Langkah Mudah untuk Membuat Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima yang Enak

Dipos pada September 4, 2021

Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima

Anda sedang mencari inspirasi resep Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima memakai 3 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rahasia di balik nikmatnya nasi goreng dan mie goreng ala abang-abang di gerobak dan rumah makan. Aromanya khas banget. Kalau pakai ini gak perlu pakai bawang putih lagi kalau masak nasi goreng atau mie goreng. Waktu buat ini JANGAN SAMPAI ada satupun air yang masuk dan wadahnya harus kering. Karena pada intinya kan bacem bawang putih ini akan berfermentasi. Begitu juga waktu disendok jika ingin digunakan nanti. Sebaiknya hindari mencelup tangan ke dalamnya. Menyendoknya harus dengan sendok yang kering dan bersih. Karena ini produk fermentasi ya bagusnya ditaruh di wadah yang terbuat dari kaca atau keramik. Kalau ada wadah plastik atau tupperw*** juga nggak apa-apa. Tapi tetap yang terbaik adalah yang berbahan kaca ataupun keramik. Jumlah minyak goreng yang digunakan pun terserah. Yang penting parutan bawang putih dan kemiri bisa terendam sempurna. Kalau suatu saat kurang bisa ditambah lagi minyaknya. Kalau baru sehari nyimpannya aromanya kurang mantap menurut aku. Semakin lama disimpan semakin baik. Minimal ya sejak 2 hari setelah dibuat. Untuk waktu penyimpanannya di rumah aku biasanya cepat habisnya πŸ˜…. Tapi dari hasil browsing menurut orang-orang waktu menyimpannya bisa sampai sebulan. Biasanya sih dihaluskan. Kalau pakai blender jangan pake air sama sekali. Bisa juga pake cobek, tapi cobek dan ulekannya mesti kering dan bersih. Aku sukanya pake parutan keju. Jadi ini bawang putih dan kemirinya aku parut semua pake parutan keju yang kering dan bersih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima:

  1. 8-10 siung bawang putih ukuran besar
  2. 4 buah kemiri
  3. Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Baceman Bawang Putih -Bumbu Nasi Goreng dan Mie Goreng Kaki Lima

1
Kalau mau mencuci bawang putihnya silahkan. Tapi pastikan mesti dikeringkan dulu hingga kering sempurna sebelum diparut.
2
Parut bawang putih dan kemiri menggunakan parutan keju yang bersih dan kering. Sebaiknya parut langsung di wadah yang akan digunakan untuk menyimpan nanti. Wadah yang digunakan harus benar-benar kering dan bersih. Yang terbaik adalah yang terbuat dari kaca ataupun keramik. Tapi alternatif lainnya kalau tidak ada bisa pakai wadah plastik yang bagus macam tupperw***. Yang pasti wadahnya harus memiliki tutup.
3
Tambahkan minyak goreng ke dalam wadah berisi parutan bawang putih dan kemiri. Terserah mau pakai berapa minyaknya. Yang penting mesti terendam keseluruhan parutan bawang dan kemirinya. Setelah menambahkan minyak, tutup rapat wadahnya.
4
Taruh di tempat yang tidak lembab, kering dan bersih. Aku nggak naruh di kulkas. Biasanya di tempat yang temperaturnya suhu ruang atau di lemari kecil di dapur aku.
5
Bacem bawang putih siap digunakan minimal sejak sehari setelah dibuat kalo kepepet πŸ˜„. Bagusnya sih 2 hari sejak dibuat karena aromanya mulai keluar. Bisa tahan disimpan sampai sebulanan.
6
NOTE 1 : Jaga agar bacem bawang putih tetap kering dan JANGAN ADA SEDIKITPUN air yang masuk, baik ketika proses pembuatannya maupun ketika menyendokknya untuk digunakan. Hindari mencelup tangan ke dalamnya.
7
NOTE 2 : Gunakan sendok yang benar-benar bersih dan kering pada saat menyendoknya.
8
NOTE 3 : Biasanya kalau kita menggunakannya untuk masak bisa mengurangi jumlah minyak yang tersisa pada sisa baceman bawang putih. Jika ini terjadi, jika minyaknya terasa kurang, bisa ditambah kembali dan dilanjutkan untuk disimpan. Yang jadi perhatian minyak gorengnya TIDAK BOLEH TERCAMPUR AIR SAMA SEKALI !!!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie goreng Tek Tek

Mie goreng Tek Tek

Kangen jajan diluar, cus bikin aja nyook bebs...

3-4porsi
Mie Goreng Bombay

Mie Goreng Bombay

1 porsi besar
Mie Goreng Sayur

Mie Goreng Sayur

Harusnya ini di post kemarin, tapi lupa ketiduran πŸ˜‚ gagal sudah festivalramadankuu.. Yasudah di post sekarang saja yaa hehe .. Berhubung jarak mudik cuma 3-4jam dr tangsel ke cirebon dan selalu mudik H+1 , jadi memang gada bekal khusus.. biasanya ibuku cuma bikinin makanan pengganjal lapar, yang mudah ya mie goreng, pake lauk pauknya tapi yaaa hehe.. biasanya brgkt dr rumah jam 3, nanti subuh di KM57, hbs itu lanjooottt pas sampe langsung makan bubur sop πŸ˜… jadi memang gada bekal khusus krn penumpang memilih melanjutkan tidur hihihi 😝 || Source : metode memasak & bumbu - putri (Dapur ryuna&Ida Ayu Restiyowati) || #FestivalRamadanCookpad #WeekendChallenge #MudikOnline #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadCommunity_Jayapura #Bassidoncek #Community_Sumbar

Mie Goreng Simple

Mie Goreng Simple

Lagi pengen masak yang simple dan cepet 🀣

4 porsi
Mie Goreng Sayur Simple

Mie Goreng Sayur Simple

Lagi pengen makan mie goreng plus lagi ngga mau ribet jadilah mie goreng simple ini 😊

2 Orang
Mie goreng udang sosis

Mie goreng udang sosis

Kebetulan suami beli udang, bingung mau di apain... tadi nya mau pake spagethi, tp ada nya mie dara, ya pake aja lah yg ada hehehe... cekidot...

Mie goreng

Mie goreng

Ini enak bangett, dimasak jam 23.45 untuk suami yg kelaparan di malam hari 🀭

Mie goreng nyemek

Mie goreng nyemek

Karena cuaca lgi hujan bikin mie goreng tpi ttp pke kuah sedikit

1 porsi
Mie goreng bakso jamur kancing πŸ˜‰

Mie goreng bakso jamur kancing πŸ˜‰

Dikasih mie telor sama tetangga, kebetulan lagi bingung mau masak apa.. jadilah masak mie dgn bahan seadanya..πŸ˜„

Mi Goreng "indomie rebus"

Mi Goreng "indomie rebus"

Buat sahur dalam rangka masak simpel aja #CookpadCommunity_Bogor

Mie Goreng Sederhana

Mie Goreng Sederhana

#PejuangGoldenApron2 #minggu7

Mie goreng nyemek kilat

Mie goreng nyemek kilat

Penyelamat saat lapar di malam hari. Berbekal mie instan dan sayur sop-sopan. Dan bikinnya cepet. Enak pula.

Mie goreng/ eseng mie

Mie goreng/ eseng mie

Hujan-hujan enak nya makan yang anget-anget