Cara Gampang Membuat Bolu Santan Putih Telur yang Enak Banget

Dipos pada June 23, 2021

Bolu Santan Putih Telur

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu Santan Putih Telur yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Bolu Santan Putih Telur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bolu Santan Putih Telur, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu Santan Putih Telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Santan Putih Telur dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bolu Santan Putih Telur memakai 15 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Setelah bikin kue lapis legit pastinya nyisain putih telur seabrek. Sy selalu simpan putel di freezer, sewaktu waktu pingin bikin kue berbahan putel tinggal pakai. Jika dari freezer harus di diamkan sampai bnr bnr suhu ruang baru diolah. Pastikan putelnya bersih dan fresh, tidak tercampur kutel sedikitpun. Kue berbahan putel rata rata empuk dan enak bgt. Bolu ini hasilnya memuaskan. Di buat tingkat dengan warna dan rasa yg berbeda supaya menarik dan tidak membosankan. Resep hasil nyontek dari mba Anny Risyani, thanks ya say inspirasi resepnya...keren...❤😘 Note: ❤Loyang: 20x20x8 cm, olesi margarin dan alasi dgn kertas baking. Agar mudah lepas saat matang. ❤Boleh pakai pewarna saja atau jika ada stok pakai pasta pasta aneka rasa. Sesuaikan selera saja. #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bekasi Source : Anny Risyani

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Santan Putih Telur:

  1. 200 gr gula pasir/ halus
  2. 300 gr putih telur (suhu ruang)
  3. 1 sdt emulsifier TBM/SP
  4. 1/4 sdt vanilla bubuk
  5. Ayak jadi satu:
  6. 200 gr Tepung terigu (pro sedang)
  7. 25 grm tepung maizena
  8. 25 Gr susu bubuk
  9. Campur dan aduk rata:
  10. 100 ml santan instan (sun kara)
  11. 90 ml minyak goreng
  12. Bahan lainnya:
  13. 1 sdm Coklat bubuk
  14. 1 Sdm meises
  15. Sesuai selera pewarna makanan (boleh pakai pasta)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Santan Putih Telur

1
Siapkan bahan bahan yg harus diayak. Sisihkan.
Bolu Santan Putih Telur - Step 1
2
Campur santan dan minyak. Sisihkan juga.
Bolu Santan Putih Telur - Step 2
Bolu Santan Putih Telur - Step 2
3
Siapkan wadah, masukkan putih telur, TBM/SP, vanilla bubuk, mixer hingga berbusa lalu masukan gula pasir bertahap (3x), mixer kecepatan tinggi hingga mengembang kental mengkilap (putih kental berjejak). Kurleb 10 menit.
Bolu Santan Putih Telur - Step 3
Bolu Santan Putih Telur - Step 3
Bolu Santan Putih Telur - Step 3
4
Tambahkan bahan bahan yg sudah diayak, bertahap 3x sambil mixer kecepatan plg rendah asal rata saja. Jgn lama lama, matikan mixer.
Bolu Santan Putih Telur - Step 4
5
Masukan santan dan minyak yg sudah dicampur ke dalam adonan, aduk teknik aduk balik (lipat) perlahan hingga bnr bnr rata.
Bolu Santan Putih Telur - Step 5
Bolu Santan Putih Telur - Step 5
6
Sambil mengaduk kita panaskan kukusan, tutupnya diberi kain.
Bolu Santan Putih Telur - Step 6
7
Bagi adonan sesuai selera (saya bagi menjadi 4). Karena hasilnya 4 lapisan nanti.
Bolu Santan Putih Telur - Step 7
8
Lapisan pertama: Saya pakai pasta anggur, teteskan secukupnya lalu aduk rata. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas baking. Masukan dlm kukusan yg sudah beruap penuh, atur api sedang. Kukus selama 8 menit.
Bolu Santan Putih Telur - Step 8
Bolu Santan Putih Telur - Step 8
9
Lapisan kedua: Saya pakai pasta stroberi, teteskan secukupnya lalu aduk rata. Tuang adonan ini keatas lapisan pertama td (sambil diratakan). Kukus selama 8 menit juga.
Bolu Santan Putih Telur - Step 9
Bolu Santan Putih Telur - Step 9
Bolu Santan Putih Telur - Step 9
10
Lapisan ke 3: Adonan polos tanpa pasta/pewarna, masukan meisis (boleh meises coklat atau warna warni) kedalam adonan lalu aduk rata. Tuang ke atas lapisan ke dua (sambil diratakan), kukus kembali 8 menit.
Bolu Santan Putih Telur - Step 10
Bolu Santan Putih Telur - Step 10
Bolu Santan Putih Telur - Step 10
11
Lapisan ke 4: Campurkan adonan dengan coklat bubuk, aduk rata tuang ke atas lapisan ke tiga, ratakan. Untuk lapisan terakhir ini kukus selama 20-25 menit agar matang sempurna.
Bolu Santan Putih Telur - Step 11
Bolu Santan Putih Telur - Step 11
Bolu Santan Putih Telur - Step 11
12
Jika sudah matang, angkat dan tunggu suhu agak turun. Keluarkan kue dari loyang dgn hati hati. Balikan, kelupas kertas bakingnya.
Bolu Santan Putih Telur - Step 12
Bolu Santan Putih Telur - Step 12
Bolu Santan Putih Telur - Step 12
13
Bolu santan putih telur ini lembut dan enak sekali. Dibikin bertingkat begini agar nampak cantik saja. Potong potong dan sajikan bersama minuman kesukaan. Selamat mencoba ya...❤
Bolu Santan Putih Telur - Step 13
Bolu Santan Putih Telur - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Meises

