Cara Gampang Menyiapkan Bolu Gulung Lukis yang Lezat Sekali

Dipos pada June 3, 2022

Bolu Gulung Lukis

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu Gulung Lukis yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bolu Gulung Lukis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Gulung Lukis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Lukis ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Gulung Lukis sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Bolu Gulung Lukis memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Bismillah. Assalamualaikum. Kali ini belajar melukis lagi yaaa, tetep lukisnya jenis batik, batiknya mega mendung khas Cirebon. Daaaan istimewanya melukisnya di bolu kemudian di gulung. Kalau tidak dipotong pasti bunda menyangka itu kain batik yang digulung hehehe. Bolunya lembuuut banget bunda. Habis dalam sekejap dech pokoknya. Cuuus bunda langsung saja dipraktekin karena ini simple banget... Sumber : @siswatyelfinbachtiar Siswaty Elfin Bachtiar #CookpadCommunity _Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #MasakanGriyaSyari #MasakanGriyaSyariKitchen #KueGriyaSyari #KueGriyaSyariKitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Lukis:

  1. 3 butir telur, tinggalkan satu putih telurnya
  2. 35 gr gula pasir
  3. 7 gr SP
  4. 1/8 sdt garam
  5. 1/4 sdt baking powder
  6. 1/4 sdt vanili bubuk
  7. 25 gr santan kara (saya : 23 gr fiber creme + 2 sdm air hangat)
  8. 45 gr tepung terigu segitiga biru
  9. Pewarna makanan sesuai motif yang diinginkan
  10. Peralatan yang di siapkan
  11. Loyang ukuran 16x16x4
  12. Kukusan, tutup dialasi serbet
  13. Kertas roti, untuk alas dan untuk menggulung
  14. Kertas motif, boleh kertas kado atau hasil ngeprint
  15. Margarin untuk mengoles

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Lukis

1
Siapkan kertas motif, potong sesuai dasar loyang, jangan kebesaran, kekecilan tidak apa-apa. Olesi dasar loyang dengan margarin, taruh kertas motif di atasnya olesi lagi dengan margarin, taruh kertas roti di atasnya kemudian olesi margarin. Sisihkan. Panaskan kukusan.
Bolu Gulung Lukis - Step 1
2
Siapkan bahan. Dalam wadah campurkan tepung terigu, garam, baking powder dan vanili bubuk aduk rata.
Bolu Gulung Lukis - Step 2
3
Mixer telur, gula pasir dan Sp hingga mengembang. Setelah mengembang tambahkan larutan fiber creme. Aduk rata. Tambahkan campuran tepung di langkah 1. Aduk rata. Ambil ⅓ adonan. Bagi menjadi beberpa bagian sesuia warna yang diinginkan. Saya bagi menjadi 4. Sebagian saya biarkan, sebagian saya beri warna ungu campur pink, ungu, dan ungu campur hitam. Aduk masing-masing. Masukkan dalam piping bag.
Bolu Gulung Lukis - Step 3
Bolu Gulung Lukis - Step 3
Bolu Gulung Lukis - Step 3
4
Gunting sedikit ujung piping bag. Aplikasikan pada kertas motif yang sudah di taruh di dalam loyang sesuai yang diinginkan. Kukus selama 3 menit. Keluarkan dari kukusan. Taruh di atasnya sisa adonan.
Bolu Gulung Lukis - Step 4
Bolu Gulung Lukis - Step 4
Bolu Gulung Lukis - Step 4
5
Sisa adonan yang berwarna juga boleh di masukkan, ratakan permukaannya. Ketuk-ketuk agar udara keluar. Kukus kembali selama 20-25 menit. Sebelum di angkat cek kematangan dengan menusukkan lidi, jika diangkat lidi tidak ada adonan yang lengket pertanda kue sudah matang. Angkat kue. Taruh di cooling rak. Balik kuenya. Kelupas kertas rotinya.
Bolu Gulung Lukis - Step 5
Bolu Gulung Lukis - Step 5
Bolu Gulung Lukis - Step 5
6
Beri kertas roti baru yang lebih besar dari kuenya di atas motif. Kemudian gulung. Biarkan hingga hangat. Buka sedikit gulungan kita semprotkan creme di dalamnya, kemudian gulung kembali. Dan biarkan hingga set.
Bolu Gulung Lukis - Step 6
Bolu Gulung Lukis - Step 6
Bolu Gulung Lukis - Step 6
7
Setelah set boleh dibuka dan Bolu Gulung Lukis siap di potong serta di sajikan.
Bolu Gulung Lukis - Step 7
Bolu Gulung Lukis - Step 7
Bolu Gulung Lukis - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Jadul / Bolu Mentega (Super Lembut, Lembab Gak Kering!)

Bolu Jadul / Bolu Mentega (Super Lembut, Lembab Gak Kering!)

