Cara Gampang Membuat Mangut manyung Anti Gagal

Sadie Reyes   03/09/2020 11:33

Mangut manyung
Mangut manyung

Lagi mencari ide resep mangut manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut manyung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut manyung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mangut manyung memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut manyung:
  1. Gunakan 5 iris ikan manyung
  2. Siapkan 500 ml santan dari 1/2 btr kelapa
  3. Sediakan 10 buah tahu kecil belah 2 bntuk segitiga
  4. Siapkan bumbu halus
  5. Gunakan 6 siung bawang merah
  6. Ambil 4 siung bawang putih
  7. Sediakan 3 biji kemiri (sangrai)
  8. Ambil 6 buah cabe kriting
  9. Ambil 6 buah cabe merah
  10. Ambil (bisa juga di iris tapi saya suka uleg)
  11. Sediakan 3 sdt garam
  12. Ambil 3 sdt gula pasir
  13. Ambil 3 sdt penyedap rasa
  14. Siapkan 1 sdt royco
  15. Gunakan 1 cm jahe
  16. Gunakan 1 cm kunyit (uleg)
  17. Gunakan 1 ruas lengkuas (saya goreng dlu)
  18. Siapkan 3 cm kencur (ulek)
  19. Sediakan 2 lembar daun salam
  20. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  21. Ambil 4 sdm minyak untuk menumis

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. mangut manyung, sungguh asing banget di telinga ku mbaa. baru tau aku ada makanan kayak begini, padahal ku orang jawa tapi nda tau. hihi. ngeliat foto-foto dan baca ulasan mba fanny membuat ku berkali-kali menelan ludah. duh, ngiler mbaa pengen nyoba juga. selain di cempaka putih, di jakarta ada lagi gak ya yg jual mangut manyung ini? Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete.

Cara menyiapkan Mangut manyung:
  1. Peras santan sisihkan
  2. Uleg semua bumbu.. Tumis sisihkan
  3. Goreng setengah matang tahu.. Manyung.. Sisihkan
  4. Campur bumbu.. Tahu.. Manyung.. Santan… Masukkan daun jeruk daun salam.. Dan bumbu geprek.. Didihkan sambil sedikit diaduk agar santan tak pecah.. Koreksi rasa
  5. Tunggu beberapa saad sampai air sedikit menyusut.. Angkat sajikan

Manyung Merupakan Ikan yang Tak Biasa untuk Mangut Kuliner pedas, via Instagram/lely_yan. Biasanya jenis ikan yang dijadikan sebagai mangut adalah lele ataupun ikan pari. Dan ikan manyung kebanyakan dimanfaatkan atau diolah mejadi ikan asin jambal roti. Namun di sini, Teman Traveler bisa mencoba mangut dari ikan manyung. Nah, komplit deh cara masak Mangut Ndas Manyung atau bahan apapun untuk menjadi pelengkapnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved