Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur MANADO (TINUTUAN) yang Lezat Sekali

Dipos pada February 5, 2019

Bubur MANADO (TINUTUAN)

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur MANADO (TINUTUAN) yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur MANADO (TINUTUAN) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur MANADO (TINUTUAN), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur MANADO (TINUTUAN) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur MANADO (TINUTUAN) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur MANADO (TINUTUAN) memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#Pekan_Manado #Cookpadcommunity_Tangerang #Bisamasak #resepsimpel #UmmuZahra Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara Resepnya adaptasi dari DapurVy dan Mba Yoshi Cara dan bahan sesuai selera saya dan keadaan bumbu dapur Maaf ya gk ada foto step by step nya. Masaknya sambil gendong anak jadi susah foto-foto

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur MANADO (TINUTUAN):

  1. 1 mangkuk nasi (mangkuk bakso)
  2. 1 buah jagung (serut)
  3. 330 gr labu kuning
  4. 300 gr ubi kuning
  5. 1 ikat bayam (siangi, ambil daun nya aja)
  6. 3 ikat kemangi (siangi, ambil daun nya)
  7. 5 batang sereh
  8. secukupnya Air matang
  9. Bumbu;
  10. 3 siung bawang putih (cincang halus)
  11. 1 sdm minyak sayur
  12. secukupnya Garam, merica
  13. Bahan pelengkap;
  14. Tempe goreng
  15. ikan asin goreng
  16. sambal terasi

Langkah-langkah untuk membuat Bubur MANADO (TINUTUAN)

1
Cuci bersih semua bahan kecuali nasi. Kukus labu sampai matang, haluskan. sisihkan
2
Didihkan air masukkan nasi, ubi, jagung, sereh aduk-aduk sampai menjadi bubur
3
Tumis bawang putih dan merica sampai harum lalu masukkan kedalam bubur beserta minyaknya aduk rata
4
Ranjang kasar bayam, lalu Masukkan bayam dan labu yang sudah dihaluskan, aduk rata
5
Masukkan garam aduk rata dan koreksi rasa
6
Masukkan kemangi aduk sebentar matikan api
7
Sajikan selagi hangat. Bisa pakai sambal roa biar lebih enak tapi karena saya disini susah nyari nya jadi pakai yang ada ajaMasukkan kemangi aduk sebentar matikan api
8
Happy cooking Ummah

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi bubur misoa

Mpasi bubur misoa

Pagi2 mau pergi blm masak nasi, bocil udah laper trus liat ada misoa jadi deh masak ini aja.. selamat mencoba

1 porsi
Bubur Kacang Ijo Ala Jeko

Bubur Kacang Ijo Ala Jeko

Simple aja dan cuma manfaatin bahan2 yang ada

#40 Tinutuan a.k.a Bubur Manado

#40 Tinutuan a.k.a Bubur Manado

Hari ini sarapan bubur. Bubur sayur khas sulawesi utara , lebih tepatnya khas manado. Bubur manado alias tinutuan. Bubur anti mainstream, sehat, kaya bahan. Sebenernya semua bahan tinggal cemplung aja. Yg ribet ya nyiapin bahannya, alias motongin bahan"nya. hehehe.. ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ Tips: โ€ข Bubur ini ada sayur nya, jadi kalo sayur sudah masuk, jangan sampai menginap atau dipanaskan lagi. โ€ข kalau memang mau dipakai buat besok atau ga langsung makan, masaknya sampai tahap 3 saja. Kalo mau makan, bubur dipanasi trus sayurnya dimasukin. โ€ข Labu kuning lebih enak kalo agak hancur dan jadi bubur gitu. Jadi saya potong nya kecil". Warna kuning bubur ya dari labu ini sama jagung. โ€ข Singkong juga dipotong kecil" supaya cepat matang. ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ Note: Rasa dari setiap hasil resep adalah selera masing". Takaran yang tertera diresep sesuai dengan selera saya dan keluarga. Jika dirasa kurang cocok, bisa ditambah dan dikurang sendiri ya. ๐Ÿ™‚ Selamat mencoba dan menikmati. Semoga suka. ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ Source: Resep mama tercinta #resepGERDA #GerdaCooking #alaGERDA #GerdaBaking #DessertGerda #masakanrumah #masakanrumahsimple #homecooking #simplyhomecooking #cookpadindonesia #berburucelemekemas #simplydelicious #homebaking #masakitumudah #reseppraktis #masakanindonesia #chinesefood #resepmasakanindonesia #3weekschallenge #cookpadcommunity_surabaya

12 porsi
Bubur Kacang Ijo Keju #mpasi

Bubur Kacang Ijo Keju #mpasi

pengen bikin bubur kacang ijo keju versi mpasi buat sarah, alhamdulillah si bayik doyan ๐Ÿคฉ bisa ditaruh kulkas ya mom, kalau sy biasanya sy plastik pake kantong klip. untuk cara makan sesuai keinginan anak aja, ada yg suka dingin seperti anak sy, atau ada juga yg suka dihangatkan (makanya pakai cup foil)

4 cup
3 jam (pakai slow cooker)
Bubur Multigrain Salmon - MPASI 6M+ 4 Bintang

Bubur Multigrain Salmon - MPASI 6M+ 4 Bintang

MPASI Calysta 6M+ ๐Ÿค— #siapbersinar

3 porsi
MPASI Bubur Beras, Kuning Telur, Tomat, Jeruk Manis

MPASI Bubur Beras, Kuning Telur, Tomat, Jeruk Manis

Gibran lg pilek nih, si ayah bilang maemnya yg banyak vitamin C-nya aja biar cepet sembuh. Berhubung dirumah lg ada tomat sm jeruk, campur deh jadi satu. ๐Ÿ˜‚ Alhamdulillah Gibran mau..

