Bagaimana Membuat Bolu kukus ketan hitam yang Enak

Dipos pada February 3, 2022

Bolu kukus ketan hitam

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu kukus ketan hitam yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bolu kukus ketan hitam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu kukus ketan hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu kukus ketan hitam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu kukus ketan hitam biasanya untuk 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Bolu kukus ketan hitam diperkirakan sekitar 45menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bolu kukus ketan hitam bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu kukus ketan hitam memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

πŸ˜˜πŸ˜€tumben anak Lanang minta bikin ini,biasane' minta yg dioven...ini bahan nya yg ada di dapur ya bundaπŸ‘πŸ‘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu kukus ketan hitam:

  1. 5 Butir telur
  2. 1/2 sdt sp
  3. 180-200 gr gula pasir (kalo aq 180gr)
  4. 250 gr tepung ketan hitam
  5. 50 gr tepung terigu
  6. 1/4 sdt Baking powder
  7. 100 ml santan (aq kar* 60ml +air sampai 100ml)
  8. 200 ml minyak goreng
  9. Carlo,buat olesan loyang 1sdm terigu+1sdm mentega+1sdm minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bolu kukus ketan hitam

1
Kocok telur+ gula+sp sampai kental berjejak...A
2
Campur tepung ketan hitam+terigu+BP, ayak....masukan ke adonan A secara bertahap bergantian dengan santan,jangan langsung semua ya... setengah"
3
Aduk rata pakai mikser kecepatan sedang ya,terus masukin deh minyaknya diaduk pakai spatula aja ya..aduk balik,jangan ada minyak yg mengendap ya didasar..
4
Sebelumnya aq udah nyiapin dandang +loyang yg sudah diolah Carlo...tuang adonan hentak"
5
Kukus dengan durasi 25-30menit,bisa tes tusuk dimenit 25 ya...
Bolu kukus ketan hitam - Step 5
Bolu kukus ketan hitam - Step 5
Bolu kukus ketan hitam - Step 5
6
Selamat mencoba ya bunda"πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜πŸŽ‚πŸŽ‚

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu jadul marmer

Bolu jadul marmer

Assalamu'alaikum... Hari tadi sy bikin bolu jadul marmer pesenan cust.. Bolu yg sy rebake dr resepnya embak Calista kitchen ini byk diminati Krn anti seret.. asal qta membuatnya bener,hasilnya pasti akan bagus..

24 potong
Bolu AgarΒ² Panggang

Bolu AgarΒ² Panggang

Cobain baking bolu agarΒ² pakai resepnya Bunda Nurli Masiana dengan sedikit modifikasi ala saya. 1 resep ini jadi 1 loyang ukuran 25,8x25,8x10,5 cm,Ama masih ada sisa sedikit adonan. Resep asli bunda Marsiana setengah dari resep ini, dan tanpa BP. Klw untuk resep asli yg pakai 4 butir telur rekomendasi loyangnya ukuran 18x18.

Bolu Gulung Taro ekonomis

Bolu Gulung Taro ekonomis

Kalo lagi ngirit telur...saya selalu setia pake resep ini untuk bolu gulung πŸ˜‚...endul juga kok..lembut...Monggo silahkan dicoba Bun πŸ‘

Bola-Bola Coklat Dari Daur Ulang Bolu Bantat/Sisa Bolu

Bola-Bola Coklat Dari Daur Ulang Bolu Bantat/Sisa Bolu

Kemarin bikin bolu pisang. Sudah sesuai resep..pas di panggang aromanya enak..tapi qadarullah pas matang ternyata bolunya bantat. Entah salah apa..huhu..kecewa..siapa yang mau makan bolu bantat..walaupun mau tapi ga bisa makan banyak kan. Saya langsung cari cara buat menyelamatkan sang bolu gagal ini. Maka dibikinlah bola-bola coklat.. alhamdulillah langsung disukai anak-anak. Mereka bilang..rasanya mirip Pisang Coklat. Ya iyalah kan bahan dasarnya bolu pisang.. 😁 Enak disantap dingin2. Alhamdulillah ga jadi kecewa.. 😊 Kalau punya bolu atau cake sisa bisa diolah juga jadi cemilan ini. Insya Allah jadi ga mubazir..takaran nya disesuaikan dengan sisa bolu/cake nya. Selamat mencoba

Bolu kukus tape gula merah no mixer

Bolu kukus tape gula merah no mixer

Kebetulan ada sisa dikit tape singkong yg sudah lembek banget nih Jadi sayang kalo di buang

Bolu Kukus Ombre

Bolu Kukus Ombre

Tertarik sm gradasi warnanya itu lo...makanya pas liat YouTube nya Mb Eliza Perkasa langsung eksekusi...ini bolu enak bgt super duper lembuuuuuttt, juara πŸ‘πŸ˜˜next kalo bikin lagi gula pasir nya dikurangi, terlalu manis menurut saya.

