Cara Gampang Membuat Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic yang Enak

Dipos pada August 23, 2017

Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic

Bagaimana membuat Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic diperkirakan sekitar 60 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic memakai 11 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Yuk buat bolu gulung,, kali ini mau share bolgul corak mosaic. Untuk resep pake modifnya mba rinadedik dari resep bolu gulung mba ricke ordinary kitchen..masih dgn kocok all in 1 πŸ‘ resep ini nambah 2 kuning telur. Sebelumnya pernah share bolu gulung asli ekonomis yg ini naik kelas dikit hehe pake wysman. Menurutku yg full margarin ngga kalah enak+lembut..tetep suka yg ekonomis πŸ‘ Tips membuat bolu gulung (dari blog mba ricke+dari saya sendiri saat baking he2): 1. Pilih bahan yg fresh. Khusus untuk telur pilih yg putih telurnya masih kental bukan encer. Pastikan pula emulsifier masih bagus. Untuk mentega lelehkan jgn sampai mendidih ya, cukup leleh sebagian, matikan api lalu aduk2 sampai meleleh semua. 2. Kocok adonan sampai mengembang putih, kental, dan berjejak. Coba angkat adonan kalau jatuhnya melipat membentuk pita tandanya adonan baik. 3. Saat mentega cair masuk, aduk balik dgn spatula. Pastikan rata, jgn sampai ada endapan mentega (bakalan bantat). 4.. Pada saat memanggang bolu gulung, selalu pantau panas oven listrik /api kompor yg pake otang, liat permukaan bolunya. Mengenal oven masing2 penting bgt. Permukaan bolu harus coklat merata..jangan sampai terlalu kering/coklat kulit bakalan retak2 saat di gulung. Permukaan yg belum begitu coklat jg bisa membuat permukaan basah dan gampang ngelupas. Untuk sy sendiri saya pake suhu 190 dercel setelah mengembang dan permukaan agak kuning turunkan suhunya 180 dercel dgn api atas bawah. Saya tempatkan loyang di rak bawah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic:

  1. 6 telur utuh
  2. 2 kuning telur
  3. 1 sdm emulsifier (sp)
  4. 75 gram gula halus
  5. 70 gram tepung terigu segitiga
  6. 10 gram tepung maizena
  7. 10 gram susu bubuk
  8. 1/2 sdt vanila susu bubuk
  9. 125 gram mentega cair (65 wysman+60 gram blueband)
  10. secukupnya pewarna makanan
  11. secukupnya selai blueberry

Langkah-langkah untuk membuat Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic

1
Siapkan bahan2nya. loyangnya sesuaikan apa yg ada dirumah aja. Karena saya cuma punya ukuran 23 jadi ngga dipake smua adonannya. Resep ini sejatinya untuk loyang uk 30 atau uk 22 untuk hasil double. Jadi bisa dikira-kira ya ketebalan trgantung ukuran loyang. Pernah 1 resep pake loyang 23 hasilnya montok bgt..jgn lupa loyangnya dioles tipis dg margarin lalu beri kertas baking. Kenapa dioles margarin? Biar kertasnya menempel sempurna ke loyang. Ngga pake jg gpp.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 1
2
Campur semua bahan kecuali mentega cair. Mixer speed rendah untuk mencampur semua bahan, lalu naikkan speednya. Mixer sampai mengembang putih kental berjejak sekitar 10 menit. Masukkan mentega cair, aduk balik dgn spatula sampai rata jgn sampai ada endapan mentega (bisa bantet).
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 2
3
Ambil 3 sendok sayur ke dalam mangkuk lalu beri warna ijo. Ambil lg 3 sendok sayur beri warna pink. Ambil lg dgn takaran sama untuk warna biru & ungu. Taruh masing2 warna dalam plastik/piping bag, ikat. Semprotkan 1/3 bag warna ijo melintang di pinggir loyang. Lanjut 1/3 warna pink, biru, ungu. Lakukan sampai masing2 adonan warna habis. Dgn tusuk sate buat guratan gelombang. Liat foto biar jelasnya..
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 3
4
Tutup atasnya dgn adonan putih yg dmasukkan ke plastik. Hentakkan loyang untuk mengeluarkan buble yg terjebak di adonan.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 4
5
Panggang dlm oven yg sudah dipanaskan 15 menit sebelumnya. Dgn suhu 190 dercel, sekitar 30-40 menit. Saya setelah agak menguning permukaannya suhu diturunin ke angka 180 dercel.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 5
6
Tes tusuk kalau perlu/tes sentuh kalau mau hehe..setelah matang angkat loyang tutup atasnya dgn kertas baking (sy kertas bungkus aja) lalu serbet (krn panas, g jg gpp). Balikkan loyang. Kelupas kertas yg menempel di bolu dg pelan2. Lalu gulung bolu dgn krtasnya untuk dapat pola gulungannya.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 6
7
Buka kembali, lalu oles dgn selai blueberry. Gulung tanpa kertasnya ya. Gulungan pertama menentukan bagus tidaknya hasil gulungan. Jadi pelan2 saja, liat ujung kanan kirinya dulu baru teruskan menggulung. Padatkan dgn menekan bagian bawah badan bolu ke arah dalam. Rapatkan, simpan sebentar dalam kulkas.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 7
8
Bolu yg sudah di gulung dan dirapatkan.
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 8
9
Setelah dibuka..
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 9
10
Potong2 dan sajikan ya..selamat mencoba..
Mosaic Roll Cake | Bolu Gulung Mosaic - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Gulung Batik

