Resep Donat Jadoel yang Sempurna

Herman Glover   14/12/2020 22:04

Donat Jadoel
Donat Jadoel

Anda sedang mencari inspirasi resep donat jadoel yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat jadoel yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ini video pertama aku,disini aku bikin "DONAT JADOEL" alias donat jaman dulu yang pake gula halus,tapi di video ini aku pake vari. Ini salah satu resep jadul no mixer sesuai jaman dulu masih pake manual digebloki (di banting) beberapa menit agar kalis elastis. Ini video pertama aku,disini aku bikin "DONAT JADOEL" alias donat jaman dulu yang pake gula halus,tapi di video ini aku pake vari.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat jadoel, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan donat jadoel enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat donat jadoel yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Donat Jadoel menggunakan 8 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Donat Jadoel:
  1. Gunakan 350 gr Terigu
  2. Gunakan 200 ml Susu Cair
  3. Siapkan 1 butir Telur Ayam
  4. Sediakan 1 sdt Ragi Instant
  5. Ambil 5 sdm Gula
  6. Siapkan 1/2 sdt Garam
  7. Gunakan 50 gr Margarin/Mentega
  8. Ambil 15 sdm Gula Halus

Tapi asli ya tekstur donat kentang itu. Donat jadoel toping keju. tepung terigu aku pake segitiga biru, fermipan, garam, gula pasir, telur, margarin, Air, Keju parut Dessy Fitriani Musyul. Tapi asli ya tekstur donat kentang itu. Donat jadoel yang tdk pernah terganti 😍😍🤤🤤.

Langkah-langkah membuat Donat Jadoel:
  1. Campurkan terigu, garam, gula dan telur ayam. Sisihkan.
  2. Panaskan susu cair sampai hangat, lalu tambahkan gula dan ragi instant. Aduk rata, tunggu sekitar 5 menit hinggat berbusa.
  3. Setelah cairan berbusa, tambahkan ke dalam tepung kering tadi. Aduk sampe agak rata, jika sudah lanjutkan menggunakan tangan. Uleni sampai agak kalis.
  4. Tambahkan margarin kedalam adonan donat, ulen lagi sampai adonan donat kalis elastis sekitar 10-15menit.
  5. Setelah adonan kalis, tutup menggunakan kain bersih selama 1jam agar adonan mengembang 2x lipat. Jika sudah mengembang, kempeskan adonan. Uleni lagi sekitar 2 menit.
  6. Ambil adonan lalu timbang agar sama rata berat dan sizenya, sekitat 40gr. Setelah ditimbang, bulat-bulatkan adonan dan diamkan selama 5 menit di alas.
  7. Jika sudah didiamkan, ambil satu adonan dan pipihkan. Setelah itu cetak dengan pencetak donat.
  8. Lakukan sampai semua adonan habis ya, lalu diamkan lagi selama 30 menit agar adonan mengembang lagi.
  9. Setelah didiamkan, donat siap digoreng. Goreng menggunakan api kecil saja agar tidak gosong. balik-balik lalu angkat.
  10. Tunggu hingga agak dingin, lalu lapisi dengan gula halus. Rasanya empuk karena ada telurnya, terus luarnya juga garing ena hehe 🥺 Oiya toppingnya bisa apa aja ya, karena judulnya donat jadoel jadinya ya pake gula halus biar authentic 😂 Selamat mencoba ya❤️

Dari zaman masih kerja di kompleks RMI sampai sekarang kalau beli donat selalu dunkin karena tau sendiri kualitas donat ini di banding donat merek sebelah. Donat ini selalu fresh from the oven dan bakal di hancurin kalau ga laku. Lihat juga resep Donat bomboloni rasa keju pedas enak lainnya. Here is how you cook it. Lihat juga resep Donat Topping Coklat Keju (Tepung Maizena) enak lainnya!

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Donat Jadoel yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved