Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 4, 2021

Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

sebenernya niat awal cuma ngukus ubi aja, tp kok semaleman masih aja, kayak kurang menarik gitu kali yaa.. trus disesuaikan dgn bahan yg ada jadilan bubur enak ini.. hihihii

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁:

  1. ubi madu/kuning secukupnya (me: 5 buah)
  2. tepung tapioka/kanji
  3. secukupnya air
  4. gula jawa/merah
  5. gula pasir
  6. 2 lembar daun pandan
  7. sejumput garam
  8. 1 bungkus santan instan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁

1
Kupas ubi, rebus sampai matang.. lalu haluskan ubi pakai ulekan sampai halus..
2
Campur ubi, tepung tapioka (semakin banyak semakin kenyal), gula pasir (2 sdm / sesuai selera), sdikit garam halus.. uleni sampai kalis dan bisa dibentuk bulat* kurang lebih sebesar biji salak..
3
Rebus air sampai mendidih lalu masukan adonan yg sudah dibentuk bulat.. tanda sudah matang jika adonan sudah mengambang..
4
Masukan gula jawa, gula pasir sesuai selera, garam & daun pandan kedalam rebusan adonan candil tadi, jika rasa manis sudah pas, tambahkan kuranglebih 5sdm tepung tapioka yg sudah diencerkan dgn sdikit air.. aduk hingga matang/meletup*..
5
Buat kuah santan dengan mencampur 1 bungkus santan instan brsama 1 gelas air dan sdikit garam rebus hingga mendidih..
6
Tuang bubur dalam piring lalu siram dengan kuah santan.. nikmat dimakan sewaktu hangat..
Kolak biji salak atau bubur candil atau apalah 😁 - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak pisang kacang hijau

Kolak pisang kacang hijau

3 porsi
40 menit
Kolak LABU KUNING

Kolak LABU KUNING

4 porsi
30 menit
Kolak singkong dan pisang

Kolak singkong dan pisang

Hujan hujan bikin menu hangat

4 porsi
30 menit
🌷 kolak pisang durian 🌷

🌷 kolak pisang durian 🌷

Udah beberapa hari yg lalu dikasih durian, tapi sampe sekarang belum abis.. Jd daripada mubadzir dibikin kolak deh.. Yummyyyy...

Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Dapet oleh - oleh gula merah banyaaaak banget. Kebetulan juga lagi pengen makan kolak pisang ^^

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kali pertama buat biji salak, ternyata cukup simpel. Thanks cookpad yang jadi sumber pertama kali kalo cr resep masakanπŸ‘.

Kolak Pisang ubi singkong (PUS)

Kolak Pisang ubi singkong (PUS)

Ujan2 gini makan kolak anget enak banget pastinya yaa πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ‘πŸ»

Kolak Mangga

Kolak Mangga

Terinspirasi dari kolak yang biasanya dibuat dari Pisang,akhirnya mencoba bereksperimen dengan Mangga. Ada yang bilang kalau ini mirip dengan minuman Laksamana Mengamuk dari Riau,hanya saja bedanya ini tidak pakai susu kental manis dan terdapat rempah seperti kayu manis dan cengkeh di dalamnya. Gurih santan dan wangi rempahnya bertemu dengan manis segar Mangga,Hmmmmmm memang layak dicoba selagi hangat.

6 orang
30 menit
KOLAK LABU KUNING

KOLAK LABU KUNING

Mumpung ada labu kuning, langsung mutilasi saja labunya dan jadilah kolak untuk ta'jil .... #InspirasiBukaPuasa

4 porsi
10 menit
Kolak express

Kolak express

2 porsi
30 menit
Kolak aLa Tutty Frutty

Kolak aLa Tutty Frutty

masing-masing Keluarga pasti punya Resep Kolak andalan,,nah yang ini Resep Kolak keluarga saya,,ada tanbahan Bawang Merah Utuh di dalamnya,,unik kan :))

6 Orang
50 menit
Kolak Pisang Ropang

Kolak Pisang Ropang

Kolak bisa dimakan gak cuma di bulan puasa atau sore hari aja. Buat sarapan juga enak ditambah roti panggang biar lebih spesial. Kolak yg berkuah + roti garing...yummyπŸ˜‰

2 porsi
20 menit
Kolek singkong

Kolek singkong

Duka atuh laah, liat singkong teh suka napsu buat bebikinan cemilan buat santei2 sore di blkg rumah.. Bosen digoreng, di kolek wae yuuk.. Dan ini judulannya males cari properti pepotoan.. 😁😎😜

5 porsi
Kolak Candil Labu Kuning

Kolak Candil Labu Kuning

Kocokan semarak clover dimenangkan oleh mbak Laila Dawud dan memberikan tema aneka kreasi olahan serba kuning. Tetiba keingat dong sama labu kuning. Akhirnya bikin kolak candil labu kuning yang dibentuk labu kuning mini. Respons anak anak wow banget terutama si kecil secara dia kuning lovers πŸ’›πŸ˜€ Source dari : DAPUR AMAI #GAKuningKenanganKu #Semarak_GAKuningKenanganKu #CookpadCommunity_Surabaya #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #PejuangGoldenApron3 minggu ke 32 resep ke 2

Kolak pisang Hasna

Kolak pisang Hasna

7-10 porsi
Kolak candil ubi ungu

Kolak candil ubi ungu

Ada sisa camilan ubi ungu rebus dikulkas,sudah bosen makan nya, Di olah sedikit biar bisa selera makan nya.. 😁

Kolak ubi kuning

Kolak ubi kuning

30 menit