Resep: Coto Makasar yang Enak Banget!

Jenuh sama hidangan yang itu-itu aja? Yuk coba resep coto makasar ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! coto makasar cocok untuk sajian sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan perayaan hari besar.

Coto Makasar

Sebagian Besar orang tidak berani memasak coto makasar karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari coto makasar! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat menyiapkan coto makasar hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep coto makasar!

Untuk menghidangkan Coto Makasar, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of daging sapi (bisa mix jeroan : babat, usus, paru, hati).
  2. Dibutuhkan of kacang tanah sangrai (haluskan).
  3. Siapkan of daun salam.
  4. Gunakan of kayu manis.
  5. Siapkan of cengkeh.
  6. Gunakan of Bumbu haluskan.
  7. Ambil of bawang merah.
  8. Sediakan of bawang putih.
  9. Dibutuhkan of jahe.
  10. Diperlukan of laos.
  11. Siapkan of sereh.
  12. Ambil of lada bubuk.
  13. Ambil of Ketumbar sangrai.
  14. Dibutuhkan of Garam.
  15. Siapkan of Gula.
  16. Siapkan of Penyedap jika pakai.
  17. Diperlukan of air (kurang lebih).
  18. Diperlukan of Minyak goreng.
  19. Dibutuhkan of Bahan pelengkap.
  20. Gunakan of Ketupat.
  21. Gunakan of Daun seledri.
  22. Ambil of Daun bawang.
  23. Siapkan of Bawang goreng.
  24. Dibutuhkan of Jeruk nipis.
  25. Diperlukan of Sambal.

Cara menghidangkan Coto Makasar:

  1. Rebus daging bersama daun salam, kayu manis dan cengkeh hingga empuk. Angkat tiriskan daging dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang telah di haluskan hingga harum lalu campurkan pada air rebusan daging di atas. Tambahkan juga kacang tanah yg sudah dihaluskan. Masak hingga mendidih. Jangan lupa beri garam, gula dan penyedap (jika pakai) sambil koreksi rasa. Jika di rasa sdh pas matikan api.
  3. Untuk penyajian. Potong daging menurut selera tata dlm mangkok beri taburan bawang goreng, daun seledri dan daun bawang. Sajikan bersama ketupat.
  4. Note : saya suka dengan kuah yang kental dan berserat byk.. utk kekentalan kuah bisa di sesuaikan dgn byk nya kacang. Utk lbh berserat di sesuaikan dgn byk nya laos dan sereh yg di gunakan. Selamat mencoba moms 😊😊.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat coto makasar. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Related Posts