Bagaimana Menyiapkan Red Cherry Blackforest Rollcake yang Anti Gagal

Dipos pada May 11, 2022

Red Cherry Blackforest Rollcake

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Red Cherry Blackforest Rollcake yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Red Cherry Blackforest Rollcake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Red Cherry Blackforest Rollcake, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Red Cherry Blackforest Rollcake bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Red Cherry Blackforest Rollcake sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Red Cherry Blackforest Rollcake memakai 18 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Karena anakku nda doyan buah, jadinya saya bake rollcake dengan krim dari red cherry yang diblender😁. Resep basic rollcakenya saya ikut dari youtube: Lisa's Kitchen, kuenya lembut dan ringan😍 (cocok di lidah saya). Ukuran loyang: 22x22cm

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Red Cherry Blackforest Rollcake:

  1. krim
  2. 200 ml air es
  3. 100 gr whipped cream bubuk (me: Haan)
  4. 20 buah red cherry
  5. 1/2 sdt rum/perasa rum (optional)
  6. rollcake
  7. 20 gr Cocoa powder/bubuk coklat (me: nyampur antara bubuk coklat gelap dengan yang muda)
  8. 35 ml air panas
  9. 50 ml susu uht cair tanpa rasa
  10. 50 ml minyak goreng
  11. 10 gr gula pasir
  12. 60 gr tepung protein rendah yang sudah diayak (me: kunci biru)
  13. 4 butir kuning telur
  14. 4 butir putih telur
  15. 70 gr gula pasir
  16. 1-2 tetes cuka/perasan jeruk nipis/lemon (me: cuka sushi😆 karena kebetulan itu yang ada)
  17. Secukupnya Dark Cooking chocolate (DCC) yang sudah diserut (topping)
  18. 4 buah Red Cherry bertangkai (topping)

Langkah-langkah untuk membuat Red Cherry Blackforest Rollcake

1
Simpan whisk mixer bersama wadah dalam freezer selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan pas ketika siap mengocok whipped cream.
2
Blender air es bersama red cherry sampai halus (tidak perlu disaring ya). Kocok air blenderan cherry bersama whipped bubuk dengan kecepatan tinggi sampai kaku (sekitar 1-2 menit harusnya uda jadi). Masukkan rum, aduk hingga rata. Sisihkan ke piping bag, dan biarkan dingin dalam chiller selama minimal 2 jam biar tidak cepat meleleh ketika dioles di kue (me: sehari sebelumnya dibuat).
3
Campurkan bubuk coklat dengan air panas, aduk hingga rata. Tambahkan susu UHT, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Masukkan gula pasir, aduk rata.
4
Kocok kuning telur pakai whisk manual hingga sedikit pucat dan berbuih. Masukkan campuran cairan coklat tadi, kocok rata. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak dalam 2 tahap, sambil diaduk balik hingga tercampur rata. Sisihkan.
5
Panaskan oven suhu 150 derajat celcius selama 10 menit. Mikser putih telur bersama cuka. Masukkan gula pasir dalam 3 tahapan sambil dimikser (seperti membuat chiffon cake). Kocok hingga putih telur dalam keadaan soft peak (ketika whisk mixer diangkat, putih telur melengkung ke seperti paruh burung tapi tidak jatuh ke bawah).
6
Masukkan putih telur ke adonan kuning telur dalam 3 tahapan sambil diaduk balik secara perlahan. Tuang ke loyang 22x22cm yang telah dilapisi baking paper, dan panggang suhu 150 derajat celcius api atas bawah selama 20-22 menit (sesuaikan oven masing-masing) cukup sampai permukaan cake membal ketika disentuh.
7
Balik cake di cooling rack untuk didinginkan (jangan lupa langsung melepas baking papernya). Setelah suhu cake menjadi hangat, gulung cake menggunakan baking paper/kain bersih, lepaskan kembali. Tunggu hingga cake menjadi dingin.
8
Keluarkan krim dari kulkas. Piping krim ke cake sesuai selera (saya: piping dengan jeda 1 baris). Gulung kembali rollcakenya dan padatkan. Simpan di chiller kurang lebih 1 jam sampai krim mengeras.
9
Keluarkan rollcake. Olesi permukaannya dengan krim. Tambahkan coklat serut. Spuit bagian atas rollcake. Hias dengan red cherry bertangkai. Simpan kembali di kulkas sampai krim mengeras. Siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus Chocolatos

Bolu kukus Chocolatos

Saya sangat suka dengan makanan yang berbahan dasar coklat. Maka dari itu saya mengulik - ulik resep dan mencari berbagai makanan manis yakni membuat kue coklat seperti bolu kukus chocolatos ini.

8 orang
35 menit
Jackfruit & Coconut Chiffon Sando

Jackfruit & Coconut Chiffon Sando

Akhir2 ini saya sukaaa banget mantengin cake, roti atau dessert Korea.. Menarik banget sih utk saya.. Karena semua terlihat simpel, cantik, ringan dan enak.. Nah salah satu jenis kue yg sering saya lihat yaitu chiffon sando. "Sando" maksudnya bahasa gawl utk "sandwich" ya teman2.. Chiffon cake ternyata bisa juga disajikan dalam bentuk sando. Diisi fresh cream (karena chiffon cake kan udah light ya.. Cocoknya dgn cream yg light juga yaitu fresh cream/dairy whipping cream cair. Nah utk flavor dan toppingnya tak terbatas... Bisa stroberi, buah lain, cokelat dll. Kali ini saya mencoba memadukan bahan2 dan cita rasa lokal. Vanilla chiffon cake (dengan gula sorghum) dipadu krim, nangka dan kelapa. Hmmm yummy!! 😋😋 Habis ini jadi pengen coba variasi lainnya hihi. Yuk kita coba!! Source (chiffon cake) : @Erma_Dapur_Michaela #CookpadCommunity_Semarang #SemangcookArisan_nurerma #SemangcookHokya

8-10 porsi
3 jam
Bolu Putih Telur

Bolu Putih Telur

180°C/30 menit
Black Sesame Chiffon with Egg White #Keto

Black Sesame Chiffon with Egg White #Keto

Punya stok putih telur nganggur di kulkas, daripada mubazir akhirnya dibikin jadi chiffon aja deh.

Kue Kuk (Bolu Agogo) Khas Kalbar

Kue Kuk (Bolu Agogo) Khas Kalbar

Kali ini Cookpad ngadain kegiatan baru yakni Cooksnap, Cooksnap sendiri adalah nama baru untuk recook resep. Cooksnap perdana ini diadain untuk kalbar. kenalan sm temen2 yang ada di Kalbar dan mengenal makanan khasnya kalbar adalah salah satu alasan sy mengikuti kegiatan cooksnap ini, dan kali ini sy pilih resep kue kuk nya mba Priska Koes. Menurut sy, rasa kue kuk ini mirip dengan kue khas kaltim yaitu elat sapi, hanya saja si elat sapi teksturnya lebih padat dan keras mirip kukis. Kue kuk sangat cocok jika disajikan sebagai pendamping minum teh atau kopi, dan tekstur kue ini agak berat ya,jd kalau kaya sy makan sepotong sambil ngeteh, sudah kenyang 😂. Selain buat yg original, sy juga buat yg bertopping, topping yg sy pakai almond slice. Resep ini mudah buat pemula,krn tidak perlu kocok2 telur pakai mixer Resep Asli : https://cookpad.com/id/resep/14658965-kue-kuk-bolu-agogo-khas-kalbar?invite_token=RNw6jMd1t8pd8yjMWrXEnTzz&shared_at=1622984357 #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_CooksnapKalbar #Cooksnap_Kalbar #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #PejuangGoldenApron3

Bolu Ubi Kuning

Bolu Ubi Kuning

Dari kampung dibawain ubi kuning, jadi penasaran kalau dibuat bolu rasanya kayak apa. Searching resep di cookpad, ketemu resep @ibnukitchen, simpel, tapi hasilnya memuaskan. Lembut bolunya, rasa ubinya juga enak. Yuk siapa yg mau coba juga? Takaran sendok juga lho #boluubi #boluubikuning #boluenak

Sekeluarga
1 jam
Bolu kukus susu mekar

Bolu kukus susu mekar

Dapet dari belajar bikin bolu di FB

15 menit
6. Bolu Kukus Rainbow

6. Bolu Kukus Rainbow

Kuenya lembut, enak 🥰🥰 Baru selesai masak dan matang langsung ludes sama orang rumah 🥰 Puji Tuhan pada suka semua.

