Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur cacha (kolak) yang Sempurna

Dipos pada May 10, 2021

Bubur cacha (kolak)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur cacha (kolak) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur cacha (kolak) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur cacha (kolak), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur cacha (kolak) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Bubur cacha (kolak) yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bubur cacha (kolak) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur cacha (kolak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur cacha (kolak) memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tetangga baru kami orang china keturunan bangsa hokkien..Dia datang kerumah untuk minta tolong temankan ke pasar katanya mau buat bubur cacha tapi dia tak tahu jalan ke pasar..sy pun heran bubur cacha itu apa..bila dah habis beli barang kami balik dan dia terus masak..ohh ternyata bubur cacha itu seperti kolak pisang..cuma ditambah ubi keladi( talas bentol). ubi rambat.dan biji sagu besar2..sedap juga rasanya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur cacha (kolak):

  1. 1 sisir pisang raja masak cuci potong
  2. 1 biji ubi keladi (talas bentol)
  3. 3 biji ubi kledek (ketela rambat) warna kuning..ungu..orange ikut kesukaan anda
  4. 2 cawan santan pekat
  5. 1.5 liter air
  6. 150 gram gula pasir
  7. 1/2 sudu teh garam
  8. 5 helai daun pandan cuci lalu simpulkan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur cacha (kolak)

1
Kupas ubi lalu cuci bersih..kemudian potong dadu. Kupas pisang potong serong..
Bubur cacha (kolak) - Step 1
2
Panaskan periuk masukkan air..gula..dan daun pandan lalu ubi keladi.biarkan sampai mendidih kemudian masukkan ubi kledek. (Perhatian jangan masukkan secara bersamaan..sebab ubi keladi lebih keras)biarkan sampai mendidih dan ubi lembut lalu tuang santan, garam dan terakhir masukkan pisang.
Bubur cacha (kolak) - Step 2
3
Biarkan sampai mendidih sesekali diaduk..jika pisang dan ubi masak..lalu matikan gas. Siap dihidangkan..
Bubur cacha (kolak) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak ungu

Kolak biji salak ungu

#JemputRejeki #siapramadan #berburucelemek #berburuparcelramadan #cookpadcomunity

Kolak Ubi Kolang kaling

Kolak Ubi Kolang kaling

Takjil Cinta untuk Suami

3 porsi
30 menit
Kolak Ubi,Aroma Tape tabur mutiara

Kolak Ubi,Aroma Tape tabur mutiara

lama sekali gak post resep di sinni....pas suasana hujjan pengen minuman bersantan..cobain reseep inni deeh...rasanya angeet dan mantaaps pasti...:D

4 porsi
30 menit
Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Pas yaa....cuaca dingin mendung gelap ditemenin Kolak Candil anget, udah kyak suasana ramadhan aja πŸ˜‚ duh jd kangen ramadhan πŸ€— . Candilnya dr ubi kuning yg manis, ubi nya selalu saya kukus gak pernah direbus, karna kalo direbus ubi akan menyimpan kandungan air lbh banyak. Takutnya tar kelembekan pas jd candil. Metode kukus hanya 10 menit mnurut saya better. . Markicusssss......

Kolak Kolang-Kaling

Kolak Kolang-Kaling

Kolak yang rasanya mamis dan segar sangat cocok disantap sebagai makanan buka puasa atau camilan saat sore hari.

5 porsi
60 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Niatnya bikin makanan yang suami suka, biarpun dah ada ubi di rumah tetap aja masih bingung nentuin yang mw di buat. akhirnya #BelanjaIdeDiPasarCookpad. Setelah lihat macam macam olahan dari ubi trus aq putusin buat bikin kolak biji salak, biarpun bukan menggunakan resep dari pengguna Cookpad lain nya tapi ide nya itu sangat membantu, aq jadi bisa sajikan makanan favorit suami. terima kasih Cookpad 😘 #PejuangGoldenApron3 #MingguKe15

Kolak pisang

Kolak pisang

Hujan2 gini,, β˜”β˜” enaknya kita ngolak.. hehehe,, dapat resep dari ibu tercinta.. 😘😘 jadii cusss eksekusiii di dapur.. πŸ˜„πŸ˜„

20 menit
Kolak Pisang Sederhana

Kolak Pisang Sederhana

Semaleman hari ujan, cuaca dari pagi sampe sore mendung terus, paling enak kalo ngemil yang anget anget, liat di dapur ada pisang kepok yang udah matang yang dibeli beberapa hari kemarin, sebenarnya pengen buat pisang goreng, tapi berhubung tepung lagi kehabisan stok jadilah buat kolak pisang.. Hihi Alhamdulillah semua suka, dan habis dalam sekejap..

4 porsi
15 menit
Kolak Pisang Nangka

Kolak Pisang Nangka

+/- 6 porsi
30 menit
Kolak labu kuning, pisang dan kolang kaling

Kolak labu kuning, pisang dan kolang kaling

Awalnya di kantor ad tmn yg jual kolang kaling, dan kbtulan d rmh ad labu oleh" dr jawaπŸ˜ƒ.. Jd lngsung kpkrn buat bikin kolak, karna my husband jg udh mint di bknn kolak😁

2-3 porsi
Kolak Setup Pisang Raja Nagka

Kolak Setup Pisang Raja Nagka

Hujan hujan pengen yg anget anget manfaatin seadanya.

Kolak, ketan, apem (ruwah)

Kolak, ketan, apem (ruwah)

Yang ini ceritanya ruwahan kemarin.. Baru kali ini aku bikin ruwahan buat leluhur. Sebelumnya ortuku nggak pernah bikin.. Tapi pernah belajar dan paham apa itu ruwahan.. Hmmm ya intinya ini merupakan bentuk doa kita kepada orang yang kita sayangi.. Mama iloveyou. Aku kangen dehh😘 (jujur yg paling bikin bingung bikin apem.. Hahaha secara belum pernah bikin)

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Kolak pisang..kudapan paling gampaang nih buatnya...paling disuka suamiii...😍

30 menit
Kolak Candil Ubi Jalar

Kolak Candil Ubi Jalar

#PejuangGoldenApron3 #week47

4 porsi
30 menit
Kolak Labu Sagu Mutiara

Kolak Labu Sagu Mutiara

Kebetulan semalam habis pergi ke Riau Expo liat liat pameran di seluruh provinsi, pulang-pulang bawa sagu khas Kab. INHIL yang udah tersohor rasanya. Kebetulan hari ini cuacanya mendung dingin-dingin semriwing, daripada gak ada yang dicemilin, eksekusi sagu pun berlangsung.. Haha (baca : Masak kolak)

6 porsi
30 menit
Kolak pisang duren

Kolak pisang duren

15 porsi
50 menit
Singkong ala thai aka kolak singkong

Singkong ala thai aka kolak singkong

Udah sering banget bikin ini dan salah satu fav ...dan baru bisa nulis resepny ..udah gak aneh sebenernya ini tp saya suka banget sama si singkong ini maklum lidah kampung 😊😊