Resep Sambal terasi untuk ayam bakar Anti Gagal

Iva Fernandez   31/08/2020 03:01

Sambal terasi untuk ayam bakar
Sambal terasi untuk ayam bakar

Sedang mencari inspirasi resep sambal terasi untuk ayam bakar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal terasi untuk ayam bakar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Masakan Sederhana Tapi Segar Enak dan Sehat. teman-teman Anda jika mereka perlu untuk belajar memasak Agar Anda tidak ketinggalan Video berikutnya jangan lupa bergabung dengan komunitas ini dan nyalakan lonceng notifikasinya Ikuti juga sosial media Kami. Lihat juga resep Sambel Ayam Bakar enak lainnya. Mau nyetok sambel untuk ayam bakar bikin sambel dari resep Dapur Airin Sambelnya mateng karena semua bahan dah digoreng dulu sebelum dihaluskan jadi bisa tahan lama ya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terasi untuk ayam bakar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal terasi untuk ayam bakar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal terasi untuk ayam bakar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal terasi untuk ayam bakar memakai 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal terasi untuk ayam bakar:
  1. Gunakan Bawang putih
  2. Ambil Bawang merah
  3. Siapkan Tomat
  4. Sediakan Cabe merah
  5. Siapkan Cabe merah rawit
  6. Ambil Terasi (digoreng atau dibakar dulu sesuai selera)
  7. Sediakan Gula jawa/gula merah
  8. Ambil Garam
  9. Sediakan Penyedap
  10. Siapkan Bawang goreng
  11. Ambil Minyak untuk menggoreng

Cara membuat: - Rebus ayam dengan api besar sebentar kemudian buang rebusan pertama untuk menghilangkan darah dan kotoran-kotoran. Bumbu ungkepan ayam yang meresap dan sambal terasi jadi kunci ayam penyet yang enak. Simak resep ayam penyet berikut agar hasilnya lezat maksimal. Kunci ayam penyet yang enak tidak cuma di sambal.

Cara membuat Sambal terasi untuk ayam bakar:
  1. Kupas dan cuci bersih bahan2. Lalu goreng hingga layu. Kalau mau goreng bumbu gini pancinya ditutup, biar gak meletus ke mana2 cabenya. Goreng dengan api kecil saja, jangan sampai gosong nanti sambal jadi pahit.
  2. Siapkan cobek. Bumbu yang sudah digoreng tadi siap diuleg. Tambahkan gula jawa, garam, & penyedap. Oh ya, karna saya gak suka terasi, jadi cuma saya tambahin terasi bubuk kayak gini (liat gambar), yg penting ada rasa terasinya😅.
  3. Tambahkan bawang goreng biar makin enak. Uleg lembut atau kasar sesuai selera.
  4. Siap disajikan. Ni saya bikin pedeeees bangett😋. Dimakan sama ayam bakar, mantap🤤.

Bumbu ungkepan ayamnya pun harus tepat agar ayam terasa sedap sampai ke dalam. Nikmatnya sambal terasi sulit untuk ditolak! Menjadi pelengkap menu nasi hangat dan lauk, sambal terasi membuat hidangan jadi makin endeus dan membuat nafsu makan bertambah! Tambah sedikit terasi bakar. (Foto: Shutterstock). Makan ayam goreng semakin nikmat dengan cocolan berupa sambal terasi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal terasi untuk ayam bakar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved