Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan (17.8) Rendang Daging Sapi yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 3, 2021

(17.8) Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep (17.8) Rendang Daging Sapi yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya (17.8) Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari (17.8) Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan (17.8) Rendang Daging Sapi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan (17.8) Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat (17.8) Rendang Daging Sapi memakai 20 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo bu ibu semua...apakah anda semua sudah #SiapRamadan dan menyambut bulan puasa ?πŸ˜€ Makin rajin masak ya semuanya, biar ada stok lauk dikulkas untuk sahur nanti loh. Contoh lauk yang bisa distok dikulkas dalam jumlah banyak itu rendang...karena proses masaknya yang memakan waktu cukup lama, jadi sangat awet disimpan. Rendang itu makin dipanasin bumbunya makin meresap, rasanya makin mantap. Ini cocok buat stok lauk #AntiRibet disaat bulan puasa, jadi ga repot lagi, mau makan tinggal dipanasin deh. Saya berusaha memakai bumbu seoriginil mungkin berdasarkan sumbernya, dan saya hanya bisa bilang rasanya mantapp....enak banget pokoknya. Apalagi bikinan sendiri ada rasa bangga, senang bahkan terharu lah..πŸ˜†. Lebay ga sih...skr br bs masak rendang ceritanyaπŸ˜‚. Ada bbrp tips masak rendang yang saya bisa bagikan: 1) Bumbu halus jgn di tumis ya...tapi ikut digodok bareng santan, sampai mendidih baru masukan daging sapinya. Trs masak sampai jadi rendang dengan api kecil saja. 2) Kelapa di parut bersama kulit, jd jgn dikupas biar warna santan lebih gelap. 3)Kalau susah cari daun kunyit bisa aja di skip. 4)Pemakaian cabe sesuai selera, saya cuma pakai 100 gr cabe merah keriting (Agar anak bisa ikut makan) 5)Pakai garam dikira kira ya...karena makin susut airnya makin asin. #CookpadCommunity #CookpadCommunity_JakartaBarat #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas Source: Xander's Kitchen https://cookpad.com/id/resep/801695-rendang-daging?token=nRDdurg2BzBX2tTpMZbYksub

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat (17.8) Rendang Daging Sapi:

  1. 1 Kg Daging sapi bagian paha (Sengkel juga enak)
  2. 2.500 ml Santan dari 3 butir kelapa tua parut
  3. 3 Batang sereh, memarkan
  4. 1 Lembar daun kunyit, sobek sobek
  5. 5 Lembar daun salam
  6. Secukupnya garam
  7. Secukupnya gula pasir
  8. Bumbu Halus:
  9. 250 gr cabe merah keriting mix cabe rawit (sesuaikan selera)
  10. 250 gr Bawang merah
  11. 8 Butir bawang putih
  12. 1 Sdt Jinten
  13. 1 Sdt Adas
  14. 5 Butir Cengkeh
  15. 3 Butir Kemiri
  16. 4 Sdm Ketumbar
  17. 1 Sdt Merica
  18. Seruas Jahe
  19. Seruas Kunyit
  20. Seruas Lengkuas

Langkah-langkah untuk membuat (17.8) Rendang Daging Sapi

1
Potong potong daging sapi kira kira 1 kilo jadi 20 potong atau sesuai selera. Sisihkan.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Haluskan bumbu halus dengan cara tumbuk atau blender. Siapkan juga bumbu bumbu pelengkap lainnya.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 2
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 2
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Peras santan dari 3 butir kelapa.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 3
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 3
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Siapkan wajan yang cukup besar. Masukan santan, tambahkan sereh, daun kunyit, daun salam dan bumbu halus. Lalu nyalahkan api kompor dan masak sambil timba/aduk terus santannya hingga mendidih kurleb 15 menit. (Pada tahap ini santan harus diaduk terus agar tidak pecah).
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 4
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Masukan daging, aduk aduk hingga mendidih, lalu kecilkan api. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Aduk rata. (Pada tahap ini sesekali diaduk).
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 5
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Lanjutkan memasak dengan api kecil, jika kuah sudah mulai mengental, api kompor lebih dikecilkan lagi (gunakan api paling kecil) agar tdk cepat menyusut dan gosong.(Pada tahap ini hrs lebih sering diaduk).
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 6
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 6
7
Sebelum tahap menjadi rendang ada namanya tahap kalio dengan ciri kuah mulai mengental tapi tidak seencer gulai, warna msh kuning (blm gelap).
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 7
8
Semakin kental semakin sering diaduk...karena cepat gosong. Semakin menyusut semakin berminyak dan warna semakin gelap.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 8
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 8
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 8
9
Tahapan sudah menjadi rendang, warna daging coklat gelap. Kalau saya suka tahap yang masih basah berkuah seperti ini. Mau lebih kering silahkan sesuai selera saja.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 9
10
Siap dihidangkan atau di stok kulkas dengan cara simpan dalam wadah tertutup. Keluarkan dan hangatkan saat akan di makan.
(17.8) Rendang Daging Sapi - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tumis jamur tiram no rebed *day 24*

Tumis jamur tiram no rebed *day 24*

#BikinRamadhanBerkesan liat sayur jamur tiram di etalase warteg,jd kepengen,klo beli mah blm tentu rasa enak,trs biasa nya mrk pakai msg lg pula khawatir dg kebersihan nya,.jd hr ini masak sndiri buat sahur,Alhamdulillaahh enak bundπŸ˜ƒ cuma tumis2 jd sayur.

Infus water kurma/ nabeez water

Infus water kurma/ nabeez water

Pengen banget minum-minuman yang seger pas sahur sama berbuka. Tapi aku lagi ngurangi minuman yang mengandung gula berlebih. Yah jadinya buat infus water #SiapRamadan #2019harussehat

Udang Crispy #BikinRamadanBerkesan

Udang Crispy #BikinRamadanBerkesan

#SahurDay16 Alhamdulillah sudah berjalan separo ramadhan dan sahur hari ini tetap dg menu simple

1 - 2 porsi
10 menit
29. Tumis toge #ketopad

29. Tumis toge #ketopad

#bikinramadanberkesan Sreng.. sreng.. masakan cepat dikala kejar kejaran waktu saat sahur.

Gulai Iga Kambing (simpel)

Gulai Iga Kambing (simpel)

Salah satu menu kesukaan aku, buat buka dan sahur .. tinggal angetin deh...

Nasi Ca Ayam

Nasi Ca Ayam

Resep sehat, maknyus dan gampang untuk sahur #Siapramadhan

15 menit
Chicken Katsu

Chicken Katsu

Ceritanya kepingin masak ala ala hokben gitu ya. Mumpung bahan semua ada dan sedang hari libur (ada yang jagain anak hehehe), akhirnya aku masak masakan yang sedikit agak ribet. Walopun gak seribet itu siiihh.. Menu enak yg bisa dijadikan #SiapRamadhan buat sahur karena bisa disiapkan dari malamnya. Enaknya ayamnya langsung dari pasar jadi masih segar dan rasanyapun enak #AhlinyaAyam.

4 porsi
Tumis kangkung #bikinramadhanberkesan

Tumis kangkung #bikinramadhanberkesan

Tumis kangkung ini cocok dijadikan menu untuk sahur maupun berbuka.

Gulai sapi

Gulai sapi

#AntiRibet Resep ini peninggalan almarhum Bapak saya.Beliau suka menambahkan kacang hijau kedalam kuahnya sehingga kalo isinya sudah habis tinggal kuahnya yang menyerupai bubur kacang hijau (tapi tetap cair lho...).enak dimakan bersama lontong dan taburan bawang goreng.tapi untuk yang tidak suka penambahan kacang hijau bisa di skip ya..dalam resep tetap saya tambahkan kacang hijau,tapi dalam jumlah sedikit.dijamin puasa masih punya banyak waktu untuk menjalankan ibadah dan aktifitas lainnya,karna gulai ini bisa dimasak untuk buka sekaligus untuk sahur juga.bagi yang ingin mengganti daging sapi dengan daging kambing sama enaknya koq...yang penting buruan belanja bahannya dan cobain resepnya yaa..

kurleb 10 porsi
1 jam
Singapore Seafood Fried Noodles

Singapore Seafood Fried Noodles

Mie goreng selalu jadi menu saat bulan Ramadan. Cukup masak satu ini saja, semua tercukupi baik karbo maupun protein. One dish meal ini selalu saya buat dalam porsi besar jadi sekali masak bisa untuk 2x makan, sahur & berbuka. Kalau saya masak saat menjelang berbuka puasa, disisihkan setengah & disimpan dalam wadah kedap udara lalu dimasukkan dalam kulkas. Ketika sahur dipanaskan lagi dgn cara goreng sebentar tanpa minyak di atas wajan. Simple dan #AntiRibet kan? Selamat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa sahur ya agar tubuh tetap bugar & ibadah lancar sebulan penuh. #SiapRamadan #MasakItuSaya #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #cookpadersjawabali #clovercookinglover #cookingwithhearteatingwithlove #cookpadcommunity_ID #cookpadcommunity_Bekasi

4 porsi
Ayam goreng gurih

Ayam goreng gurih

07/05/2019. Salahsatu lauk yg selalu tersedia di kulkas sy saat Ramadhan adalah ayam ungkep. Pokoknya hati tenang kalo ada stok ayam ungkep di kulkas,utk buka ataupun sahur tinggal goreng atau bakar saja. Kali ini sy recook ayam gorengnya bu Puji,yg mana ini salahsatu olahan ayam ungkep bercitarasa tradisional yg rasanya enak gurih dan praktis karena bumbunya simple aja. Dan tentu saja ini bisa banget dibuat dlm porsi besar,ungkep yg bnyk & simpan di kulkas utk digoreng kapan diinginkan. (Ini yg sy tulis resep porsi Β½ kg ayam aja yaa,kalo mau bikin lebih bnyk tinggal disesuaikan saja bumbunyaπŸ˜‰) Source : ibu Puji Winarni #AntiRibet #SiapRamadan #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #pawon_nia #olahanayam #resepGoldenApronNia #minggu18 #cookpadcommunity_bandung #cookpad_paders

Tahu Bakso Kuah 🍲

Tahu Bakso Kuah 🍲

#BikinRamadhanBerkesan Menu paling yummii...😍😍 Disajikan hangat buat berbuka n sahur mantabb...πŸ‘πŸ‘πŸ˜‰

Mie goreng Ayam Geprek @DapurQonita

Mie goreng Ayam Geprek @DapurQonita

Sahur tetiba pengen Mie + Ayam geprek dan kebetulan ada bahan2nya Simpel bingits... Selamat Mencoba

1 Porsi
Nugget Ayam Sayur simple

Nugget Ayam Sayur simple

Cocok banget buat menu sahur / buka puasa. sekali masak tapi bs dipake berulang kali dan terpenting sehat karena bisa ditambahkan sayur sesui selera. Selamat mencoba #SiapRamadhan #masaksimple #resepnugget #nuggetayam #nuggetsayur #abtiribet

Nasi goreng kuning

Nasi goreng kuning

Kali ini kreasi nasi goreng,tapi nasi goreng kuning gampang banget buat nya n bisa di jadiin menu sahur juga lho bun😊 #AntiRibet

Sambal Embe Teri

Sambal Embe Teri

Source: Keko Risti Sambal embe teri ini sangat cocok nih buat stok dikala puasa, apalagi saat sahur, yang tadinya bangun tidur masih merem2 & malas2an, begitu makan sambal embe teri ini, mata langsung melek selebar2nya krn saking pedasnya πŸ˜… Sambal embe teri ini cuma dimakan pakai nasi hangat aja sudah enak & bikin tambah trs, apalagi ditambah rebusan daun bayam/ kangkung/ daun singkong, dll + kerupuk jadi mantul banget. Resep saya modif, seharusnya pakai air jeruk nipis, karena saya tidak ada stok, jadinya saya ganti tomat, kan tetep ada asem2nya ya kan 😁 #AntiRibet #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bogor

Sayur asem sooo simple

Sayur asem sooo simple

Mau sahur pengen yg berkuah,maka jadilah sayur ini...praktis bangt krn tinggal plung.. #siapramadhan, #antiribet

3 porsi
20 menit
Ayam Teriyaki

Ayam Teriyaki

#bikinramadanberkesan Sahur kali ini uda harus masakin suami yang wajib banget makan nasi.. Alhasil harus punya menu yang bisa dimasak cepet.. Biasanya ayam dilumuri bumbu lalu didiamkan di kulkas +- 30 menit Tapi untuk menu sahur kali ini saya siapkan di malam hari (ayam dilumuri bumbunya) lalu tinggal sreng sreng pas mau sahur.. Lezaaaaaatt..

23. Ifumie Goreng #SelasaBisa

23. Ifumie Goreng #SelasaBisa

#bikinramadanberkesan #23 #cws_mie Akhirnya bisa makan ifumie goreng lagi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† selalu makan ini tiap ke medan jd skrg kalo mau tinggal masak lg. Biasanya ifumie digoreng kering trus disiram. Kalau di medan biasanya dimasak kayak mi goreng biasa. Masaknya juga cepet jd tinggal campur2 aja. Oh iya ini ga direbus lg ya jadi lgsg dicemplungin (kayak masak mi nyemek tp ini lebih kering). Cocok buat menu sahur dan berbuka puasa πŸ‘ŒπŸ»πŸ‘ŒπŸ»πŸ‘ŒπŸ»

Semur dkk (daging kentang kering)

Semur dkk (daging kentang kering)

Masaknya porsi besar buat menu buka dan sahur beberapa hr ke dpn,keluar masuk kulkas dan tinggal diangetin aja,mlh dagingnya semakin empuk dan meresap bumbunya πŸ˜‹ #SiapRamadan #AntiRibet #14052019