Bismillaah. Minggu, 08 Agustus 2021 Source : @yso_5577 https://cookpad.com/id/resep/3525356-bolu-jadul-yang-ini-super-lembut-lembab-gak-kering?invite_token=f6TKsruLHdiE36x7LMPropor&shared_at=1628230155 Beneran sesuai judul nya teh, ini bolu lembutnya ga nahan.. apalagi pas anget² baru keluar oven, jam 9 beres baking, jam 12 siang udah kecomot 8 potong nih si bolu, maa syaa Allaah.. wajib recook sih! Btw tadi oven pake loyang bulat 20cm, ini kepenuhan. Next mau coba pake loyang brownies 20x20 untuk 2 loyang deh.. siapa tau hasilnya gemesin 😁 #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung

Bolu lumut kukus no mixer

Bolu lumut kukus no mixer

Pngin bgt mkn ubi ungu. Tp klo udh sekali mkn udh. Akhirnya kepikiran bikin bolu ubi ungu. Tp jadinya wrnanya ky ijo lumut. Tp rasanya mantul.

Chiffon pandan

Chiffon pandan

Mbak fitri s

Bolu Gulung ekonomis

Bolu Gulung ekonomis

Bolu gulung tidak harus dibuat dengan banyak telur. Karena dengan hanya sedikit telur, kiita masih bisa menikmati bolu gulung yang enak. Source : Ricke Indriani

10 potong
Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

Resep ini buat bakulan saya. Resepnya smple dan gampang sekali. Enak dan lembut. Suami dan anak2 saya juga suka klo pas ada pesenan kue ini.

10pc
2jam
Strawberry and Cheese Pound Cake

Strawberry and Cheese Pound Cake

Pound cake termasuk jenis butter cake yg teksturnya padat dan berat, jadi cocok buat cake ultah yg didekorasi. Cita rasanya legit krn pemakaian butter yg banyak. Zaman dulu pound cake dibuat dengan takaran 1 pound (1 pon), jadi mentega, gula, telur, dan terigu masing2 1 pon (+/- 500 gr). Kalau skrg biasanya gula dikurangi krn generasi kita lbh suka yg less sugar, biar lbh sehat😋.

1 loyang tulban 18 cm
Bolu Pisang Gluten Free

Bolu Pisang Gluten Free

Ini ukuran loyangnya diameter 16 cm ya

2 orang
1 jam
Bolu ketan hitam kukus lembuuut anti gagal

Bolu ketan hitam kukus lembuuut anti gagal

Bismillah... Ngabiskan tepung ketan hitam yang ada di lemari, sayang kalo harus kebuang Alhamdulillah di bikin bolu ketan hitam kukus aja deh Alhamdulillah enakk, lembut 🥰 Source : Indar #cookpadcommunity_semarang

Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur

Bolu Kukus Sederhana Tanpa Telur

6 orang
1 jam 30 menit
Bolu Lukis Kemayu

Bolu Lukis Kemayu

#HasilRecook #CookSnap #KupasHabisResep #CooksnapSiswatyElfin #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda Ini sih ceritax memanfaatkan adonan Motif yang tersisa, nah kasihlah ke anak utk berkreativitas... Dan hasilnya gak tau mo di kasih judul apa☺️. Terimakasih banyak Bu Sis ilmunya, sementara anak bisa punya aktivitas. Happy weekend.

Bolu cokelat kukus

Bolu cokelat kukus

Bolu cokelat sederhana yang penampakannya terlihat seperti bolu karamel. Warna cokelatnya kurang pekat karena seharusnya pakai bubuk cokelat dan DCC. . Tapi kuganti dengan bubuk minuman chocolatos gerry dan meses garuda menyesuaikan stok bahan yang ada. Kan masih sama-sama cokelat pikirku. Toh juga untuk dua bocilku bukan dijual, Alhamdulilah mereka suka. Bahkan si kakanya udah request minta bikin lagi.

Bolu Kukus Tanpa Soda

Bolu Kukus Tanpa Soda

Yg hangatt yg hangatt 🤣 Ini baru banget keluar dari kukusan terus lngsng foto, lngsng save resep disini. Awalnya takut2 bikinny, takut gak ngembang karena gak pakek air soda. Biasa ak bikin bolkus it selalu pakek air soda a.k.a sprite. Tp kali ini ak beraniin coba resep ibu Fatmah Bahalwan yg tanpa air soda. Alhamdulillah hasilny seperti yg dilihat, berhasil mekar ☺️☺️ Ini gampang bangett bikinny, cuma tinggal cemplung2 semua trus mixer trusss jadi deh hahaha

109. Bolu Pisang 3 telor montook

109. Bolu Pisang 3 telor montook

Memanfaatkan pisang raja yg sisa 2 drmh.

Bolu Kukus Sederhana Gula Merah (no mixer)

Bolu Kukus Sederhana Gula Merah (no mixer)

Bumil pingin makan yg manis² lembut, coba bikin makanan dengan bahan seadanya di rumah, alhamdulillah jadi juga, terpenuhilah keBMan bumil ◡̈

1 jam
Bolu kukus

Bolu kukus

Menu buka puasa hari ini #pejuangGoldenApron3

16 bh
1 jam
Bolu Ketan Hitam Sekat

Bolu Ketan Hitam Sekat

>5orang
-+1jam