6 - 10 orang
36 menit
Cake / bolu keju lembut

Cake / bolu keju lembut

Bismillah buat cake untuk lebaran, manis nya cukup yah, karna bukan buat di komsumsi sendiri, jangan skip batter biar tambah endul. Agak eksotis oven nya kepanasan, ini loyang uk 18. #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda #dapurmamarafif

Chiffon Cake Pandan

Chiffon Cake Pandan

Chiffon Cake Pandan merekah ini karena dipanggang dengan suhu api atas dan bawah yang berbeda dan adonan yang terisi sampai 80-90% tinggi loyang. Suhu diturunkan perlahan supaya warna bagian samping cake tetap soft. Kalau suhu di oven tidak bisa dipisah antara atas dan bawah, bisa disiasati dengan menambah beberapa loyang yang ditumpuk di bawah loyang chiffon cake supaya suhu di bagian bawah lebih rendah dari suhu di bagian atas. Happy baking

1 loyang ukuran dia. 22 cm tinggi 10 cm
Bolu Pisang Gluten Free

Bolu Pisang Gluten Free

Ini ukuran loyangnya diameter 16 cm ya

2 orang
1 jam
Bolu kukus tape ketan

Bolu kukus tape ketan

Ada tape ketan sisaan dari lamaa bingung mau diapain, bikin bolu aja yg gampang

± 50mnit
Bolu Kukus Simple

Bolu Kukus Simple

Akhirnya bisa bikin bolu kukus juga setelah berguru dengan mbak @Hannah_kumara yang kasih tips supaya ga bantat lagi kalo bikin bolu kukus. Dari asli resepnya aku sedikit modif dengan penambahan gula karena aku suka agak manis bolkusnya

Bolu Tape

Bolu Tape

Modif resep dari bolu amerika,jadilah Bolu tape yg menurut saya tekstur nya lembut & basah🤩.. gak cukup sepotong😂

loyang 22-24 porsi
Bolu Tempe Keju

Bolu Tempe Keju

Bolu ini rasanya seperti bolu jadul yg teksturnya lembut karna saya lebih banyak memakai topping keju dan coklat dibanding tempenya. Tempe halusnya hanya menggunakan 200 gram saja. Hari ini tanggal 6 Juni 2021. Setiap tanggal 6 Juni diperingati sebagai HarTempe Nasional. Tempe adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tempe dapat divariasikan menjadi berbagai makanan atau cemilan. Kali ini saya ingin mengolah tempe menjadi sebuah bolu. Perpaduan rasa gurih dan manisnya coklat warna warni membuat rasa bolu ini semakin Yummy 😋. SC : Dapur Ummuhat ⚘ Resep Ke 253 ⚘ #TempeBuatanKu #PDKTdiCookPad #PDKT_TempeOrek #CookpadCommunity_Tangerang

Bolu Pandan (no emulsifier)

Bolu Pandan (no emulsifier)

Moms... saya suka bolu pandan ini dari dulu.. jika buat pasti sebentar saja ludes... ini teksturnya lembut banget moms... harum pandan buat sendiri endapan nya, saya sudah pernah share sebelumnya moms... ini wajib moms coba beneran enak... saya suka tekstur yang lembut begini moms, walau tanpa emulsifier yang penting kocokan telur kita benar benar kental dan berjejak & telur harus fresh ya moms... jika tidak segar telurnya itu bisa dibantu emulsifier, tetapi saya buat makan sendiri tidak begitu suka pakai pengembang moms jika tidak buat selain bolu kukus moms... cuss momss resep nya saya share ya moms 🥰 👉👉👉👉

Bolu bunga

Bolu bunga

90menit