Bagaimana Membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju yang Menggugah Selera

Dipos pada January 8, 2017

Bolu Gulung Pandan Krim keju

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bolu Gulung Pandan Krim keju yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Gulung Pandan Krim keju, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Pandan Krim keju enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju kira-kira 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Gulung Pandan Krim keju bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya pernah membuat bolu gulung tapi karna salah resep dan cara.. waktu mau gulung ..eh malah patah. Kadang retak retak dan kasar teksturnya. Sekarang saya sdh temukan resep yg tepat dan gampang. Hemat telur dan bahan pula. Dan yang penting enak dan lembut rasanya..gak kalah sama yg di toko bakery itu. Nih resep dan caranya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju:

  1. 100 gr terigu kunci
  2. 100 gr gula halus
  3. 4 butir telur, pisah putih dan kuning
  4. 60 ml minyak (saya Filma)
  5. 60 ml santan instant (Kara)
  6. 2 tetes pasta pandan
  7. 1/2 sdt cream of tartar
  8. 1/4 sdt garam halus
  9. bahan isian :
  10. buttercream atau whipped cream
  11. keju cheddar parut

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Pandan Krim keju

1
Kuning telur + tepung terigu + minyak + santan + pasta pandan di aduk pake whisk di baskom sampai tercampur rata dan kental. Sisihkan
2
Putih telur + gula +CTT di mixer di baskom bersih hingga softpeak.
3
Ambil 1/4 adonan putih telur yg sdh dimixer tadi dan campurkan ke adonan pertama tadi. Aduk pake spatula dgn cara aduk balik. Lalu campurkan keseluruhan adonan putih telur ke adonan tadi dgn spatula aduk balik sampai rata.
4
Tuangkan ke loyang yg sdh dialasi kertas roti dan diolesi margarin. Panggang di oven dgn suhu 160 derajat selama 25 mnt. Sesuai oven msg msg.
Bolu Gulung Pandan Krim keju - Step 4
5
Keluarkan dan tuangkan di atas kertas roti yg lebih besar. Buka alas kertas di dasar kue perlahan lahan. Dalam keadaan panas digulung sebentar tanpa isian sampai bentuknya agak lengkung. Dan buka kembali. Biarkan agak dingin. Lalu setelah dingin olesi buttercream dan taburi keju parut. Gulung lagi dan padatkan. Biarkan dibungkus selama lebih kurang 30 mnt.
Bolu Gulung Pandan Krim keju - Step 5
6
Buka kertas gulungannya dan potong ujung ujungnya yg gak rata. Hias sesuai selera dan sajikan.
Bolu Gulung Pandan Krim keju - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung coklat isi kacang keju #ketopads_cp_ketobeticcake

Bolu gulung coklat isi kacang keju #ketopads_cp_ketobeticcake

#weekendchallange Ini recook resep mbak rina ninoy. Dengan modifikasi eri saya ganti full diabetasol. Isian selai kacang saya tambah keju lagi diatasnya

Bolu gulung irit (lembut)

Bolu gulung irit (lembut)

Source Dian Nurindah

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Source : Instagram (@Eliz_Willyam) Masih berantakan bentuknya.😂😅

Bolu gulung irit amat

Bolu gulung irit amat

Saling tergiurnya dengan pembuatan kue yang berhasil kelamaan juga pengen bikin mulu dengan varian yang beda ..langsung dech eksekusi hihi..

12 Potong
45 menit
Bolu gulung emmooo

Bolu gulung emmooo

Masih seputaran rasa penasaran karena ngehitsnya roll cake motif sapi ini.. Dan rasa penasaran pun berakhir dengan tereksekusinya c bolu sapi ini 😁😁

Roll/Cake Jelita

Roll/Cake Jelita

Hj. Tintin Purnama Sari

Bolu Gulung 3 Rasa

Bolu Gulung 3 Rasa

Ceritanya ada banyak kuning telur yg nganggur..jadi kepikiran dibuat bolu gulung aj drpd mubazir..kebetulan jg ada bbrp macam selai maka jadilah bolu gulung 3 rasa ini..

60 menit
Banana Choco Roll Cake

Banana Choco Roll Cake

Paling sempurna perpaduan coklat, keju ama pisang perfect dehh.. cuaca mendung gini pengen yang manis2. Biasanya bikin cake Pisang Belum pernah digulung. Akhirnya nyoba2 Deh bikin pake resepnya mba Sari utami kimdonghwa.. manisnya pas.. maafkan kalo butter nya pake sisa dikulkas.. sudah terlanjur ditambah pasta pandan😁 jadi berasa pandan perpaduan coklat gitu. Tapi tetep enak kok.. resep aslinya butter cream biasa aja. Putih polos.. #cookpadcommunity_Samarinda #Cookpadcommunity_borneo

4 orang
90 menit
Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Pengen banget bikin bolgul. Pilih pilih resep akhirnya jatuh ke resep punya mba ricke ini. Sebenrnya pengen banget bikin bolgul yg bejibun kutel nya biar kinyis kinyis kuning alami gt dan tanpa SP tapi koq eman eman telornya yaa heheh. Yawis untuk first trial ini dulu deh. Daaaan banyak accident, slh satunya kulit atas nya belum matang thus ngelupas hahaha.tp yowes lah kulit atas buat bagian dalem aja. Dan kulit bawahnya gosyong dikarenakan oven yg alamaak udah tua banget ampe bawahnya jebol gt dan keluar asep mbahayani. Pokoknya salah oven nya iki!!! #lha! Tapi gpp..overall puas lah utk newbie ky saya aplg for the 1st trial. #ngalorngidul saya pake takaran sdm aja krn mmg ga pny sendok takar yaa. Takarannya antara peres dan munjung.

Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic

Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic

Yuk buat bolu gulung,, kali ini mau share bolgul corak mosaic. Untuk resep pake modifnya mba rinadedik dari resep bolu gulung mba ricke ordinary kitchen..masih dgn kocok all in 1 👍 resep ini nambah 2 kuning telur. Sebelumnya pernah share bolu gulung asli ekonomis yg ini naik kelas dikit hehe pake wysman. Menurutku yg full margarin ngga kalah enak+lembut..tetep suka yg ekonomis 👍 Tips membuat bolu gulung (dari blog mba ricke+dari saya sendiri saat baking he2): 1. Pilih bahan yg fresh. Khusus untuk telur pilih yg putih telurnya masih kental bukan encer. Pastikan pula emulsifier masih bagus. Untuk mentega lelehkan jgn sampai mendidih ya, cukup leleh sebagian, matikan api lalu aduk2 sampai meleleh semua. 2. Kocok adonan sampai mengembang putih, kental, dan berjejak. Coba angkat adonan kalau jatuhnya melipat membentuk pita tandanya adonan baik. 3. Saat mentega cair masuk, aduk balik dgn spatula. Pastikan rata, jgn sampai ada endapan mentega (bakalan bantat). 4.. Pada saat memanggang bolu gulung, selalu pantau panas oven listrik /api kompor yg pake otang, liat permukaan bolunya. Mengenal oven masing2 penting bgt. Permukaan bolu harus coklat merata..jangan sampai terlalu kering/coklat kulit bakalan retak2 saat di gulung. Permukaan yg belum begitu coklat jg bisa membuat permukaan basah dan gampang ngelupas. Untuk sy sendiri saya pake suhu 190 dercel setelah mengembang dan permukaan agak kuning turunkan suhunya 180 dercel dgn api atas bawah. Saya tempatkan loyang di rak bawah.

60 menit
Bolu gulung dapur ma2sero

Bolu gulung dapur ma2sero

Memberanikan diri buat rollcake atau bolu gulung, sempat kawatir gak bisa mengulung dasarnya kurang tlaten grusa grusu 😆 alhamdulilah meskipun perdana bikin uda lembut, empuk dan rasanya mantap banget meskipun gulungny kurang rapi tetap puaslah next time harus lebih bagus lagi 🙈

60 menit
Bolu gulung motif#berani baking

Bolu gulung motif#berani baking

Loyang ukuran panjang 30,lebar 27 dan tinggi 5cm.yuk mari taklukkan sigulung ini,jgn gampang dikalahkan sama adonan,jgn menyerah,buktinya sy bs menaklukkannya..,.

