Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna berukuran besar dengan daun memanjang dan besar yang tumbuh langsung dari bagian tangkai. Pada awalnya pisang merupakan tumbuhan asli yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pisang kemudian menyebar ke seluruh wilayah dunia. Dari arah barat, pisang menyebar mulai dari samudra Atlantik menuju ke Pulau Madagaskar lalu ke benua Afrika dan menuju ke Amerika Latin dan Amerika Tengah. Sementara itu, pisang menyebar dari arah timur melalui samudra Pasifik menuju ke Hawaii. Pisang mentah (tidak termasuk kulitnya) mengandung 75% air, 23% karbohidrat, 1% protein, dan mengandung sedikit lemak yang dapat diabaikan. 100 gram pisang mengandung 89 kalori, 31% dari Nilai Asupan Harian AS yang direkomendasikan, vitamin B6, dan vitamin C dalam jumlah sedang, mangan dan serat pangan, tanpa nutrien lain berukuran mikro dalam kandungan yang signifikan. Orang dengan alergi lateks mungkin mengalami reaksi alergi terhadap pisang. Bolu pisang dengan versi kukus ini biasanya ditemukan di negara China, Indonesia dan Vietnam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER):

  1. ● Ayak jadi satu:
  2. 240 gram tepung terigu warungan
  3. 1 sendok teh soda kue
  4. 1 1/2 sendok teh baking powder
  5. ● Bahan utama:
  6. 300 gram pisang, haluskan
  7. ● Bahan Bolu:
  8. 4 butir telur ayam
  9. 230 gram gula pasir
  10. 250 mili minyak sayur
  11. 1 sendok teh garam halus
  12. 1 sendok teh minyak pisang (Banana Flavour)
  13. 1 sendok makan pasta kopi moca

Langkah-langkah untuk membuat BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER)

1
Aku pakai pisang lilin yah, moms. Pisangnya ditimbang sebanyak 300 gram tanpa kulit pisangnya.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 1
2
Dan haluskan.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 2
3
Blender telur dan gula selama 1 menit (setel timer hpnya selama 1 menit yah, moms).
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 3
4
Setelah 1 menit lalu matikan blendernya.
5
Tambahkan garam halus.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 5
6
Tambahkan juga minyak sayur.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 6
7
Setelah minyak sayur dituang lalu blender kembali selama 45 detik (setel timer hpnya selama 45 detik).
8
Setelah 45 detik lalu matikan blendernya.
9
Beri minyak pisang.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 9
10
Tambahkan pisang yang telah dihaluskan.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 10
11
Setelah pisang masuk lalu kita blender kembali selama 2 menit (setel timer hpnya selama 2 menit).
12
Panaskan kukusan tanpa tutup sampai air mendidih. Gunakan api sedang agar permukaan kue tidak bergelombang. Seperti ini yah moms besar apinya.
13
Tuang adonan yang kita blender pada tepung.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 13
14
Dan aduk dengan spatula kue.
15
Seperti ini adonan yang siap dituang ke loyang yah, moms.
16
Oles loyang 22×22×7 cm dengan 1 sdt minyak sayur + 1 sdt margarin+ 1 sdt terigu. Atau cukup dioles minyak sayur boleh juga. Bagi dua adonan sama banyak, masing-masing sebanyak 600 mili (tadi pakai gelas ukur). Yang satu diberi 1 sendok makan pasta kopi moka, aduk rata. Dan yang satu tanpa diberi apapun. Tuang adonan moka lalu hentakkan loyang dan kukus selama 15 menit. Tutup kukusan dialasi serbet/kain.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 16
17
Setelah 15 menit angkat loyang dan timpa dengan adonan yang original, beri topping keju cheddar. Dan hentakkan loyang lalu kukus kembali selama 35 menit. Lapisi tutup kukusan yang serbetnya basah dengan serbet yang kering. Noted: saya tidak menggunakan pisang sebagai toppingnya. Karena nanti bikinnya bolunya tidak awet dan kalau dikukus ketika disuhu ruang pisangnya jadi berlendir gitu. Nah kalau dioven baru cocok dikasih topping pisang, pisangnya jadi berasa kayak pisang sale 🤭
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 17
18
Setelah 35 menit.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 18
19
Ini sudah matang dan keluarkan dari loyang.
20
Ini bagian bawah bolu pisangnya.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 20
21
Ini bagian atas bolu pisangnya.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 21
22
Ini bagian atasnya, moms.
23
Ini bagian dalamnya, moms.
BOLU PISANG KUKUS (BIKINNYA PAKAI BLENDER) - Step 23
24
Seperti ini bagian dalamnya, moms.
25
Teksturnya sponge dan lembut banget loh, moms. Dan sangat direkomendasikan buat mommies yang belum mahir tehnik aduk balik spatula kue ketika mengaduk mentega cair ataupun minyak sayur pada adonan bolu 🤭
26
Banana Sponge Cake (Bikinnya pakai blender).

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Mekar Cantik anti Gagal genks 😉

Bolu Kukus Mekar Cantik anti Gagal genks 😉

Setelah liat yutub dan refrensi sana sini aku nemuin resep yg pas banget buat aku sendiri, ga kemanisan dan ngembang cantik.

15-17buah
1jam
Chiffon Cake Nanas (No Cream of Tartar, BakingPowder, Soda kue)

Chiffon Cake Nanas (No Cream of Tartar, BakingPowder, Soda kue)

Chiffoncake Nanas ini moist banget... gak seret di tenggorokan juga. Dan gak pakai cream of tartar, gak pakai baking powder juga gak pakai soda kue. .. Gak nyesel buatnya ... walaupun agak menunggu lama untuk matangnya tapi semua itu terbayar dengan rasa lembut cake nya... 💞💞 #chiffoncake #spongecake #most #cake #bolu #nanas #tidakbantat #mengembang #bolunanas #kuenanas #cakenanas #chiffoncakenanas

16 potong
1 jam 30 menit
Bolu mentega

Bolu mentega

Pengin yang manis tapi gak ribet bikinnya,bolu mentaga ini cocok banget loh di jadiin temen nge teh sama keluarga 😁☕🥮

Rainbow Chiffon Cake

Rainbow Chiffon Cake

Lagi hobi banget bikin chiffon cake, karena ringan, ga enek dan ga seret. Kalo model-model rainbow gini bakalan menarik banget untuk anak-anak. Cuzz cobain buat cemilan anak-anak, pasti mereka suka.

16 potong
70 menit
Bolu pisang panggang

Bolu pisang panggang

Setelah berbulan bulan ngga posting resep karna kesibukan berdagang, akhirnya aku sempatkan untuk buat bolu pisang dengan memanfaatkan beberapa pisang yang udah matang...takutnya gagal karna udah lama ngga bikin, ehh ternyata mengembang sempurna Senengnya 😍😍

loyang 22cm
Bolu Agar² Panggang

Bolu Agar² Panggang

Cobain baking bolu agar² pakai resepnya Bunda Nurli Masiana dengan sedikit modifikasi ala saya. 1 resep ini jadi 1 loyang ukuran 25,8x25,8x10,5 cm,Ama masih ada sisa sedikit adonan. Resep asli bunda Marsiana setengah dari resep ini, dan tanpa BP. Klw untuk resep asli yg pakai 4 butir telur rekomendasi loyangnya ukuran 18x18.

Bolu Gulung Bintik

Bolu Gulung Bintik

Sejujurnya sy bikin ini dengan perasaan deg-degan bgt...takut gagal. Apalg metode pengocokan pisah antara putih dan kuning telur yang agak riskan. Tapi sy coba bulatkan tekad untuk mencoba resep dr Bu Siswaty ini, dan ternyata sukses jg. Hasil bolunya super lembutttt dan lentur saat digulung, meskipun cuman oles isian dgn margarin tetapi rasanya mantap. Supaya sukses bikin bolgul bintik ini, step by stepnya diikuti dgn benar ya. Yakin pasti semua bisa berhasil juga... 😘 Senangnya bisa ikutan #KOMBESTOUR_KEDEPOK karena membuat sy sibuk mencari inspirasi resep dari para cookpader dari Kota Depok, wahh bnr bnr semua hebat hebat bgt resep mereka. Sampai bingung mau rikuk resep yg mana. Akhirnya sy hrs memilih bbrp yg sesuai dgn stok bahan yg ada dirumah. Dan ini salah satunya... Trimakasih inspirasi resepnya Bu Siswaty. Semoga sehat dan sukses slalu... Salam manis dari cookpaders Bekasi ❤ #Rekreasi_Depok #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia Source: @siswatyelfinbachtiar

