Resep Mangut manyung & tahu, Menggugah Selera

Oscar Mack   22/10/2020 03:07

Mangut manyung & tahu
Mangut manyung & tahu

Sedang mencari ide resep mangut manyung & tahu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung & tahu yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung & tahu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut manyung & tahu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut manyung & tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut manyung & tahu menggunakan 24 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut manyung & tahu:
  1. Ambil 5 pcs manyung
  2. Sediakan 5 pcs tahu putih (dipotong serong dibagi 2)
  3. Siapkan 10 pcs cabe rawit merah (untuk jaga2 kalo krg pedas)
  4. Siapkan 8 pcs cabe hijau keriting (iris serong)
  5. Siapkan 1 ruas laos (geprek)
  6. Siapkan 5 lembar daun jeruk
  7. Sediakan 2 lembar daun salam
  8. Ambil 2 bgks santan kara
  9. Ambil Merica (secukupnya)
  10. Siapkan 1/2 sdt Gula (atur sesuai selera)
  11. Sediakan 1 sdt Garam (atur sesuai selera)
  12. Siapkan Penyedap (bila suka)
  13. Sediakan Air (sekitar 500ml)
  14. Ambil 2 sdm minyak goreng
  15. Gunakan Bumbu halus :
  16. Siapkan 5 butir bawang merah
  17. Siapkan 3 butir bawang putih
  18. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  19. Ambil 3 butir kemiri (disangrai)
  20. Ambil 1 ruas kunyit
  21. Sediakan 1 ruas jahe
  22. Ambil 1 ruas kencur
  23. Siapkan 1/2 sdt terasi
  24. Siapkan 5 pcs cabe merah keriting

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. mangut manyung, sungguh asing banget di telinga ku mbaa. baru tau aku ada makanan kayak begini, padahal ku orang jawa tapi nda tau. hihi. ngeliat foto-foto dan baca ulasan mba fanny membuat ku berkali-kali menelan ludah. duh, ngiler mbaa pengen nyoba juga. selain di cempaka putih, di jakarta ada lagi gak ya yg jual mangut manyung ini? Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut manyung & tahu:
  1. Uleg/blender semua bumbu halus.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus beserta daun jeruk, daun salam, laos sampai harum. Masukkan cabe hijau dan cabe rawit.
  3. Tambahkan air biarkan mendidih. Tambahkan santan tunggu mendidih sambil diaduk perlahan. Masukkan manyung dan tahu putih. Masak dengan api kecil. Bumbui dengan gula, garam, merica. Sebelum dimatikan, tes rasa. Mangut manyung siap disantap dengan nasi dan krupuk terung lebih endesss.

Manyung Merupakan Ikan yang Tak Biasa untuk Mangut Kuliner pedas, via Instagram/lely_yan. Biasanya jenis ikan yang dijadikan sebagai mangut adalah lele ataupun ikan pari. Dan ikan manyung kebanyakan dimanfaatkan atau diolah mejadi ikan asin jambal roti. Namun di sini, Teman Traveler bisa mencoba mangut dari ikan manyung. Nah, komplit deh cara masak Mangut Ndas Manyung atau bahan apapun untuk menjadi pelengkapnya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut manyung & tahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved