Bagaimana Menyiapkan Chiffon Cake Pandan yang Lezat

Dipos pada May 26, 2022

Chiffon Cake Pandan

Bagaimana membuat Chiffon Cake Pandan yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Chiffon Cake Pandan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Chiffon Cake Pandan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Chiffon Cake Pandan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Chiffon Cake Pandan biasanya untuk loyang diameter 22 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Chiffon Cake Pandan diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Chiffon Cake Pandan bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Chiffon Cake Pandan memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Ga pernah bosen dengan cake yang kempus-kempus ini. Chiffon cake ini memang bertekstur ringan seperti kapas. Kunci keberhasilannya, terletak pada adonan meringue. Tidak lupa folding technique (teknik aduk balik) saat mencampur adonan pasta dan meringue juga harus diperhatikan. Memang butuh kesabaran tapi hasilnya pun sepadan. Chiffon cake ini cocok banget untuk disajikan sebagai snack saat santai ataupun saat belajar. Terima kasih resepnya Bu Yeni, resep tersebut saya konversikan dengan penggunaan 5 telur sesuai dengan ukuran loyang yang tersedia. Chiffon cake pandan ini saya persembahkan untuk keluarga Ibu Yeni Mulyani @SeruniPI95 yang mendapatkan giliran POKCOY (Posbar Kreasi Cooksnap Coboy) minggu ini. Semoga segala hajat dan segala urusan dilancarkan dan dimudahkan. Selamat untuk putri sulung Bu Yeni yang telah menyelesaikan sidang skripsi. Dan juga saya ucapkan semoga sukses untuk putri kedua Bu Yeni yang menempuh studi di ITS pun akan segera maju sidang skripsi pada bulan Juli ini. Semoga segalanya dilancarkan dan mendapatkan predikat terbaik. Aamiin...YRA Teriring doa terbaik dari kami untuk Ibu Yeni sekeluarga. Salam hangat dan salam sehat selalu untuk semuanya. COBOY..... WANI!!! #Pokcoy_SeruniPuspaIndah #PosbarKreasiCooksnapCoboy #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon Cake Pandan:

  1. โ˜˜๏ธBahan Pastaโ˜˜๏ธ
  2. 5 kuning telur
  3. 60 gram gula pasir
  4. 1/4 sdt garam halus
  5. 1/2 sdt vanilla bubuk
  6. 110 gram tepung terigu protein rendah (merk Kunci)
  7. 65 gram minyak goreng
  8. 80 gram santan instan (1 sachet santan kara + sedikit air)
  9. 1/2 sdt baking powder double action
  10. 1 sdt pasta pandan
  11. ๐ŸMeringue๐Ÿ
  12. 1/4 sdt cream of tar tar/ 1 sdt air perasan jeruk nipis
  13. 5 putih telur
  14. 70 gram gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon Cake Pandan

1
Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius. Saya pakai oven tangkring dengan api kecil. Bahan Pasta. Kocok kuning telur, vanili dan gula dengan whisk hingga gula larut. Tambahkan minyak goreng dan santan secara bergantian. Aduk rata.
Chiffon Cake Pandan - Step 1
Chiffon Cake Pandan - Step 1
2
Tambahkan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan tepung terigu, garam dan baking powder (yang telah diayak sebelumnya). Aduk rata hingga kalis/homogen. Sisihkan.
Chiffon Cake Pandan - Step 2
Chiffon Cake Pandan - Step 2
Chiffon Cake Pandan - Step 2
3
Meringue. Siapkan wadah bersih dan kering. Mixer putih telur dan cream of tartar dengan kecepatan sedang hingga berbusa. Masukkan gula secara bertahap. Mixer dengan kecepatan sedang hingga firm peak/berjambul.
Chiffon Cake Pandan - Step 3
4
Masukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur. Aduk lipat dengan spatula. Lakukan secara bertahap hingga habis (jangan overmix ya)
Chiffon Cake Pandan - Step 4
Chiffon Cake Pandan - Step 4
5
Tuangkan ke loyang chiffon tanpa dioles apapun. Keluarkan udara yang terperangkap dalam adonan dengan tusuk sate secara melingkar. Hentakkan 3x. Oven dengan api kecil selama 1 jam 15 menit. Tes tusuk. Keluarkan loyang dan telungkupkan di leher botol. Tutup dengan serbet basah, agar lebih cepat dingin.
Chiffon Cake Pandan - Step 5
6
Jika cake sudah dingin, sisir loyang dan keluarkan cake. Potong-potong sesuai selera.
Chiffon Cake Pandan - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Kuk (Bolu Agogo) Khas Kalbar

Kue Kuk (Bolu Agogo) Khas Kalbar

Kali ini Cookpad ngadain kegiatan baru yakni Cooksnap, Cooksnap sendiri adalah nama baru untuk recook resep. Cooksnap perdana ini diadain untuk kalbar. kenalan sm temen2 yang ada di Kalbar dan mengenal makanan khasnya kalbar adalah salah satu alasan sy mengikuti kegiatan cooksnap ini, dan kali ini sy pilih resep kue kuk nya mba Priska Koes. Menurut sy, rasa kue kuk ini mirip dengan kue khas kaltim yaitu elat sapi, hanya saja si elat sapi teksturnya lebih padat dan keras mirip kukis. Kue kuk sangat cocok jika disajikan sebagai pendamping minum teh atau kopi, dan tekstur kue ini agak berat ya,jd kalau kaya sy makan sepotong sambil ngeteh, sudah kenyang ๐Ÿ˜‚. Selain buat yg original, sy juga buat yg bertopping, topping yg sy pakai almond slice. Resep ini mudah buat pemula,krn tidak perlu kocok2 telur pakai mixer Resep Asli : https://cookpad.com/id/resep/14658965-kue-kuk-bolu-agogo-khas-kalbar?invite_token=RNw6jMd1t8pd8yjMWrXEnTzz&shared_at=1622984357 #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_CooksnapKalbar #Cooksnap_Kalbar #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #PejuangGoldenApron3

Bolu santan satu telur (no mixer)

Bolu santan satu telur (no mixer)

Sel22juni2021" Pertama nyoba alhamdulillah lgsung Succes, untuk rasa lumayan lah... Cobain Yuk...

