Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Jenang Grendul Pandan yang Enak Banget

Dipos pada October 7, 2018

Jenang Grendul Pandan

Sore-sore begini enaknya membuat Jenang Grendul Pandan yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Jenang Grendul Pandan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Jenang Grendul Pandan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Jenang Grendul Pandan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Jenang Grendul Pandan adalah 5-7 porsi kecil. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jenang Grendul Pandan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jenang Grendul Pandan memakai 13 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cocok sebagai takjil berbuka puasa. Wangi dan citarasa pandannya menggoda.... #SiapRamadan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jenang Grendul Pandan:

  1. Bahan I:
  2. 250 gr Tepung Ketan
  3. 500 ml Air Pandan (Daun suji+pandan wangi)
  4. 200 gr Gula Pasir atau sesuai selera kemanisannya
  5. 250 ml Santan Cair
  6. 1/4 sdt garam
  7. secukupnya Air
  8. Bahan II:
  9. 500 ml Santan Kental
  10. 2 sdm Tepung Beras
  11. 1 sdt Garam
  12. 2 Daun Pandan, ikat simpul
  13. Secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Jenang Grendul Pandan

1
Bahan I (Membuat Jenang):
2
Bagi 2 tepung (@125gr), ambil 1 bagian tepung campur dengan garam lalu uleni dengan air sampai bisa dipulung. Bentuk bulat2 sebesar kelereng (jangan terlalu besar krn nanti mengembang).
3
Masak Air Pandan dan gula pasir sampai mendidih. Masukkan adonan tepung yg sudah dibulatkan ke dalam air pandan. Masak sampai bola2 tepung mengambang dan matang.
4
Ambil sisa tepung ketan lalu larutkan dengan santan cair sampai rata.
5
Masukkan pada air pandan yg mendidih aduk2 terus dg cepat. Jika jenang sudah mengental tapi rasa belum matang benar bisa tambahkan air panas lagi untuk mendidihkan jenang sambil terus diaduk agar tidak gosong bagian bawahnya. Masak sampai jenang matang tanek. Gunakan api kecil.
6
Bahan II (Membuat Kuah Santan):
7
Masak santan dan garam dengan api kecil.
8
Larutkan tepung beras dengan sedikit air lalu tuang dalam panci. Aduk2 terus sampai mendidih agar santan tidak pecah.
9
Masak sampai matang mengental.
10
Sajikan Jenang grendul dalam piring lalu siram dengan kuah santan gurih.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Pisang

Bubur Candil Pisang

Assalamu'alaikum....setor #PejuangGoldenApron3 Minggu ke-3 dalam rangka menyelamatkan buah pisang yang sudah matang daripada berujung di tong sampah akhirny diolah jadi makanan yang ga biasa dan mengenyangkan pastinya 😊 Source : @fridajoincoffee

Candil ketan gula aren

Candil ketan gula aren

Setelah seharian beraktifitas baru inget kalo ada #BelanjaIdeDiPasarCoocpad Akhirnya nyari bahan yg ada di dapur ternyata ada santan instan yang bisa di kreasikan dengan tepung ketan jadilah bubur candil ini berharap dapat bonus#SarungTanganCookpad

5 porsi
1 jam
Bubur Candil Pandan

Bubur Candil Pandan

Source: Mamah Galang #DiRumahAja #PejuangGoldenApron2 #anekabubur #buburcandilpandan

Candil tepung ketan

Candil tepung ketan

Anak saya baru sembuh dari sakit,dia kepengen makan manis²,punya tepung ketan sedikit di bikin ini aja, bahan2 lain saya beli.

Bubur Candil Ketan

Bubur Candil Ketan

Nyobain bikin bubur candil pake tepung ketan, karna kan biasanya saya bikin candil/biji salak ini selalu pakai ubi 😄😁. Ini ngintip resepnya mba Dhian Permana. Saya tambahin gula pasir sama pewarna makanan, di resep asli ga pakai ya, jd bs di sesuaikan aja sama selera masing2 bunda 😊🙏.

Kolak candil ubi dan pisang

Kolak candil ubi dan pisang

Bikin ini gegara suami rewel pengen kolak.. akhirnya kita bagi tugas, dy yang belanja ke pasar, aku bagian bikinnya, dan akhirnya jadilah kolak ini, mantull buahahah Note: karna suka yang banyak kuahnya, aku bikin yang kuahnya banyak..

Candil pelangi

Candil pelangi

Ni bikin ya bukan buat sarapan tp buat camilan sore anak2q yg g bisa diam jd buat ya rame2 sm 3krucilq n d kasih warna warni biar seru...

Candil Taro

Candil Taro

Karena suka banget sama resep kuah Bola Bola Labu Kuning kemarin, Bian jadi pengen lagi bebikinan buat santapan dingin-dingin pas siang hari .. Kali ini dibuat dengan rasa Taro aja yaah .. biar unyu-unyu maniez hihi Itu kuahnya tadi nya ga mau dibuat rasa Taro juga .. rencana sih kuah putih santan susu aja .. eh kok ya bubuk Taro nya masih sisa .. sayaang banget kalo dibuang .. eh pas udah jadi .. teuteuuupp .. enaaakk!! Apalagi pas udah dingin didalam kulkas atau udah dikasih es batu ... Huuuuummmm jadi pengen lagi dan lagii

Bubur candil 'cinta' ubi ungu

Bubur candil 'cinta' ubi ungu

Resep ini sebagai tanda cinta untuk semua saudariku dimanapun berada yang sedang berjuang melawan kanker payudara.❤ #TemanBerjuang #BasidoncekUbiRancak #CookpadCommunity_Sumbar

Jenang Biji Salak (Jenang Candil)

Jenang Biji Salak (Jenang Candil)

Satu lagi menu kolak yang di rindukan di Bulan ramadhan adalah kolak biji salak atau di sini disebut jenang candil, karena sejak kecil sudah biasa menamakannya biji salak, karena bentuknya yang bulat kecil2 oranye lucu, maka jadilah sebutnya jenang biji salak sebagai perpaduan :v Rasanya yang lembut dengan manisnya gula merah dan harum santan pandannya yang nikmat, dan pembuatannya yang mudah pastilah jadi resep berbuka favorit, yuk di cek resepnya bun^^ #cookpadCommunity_Solo #wongSoloMasak #tajilRamadan

Bubur Candil Ubi

Bubur Candil Ubi

Request kakak pengin bikin sendiri bubur, alhasil eksekusi bahan² yang ada dan emaknya pun jadi ikutan belajar masak hehehe... #SayangAnak #BuatSiKecil #OlahanUbi #SiapRamadan #Cookpad

Candil durian

Candil durian

endooollll surendol takendol kendol

Kolak Biji Salak / Candil

Kolak Biji Salak / Candil

Menuk takjil hari ini kolak candil ubi jalar. #TiketMasukGoldenApron3. #FestivalRamadanCookpad. #CookpadCommunity_Bogor.

4 orang