Bolu Gulung Batik

Pengen bikin dari kemaren-kemaren, cuma orderan kue kering di tempat saya lagi banyak-banyaknya πŸ˜„πŸ˜… akhirnya baru tereksekusi sekarang, pas libur pemilu, pas suami datang, pas ada yang jaga anak, dan pas pesanan udah kelar semua. Ini tadi warnanya full colour sebenarnya, cuma saya kelamaan manggang πŸ˜₯ seharusnya 2 menit saya bikin 4 menit. Yang ijo jadi coklat, tapi malah keluar warna khas batiknya cokelat-cokelat gimana gitu 🀣🀣🀣. Saya pake resep bolu gulung ekonomis punyanya Ci Tintin Rayner yah... Yuk boleh coba.... #MomenManis

1 roll
60 menit
Bolu Pisang Kukus Tanpa Telur Tanpa Mikser Mekar, Enak, Empuk

Bolu Pisang Kukus Tanpa Telur Tanpa Mikser Mekar, Enak, Empuk

Bismillah. Hemat telur.. telurnya buat lauk sajaaaaa Simple, mudah, cepat.. Gak pakek mikseer yaaaaa. Cuma ini harusnya pakai cetakan kue kukus yg cup tapi sedang tidak mood krn membayangkan akan ada banyak cucian cetakan kue kukus huaaaa akhirnya pake loyang brownis.. Bisa?? bisa banget walhamdulillaah. Hayuuk dicoba..

Bolu Pandan Kukus

Bolu Pandan Kukus

Cemilan enak murah dan praktis

15 orang
30 menit
Bolu Warna Warni by Me

Bolu Warna Warni by Me

Pengen kudapan di sore hari yg praktis n ekonomis, cukup bikin ini aja. alhamdulillah... syuka smua. 😊😁

Bolu Karamel

Bolu Karamel

Bolu karamel ini adalah bolu pertama yang bisa aku bikin,dulu jaman baru nikah bolu ini jadi andalan kalo mau bawa oleh-oleh ke rumah kerabat,bahannya mudah dan murah,bikinnya pun gampang tapi rasanya legit,enak banget... Takarannya hanya pakai gelas belimbing,jadi cocok nih kalo lagi males nimbangΒ² tapi pingin makan bolu πŸ˜„πŸ€­ #PejuangGoldenApron3 Minggu ke 5

Bolu Labu Kuning Panggang super simpel

Bolu Labu Kuning Panggang super simpel

Hai... Hai... Hai.... Setelah kemarin eksekusi muffin labu kuning.. Sekarang eksekusi bolu labu kuning, yg simpel dan gampang" aja... Dan yg paling penting bahannya mudah dan murah... Yeyeye.... Ini resepnya Bunda ayya naa.... Yuuuk semua dibuat....

Bolu Kukus Original

Bolu Kukus Original

Resep bolu ini sudah ada sejak sy masih duduk di taman kanak-kanak. Awalnya saya pikir ini adalah kue kuno yang hanya ada di masa emak emak. Namun dari masa ke masa bolu kukus ini tidak pernah hilang dari pasaran. Mungkin karena rasanya yg manis legit & harganya cukup murah. Bolu ini selalu ada di toko kue modern atau pun di pasar tradisional.

35 Cup
Bolu ala Lapis Surabaya / Spiku

Bolu ala Lapis Surabaya / Spiku

Bolunya enak dan ekonomis. Mencoba dan terus mencoba😊😘 Yg punya resep hasilnya,cantik mulus dan tidak berongga..hasilku ngk mulus tp lembut😊😘 Source: Stephanielukman #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Bolu Kukus Pisang

Bolu Kukus Pisang

Punya pisang Uli banyak banget, dan bosen klo cuma digoreng, akhirnya cb bikin bolu kukus pisang aja. Prosesnya gampang banget, ga perlu pakai mixer dan cukup ekonomis jg krn hanya pakai 2 telur πŸ‘ŒπŸ˜¬

