Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 26, 2018

BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka

Hari ini saya akan berbagi resep BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan ini bagus banget buat ibu2 yg lagi hamil dan menyusui. Kayak aku waktu hamil nurul dulu, hampir setiap hari makan burjo ini, cuma bagusan tanpa santan, atau santannya encer saja.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka:

  1. 1/4 kg kacang hijau
  2. 3 biji buah nangka, iris2
  3. secukupnya gula merah (bisa dganti dengan gula pasir)
  4. 2 lembar pandan, cuci lalu ikat simpul
  5. 1 batang kayu manis
  6. 1 ruas jahe (kupas, cuci lalu keprek)
  7. sedikit garam
  8. 500 ml santan encer
  9. 1 sdm tepung maizena (encerkan dengan 2 sdm makan air tapi ini opsional ya, boleh gak dikasih tapi tekstur burjonya encer, kalau mau kental bisa dganti dengan santam kental, tapi aku gak terlalu suka santan, makanya kentalinnya pakai tepung maizena)
  10. 2 gelas air

Langkah-langkah untuk membuat BurJo (bubur kacang ijo) ft nangka

1
Rendam kacang hijau selama 2 jam. Jangan kelamaan takut nanti jadi tauge. Hehehe. Cuci bersih lalu tiriskan.
2
Siapkan panci, masukkan kacang hijau lalu tuang 2 gelas air. Masukkan jahe , sedikit garam, pandan dan kayu manis. Tutup panci, tunggu sampai kacang hijau empuk.
3
Setelah kacang hijau merekah dan air habis, masukkan santan encer. Masukkan gula dan nangka. aduk2 jangan sampai pecah santannya. Koreksi rasa. Sesaat sebelum diangkat tuangkan larutan tepung maizena.
4
Matikan api. Siap dimakan hangat2, bisa juga ditambah dengan ketan hitam

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Campur

Bubur Campur

Ngabisin stok dirumah jadilah bubur campur2..... Selamat mencoba ๐Ÿ˜˜ #PejuangGoldenApron2

Bubur kacang merah/kacang tolo/azuki bean super simpel

Bubur kacang merah/kacang tolo/azuki bean super simpel

saya memang slalu stok kacang2an buat menu camilan diet tp berhubung lg malas diet jdlah si kacang merah kecil ini nganggur di kulkas selama seminggu, kbetulan pagi ini gk ada ide buat menu sarapan akhirnya bikin aja si bubur kacang merah pake bahan yg kbetulan ada drmh,,itung2 buat skip nasi dlm sarapan hari ini hehehe..

4 porsi
30 menit
Bubur Labu Kuning Fiber Creme

Bubur Labu Kuning Fiber Creme

Kalo punya labu kuning, saya sering buat ini. Terutama kalo lagi haid. Karena labu kuning dapat membantu mencegah anemia. Dan maasih banyak lagi manfaat labu kuning lainnya. Dan karena sekarang saya sedang mengurangi nasi, saya saya coba cari makanan lain pengganti nasi yang bisa mengenyangkan. Salah satunya ini. Saya buat dengan gula yang tidak terlalu banyak. Dan di resep ini saya tidak pakai santan/susu, tapi pakai @fibercreme. Yang mau pakai santan/susu silahkan. #buburlabukuning #cookpad_id #pumpkinporridge #bundaei #olahanlabukuning #fibercreme #reseplabukuning #cookpadcommunity

194. Bubur Gunting Khas Singkawang

194. Bubur Gunting Khas Singkawang

Source: Chef Meliana https://cookpad.com/id/resep/11626367-bubur-gunting-singkawang?invite_token=APtnQxHk967NKjEnLs2ngmh9&shared_at=1608689183 Malam Minggu kemarin ngedatenya bareng-bareng teman-teman Colam diacara Bromo Bareng Chef Meliana. Makasih banyak chef waktu dan ilmunya. Saya yang selama ini buta ama kuliner Kalimantan jadi banyak tahu kuliner apa saja yang menjadi khas disana (padahal bapak saya kelahiran Banjarmasin ๐Ÿ™ˆ). Selama ini yang saya tahu dari kuliner Kalimantan ya cuma cempedak, ikan asin sepat, soto banjar, wadai bingka, nasi telur, kue cincin ama hotokยฒ. Padahal Kalimantan kaya akan kuliner lezat. InsyaAllah kalo ada kesempatan main-main ke Banjarmasin lagi saya mau nodong sodara Bapak saya buat diajak wisata kuliner ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Kali ini saya ngerecook bubur gunting singkawang. Tapi untuk metodenya gak saya rebus, tapi saya kukus. Karena kalo direbus saya harus standby didapur, kalau kelamaan takut kelembeken, maklum waktu buat sambi ngrumat anak gadis ๐Ÿ˜. Alhamdulillah begitu matang, pasukan dirumah pada doyan. Angetยฒ enak buat sarapan pagi, ada kriuk dari cakwe dan kresยฒ kenyolยฒ dari jamur es. Untuk gula disesuaikan ya... Karena Mamer ada diabetes jadi menurut saya segitu udah manis ๐Ÿ˜. Dulu pernah makan bubur yang serupa, penjualnya depan Lab. Klinik Prodia Malang tapi pakai santan, jadi kalo yang khas singkawang ini lebih segar karena tanpa santan. #BromoBarengChefMeliana #BromoColam #ColamWaniKulinerKalimantan #CookpadCommunity_Malang

