Resep Ayam Goreng Bacem yang Lezat Sekali

Ida Jackson   13/09/2020 01:12

Ayam Goreng Bacem
Ayam Goreng Bacem

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng bacem yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng bacem yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng bacem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep Ayam Bacem Goreng Enak - Bacem merupakan salah satu hidangan atau masakan yang kerap ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Jogjakarta. Selain itu, bacem juga dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk mematangkan bahan makanan yang dilakukan dengan cara dimasak.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam goreng bacem yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Bacem memakai 14 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Goreng Bacem:
  1. Ambil 1/2 kg ayam (potong 6 atau 8)
  2. Siapkan 500 ml air kelapa (boleh diganti air biasa tapi rasa kurang)
  3. Ambil 50 gr gula merah
  4. Siapkan Bumbu Halus
  5. Gunakan 6 siung bawang merah
  6. Ambil 3 butir bawang putih
  7. Ambil 1 ruas jahe
  8. Siapkan 1 sdt ketumbar
  9. Siapkan 2 butir kemiri
  10. Sediakan Bumbu pelengkap
  11. Siapkan 1 lembar daun salam
  12. Ambil 1 batang sereh di geprek
  13. Ambil 1 ruas lengkuas digeprek
  14. Sediakan 2 sdm air asam jawa

Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya.

Cara membuat Ayam Goreng Bacem:
  1. Cuci bersih ayam, masukan semua bumbu halus dan pelengkap. Masukkan juga air kelapa dan air asam jawa tambah kan sejumput garam
  2. Masak sampai air asat/habis. Angkat
  3. Panaskan minyak goreng. Goreng ayam sebentar saja untuk mendapatkan warna brown nya.
  4. Angkat sajikan dengan sambel bawang dan nasi hanget.
  5. Noted: Selain ayam bisa juga untuk bacem tahu daa tempe, tapi jumlah airnya dikurangi saja.

Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng bacem yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved