Bagaimana Membuat Bolu tape Mawar (rose cake) yang Anti Gagal

Dipos pada May 25, 2022

Bolu tape Mawar (rose cake)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu tape Mawar (rose cake) yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bolu tape Mawar (rose cake) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu tape Mawar (rose cake), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu tape Mawar (rose cake) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu tape Mawar (rose cake) kira-kira 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bolu tape Mawar (rose cake) diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu tape Mawar (rose cake) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu tape Mawar (rose cake) memakai 13 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Lagi belajar bikin motif diatas cake.. Perdana bikin motif Mawar jadi masih belum rapih banget.. Hehehe cuss ke resep aja yaa..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu tape Mawar (rose cake):

  1. Bahan A
  2. 4 butir telur utuh
  3. 150 gr gula pasir
  4. 1/2 sdt SP/ovalet
  5. 1/2 sdt vanili
  6. Bahan B
  7. 200 gr tape singkong
  8. 40 gr SKM
  9. Bahan C
  10. 180 gr terigu segitiga biru
  11. 1/2 sdt baking powder
  12. Bahan D
  13. 150 ml margarin cair

Langkah-langkah untuk membuat Bolu tape Mawar (rose cake)

1
Mixer bahan A hingga kental berjejak kurang lebih 10 menit (sesuaikan dgn mixer kalian ya)
2
Sambil menunggu mixer bahan A, kita campurkan bahan B dgn garpu hingga tape halus dan menyatu dgn susu.
3
Masukkan bahan B ke campuran Bahan A lalu di aduk dgn spatula.
4
Ayak bahan C lalu masukkan ke campuran adonan diatas. Aduk lg dengan spatula hingga rata, boleh dimix dgn kecepatan rendah sbntar saja asal rata.
5
Lanjut masukkan margarin cair, aduk lg hingga tdk ada minyak yg menempel di dasar loyang.
6
Siapkan oven, panaskan 170°c api atas bawah, lanjut siapkan loyang ukuran 22cm oles dgn margarin secara merata.
7
Ambil 3 sdm adonan untuk diberi pewarna coklat 3 tetes lalu masukkan ke plastik segitiga, gunting ujungnya.
8
Tuang adonan ke loyang kue, hentakkan beberapa kali agar tdk ada udara yg terperangkap di dalamnya.
9
Bentuk motif melingkar dari adonan coklat di no 7 ke atas cake. Bentuk motif Mawar dari pewarna makanan merah dan hijau dgn bantuan tusuk sate / lidi.
10
Siap dipanggang selama 35 menit. Sesuaikan dgn oven masing2 ya
11
Tes tusuk untuk mengetahui kematangannya. Apabila ditusuk dan tdk ada adonan yg nempel di lidi maka cake siap dikeluarkan dari oven.
12
Tunggu uap panas hilang lalu keluarkan dari loyang. Siap dinikmati...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Pandan Tepung Mocaf

Bolu Pandan Tepung Mocaf

Mencoba beralih ke camilan sehat yang menggunakan tepung mocaf (modified cassava flour), hasilnya tidak kalah lembut dengan tepung terigu lainnya, hanya saja pori-pori kuenya agak besar²...cuss dicoba yuuk temans :)

8 potong
1 jam
Bolu Air Nutrijel Kukus Mudah Irit Hanya 6 Bahan

Bolu Air Nutrijel Kukus Mudah Irit Hanya 6 Bahan

Awalnya saya penasaran dengan bolu nutrijel yang saya lihat dari akun @cook_5325865 (bunda aDila). Saya pernah buat bolu dengan susu bubuk Dancow dan Milo, tapi yang Milo kurang terasa kata suami saya. Ingin buat yang dicampur Nutrisari, tapi belum jadi-jadi. Akhirnya saya coba buat yang dicampur Nutrijel. Alhamdulillah, enak. ^^ Resep ini tanpa telur, tanpa mixer, tanpa susu, dan hanya diaduk-aduk. Kalau di resep lain, Fruity Acid-nya tidak dipakai. Ini saya pakai agar bereaksi dengan Baking Soda, agar bolu mengembang. Ini saya kukus bersamaan dengan menanak nasi, hemat listrik. #BoluAir #SaveEnergy ^^

1 loyang kecil diameter 13 cm
1 jam (30 menit mencampur, 30 menit mengukus)
Bolu klasik sederhana

Bolu klasik sederhana

Paling suka sama bolu jadul ini, anak² juga suka kalau makan pasti rebutan dech gak cukup buat 1, apalagi kalau lg ada saudara dari suami, semua dibungkus²in... Jd ingat almh mamah dl kalau buat bolu sama juga di rebutin anak²nya... Okay, kita langsung eksekusi resep nya ya....🥰

2loyang
1jam
Bolu gulung

Bolu gulung

Source: Tintin Rayner

Rainbow Roll Cake

Rainbow Roll Cake

Syuka dgn warna ny pelangi ,jadi nya pingin bikin bolu ini Source : FB #rainbowrollcake #goldenapron3 #masakasyik #cookpadindonesia

Chiffon Taro Gluten free

Chiffon Taro Gluten free

#pejuangGoldenApron3 Yuuhuuu emak kali ini bikin chiffon gluten free ga kalah enak nya dengan tepung protein biasa tapi ini lebih sehat loh tepung nya memakai tepung singkong .

Bolu Suri

Bolu Suri

Bolu khas Palembang, tapi sekarang susah didapat. Teksturnya hampir sama dengan bolu karamel dan bika ambon. Saya menggunakan resep dari Eka Baihaki.

2 Jam
Bolu Tape Pandan Putih Telur

Bolu Tape Pandan Putih Telur

Memanfaatkan sisa putih telur dan kebetulan masih ada tape di kulkas lsg deh eksekusi jadi bolu tape 🤩lembut banget jadinya bisa jadi teman untuk ngopi cantik🥰 Source: @vitakwee

Bolu Van Houten tanpa sp

Bolu Van Houten tanpa sp

Berhubung anak anak pada suka kue,jadilah umminya terinspirasi untuk membuat kan nya.Walaupun cuma pake oven tangkring.Bolu ini lembut meskipun tanpa tambahan cake emulsifier. Dijamin bakal ketagihan. Silahkan di coba yaa ... !

45 menit
Bolu pisang

Bolu pisang

Asli deh ini resep enak bgt. Ga pegel ngudek bahannya simple bgt. Pokoknya kalo lagi gabut, hrs coba. #pisang #bolu #jajan #enak #gampang #cepetjadi #banana #kukus

Bolu Lapis Nanas

Bolu Lapis Nanas

Ada sisa selai nanas belas nastar tahun lalu hihi, awet yaaa. Akhirnya bikin bolu aja.

Bolu gulung batik

Bolu gulung batik

Source mbak Anny risyani. Bolu gulungnya lembut cocok untuk bakulan hantaran dan hampers #cookpadcommunity_Bogor

Bolu pisang kayu manis

Bolu pisang kayu manis

Kepingin makan bolu pisang, sore2 pas nyantai bersama keluarga sambil ngeteh/ngopi syantik... eh kebetulan pisang panen beberapa hari yg lalu udah pada matang semua, siap deh dieksekusi, bolunya q kasih bubuk kayu manis biar tambah wangi pas dibaking. Anak2 pun juga jd lahab nyamil bolunya💖💖🍰☕🍵 #PPKM #kreasiIbuCerdas #DirumahAja #posbarIDAMAN

Chiffon cake

Chiffon cake

Bingung mau ngapain akhirnya aku coba buat chiffon cake ini baru pertama kali aku buat langsung berhasil. Ternyata buat chiffon itu gampang banget.

1 loyang
-+40 menit
Sakura Roll Cake

Sakura Roll Cake

Setelah sekian lama karena kesibukan kerja,, Alhamdulillah kali ini sy nyempetin lagi bikin kue😊. Source@suka-suka Amel

Bolu kukus mekar dgn air soda

Bolu kukus mekar dgn air soda

Kali ini mao bkin bolu mekar.. halus sehalus kapas. Resep sy adop dr ling pastry di ig.. arus nya uda bnyk yg share resep ini jg.. Kli ni sy pk pasta pandan dan red velvet.

Bolu Pisang Putih Telur

Bolu Pisang Putih Telur

Memanfaatkan pisang yg tinggal 3 pcs dgn kondisi kematengan jd ga ada yg mau makan, dan juga putih telur sisa bikin kuker lebaran 😁 jadi deh bolu pisang praktis dan endulita ini.. bisa jadi cemilan bumil jg nih apalagi kalo dimakan anget, tp dmkan dingin pun ttp enak 😍 Source : @ifanidevi #CSDepok_PisangSurut #SupportBumil #CookpadCommunity_Depok

1 loyang
Bolu putel keju

Bolu putel keju

Trial resep baru🤣ini lebih lembut tp lebih padat dr pada trial pertama,ada asin2 gurih kejunya,.dan ketika d tinggal nyuci loyang langsung d serbu para krucils,dan akhirnya fotonya cm tinggal separo🥰,oia ini bolunya retak karena d awal pake suhu 200,kayanya terlalu panas,