24. Bolu zebra

24. Bolu zebra

Anak2 suka makan kue, jadi deh kue yg gampang banget bikin nya... Cuzz buat😘

16 potong
1 jam
BOLU JADUL LEMBUUUT, ANTI SERREET GAMPAANG BANGET UNTUK PEMULA

BOLU JADUL LEMBUUUT, ANTI SERREET GAMPAANG BANGET UNTUK PEMULA

Vidio Lengkapnya Kunjungi Youtube Chanel Belva Kitchen #bolujadul #bolupangganglembut #basiccakeultah #boluvanila #cakevanila #bolupanggang #bolu #kuebolu #bakingpemula #baking #reseproti #resepcakeultah #basiccakeulta #cakevanila #rotiulangtahun #dekorcake #cakeultah #cajeuktahsederhana

Bolu kukus pisang tanduk takaran sendok

Bolu kukus pisang tanduk takaran sendok

Sudah pernah bikin bolu kukus yg simpel sekarang coba pakai takaran sendok, berhubung ada stok pisang tanduk kiriman saudara di Malang, yuk kita eksekusi...

18 buah
30 menit
Bolu pandan kukus toping gula halus

Bolu pandan kukus toping gula halus

Bolu pandan kukus untuk cemilan anak anak dirumah . Recook dari resep @risaayu

12 potong
45 menit
Marmer Butter Cake Ekonomis 3 telur Oven Tangkring

Marmer Butter Cake Ekonomis 3 telur Oven Tangkring

Hay... ini butter cake pertama aku hihi Lumayanlaah jadinya, ndak seret samsek, empuk, moiist, buttery wangii hehe Jadi lg pengen cake tp kalo bolu biasa mulu kan gmn yaa kurang wah gt searching" lah di ytb dan aku tertarik ama marble/marmer/zebra butter cake ambil deh salah satu resep yg 4 telur tp aku buat 3 bagiannya aja alias 3 telur. Lain kali coba resep yg laiin dng metode yg beda

15 potong
2 jam
Bolu kukus strawberry

Bolu kukus strawberry

#ResepAlaYurie #BakingAlaYurie #CookpadCommunity_Surabaya

Bolu Som

Bolu Som

Yang akan dishare ini adalah bolu som. sebenarnya ini adalah bolu biasa, tapi yang membedakan ada di selai nya. Saya kurang tau aslinya ini darimana. Tapi kata daerah tempatku tinggal, kue som ini asli disini (he..he...). Langsung aja ke resepnya ya. Untuk bolu nya sekali ini saya menggunakan resep bolu dari @aliynt_rpn yang enak dan lembut dan sudah dimodif karena butuh kue 3 lapisan.

Bolu coklat tanpa dcc tapi super nyoklat

Bolu coklat tanpa dcc tapi super nyoklat

Bisa buat ide jualan,rasanya enal dengan bahan dan cara buat yang sangat mudah. Bisa di buat base cake yaa

Resep bolu jadul sukade bakingpan (ide jualan)

Resep bolu jadul sukade bakingpan (ide jualan)

Assalamu'alaikum bunda semua.... apa kabarnya hari ini? sehat2 ya bund ....😍 Yuk Bun, bikin bolu yang ga bikin seret, lembut dan bikin nagih Bun... Ini resep jualan saya Bun, dan Alhamdulillah si pembeli ketagihan terus sama j Bolu ini Bun, yuk dicoba Bun, siapa tau peluang usaha juga buat bunda-bunda dirumah ya.... 😉 selamat mencoba bundaaa...... tolong bantu SUBSCRIBE channel youtube kami ya bun, terima kasih 😍 Youtube : Keluarga Aries Instagram : @aries.family Facebook : Resep Keluarga Aries

Bolu Pisang ~ Gluten-free

Bolu Pisang ~ Gluten-free

#Cookpadcommunity #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda #KulaEtamCoCoK #Rennym_Bolu

Resep Bolu Marmer Cake / Bolu jadul super enak lembut banget

Resep Bolu Marmer Cake / Bolu jadul super enak lembut banget

Ada acara Bakti Sosial kegiatan kuliah putri saya, dan untuk acara pertemuan warga di lingkungan, saya baking Bolu jadul marmer, yummy 👍😋 #PekanRekreasi #Rekreasi_Semarang #CookpadCommunity_Jakarta #CookpasCommunity_Bekasi Source : https://cookpad.com/id/resep/6268989-resep-bolu-marmer-cake-bolu-jadul-super-enak-lembuuut-banget?invite_token=himZGKoJUQ4jF5ahMVZnFHPF&shared_at=1636809940