Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur kolak yang Sempurna

Dipos pada April 11, 2021

Bubur kolak

Bagaimana membuat Bubur kolak yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bubur kolak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur kolak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur kolak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kolak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kolak memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan ada pisang tanduk, singkong dan jagung,awalnya bingung mau dibikin apa,tp teringat dulu mama sy suka buat aneka bubur dan kolak,jd sebenarnya ini terinspirasi dari olahan tangan beliau,daaann...ya udah sy campur2 aja 😅 biar seru 😆 #cookpad #cookpadcommunity #cookpadindonesia #resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kolak:

  1. 1 buah pisang tanduk (potong2 bulat atau sesuai selera)
  2. 1/2 kg jagung (sisir dgn pisau)
  3. 300 grm gula merah (iris halus)
  4. 3 sdm gula putih
  5. 1 sdt garam
  6. Santan
  7. Pandan
  8. Bahan bola singkong
  9. 1 kg singkong (parut)
  10. 7 sdm tepung tapioka
  11. Secukupnya garam
  12. Vanilli
  13. Air untuk merebus

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kolak

1
Masak gula merah beserta pandan,dengan 500 ml air sampai gula larut,ngkat saring,masukka kembali kedalam panci,sisihkan(itu sy nampung saringan air Gula merah nya pakai panci super imut ya)
Bubur kolak - Step 1
Bubur kolak - Step 1
2
Campur semua adonan bola singkong,uleni hingga semua tercampur rata,bentuk bulat2,rebus dgn air mendidih,sampai bola2 terapung,angkat sisihkan. (sebaiknya memakai parutan yg halus agar bola singkong tak berserabut, seperti buatan sy 😅, ukuran bola2 singkong besar/kecilnya sesuai selera aja ya...😆)
Bubur kolak - Step 2
Bubur kolak - Step 2
Bubur kolak - Step 2
3
Campur santan dengan air gula merah aduk terus hingga mendidih,tambahkan garam dan gula putih (kalau gk mau terlalu manis gula putih diskip aja)masukkan jagung aduk lg, semenit kemudian masukkan pisang aduk terus,masak selama 1 mnt.(sebagian lupa foto 😣)
Bubur kolak - Step 3
Bubur kolak - Step 3
4
Terakir masukkan bola2 singkong dan aduk2,masak slama 1 menit angkat dan hidangkan.
Bubur kolak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kelapa muda

Kolak kelapa muda

istilah klaten nya "rujak degan" rujak biza ditambahkan bahan2 nya seperti kolang kaling, pisang kepok,, tapi menurut saya lebih mantep yang pure rujak degan#mudah, cepet, segerrr

Kolak singkong pisang

Kolak singkong pisang

Dapat kiriman singkong dari teman yang sedang panen. Alhamdullilah jadi lah Kolak singkong pisang.

Kolak Ubi Ungu (Cendil) 25.09.2018

Kolak Ubi Ungu (Cendil) 25.09.2018

Sebenernya males nulis resep ini, karena semua org pasti udah bisa bikinnya..hehehe..tapi ya akhirnya aq tulis juga resepnya..buat nambah2 koleksi resep aq di cookpad..hehe..

4 porsi
Kolak singkong

Kolak singkong

Kemarin beli ubi kayu sama mas sayur baru sempat masak hari ini. Alhamdulillah banyak yang suka #JemputRejeki

Kolek biji salak

Kolek biji salak

Pertama kali nulis resep disini hehehe dikarenakan banyak temen-temen yang nanyain resepnya jadi sekalian aja aku share disini. Semoga bermanfaat :)

Kolak labu + kacang hijau. Sajin takjil

Kolak labu + kacang hijau. Sajin takjil

Dikasih tetangga kacang hijau sama labu, iseng" buat menu untuk takjil aja. Ternyata suami suka...

Kolak pisang waluh

Kolak pisang waluh

Kali ini masak besar di kantor, ada yg bawa pisang kepok matang pohon sm waluh.. Jadilah kolak sepanci, warna nya kurang coklat karena kehabisan gula merah, tp rasanya tetap enaak apalagi dimakan rame2😁..