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Tidak perlu di rendam bisa langsung di godok sampai mekar dan lembut. Cusss eksekusi

Bubur jagung dengan kacang hijau menari2 manis ๐Ÿ˜‰

Bubur jagung dengan kacang hijau menari2 manis ๐Ÿ˜‰

Bosen dengan bubur yang itu2 aja dan mulailah untuk mengeksplor jenis bubur baru

5-6 porsi
30 menit
Bubur Manado Udang

Bubur Manado Udang

Assalamualaikum moms Hai moms tadi saya masak Bubur Manado ala ala saya moms. Seperti biasa saya suka berwarna kuning ngejreng begini dan selalu masukkan tumisan udang kedalam bubur dan selalu pakai singkong tapi tadi saya pakai kentang saja karena gak ada stock. Ini sedep banget menurut saya moms. Di coba ya . Met maksi moms ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ

Bubur Kacang Ijo Hangat & Lezat

Bubur Kacang Ijo Hangat & Lezat

Pas musim hujan atau lagi flu enaknya makan yg anget2 nich, Kita buat Bubur Kacang Ijo aja yuk yg pake Jahe, utk menghangatkan Dan menyehatkan badan ๐Ÿ˜‹

Bubur kacang ijo feat ketan item

Bubur kacang ijo feat ketan item

Nurutin suamii yg lg pgen berat samaa ketan item dan kacang ijo ๐Ÿ˜„

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Ceritanya suami lagi belajar berhenti merokok, jadi harus siapin jajan di rumah sebagai pengganti rokok. Kali ini bikin bubur kacang hijau ketan hitam, yuk marii..

Bubur Manado

Bubur Manado

Ke pasar kemaren liat ada labu, jadi pengen bikin bubur manado, soalnya sdh lama juga tdk buat. Seharusnya sayurannya lebih banyak ya, tp apa boleh buat pakai stok yg ada saja walaupun sedikit hhehe.. Oya, ini mantap klo dimakan bersama sambal roa. Biasanya klo tdk ada sambal roa, sy buat sambal ikan asin saja sebagai makanan pendampingnya

Bur cang ijo (bubur kacang hijau)

Bur cang ijo (bubur kacang hijau)

Sering ujan, dingin.. d angetin dlu sm burcangijo ny..

Bubur beras merah n kacang ijo..laziiss๐Ÿ˜‹

Bubur beras merah n kacang ijo..laziiss๐Ÿ˜‹

Dari anak pertama sampai yang kedua ini..bubur ini jadi favorit bangett..rasanya sedaappp..baik buat qta dan si kecill..terutama untuk busui..asi deraass n bergizi buntikk..๐Ÿ˜‰ baby kenyang, ibu happy..๐Ÿ‘Œ

3 porsi
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Saat merebus kacang hijau jangan ditambahkan daun pandan dulu, jadi hanya air & kacang hijau saja dulu yang direbus agar cepat proses merebusnya, setelah kacang hijau matang baru tambahkan daun pandan, dll,,, bubur kacang hijau yang aku buat ini versi santan yang langsung aku masukkan, karena aku bikinnya untuk dimakan selama beberapa hari,,, kalau yang versi santan dipisah itu untuk sehari makan saja, agar santan tidak cepat basi.,,, aku bikinnya tanpa diberi jahe, karena suami tidak suka, bila suka tinggal tambahkan saja jahe iris / jahe geprek.

50 menit
Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ๐Ÿ˜๐Ÿ™

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Ceritanya lagi pengen buat bubur kacang hijau buat buka puasa. Karena baru pertama kali buat akhirnya buat dikit aja. Ini masaknya pake magic com..maklum anak kos ๐Ÿ˜ Dan taraa ini hasilnya

4 porsi
60 menit
Bubur kacang hijau dipadu mutiara

Bubur kacang hijau dipadu mutiara

Ceritanya si ade ultah dan minta di bikin in bubur ๐Ÿ˜‚

Bubur semur daging telor puyuh

Bubur semur daging telor puyuh

Resep MPASI Usia 8m+ Kunjungi Instagram @mdalfatih03 Jangan lupa beri Like, Comment and Save Resep ini ya moms ๐Ÿ’•

3x Makan