16 potong
310.Bolu Kukus Matcha Pandan

310.Bolu Kukus Matcha Pandan

Assalamualaikum.. temen ngeteh datang lagi nih.. masih versi kukus layer yang ekonomis, dgn 2 telur πŸ˜… Source : Lila W Lestari @cookpad_id @cookpadcommunity_id @cookinglover.id #GARasaYangBerlapisLapis #Semarak_GARasaYangBerlapisLapis #CookpadCommunity_Solo #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #JelajahResep #JelajahResepSahabat #wongSoloMasak #pejuangGoldenApron3 #klangenanJajan_Solo

loyang 18*18cm
30 menit
Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Pisang merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, juga punya nilai vitamin yang tinggi. Sekali beli pun, bisa dapat banyak alias sesisir, yang bisa memfasilitasi anggota keluarga di rumah. Seringkali saking banyaknya, pisang bersisa di akhir-akhir kematangannya. Memanfaatkan sisa pisang yg sdh matang, dijadiin cemilan manis deh ala resepnya @mamahasna, menemani PJJ anak-anak di rumah. #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN

Bolu Pisang / Bolu Banana Kukus Anti Gagal

Bolu Pisang / Bolu Banana Kukus Anti Gagal

Saya buatnya sangat ekonomis, bahannya murah dan mudah pengerjaannya... Awalnya saya liat dari youtube lupa nyebutin sumbernya hahaha. Saya pake setengah dari resep yang saya liat. Langsung eksperimen yaaa #PejuangGoldenApron2 #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bandung #BoluKukusPisang #BoluBananaKukus #BoluPisangEkonomis #AntiRibet #dapoerezekicooking

Bolu pandan super empuk ekonomis anti gagal

Bolu pandan super empuk ekonomis anti gagal

Udah lama pengen banget makan bolu tapi bikinya ngak pernah jadi, di sempetin deh hari ini pakai bahan yang ada dirumah akhirnya jadi..

1 loyang
45menit
Bolu kukus anti gagal

Bolu kukus anti gagal

Bolu kukus lagi nich, snack kesukaan anak bungsu saya... gampang banget bikinnya, tanpa seret dan ekonomis

Cheese chiffon cake

Cheese chiffon cake

Termasuk resep andalan buat jualan saya. Bahannya murah tampilannya mewah Diadaptasi dari resep Vanilla chiffon ci Tintin Rayner.

Bolu Pandan

Bolu Pandan

Panggang Praktis Kocok All in One Langsung cemplung semua ga perlu ditungguin untuk masukkan bahannya satu2πŸ₯° Hasilnya ttp ngembang dan lembuuutπŸ˜‹ Yuk dicoba ajπŸ™ Resep asli dari mba Brilly Mahesti https://cookpad.com/id/resep/12610017-bolu-pandan-ekonomis-5-telur-kocok-all-in-onepraktis?invite_token=q7JaYuxT3fGHzJDwf4h3bwGP&shared_at=1612345163 #RememberGenkPeDa_Dapurilly #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

1 loyang ukuran D22cm
30 menit
Bolu Kukus Motif Macan Rasa Jeruk

Bolu Kukus Motif Macan Rasa Jeruk

Source : Lila W Lestari Kepo kepo resep mbak lila, ada resep bolu ekonomis nan lucu dan anti gagal pastinya.. Pembuatannya mudah, cpt dan endulitaaa... ini mah pemula jadi bisa bikin camilan enak 😁 Menggunakan loyang ukuran 18*18 cm, bisa jadi 20 potong kue. (tergantung yang iris, 20 potong ini utk irisan sedang) @cookpad_id @cookpadcommunity_id @cookinglover.id #KreasiBoluRomaku #Semarak_BoluRomaku #CookpadCommunity_Solo #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #wongSoloMasak #PejuangGoldenApron3 #klangenanJajan_Solo

loyang uk 18*18 porsi
30 menit
Bolu Jadul Ekonomis Lembut (oven tangkring)

Bolu Jadul Ekonomis Lembut (oven tangkring)

Assalamualaikum semuanya 😍 Ini adalah bolu jadul saya dari sekian eksperimen yg saya lakukan. Berawal karena mau ada acara tahlilan akhirnya nekat lah saya mencobanya lagi. Yaa sebenarnya takut gagal sih🀭. Namun karena ada support orang terkasih akhirnya saya memberanikan diri mencobanya lagi. Dan Alhamdulillah untuk kali ini berhasil sesuai harapan saya.

30 menit
Bolu Tape

Bolu Tape

Ini bolu tape salah satu jualan saya... Trmasuk resep andalan...apalagi bahan ekonomis dan mudah d dapat...

Bolu jadoel lembut

Bolu jadoel lembut

Nyoba2 resep bolu, menurut sy ini yg paling enak dan lembut banget

45 menit