2 porsi
Bubur Havermut Original

Bubur Havermut Original

Pagi pagi pengen makan yg enak tapi bingung masak apa akhirnya masak yg simpel aja ...

2 porsi
5 menit
Bubur Ayam Betawi

Bubur Ayam Betawi

Bismillah.. Ada yg kepengen sarapan bubut pagi2 gak.. kok saya lg kepengen banget ya... kayanya faktor perut yg agak mules2 makan terong sambel petir kemarenan ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ Kebetulan ada daging ayam di freezer kemaren udah dibikin ayam tepung masoh sisa setengah kilo. Pas banget dah bikin buryam aja. Jd pengen yg lembut2 diperut. Ni namanya bubur ayam jakarta, bubur ayam betawi pada umumnya. Bubur nasi dgn kuah kuning tanpa santan. Bubur nasinya saya kasih santan sedikit biar kaya ada gurih2ny gitu ๐Ÿค— Ni dia resep BUBUR AYAM BETAWI.

MPASI 6 bulan Bubur tepung beras dan tepung KONGBAP Ala Korea

MPASI 6 bulan Bubur tepung beras dan tepung KONGBAP Ala Korea

Sewaktu hamil ada temen yg ngasih tau katanya kl nasi pakai kongbap bagus untuk ibu hamil, nah setelah melahirkan masih ada nih beberapa bungkus lg tapi keluarga saya kurang suka kl makan nasi pakai kongbap jadi sy bingung mau di apain nih kongbap, alhirnya setelah searching sekian lama dan bayi udah masuk 6 bulan lebih barulah dapat ide untuk membuat MPASI Kongbap ala Korea, Sekarang sy cobain bikin let's check it out !

Bubur Ganepo

Bubur Ganepo

๐Ÿฎyummmy

Bubur nasi mix (4โญ)

Bubur nasi mix (4โญ)

Kali ini aku bikin bubur nasi buat 1 porsi ya mom, Cuss.. ke cara bikin nya mom๐Ÿ‘

1 porsi
Es bubur kacang

Es bubur kacang

Bubuhan anak 90an pasti bila melihat es bubur kacang hijau ni keganangan waktu sekolah๐Ÿ˜„ dan ulun yakin buhan pian ada yang menjajanya di sakulahan, pakai termos yang tutupnya belapik serbet kotak-kotak. Padahal ulun handak memakai plastik yang ada gambar unyil nya, tpi kada tedapat๐Ÿ˜ซ huuuaaaaaa.....jadi keganangan kampung halaman di hulu sungai Selamat bernostalgia Salam dari kota santri martapura #WadaiBaper #WanilahMeolah #Cookpadcommunity_martapura #Cookpadcommunity_borneo

28. Tuna Oats Porridge

28. Tuna Oats Porridge

Sekarang suami lebih prefer sama oats porridge ketimbang overnight oats, itu sebabnya mamak harus bangun pagi2 dan nguplek di dapur, padahal kalo overnight oats kan enak bikinnya malem, pagi tinggal disantap, dan mamak bisa mbangkong deh ๐Ÿ™Š๐Ÿ™ˆ tapi gapapa wes, yg penting suami makannya lahap mamak udah bahagia ceu' ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

2porsi
MPASI 7+bln bubur outmeal daging seledri

MPASI 7+bln bubur outmeal daging seledri

Mencoba untuk membiasakan baby Yu untuk makan outmeal jadi perlu banyak varian menu

Bubur gudeg khas jogja super simple(serba instant)

Bubur gudeg khas jogja super simple(serba instant)

Bun klo punya kelebihan opor n bosen mkn pake lontong..bikin menu ini aja๐Ÿ˜˜Weekend pengin mkn enak tanpa ribet.memanfaatkan punya nasi sisa semalem bosen dibikin nasgor,jadi dibikin bubur.ada sisa opor sama sambal goreng daging ,dan punya gudeg kaleng yg g dimakan2.jadilah bubur gudeg..

Busay (Bubur Sayur)

Busay (Bubur Sayur)

Busay ini bakal lebih enak lagi kalau ditambah jamur tiram. Qadarullah takut sendi linu2 karna asam urat tinggi, jadilah untuk sementara skip jamur. Bisa juga ditambah ayam suwir ya.. Cukup direbus aja dengan tambahan garam, lalu di suwir2.

banyak bingits