Bolu kukus pandan lembut (2 telur anti gagal)

Bolu kukus pandan lembut (2 telur anti gagal)

Bikinnya gampang, bahan mudah, hasil enak lembut. Mirip bgt sama lapis kukus tugu malang, kue oleh oleh yg terkenal disini. Tinggal kasih topping keju, udah deh jd sama. Tp ga pake topping pun udah enak. Utk takaran sendoknya aku pake sendok susu (lbh presisi utk ukuran sdm). Coba yuk..

1 loyang besar
40 menit
BOLU KUKUS COKLAT TABUR KEJU #MACHA

BOLU KUKUS COKLAT TABUR KEJU #MACHA

hadir lagi ya bunda sista,janban bosen2 ya checking beranda coocpad q... disini sy mencoba bikin cake tapi di rumah gada oven,mangkanya saya kukus/steam. yuk bunda sista di intip recepi nya...

3 loyang
no timer
685.Bolu NutriSari

685.Bolu NutriSari

Kali ini kangen nyemil bolu yg ada rasa buah jeruk,... he he πŸ˜„πŸ€­ Tetapi kok tdk punya stok sweet sunkistnya ya.. waduhh.......πŸ€”. Tapi ada stock Nutrisari sweet orange tinggal 2 sct.. πŸ˜‡ akhirnya dicarikan resep... ketemulah dengan Rsp mbak @rahayuputri438 He he he yg sebelumnya jg sdh pernah sama sama bikin bolu rasa jeruk dengan buah jeruk sweet sunkistnya..... Iya... Ya.. Ternyata bisa ya walau bahanΒ² yg disertakan berbeda tapi setidaknya bisa terobati rasa kangen sy ke bolu rasa jeruk ini. Alhamdulilah.. 🀲😊 Makasih ya mbak Putri... Inspirasinya... πŸ˜„πŸ™ #CookpadCommunity #CookpadCommumity_id #CookpadCommunity_Bekasi #Olahanterigu_serbukminuman #Cemilantemanngeteh. Bismilah,..

Klepon Swiss Roll Ceria

Klepon Swiss Roll Ceria

Resep ini saya buat dari mbak Linagui kitchen. Terimakasih banyak atas resepnya β€οΈπŸ™πŸ˜Š

Bolu Kukus Unicorn

Bolu Kukus Unicorn

Rekuk resepnya mbak @Yusradewi Pesan saya, penggunaan warna cukup maksimal 2 tetes saja. Kalaubkebanyakan bisa bantat. Kemudian mengaduknya harus pelan2. Resep asli pake topping buttercream keju. Saya gak pake topping. Loyang yang digunakam sebaiknya ukuran 15 x 10 x 7 #CookpadCommunity_Depok

Choco Cheese Buttercake

Choco Cheese Buttercake

Source : @virazsiregar #CookpadCommunity_Palembang

loyang 24cm
Bolu tape mudah dan enak(3 telur)

Bolu tape mudah dan enak(3 telur)

Untuk takaran gulanya dan toppingnya disesuaikn dg selera masing" yaa,kalau gula saya cukup segitu aja soalnya tapenya sudah manis,kalau topping saya pake yg ada dirumah aja

Bolu Kukus Chocochips

Bolu Kukus Chocochips

tanpa telur, tanpa mixer, pasti mekar. cemilan andalan keluarga, sangat mudah dan cepat buatnya.

7 cup sedang
30 menit
Bolu Santan Kukus

Bolu Santan Kukus

30 potong
Β±80'
Bolu Unicorn Kukus

Bolu Unicorn Kukus

Nge-save resep ini tuh udh dri bbrp thn lalu.. tapi nge-recook nya baru sekarang.. πŸ˜… Ini tuh buatnya penuh perjuangan, krn sebetulnya kondisi lagi g fit.. kpala kliyengan juga mual2 trus.. 🀒 tapi krn anaknya ribut trus minta dibuatin, alhasil mamaknya masuk dapur walaupun sambil gemetaran.. 😌 Tapi semua terbayar dgn melihat wajah bahagia si kecil & hasil dari bolu nya jg cantik & enak.. 😊 Source : Puji Darya'i Nuur

1 loyang uk.20 porsi
60 menit