Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bumbu Pecel yang Lezat

Dipos pada June 12, 2019

Bumbu Pecel

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bumbu Pecel yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bumbu Pecel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bumbu Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bumbu Pecel sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Pecel memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah Resep bumbu pecel yg biasa dimasak di rumah. 26/03/19

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Pecel:

  1. 500 gr kacang tanah yg masih ada kulitnya, goreng, dinginkan
  2. 250 gr gula merah
  3. 125 gr bawang putih
  4. 100 gr cabe rawit merah, sesuai selera
  5. 150 gr cabe merah
  6. 10 lbr daun jeruk
  7. 2 ruas kencur
  8. 1 sdm air asam jawa
  9. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Pecel

1
Goreng kacang, sisihkan. Goreng bawang putih, daun jeruk, kencur dan semua cabe, sisihkan.
2
Yang pertama dihaluskan (ulek) adalah kacang, sisihkan. Kemudian haluskan bumbu yg digoreng, masukkan gula merah, haluskan kembali. Setelah semua dihaluskan, kemudian masukkan kacang kembali, haluskan lagi sambil dicampur, koreksi rasa.
3
Tempatkan di wadah tertutup rapat, bila akan digunakan ambil sesuai kebutuhan kemudian seduh dgn air panas sesuai kekentalan yg di inginkan.
4
Note : Hati2 saat menggoreng kacang, jgn sampai terlalu gelap krn akan menjadi pahit. Pd saat diangkat kacang akan sedikit lebih gelap.
5
Bisa menggunakan blender/ food processor agar lebih praktis.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok Baper (isi sambel pecel)

Cilok Baper (isi sambel pecel)

Ceritanya baru dapet oleh-oleh sambel pecel khas nganjuk. Awalnya sih pengen bikin cilok biasa aja, terus disiram sambel pecel. Tp setelah adonannya jadi tiba2 kepikiran bikin cilok isi sambel. Jadi dehh cilok isi yg puedesnya bikin baper efek sambel pecel+boncabe lv.30 πŸ˜…πŸ˜…

4 porsi
Bubur sayur terik sambal pecel

Bubur sayur terik sambal pecel

Nostalgia nih, udh hampir 5 taun yg lalu ga makan bubur khas dr daerah jawa timuran ini. Kalo k magetan kampung halaman mamah, hampir tiap pagi sarapan ini, dulu harganya 2rbu sepiring, d makan sama gorengan dan lento, lento adalah gorengan khas org jawa enak bgt, terbuat dari tempe bosok sama parutan kasar singkong, bbrp kali bikin sm mmah pke oncom beda aja sm kalo beli d magetan 5taun yg lalu harganya msh 300 aja πŸ˜… sekarang entah brpaan, emg pada murah sih makanan dsna. Buburnya sy buat express pake blender, check this out πŸ‘‡

Pecel uleg

Pecel uleg

Pecel ini model uleg dan langsung dimakan ya,biasa nya kalau lg tdk kedapur sy sering beli ini dekat rmh,ada mie dan kerupuk jg. Saat ini sedang ingin buat sendiri,,bahan nya lihat dr ibu itu pas ngulek,enak lho xixiπŸ‘πŸ»β˜ΊοΈ #cookpadcomunity #cookpad_id #masakenak

4-5 porsi
Mie Pecel

Mie Pecel

Masih ada sisa bumbu pecel (saya beli) ada mie lidi juga ...jadi deh mie pecel buat buka .... fotonya belum dicampur bumbu pecel ya....kelupaan hehe.... #SiapRamadhan #AntiRibet

Pecel Kembang Turi

Pecel Kembang Turi

Lagi merasa bersalah sm badan, pengen banyak2 makan sayuran dulu dah.. aplg menu inih juga kesukaan kang mas. Dia hobi banget sm yg nama sayur mayur baik segar atau di rebus kaya gini. Pernah suatu hari kangmas cerita doi makan di warung pecel judulnya pecel kembang turi, tp kembang turi nya cuman 2 biji. πŸ˜† Jd merasa teringat cerita ntu carilah kembangturi sampe ke 3 tukang sayur baru nemu. (Kesiangan saya belanja nya) Jadi ni sebenernya judulnya PECEL KEMBANG TURI tapi yg mau dibahas bumbu kacangnya aja ya. Pan sayurannya mah tinggal bersihin cuci rebus. Kalo untuk kembang turinya direbus dgn sdikit garam dlm rebusan airnya atau u mengurangi pahitnya bisa membuang bagian putik atau bgian dlm bunga tp ni tdk saya lakukan. Karena saya suka pahit tapi bukan pahitnya kehidupan 😜😜😜 Bbrp waktu yg lalu saya pernah posting bumbu kacang ala mba @fitrisasmaya tapi itu lbh cocok u siomaya atau dimsum. Nah kali ni bumbu kacang untuk pecel kurleb aja sih.. takaran sama tp ada bahan yg dikurang dan ditambah. check this out.

Lotek sayur/ pecel ala dapoeremak

Lotek sayur/ pecel ala dapoeremak

Lagi kepengen lotekan. Ini porsi untuk sendiri. Karena yang lainnya ga suka ,😊

Pecel sayur #bikinramadhanberkesan

Pecel sayur #bikinramadhanberkesan

Ini pecel .. Resep dari mom mertua.. Gampang sekali bikin nya.. Yuu kepoin bu ibuπŸ˜„ #bikinramdhanberkesan

15 menit
Mie pecal medan/mie pecel🍝

Mie pecal medan/mie pecel🍝

Banyak varian ya di Indonesia,mkn pecel kl di kota kelahiran sy pke oges,kl di solo pake gendar,kl di kota suami pake mie,sebutannya mie pecal,kbtlan duo kesayangan lg bapil,hari ini hari yg melelahkan,blm sarapan,kdu antre ke apotek cuz blnja,krn suami lg pngen mam mie pecel ktanya,duo kesayangan kl skit mlah maemnya war biasa.yg anak wedok minta rawon tpi pke ayam,jd wes sbuk bngt,skrg br smpet sarapan curhat dicookpadπŸ˜…#Sarapanku#cookpadcommunity_jaksel.

Cireng isi bumbu pecel

Cireng isi bumbu pecel

Udah diniatin beli cireng di tukang sayur cuman kosong. Baru inget udh cookmark resep cireng teh nia cuman belum dieksekusi wkwkwk , jadi eksekusi deh resepnya.

Otak-otak Tenggiri sambal pecal #PR_MasakanBungkusDaun

Otak-otak Tenggiri sambal pecal #PR_MasakanBungkusDaun

Serba kebetulan semua bahan sudah ada stok dikulkas, karena saya sering membuat siomay tenggiri. Bumbu pecal sebagai cocolan sambalnya, why not ? Beri saja perasan jeruk limo agar segar.

Pecel Terong

Pecel Terong

2 orang
Lontong Pecal

Lontong Pecal

8 porsi
20 menit
Pecel Madiun

Pecel Madiun

Untuk share resep pagi ini, saya hanya mau kasih tau klo bumbu pecel Madiun ini enak banget didampingi lauk pendamping yaitu tahu dan tempe goreng

Pecel Sayur

Pecel Sayur

Bahannya ala kadarnya jadinya, ya gini :p

Tahu Telur Sambal Pecel

Tahu Telur Sambal Pecel

Liat2 video masak dr yackikuka, suka2 deh resepnya, simpel..salah satunya liat video masak tahu telur ini jdi pgn buat, cuuuuss deh lgsg saya eksekusi, gampang buatnya dan enak pula..hehe

Paket Sambal Pecel Ayam, Cumi Goreng + Tahu Putih Goreng

Paket Sambal Pecel Ayam, Cumi Goreng + Tahu Putih Goreng

Kepengen banget makan sambal yg banyak pake cumi asin goreng, drpd beli gak bs makan puas, jd buat sendiri deh