Bolu Meises

Ini resep paling simple banget, tapi rasanya luar biasa. Dulu waktu saya kecil Bolu Meises ini sering banget dibuat oleh mama saya. Jadi waktu buat Bolu ini saya serasa kembali ke jaman saya kecil.

BOLU ZEBRA TANPA OVEN TANPA TELUR TANPA KUKUS TANPA MIXER,ALA DAPUR UMM ALI

BOLU ZEBRA TANPA OVEN TANPA TELUR TANPA KUKUS TANPA MIXER,ALA DAPUR UMM ALI

Kali ini saya Akan membravi Resep BOLU zebra tanpa oven,tanpa kukus tanpa telur dan tanpa mixer tapi rasanya enak banget lho.. Jangan lupa nonton versi videonya di channel YouTube DAPUR UMM ALI

20-25 menit
Bolu Strawberry Moist dan Lembut

Bolu Strawberry Moist dan Lembut

Resep andalan untuk membuat bolu yang simple tapi dijamin enak dan lembut. Saya pakai minuman serbuk Pop Ice rasa strawberry. Setoranku ini untuk semarak Clover di minggu ini, tema dari mbak Nining. Semoga menginspirasi 😍 #KreasiBoluRomaku #Semarak_BoluRomaku #CookpadCommunity_Bogor #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #GA_TheNextLevel #dapurbundalila

20 x 20 cm
1 jam 30 menit
Bolu chocochips lembut ngembang enak irit 1 telorrr 😍😍

Bolu chocochips lembut ngembang enak irit 1 telorrr 😍😍

karena bingung mau bikin sarapan apa, nasi blum masak, ikan belum beli.. jadi dech bikin bolu buat sarapan 😅😅😅..

2 porsi
Bolu air 1 telur (tepung mokaf)

Bolu air 1 telur (tepung mokaf)

Katanya tepung mokaf itu gluten free. Nah pas ke swalayan kemarin nyoba beli yg 500gr. Penasaran klo dibikin kue rasanya kek gimana. Dan, inilah eksperimen pertama bikin bolu dari tepung mokaf. Sy pakai takaran sendok, krn ga punya timbangan 😂 Enak, cuma rasanya kayak masih ada rasa2 singkongnya sedikit 😅 Tapi Alhamdulillah anak2 suka 😁😁

-
45 menit
Bolu Chocochip Keju

Bolu Chocochip Keju

iseng bikin cemilan yg gampang aja pagi2 jadi deh...tinggal cemplang cemplung kocok, panggang jadi...

16 porsi
30 menit
Bolu puding roti tawar

Bolu puding roti tawar

Sr :Sri hertiningsih

1 loyang kecil
1 jam
Butter Cake 3 rasa

Butter Cake 3 rasa

Setelah beberapa kali percobaan akhirnya jadi juga butter cake 3 rasa yang warnanya keluar walaupun belum bisa rapi. Untuk dapat warna yang cerah, pemanggangan harus dengan suhu rendah dan turun bertahap. Butter Cake nya saya menggunakan resep teh @rickeindriani_ordinarykitchen.

1 loyang diameter 22 cm
Bolu pisang jantan 🍌

Bolu pisang jantan 🍌

Ceritanya Pisang di pekarangan rumah banyak di goreng udah bosan di masak apa aja udah bosan hd saya bikin dulu kue bolu Mantili😄😄😄 #markobar_makanantradisional #PejuangGoldenApron3 #MasakSetiapBagian

1 loyang
45 menit
Bolu Pandan kukus

Bolu Pandan kukus

Ini project iseng saya tadinya moms dari yang awalny pengin bikin dessert box yang warnany seger hejo dan nge pinky agar putri saya tertarik buat menikmatinya ,saya pilihlah bolu pandan selain karena warnanya hijau juga karena suami suka banget ma bolu pandan,saya lebih suka bikin dessert box dengan basic bolu kukus karena saya suka bolunya terasa lembut moist dan tahan lama,saya pernah nyoba bikin tart dari bolu kukus bisa tahan sampai 5 hari disuhu ruangan moms,resep bolu pandan kukusnya ini sebenarny dari resep rainbow cake kukusnya mbak @kheyla kitchen.

Black forrest roll cake

Black forrest roll cake

Ini enak, yummy, lembut, nyoklat bgt. Pas bgt dahh rasanya...dicobain yok moms.... #PejuangGoldenApron3#

Bolu Buah Bit (No Oven No Mixer)

Bolu Buah Bit (No Oven No Mixer)

Masih ada buah bit dikulkas. Kata nenek dibuat bolu bisa ndak ya. Kata mother bisa aja. Ternyata enak banget dan lembut, habis dalam sekejap. Alhamdulillah.

4-6 potong
30 menit
Bolu panggang lembut pakai panci tanpa mixer tanpa oven

Bolu panggang lembut pakai panci tanpa mixer tanpa oven

Resep dari kak@ dafatubeHD dan @MamaiNa memang mantap. Nih aku cobain hasilnya enak lembut bgt... Cuma pakai mejikom loh yang sudah tidak terpakai buat masak nasi karena udah ada gantinya. Dan masih bagus juga buat masak yang lain. Oke. Langsung aja capcus!!!! #cookpadpaders #cookpadindonesia #cookpadnusantara

Bolu Labu Kuning Milo

Bolu Labu Kuning Milo

Masih ada sisa labu kuning, kta bkin kue bolu n bkin diloyang yg berbentuk cetakan biar menarik buat para bocah....😊

Marble Chiffon Cake

Marble Chiffon Cake

Source : Rini Julia. Acara Koleb Kombes kali ini bersama ba Rini Julia dengan resep Marble Chiffon Cake. Baru kali ini saya bikin kue deg-degan. Takut pas mixer putih telurnya ga soft peak. Alhamdulillah, soft peak juga. Sayangnya, saya tidak pakai foto ditiap langkah. Karena ini pertama kali saya bikin chiffon, jadi kudu konsentrasi banget, hihihihi... Saya pakai loyang tulban ya ukuran 20cm. #KolebKombes #CookpadCommunity_Bekasi

Cheese roll cake

Cheese roll cake

Sebelum'y pernah dishare roll cake mocca,namun kali ini menggunakan keju. Ketika hobi terus jadi penghasilan apalagi saat2 ini lagi seneng bgt buat bolu gulung & akhirnya menjadi salah satu menu baru, alhamdulillah pelanggan puas dengan rasa manis yg pas & tekstur bolu begitu lembut,lembab & lentur ketika digulung.patut dicoba resep recommended bgt. *Gunakan loyang ukuran 24 *Ketika saat menuang adonan bisa diberi motif atau tidakpun tidak masalah *Jika suka rasa bolu original tanpa perlu menambahkan lagi butter cream & parutan keju diatasnya.rasa original pun sudah enak sekali.sesuai selera saja. *Maaf tidak dipotong karena ini orderan pelanggan #pejuangGoldenApron3 #cookpadCommunity_bekasi

Bolu Lipat Keju

Bolu Lipat Keju

Tadinya mau bikin bolu gulung, udah wanti2 sambil nunggu bolu lima menit lagi mau diangkat, malah keasyikan diajak ngobrol mamah didapur😅, jadi telat angkat bolunya, mau digulung dah kematengan banget dari pada tar bolunya retak di tengah, akhirnya keluar haluan deh,, tuh bolu dipotong bagi dua cuss di satuin ama potongannya,,jadi deh model kaya martabak manis gitu 😂😂untuk tekstur dan rasanya,,, enaak,, empuuk,, 😋😋 Orang rumah syuuuka🥰 ( sibungsu protes,, "umi ko bikinnya dikit"😅) namanya juga coba2😄 #cookpadcommunity_cilegon #cookpadcommunity_Banten #pekanposbarmanisgurih Source : chalistaa kitchen

Bolu marmer ekonomis

Bolu marmer ekonomis

Di wall ada notif bolu marmer ekonomis ik_ben_krisna cus uprek bahan ada semua d dapur Selalu setiap bikin bolu marmer yg ditunggu² pertama adalah motif marmernya haha ga sabar pengen potong saja😁 yg kedua selalu inget jaman dulu tiap kali kondangan bolu ini selalu nongkrong di kardus snack✌ ee sekarang bolu ini malah selalu bikin saya kangen💟

15x15 porsi
30mnt