Resep Seblak Kering, Enak

Steven Walker   14/12/2020 21:26

Seblak Kering
Seblak Kering

Sedang mencari ide resep seblak kering yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal seblak kering yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Seblak kering enak lainnya. Seblak is an Indonesian savoury and spicy dish, originating from Sundanese cuisine in the western part of Java, made of wet krupuk (traditional Indonesian crackers) cooked with protein sources (egg, chicken, seafood or beef) in spicy sauce. Seblak is a specialty of Bandung city, West Java, Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari seblak kering, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan seblak kering enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat seblak kering yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Seblak Kering memakai 12 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Seblak Kering:
  1. Sediakan 1/4 kg krupuk aci mentah
  2. Siapkan 1 butir telur
  3. Ambil 4 siung bawang merah
  4. Gunakan 2 siung bawang putih
  5. Ambil 5 buah cabai merah atau sesuai selera
  6. Gunakan 5 buai cabai rawit merah/ hijau
  7. Ambil secukupnya kencur
  8. Gunakan 1/2 sdt garam atau sesuai selera
  9. Gunakan sesuai selera sawi hijau
  10. Gunakan 1/2 sdt masako
  11. Sediakan 1/2 sdt gula
  12. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk

Sajian ini mudah sekali dibuat dan persiapannya sudah kami berikan dibawah ini. Lihat juga resep Cemilan Roti Kering Karamel enak lainnya. Selain itu, makanan ringan dengan cita rasa pedas merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat. Dengan demikian, saya memilih membuat makanan ringan yaitu "Seblak Kering" karena bahan baku yang digunakan mudah didapatkan (bahan baku nya adalah kerupuk) dengan cita rasa pedas yang banyak diminati masyarakat.

Cara menyiapkan Seblak Kering:
  1. Siapkan kerupuk kedalam wadah lalu rendam dengan air hangat skitar 10-15 menit
  2. Siapkan bumbu halus: ulek cabai bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit merah/hijau, 1 cm kencur
  3. Panaskan minyak dalam teflon, tumis bumbu halus sampai harum
  4. Masukkan telor lalu orek2
  5. Setelah telur matang masukan sawi hijau yg telah dipotong-potong
  6. Setlah sawi layu masukkan kerupuk aci, aduk2
  7. Tambahkan garam, masako, gula dan lada aduk2 hingga bumbu tercampur rata dan matang.
  8. Matang dan siap dihidangkan

Seblak dulu hanya dinikmati dalam bentuk kering, yaitu kerupuk yang belum mengembang dan diberi bumbu khas, yaitu cikur dan cengek. Namun, sekarang ini seblak basah menjadi lebih populer, bahkan hingga ke luar kota Bandung. Lihat juga resep Seblak jeletot enak lainnya. Makanan "Seblak" ini saya tujukan untuk semua golongan usia yang berada di kota Jakarta yang suka dengan kebiasaan mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi orang tua pun cukup banyak menyukai seblak. Produk yang saya pilih ini mempunyai rasa yang sangat gurih, asin serta pedas (bias disesuaikandengan permintaan konsumen).

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat seblak kering yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved