Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ayam Hainam yang Enak Banget

Dipos pada February 7, 2019

Bubur Ayam Hainam

Bagaimana membuat Bubur Ayam Hainam yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur Ayam Hainam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Ayam Hainam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ayam Hainam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Ayam Hainam yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Ayam Hainam diperkirakan sekitar 50 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Hainam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Hainam memakai 26 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berhubung sedang musim flu dan keluarga sedang flu berkepanjangan, jadi menu ini yang selalu laris manis saat musim flu dirumah. Simple dan anak balitaku juga senang banget :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Hainam:

  1. A. Bahan Bubur Ayam :
  2. 2 cup beras
  3. 2 1/2 liter air
  4. 4 lembar daun salam
  5. 1 daging ayam untuk kaldu
  6. 2 sdt garam
  7. 1/4 sdt royko (opsional)
  8. B. Bahan ayam hainam rebus :
  9. 6 potong daging ayam broiler
  10. 1 liter air untuk merebus
  11. 5 bawang putih geprek
  12. 1 ruas jahe
  13. 1 sdm minyak wijen
  14. 2 batang daun bawang
  15. 1 sdm garam
  16. 1/2 sdt royko (opsional)
  17. 1 sdt kecap asin
  18. Air es secukupnya untuk merendam ayam saat selesai direbus
  19. C. Bahan telor rebus coklat
  20. 4 telor ayam rebus (kupas kulit)
  21. 1 sdm kecap manis
  22. 1 sdt kecap asin
  23. D. Topping bubur Ayam
  24. secukupnya Bawang goreng
  25. potong Daun bawang
  26. secukupnya Kecap

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Hainam

1
Proses pembuatan bubur: masak air hingga mendidih, lalu masukkan beras, daun salam serta daging ayam
Bubur Ayam Hainam - Step 1
2
Aduk terus saat membuat bubur agar tidak gosong dibagian bawah, gunakan api sedang. Masukkan garam dan penyedap (opsional). Tunggu hingga air sudah meresap dan menjadi bubur.
3
Proses pembuatan ayam : panaskan air, lalu masukkan potongan ayam, bawang putih geprek, jahe, minyak wijen, kecap asin, garam, dan penyedap (opsional)
Bubur Ayam Hainam - Step 3
4
Proses perebusan ayam dilakukan kurang lebih 40 menit, aduk ayam dan dengan api sedang. Masukkan batang daun bawang 5 menit sebelum selesai merebus ayam.
Bubur Ayam Hainam - Step 4
5
Ketika selesai merebus ayam, kaldu ayam dapat menjadi kuah hainam (pelengkap bubur) atau untuk disimpan. Pisahkan ayam yang sudah matang dan disiram dengan air es. Lalu taburi dengan daun bawang cincang dan tumis bawang putih sebagai toppingnya.
6
Proses pembuatan telor ayam coklat: panaskan air dan tuang kecap asin serta kecap manis. Setelah air menjadi kecoklatan, lalu rendam telor ayam, rebus sebentar hingga kulit menjadi coklat. Hidangkan telor dengan dibagi menjadi dua.
7
Bubur siap dihidangkan dengan ayam rebus hainam, telor coklat, serta potongan daun bawang dan bawang goreng. Selamat mencoba! :)
Bubur Ayam Hainam - Step 7
Bubur Ayam Hainam - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Hintalu Karuang

Bubur Hintalu Karuang

Finally...bisa ikut Memeriahkan Semarak #Pekan_Banjar walau waktunya udah mepet mepet tapi kepengen banget ikut serta tantangan pekan inspirasi kali ini,bapatuhan launching Cookpad community Kalimantan Selatan,SELAMAT yah Cookpaders KalSeL🤗tadinya mau coba buat Lumpur Surga,cuman berhubung si kecil lg Rewel susah di tinggal akhirnya bikin Hintalu Karuang sajo Lah,bahan nyaa ada semua di rumah sekilas mirip Biji Salak cuma bahan dasar nya beda,ini ga pakai ubi hihii rasanya kenyol kenyol Gurih Manis kuah nya pas enyakkk pokonyaahh 😋 #Pekan_Banjar #Cookpadcommunity_Tangerang #berburucelemekemas #resolusi2019

1 Porsi
20 Menit
Bubur sayur wortel

Bubur sayur wortel

Lagi g enak badan uda beberapa hari, lagi pengen makan bubur, pengen bikin bubur ayam, tapi males keluar beli ayam nya😁 karena adanya wortel, jadi bikin bubur sayur wortel aja.. dijamin maknyuusss😚

Bubur Kacang Ijo Gula Aren Endesss

Bubur Kacang Ijo Gula Aren Endesss

Punya banyak gula aren. sayang saja kalo tidak dimanfaatin. karena lagi ada kontes dengan tema penganti karbo, aku kepikiran bikin burcangjo aja ! tentu sehat dan bikin kenyang.. apalagi ini sama sekali gag pakai gula pasir.. yummy !!!!!! cusss resepnya yes.. semoga bermanfaat ! #GantiNasiPutih #cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaaendesss

Bubur Ubi Daging untuk MPASI Batuk Pilek atau Tumbuh Gigi

Bubur Ubi Daging untuk MPASI Batuk Pilek atau Tumbuh Gigi

ank ku susah bgt makan kalo tumbuh gigi atau lg batuk pilek, tp kalo menu nya d bikin bubur dy mau.. oia, ubi nya bisa d ganti dgn nasi.. krna kalau nasi masaknya lama, jd ganti pke ubi deh, juga nya ank sya lbh suka rasa manis.. kalau mau d tambah bumbu aromatik bisa bgt :)

3 porsi
Bubur Susu Jambu Biji

Bubur Susu Jambu Biji

24 Juli 2018 #MenuSehatAnak #KreasiDapuaUniHeni #BuburSusuJambuBiji #BuburHeni #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar Ini satu lagi kreasi dari aku menggunakan jambu biji fresh dari pekarangan sendiri😉 Untuk memperingati hari anak dengan tema #MenuSehatAnak untuk pemakaian susunya silahkan bunda sesuaikan dengan usia si anak .Aku bikinnya banyak buat cemilan sore tadi😄enak banget nih di nikmati dalam keadaan dingin😉 Jambu biji mengandung vitamin C yg cukup tinggi yaitu 228,3mg pada setiap 100 gramnya Sumber:ilmupengetahuanumum.com

3 gelas
Bubur Ayam Simpel

Bubur Ayam Simpel

Ini jenis buryam tak berkuah ala chinnese food yaa..jadi buburnya sudah gurih dan enak..topping bisa dimodif sesuai selera seperti cakue, pangsit dst..masih kurang sambelnya..tadi pagi gak sempat bikin. Kunci bubur enaknya ada di pembuatan kaldu ayam yg segar dan bening. Yuuk coba..

2-3 porsi
2-3 jam
Bubur Ayam 3 Warna (batita)

Bubur Ayam 3 Warna (batita)

Bingung mau sarapan apa pagi ini buat anakku😅, lalu terinspirasi dengan resep bubur ayam tahu @sari utami kimdonghwa yg saya improved dan modifikasi sesuai selera anak saya 🥳 Alhamdullilah..! Sukses besar makannya banyak pagi ini✌🏻

1 porsi
Bubur Manado (Tinutuan) rice cooker

Bubur Manado (Tinutuan) rice cooker

Masak ini karena bosan dengan makanan siap saji. Pengen makan makanan rumahan sekalian melatih sence of cooking ku (tsaah..😁), jangan sampai terkikis oleh waktu karena sudah sebulan lebih tidak masak. Soalnya perabotan dari kota (pulau) sebelumnya masih on the way. Untung waktu berangkat ke kota ini aku bawa satu set perlengkapan makan+pisau dapur. Dan berhubung ricecooker lama emang sudah rusak, jadi aku beli rice cooker baru di sini. Oh ya, kebetulan abang sayur di kota ini jual singkong yg sudah dikupas dan dipotong2, harganya Rp2000/bungkus (4-6 potong).

3 porsi
Bubur Jahe Kacang Hijau

Bubur Jahe Kacang Hijau

Pengen bubur kacang hijau, cuaca dingin pas menunya.

Bubur oat susu kedelai

Bubur oat susu kedelai

Saya biasa sarapan dengan bubur, ini disebabkan oleh penyakit maag saya. jadi saya harus bisa membuat bubur yang enak dan tidak membosankan . biar maag ngak kambuh.. biasanya saya buat untuk 2 porsi , 1 porsi sarapan dirumah 1 porsi bawa kekantor , makan disela jam makan siang#5 resep baruku...😊

2porsi
20 menit
Bubur ayam simple

Bubur ayam simple

Sekeluarga suka banget makan bubur ayam dan jadi menu seminggu sekali di akhir minggu. Biasanya suka beli sih, minggu ini edisi home made aja bubur ayamnya supaya bisa nambah sepuasnya :)

7 porsi
sekitar 2 jam
Bubur Pacar Jagung Manis

Bubur Pacar Jagung Manis

Pacar cina yang lembut kenyal pas sekali dipadu dengan kuah santan yang gurih ditambah lagi dengan jagung manis sebagai variasi. Coba deh!!! #tantanganakhirtahun#masakditahunyangbaru

Bubur kacang ijo metode 5,30,7

Bubur kacang ijo metode 5,30,7

Dulu2 kalo bikin bubur kacang ijo pasti malemnya harus ngerendem kacang ijo dulu. Tapi semenjak ada metode yag lagi viral di fb bikin bubur lebih cepet dan lebih hemat gas. Thx bunda fah umi yasmin metodenya top banget 😊.

Bubur telor sederhana

Bubur telor sederhana

Lg gak enak badan.. Barusan pengen bgt mkn bubur.. Tp jam sgni udh pada gak ada 😢yaudh jdnya aku buat bubur seadanya aja. .ternyata rasanya enak bgt 😂😍😍😍😘 #5resepterbaruku #pedulikankerpayudara

Bubur kacang kental

Bubur kacang kental

Berhubung baru pindah ke pekanbaru, segala hal serba gak tau. Mau makan ini belinya dimana gatau. Alhamdulillah rumah deket pasar. Jadi kalau pengen makan apa, tinggal masaaak 😬

10 porsi
30 menit
MPASI Bubur Sup Ayam

MPASI Bubur Sup Ayam

Pengen masakin ade yg simple aja gak neko² tp tep bergizi. Ada yampung buat sup ayam buat ade. Buat menu pagi-sore. Bismillah... #5resepterbaruku

Bubur kacang ijo hemat gas

Bubur kacang ijo hemat gas

klo dlu aq bikin burcangjo paling males... slain lama ngabisin gas... kdang2 kacangnya masih keras aja... pas d grup ada yg posting cra mask ijo dgn metode 5.30.7 awalnya kurng yakin tapi pas d coba wedeeeeh kacang ijo nya merekaah smua empuk bgt... masaknya g pake lama g pke ngabisin gas..