17 porsi
Bolu Gulung Blueberry Keju pr_digulungjangandigiling

Bolu Gulung Blueberry Keju pr_digulungjangandigiling

Belum sempurna masih perlu mencoba lagi agar lebih sempurna 😊 #pr_digulungjangandigiling

MOZAIK ROLL CAKE (Bolu Gulung Ekonomis)

MOZAIK ROLL CAKE (Bolu Gulung Ekonomis)

Agak ribet dikit bikinnya tp lihat hasil akhirnya alhamdulillah terbayar sudah apalg klu warnanya bnyakan macemnya saya cuma bikin 3 warna pasti tambah cantik. Resepnya sy sesuaikan dng kondisi oven sy hanya 4 telur resep asli 6 telur, disini sy cantumkan resep asli. Source : tintinrayner Loyang 24

Batik Roll Cake (kukus)

Batik Roll Cake (kukus)

Penasaran sama Batik Rollnya mb Dewi Ratna... akhirnya setelah semedi tujuh purnama 🤣🤣, memberanikan diri mencoba, ternyata ga seribet yang dibayangkan, cepet prosesnya.harus lebih banyak latihan mbatiknya ...😊😊 #RecookBoluGulungBatikDewiRatna #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

1 loyang 20x20 porsi
1 jam
Bolu Gulung abon Keto

Bolu Gulung abon Keto

Pemenang arisan kali ini bunda juni... Intip resep bolgul abonnya bikin ngilerrr... Sampe mamak bikin abon ayam keto demi ini bolgul. Liat bahannya, sama dengan bolgul keto resep dari chef rhaxma wkwkwk#curangmodeon Oh iya resep ini mamak dedikasikan buat salah 1 temen mamak sebagai survivor kanker payudara dan sedang berikhtiar menyembuhkan kanker dengan pola makan keto😊 #recook_juni_dwianggiani #ketopad #pejuangdapur #pedulikankerpayudara

Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Percobaan ketiga pake resep ini baru jadi..kmrn2 gagal..enak, lembut bgt..aku buat setengah resep pake loyang 22x22..jdnya kecil, ya nasib ovennya kecil.

45 menit
Taro Pokcoy Roll Cake Panggang

Taro Pokcoy Roll Cake Panggang

Maafkan🙏 sy ga dibuat hurricane nya jd ijin ganti nama☺️🙏 sy nyontek plek takaran bahannya tp ga dibuat hurricane krn deg2an takut gagal😁jd ah sy niat buat cake yg biasa aj🤭ini sy pake pasta taro, air pokcoy krn ga mau melewatkan event #PekanPosbarSawi setelah #PekanRayaSawi dan loyang yang saya pake ukuran 22x22x4cm, sedangkan aslinya 25x25cm itu yg bikin sy deg2an ga PD, jd ah gpp buat cake biasa aj🙈 😁jd beginilah hasilnya🙄 tp sudah ijin reshare resep ini dgn ganti nama 🙏 ternyata dengan ukuran yang saya buat, masih bisa digulung sempurna🥰saking lembut cake nya😘 tidak patah, itu bukan patah ya tp tergores saat buka kertasnya saking ga sabarannya, harusnya dibirkan set dulu 30 menit di kulkas br dipotong, tp td sy kurang dari 30 menit kiranya, krn pasukan udah pd ga sabar main tarik2 aj 😢 Yo wes gpp yg jelas ini sempurna bgt lembutnya, dengan ukuran yg rawan, msh bs digulung🥰dan yang jelas ini sehat bgt ya krn tanpa bahan pengembang dan pelembut tp ttp lembut cake nya😋😍 Silahkan yang mau nyoba🙄 Ini link resep aslinya https://cookpad.com/id/resep/14348936-hurricane-swiss-roll-cake?invite_token=djhyDkEhYPF8E4np5urVkBce&shared_at=1613027082 Dari #RecookDepok_ArtiWinarni di #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #KreasiDepok_OlahanSawi #RecookDepok_OlahanSawi

1 loyang 22x22x4cm