Bolu pisang mocca coffe

Bolu pisang mocca coffe

Rasanya udah berapa purnama tidak baking,,sehari-hari pun hanya masak yg simpel2 aja,pandemi ini sungguh membuat lelah jiwa raga,semoga pandemi ini cepat selesai dan kita bisa hidup normal lagi,aamiin,, Kebetulan di rumah hari ini lagi pada puasa,,suami tumben2nan reques bolu pisang,,saya pake resepnya teh ricke ordinary kitchen,(cuma saya tambahin essent mocca coffe biar ada rasa2 mocca nya dikit),,hasilnya empuk banget,,recomended pokonya must try ya buibu,,(maaf step by step nya gk kefoto,,insyaAlloh ntar bebikin lagi sy update ya,,๐Ÿ™๐Ÿ™)

Bolu pisang panggang

Bolu pisang panggang

Masak bolpis selalu di kukus,kali ini nyoba yang dipanggang. Eh anakยฒ dan suami suka๐Ÿฅฐ

5 Orang
45 menit
Bolu Susu Lembang Kukus

Bolu Susu Lembang Kukus

Gegara dpt oleh2 dr tetangga. Eh anak2 pada suka trs minta, ga mungkin beli lah, jauh di lembang sono. Yd mamak cari resep nya aj trs lgsg di eksekusi. Alhamdulillah lgsg habis dan minta dibutain lg dgn rasa yg lain. Source: https://cookpad.com/id/resep/7128656-bolu-susu-lembang-kukus?invite_token=DfJe5DBFqxW6q9fKnmXABabF&shared_at=1626162655

Bolu kukus coklat tanpa telur tanpa mikser

Bolu kukus coklat tanpa telur tanpa mikser

Rasanya lembut dan simpel banget,yg mau liat video pembuatannya bisa dilihat di ytb dapur ani berau yaa, ๐Ÿค—๐Ÿ˜˜

11 biji
Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Well...weekend kali ini lagi aktif di dapur, dan akan ditutup dengan mendadak bikin Chiffon Pandan ini. ๐Ÿ˜Š Setelah nyoba Ogura, Cotton Cake...akhirnya Chiffon. Sc: Tintin Rayner

8 orang
1,5 jam
Bolu Chocolatos Panggang

Bolu Chocolatos Panggang

Seperti biasa maafkan karena tidak mengambil foto saat membuatnya... ๐Ÿ˜…๐Ÿ™

Butter cake

Butter cake

Kue ini adalah favorite keluarga saya, manisnya pas, gak eneg, dan terasa juga gurihnya butter. Enak bangedd di makan sore2 sambil ngeteh. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ‘ Yukkk bikin. Mudahhh bangedd.. ๐Ÿ˜‰

20 potong
2 jam
Milo Roll Cake

Milo Roll Cake

Si bocah doyan banget makan ini sampe nambah2 ๐Ÿ˜ . . Resep dimodifikasi dari Luvita Ho

loyang 22x22 po
Bolu Kukus Pisang

Bolu Kukus Pisang

Request si bocil yang sedang kepingin kue.. Cobain buat bolu kukus pisang Source : Rudy Choirudin Alhamdulillah sukses, hanya saya pakai pisang ambon, karena pisang yang ada saja. Simak resepnya yaa..

Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar

Recook menyadik mbak Dara Home Cooking,yang menang arisan minggu ini. Ibu pilih bolu kukus mekarnya,bolunya enak dan lembut.cocok untuk ngumpul keluarga sore-sore sambil minum teh hangat. Resep : Dara Home Cooking #Cookpad #CookpadIndonesia #CookpadCommunity #CookpadCommunity_BORNEO #CookpadCommunity_KALBAR #CookSnap_Kalbar #RecookMenyadikKalbar #RecookMenyadik_DaraHomeCooking

Bolu kukus white coffe

Bolu kukus white coffe

Kalo malam si bocil sering bgt minta dibuatin cemilan,manfaatin yg ada di kulkas aja no ribet

5 cup
20menit
Bolu Marmer Kukus

Bolu Marmer Kukus

Resep Asli : https://cookpad.com/id/resep/13588125-bolu-marmer-kukus?invite_token=tjH5vNCSv3y2gLibPaizwsnD&shared_at=1624430099 Berhubung stock cemilan sudah habis dan suami sudah kode2in minta cemilan, jadilah eksekusi resep ini ๐Ÿ˜.

loyang 18 cm
Bolu kukus mekar dgn air soda

Bolu kukus mekar dgn air soda

Kali ini mao bkin bolu mekar.. halus sehalus kapas. Resep sy adop dr ling pastry di ig.. arus nya uda bnyk yg share resep ini jg.. Kli ni sy pk pasta pandan dan red velvet.

Bolu gulung

Bolu gulung

Source: Tintin Rayner

Bolu Suri

Bolu Suri

Bolu khas Palembang, tapi sekarang susah didapat. Teksturnya hampir sama dengan bolu karamel dan bika ambon. Saya menggunakan resep dari Eka Baihaki.

2 Jam