Bagaimana Menyiapkan Mie Goreng Bakso Jawa yang Enak

Dipos pada September 2, 2021

Mie Goreng Bakso Jawa

Sore-sore begini enaknya membuat Mie Goreng Bakso Jawa yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Mie Goreng Bakso Jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Mie Goreng Bakso Jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mie Goreng Bakso Jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Mie Goreng Bakso Jawa sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Mie Goreng Bakso Jawa memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menu anak-anak banget ini, Mie Goreng Bakso Jawa, entah kenapa nyaris semua anak suka sama mie goreng. Tapi saya menbuatnya pakai mie basah bukan mie instan & jg dicampur sayuran seperti wortel, sawi, kol & daun bawang, supaya nutrisinya tetap terjaga. Kebetulan tgl 15 Februari ini diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Dan melalui resep ini saya berharap anak-anak penderita kanker tetap semangat dalam berjuang melawan penyakitnya. Juga diberi kekuatan & kesabaran untuk para orangtua yg merawat & mendampingi anak-anak dengan cinta kasihnya. Serahkan segalanya pada Tuhan karena Tuhan memberi cobaan sesuai dengan kemampuan umatNya, selalu ada jalan & cara mengobatinya. Pokoknya semangat selalu ya... NB : Dan 11 Februari ini genap 1 thn saya menulis resep di cookpad ini. Terimakasih tim cookpad πŸ‘ŒπŸ‘ #PejuangGoldenApron2 #MingguKe20 #KapsulAjaib #SayurNgumpet #cookpadcommunity_palembang #cookpadindonesia #cookingwithhearteatingwithlove #Selasa_110220

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Goreng Bakso Jawa:

  1. 250 gram mie basah
  2. 100 gram sawi hijau untuk mie
  3. 2 lembar kol (buang tulangnya)
  4. 5 buah bakso ayam
  5. 1 batang wortel
  6. 1 batang daun bawang
  7. 1 butir telor ayam
  8. 100 ml air
  9. 🌰 Bumbu Halus :
  10. 3 siung bawang merah
  11. 4 siung bawang putih
  12. 3 buah kemiri
  13. Secukupnya garam, merica halus, kecap manis
  14. 5 sdm minyak goreng
  15. 🌰 Tambahan :
  16. Bawang goreng untuk taburan (saya skip)

Langkah-langkah untuk membuat Mie Goreng Bakso Jawa

1
Bersihkan mie kuning basah. Rendam mie dalam air mendidih (tidak perlu direbus ya). Biarkan hingga hangat kuku. Saring sambil disiram dengan air bersih suhu ruang. Sisihkan.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 1
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 1
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 1
2
Iris-iris wortel, sawi, kol, bakso dan daun bawang sesuai selera. Sisihkan.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 2
3
Tumbuk bawang merah, bawang putih, kemiri, merica dan garam. Lalu tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 3
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 3
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 3
4
Masukkan wortel, aduk rata sampai agak layu. Lalu tambahkan sawi, kol, bakso, kecap manis dan telor ayam. Aduk rata. Tuang air. Biarkan mendidih. Tes rasa.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 4
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 4
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 4
5
Setelah rasa pas, masukkan mie kuning basah. Aduk rata. Tambahkan irisan daun bawang. Aduk rata dan biarkan air meresap ke dalam mie goreng.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 5
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 5
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 5
6
Matikan kompor. Dan Mie Goreng Bakso Jawa pun siap disajikan.
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 6
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 6
Mie Goreng Bakso Jawa - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie goreng basah/ nyemak2

Mie goreng basah/ nyemak2

Menu buka puasa praktis😊

Mie Goreng Jawa-Solo

Mie Goreng Jawa-Solo

Memasak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di kulkas πŸ˜‚

2-3 orang
20 menit
Mie goreng Jawa

Mie goreng Jawa

Emak lg mager 🀣

1 porsi
Mie goreng becek

Mie goreng becek

Hayo pada pernah bikin mie goreng becek dengan basic indomie goreng kriting gaaa? Mamah ajarin bikinnya ya, Setelah ini Yang suka indomie pasti makin cinta wkakaka

6 porsi
Mie goreng Kangkung

Mie goreng Kangkung

Menu buat buka puasa, yg simple, cepat, n praktisss 😊

3-4 porsi
10 menit
Mie goreng pedas manis 🍝

Mie goreng pedas manis 🍝

Mumpung si dedek lg tidur.. nyemil ini aja. Cus ke dapur

2 porsi
20 menit
Mie goreng cemek

Mie goreng cemek

Mie goreng cemek ala me

Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima

Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima

Rahasia di balik nikmatnya nasi goreng dan mie goreng ala abang-abang di gerobak dan rumah makan. Aromanya khas banget. Kalau pakai ini gak perlu pakai bawang putih lagi kalau masak nasi goreng atau mie goreng. Waktu buat ini JANGAN SAMPAI ada satupun air yang masuk dan wadahnya harus kering. Karena pada intinya kan bacem bawang putih ini akan berfermentasi. Begitu juga waktu disendok jika ingin digunakan nanti. Sebaiknya hindari mencelup tangan ke dalamnya. Menyendoknya harus dengan sendok yang kering dan bersih. Karena ini produk fermentasi ya bagusnya ditaruh di wadah yang terbuat dari kaca atau keramik. Kalau ada wadah plastik atau tupperw*** juga nggak apa-apa. Tapi tetap yang terbaik adalah yang berbahan kaca ataupun keramik. Jumlah minyak goreng yang digunakan pun terserah. Yang penting parutan bawang putih dan kemiri bisa terendam sempurna. Kalau suatu saat kurang bisa ditambah lagi minyaknya. Kalau baru sehari nyimpannya aromanya kurang mantap menurut aku. Semakin lama disimpan semakin baik. Minimal ya sejak 2 hari setelah dibuat. Untuk waktu penyimpanannya di rumah aku biasanya cepat habisnya πŸ˜…. Tapi dari hasil browsing menurut orang-orang waktu menyimpannya bisa sampai sebulan. Biasanya sih dihaluskan. Kalau pakai blender jangan pake air sama sekali. Bisa juga pake cobek, tapi cobek dan ulekannya mesti kering dan bersih. Aku sukanya pake parutan keju. Jadi ini bawang putih dan kemirinya aku parut semua pake parutan keju yang kering dan bersih.

Mie goreng pedas

Mie goreng pedas

Karena tidak bisa keluar rumah buat makan di warung jadi bikin sendiri hahah

Untuk 7 - 8 porsi
Mie Goreng Simpel dan Sederhana

Mie Goreng Simpel dan Sederhana

Mie goreng ini dibuat dengan bahan dan bumbu seadanya karena kemarin habis bersih2 kulkas karena penuh dengan batu es dalam freezer. Dibuat dalam sesingkat singkatnya tidak sampai 30menit. Mau tau bahan dan cara buatnya? Cus tengok di bawah yah 😊

Mie Goreng Saus Tiram

Mie Goreng Saus Tiram

salah satu makanan favorit saya, gasuka mie goreng karena manis alhasil kecapnya di ganti saus tiram. rasanya jadi gurih :*

Mie goreng ala ala

Mie goreng ala ala

Menurut aku masakan yg paling susah itu ya masak mie goreng....jd kebetulan hari ini gak puasa dan mau kasih tajil nasi box utk security dan helper jadi aku beranikan diri utk bikin mie goreng sambil nyontek2 resep yg ada di cookpad.

Mie goreng spesial resep keluarga

Mie goreng spesial resep keluarga

Semoga resepnya bermanfaat buat bunda2 ❀ #resepbuatberbukapuasa