Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam yang Anti Gagal

Dipos pada February 4, 2019

Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam memakai 7 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam:

  1. 150 gram Kacang Hijau
  2. 3.5 Liter Air
  3. 8 Lembar Daun Pandan Ikat
  4. 1.25 sdt Garam
  5. 400 gram Gula Pasir
  6. 150 gram Ketan Hitam
  7. 500 mL Santan (1 Butir Kelapa)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

1
Ketan hitam direndam semalaman dengan air kemudian kacang hijau direndam selama 1 jam dalam wadah yang berbeda.
2
Kacang hijau dan ketan hitam dibilas dan dicuci dengan air.
3
Kacang hijau direbus dengan 2 Liter air dan 3 lembar daun pandan ikat hingga matang dan mekar. Masukkan 1/2 sdt garam dan 200 gram gula pasir. Kemudian masak dengan diaduk hingga meresap dan kental.
4
Ketan hitam direbus dengan 1.5 Liter air dan 3 lembar daun pandan ikat hingga lunak dan kental sambil diaduk. Masukkan 1/2 sdt garam dan 200 gram gula pasir. Kemudian masak dengan diaduk hingga kental.
5
500 mL santan direbus dengan menambahkan 2 lembar daun pandan ikat dan 1/4 sdt garam hingga mendidih sambil diaduk.
6
Bubur kacang hijau dimasukkan ke dalam mangkok, kemudian ditambahkan dengan ketan hitam dan kuah santan lalu bubur kacang hijau ketan hitam siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Manado

Bubur Manado

Wah resep pertama saya yang diupload di cookpad. Biasanya upload cuma di Instagram. Seperti biasa alasan malas lah yang membuat saya belum menyusun menu sebulan, membuat saya bingung mau masak apa di awal minggu ini. Buka kulkas hanya ada jagung, bayam, daun pepaya madinah, terong, teri medan, dan tentunya kaldu ayam. Dan seperti biasa, kalau bisa dalam 1 masakan mengandung semua unsur, itu sangat baik untuk saya yang memasak, ga ribet 😂 Bubur manado versi saya kali ini menggunakan yang ada di kulkas saja. Tidak pakai kangkung, ubi seperti pada umumnya bubur Manado. Biasanya bubur manado ditemani dengan sambal roa & ikan asin, berhubung adanya sambal terasi & teri medan ya gpp juga lah ya.

8 porsi
Bubur kacang ijo rumahan (mudah, sederhana, no ribet)

Bubur kacang ijo rumahan (mudah, sederhana, no ribet)

Cemilan enak, sehat, untuk semua kalangan 😉😉😉

3-4porsi
40-45mnt
Bubur Manado Simple

Bubur Manado Simple

Yaa, gara² kena diare 2hr, pada akhirnya mengharuskan aku masak sendiri di rumah, gk jajan di luar selama 2hr itu.. Gk bsa makan nasi karena perut gk enak. Alhamdulillah gara² makan masakan d rmh yg terjaga kebersihannya. Diare pun hilang, nfsu makan kembali 🤣🤣🤣🤣 yg pada dasarny ak juga suka makan lo

3-5 Porsi
30-60Menit
MP Asi Bubur Kentang Teri Nasi

MP Asi Bubur Kentang Teri Nasi

Karena buatan emak lebih sehat Dan bergizi #SiapRamadan dan #SayangAnak

Mpasi 8m bubur saring tempe

Mpasi 8m bubur saring tempe

#SayangAnak #siapramadan #berburucelemekemas #jemputrejeki

Bubur Ganepo

Bubur Ganepo

Masih punya singkong sedikit..bikn yang simpel aja..😁

Bubur Masin ️🌽

Bubur Masin ️🌽

#MurahMeriah #SiapRamadan Bubur Masin Jagung kuliner khas kota Gresik dijual oleh bakoelan hanya dibulan Ramadan. Bubur ini beraneka rasa ( gurih, pedas, manis, segar) & menyehatkan karena berbahan nabati dipadu dengan udang.

Bubur Ketan Gula Merah

Bubur Ketan Gula Merah

Sarapan bubur yuk...

3porsi
40menit
MPASI 6+ bubur beras

MPASI 6+ bubur beras

Jadwal makan si bayi saya atur demikian Bun : Sarapan: bubur beras(karbohidrat) + protein nabati/hewani(sayuran/daging) + lemak(unsalted butter) Makan siang : pure buah Makan sore : cemilan Marie/biskuit Milna Nenen tiap si bayi pengen. Karna kagok kalo tiap makan bikin bubur,jadi sekali bikin untuk 4hari. Tinggal kukus 1 blok dan blender bersama menu lain.

Bubur butternut udang mpasi 6m

Bubur butternut udang mpasi 6m

Saya bikin bubur ini utk 1x makan dlu krna mau tes alergi, hilya alergi udang ga #limaresepterbaruku

Bubur Manado

Bubur Manado

Lambung lagi bermasalah, jadi mau makan bubur aja dulu sementara. Kalo bubur polosan bosen, jadi nyoba bikin bubur Manado. Voila, enak banget untuk kelas first trial heheh. Resepnya aku ambil dari beberapa sumber di cookpad ini, sesuaiin sama bahan yang ada dan yang pas buat lambungku.

2 porsi
Healthy porridge sesame oil

Healthy porridge sesame oil

Kemarin pagi suami ingin makan bubur ayam yang selalu mangkal didepan rumah namun pd hari tsb tidak berjualan, dengan inisiatif tinggi, hari ini aq buatkan surprise untuk suami & anak" namun dengan bahan seadanya ,karena belum sempat kepasar 😅.

6porsi
45mnt
Bubur homemade sisa nasi semalam#bringbackmemories#

Bubur homemade sisa nasi semalam#bringbackmemories#

ga kerasa 5tahun udah anniversary bareng kesayangan , dan alhamdulillah allah swt mempertemukan kita menjadi satu diikatan pernikahan yang sah dimata allah swt , keluarga dan negara 5 bulan 18 hari yang lalu ... bubur nasi ini jadi saksi perjalanan kita . setiap km main kerumah , setiap kita hangout ke puncak , setiap momment buka puasa ramadhan, puasa senin kamis, dan sampai sekarang pun cuma bubur nasi ini yang menjadi pelengkap diantara kita .. sebenenya super simpel banget tapi pertama kali kita ketemu bubur ayam ini yang menjadi bikin kita nyambung sampai sekarang. semoga cerita ini bisa kita ceritakan ke anak cucu kita nanti. amin 😇😘🐼 #bringbackmemories

1 porsi
40-50 menit
033. Bubur Manado 🥣🥣🥣

033. Bubur Manado 🥣🥣🥣

Pertama kali aku masak bubur, dan baru tau betas dn air bisa jdi bubur 😂. Biarpun pertama kali insya allah rasanya enak ya.. teman² yuk di coba resep nya. Di sini sama skli tidak ribet ya, smua serba mudah. Semoga resepnya bermanfaat. Selamat mencoba 🥣🙏 #PejuangGoldeApron2 🙏🙏🙏🙏

Bubur Suro

Bubur Suro

Ini malam 10 suro, (10 muharam) kalo di tempat tinggalq namanya malam bodo suro,,, makanya ada selamatan dgn bubur suro

10-12 porsi
+/- 50 menit