Kolak Pisang Tanpa Santan

Kolak Pisang Tanpa Santan

#berburucelemekemas #resolusi2019

Kolak coklat

Kolak coklat

Minuman yang tercipta tanpa direncana.. Rasanyaaaa??? Hmmm Eundeussss

Kolak Tape (Peyeum)

Kolak Tape (Peyeum)

Ada tape biasanya dibuat peyeumbol kali ini dibikin kolak aja.

Kolak pisang tanpa gula merah

Kolak pisang tanpa gula merah

Pas hari sudah malem, baru kelihatan si pisang sdh hampir busuk 😣, harus segera di eksekusi malem itu jg. Mau buat kolak yg spt biasa, tp stok gula merah jg habis...😰, tik tok tik tok....ya udah pakai bahan seadanya. dan ternyata nggak kalah jg enaknya sm kolak gula merah, didinginin di kulkas anak2 tambah suka 👏😄

Kolak pisang dan ubi

Kolak pisang dan ubi

Yang d kangenin saat bulan puasa yaa ni kolak pisang #PekanInspirasi #BikinRamadanBerkesan #3

Kolak pisang ubi dan singkong

Kolak pisang ubi dan singkong

Kolak sederhana ya dan seada nya. Lama gak upload2 kebetulusan pas baru di masak😃

27. Kolak Singkong + Kolang Kaling#BikinRamadhanBerkesan

27. Kolak Singkong + Kolang Kaling#BikinRamadhanBerkesan

Ceritanya waktu jalan2 pagi ma ayahnya, deniz minta singkong ma pakde tetangga yang lagi nyabutin singkong pesenan orang dikebun garapannya,nah deniz nanya pakde lagi apa?? dijawablah ma si pakde nyabutin singkong deniz mau?? Mau ah direbus aja pakde,terus si pakde ngeledek klo singkong mah digoreng enaknya den terus deniz jawab klo yang digoreng itu ikan pakde 😄😄 ketawalah si pakde + ayah denger jawaban deniz.😂😂😂 Dicabutinlah 2 pohon singkong ma pakde nyampe rumah bilang ke saya ibu aku minta singkong ma pakde nanti direbus ya,terus saya tanya mau dipakein gula merah + santan ga?? deniz jawab mau ya wis pas sore saya olah aja jadi kolak terus saya tambahin kolang kaling aja deh tuk buka puasa. Jadilah resep ala saya ini, maaf ken klo intermezonya kepanjangan ya. 🙏🙏🙏😊

Day.14 Kolak Pisang Gampang Banget #BikinRamadanBerkesan

Day.14 Kolak Pisang Gampang Banget #BikinRamadanBerkesan

Makanan ini merupakan ciri khas bulan ramadan. Namun tak selalu juga hanya di bulan suci ini. Nyatanya skrg bnyk restoran ataupun rumah makan menyediakan ini diluar bulan ramadan. Kudapan yg gurih nan manis ini sering dinantikan saat buka puasa. Mskipun disebut kolak pisang tp tidak semua pisang bisa dibuat kolak pisang. Pisang yg cocok untuk kolak yakni jenis pisang kepok dan pisang uli. Ya, makanan ini mmng sangat mudah dibikin. Bahkan yg gak bisa masakpun akan sangat mudah membuatnya. Dan ceritanya saya dibeliin pisang sama mama mertua.. sorenya lgsg eksekusi dah.. takut busuk soalnya sudah matang. Pisang Uli kata nya namanya.. dan resep ini tuh cepet banget simple.. #BikinRamadanBerkesan

Ketan Kolak Durian

Ketan Kolak Durian

#BikinRamadanBerkesan #17 Salah satu favorit di rumah, serumah sukak banget sama yang namanya durian. Ketannya tak kukus biasa tanpa santan, kuahnya kan udah santan..tetep uwenakkk banget.

Kolak pisang + kolang kaling + pacar cina

Kolak pisang + kolang kaling + pacar cina

Takjil buat berbuka puasa

Kolak Cendol Manis #BikinRamadanBerkesan

Kolak Cendol Manis #BikinRamadanBerkesan

Menu ini wajib buka puasa,hari hari biasapun kadang suka bikin,bahannya mudah,bikinnya simpel.bisa disajikan begitu aja atau ditambah es batu biar buka puasa lebih segerr. #BikinRamadanBerkesan

3 orang
30 menit