Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Ayam Simple yang Lezat Sekali

Dipos pada February 7, 2019

Bubur Ayam Simple

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Ayam Simple yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur Ayam Simple yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Ayam Simple, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Ayam Simple ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Ayam Simple kira-kira s.d 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Ayam Simple diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Simple memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pagi hujan kemarin, pengin yg anget2 buat sarapan tp malas keluar. Lihat isi kulkas kyknya bisa nih bikin buryam karena punya sisa cakwe. Lumayan bisa buat seluruh anggota keluarga. #berburucelemekemas #resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Simple:

  1. 2 cup beras
  2. 1/4 ekor ayam
  3. 1 liter air untuk bubur
  4. 250 gr ayam
  5. Bumbu halus:
  6. 3 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 1 buah kemiri
  9. Secukupnya garam
  10. 1 ruas jari kunyit
  11. 1 ruas jahe
  12. 1/2 sdt gula pasir
  13. 1/2 l air untuk bumbu kuah
  14. Pelengkap:
  15. Irisan cakwe
  16. Irisan seledri
  17. Kerupuk
  18. Sambal rawit rebus
  19. Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Simple

1
Cuci beras, tambahkan air panas dan masak beras di magicom.
Bubur Ayam Simple - Step 1
Bubur Ayam Simple - Step 1
Bubur Ayam Simple - Step 1
2
Ketika sudah matang, pindahkan nasi ke panci, tambahkan air panas dan aduk2 sampai menjadi bubur di atas api kecil. Tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk jika suka. Harus terus di aduk agar tidak gosong. Jika bubur sudah terlihat halus, matikan api.
Bubur Ayam Simple - Step 2
Bubur Ayam Simple - Step 2
Bubur Ayam Simple - Step 2
3
Sambil menunggu nasi matang di magicom, kita buat bumbu kuah bubur ayam. Haluskan duo bawang, jahe, kunyit, garam dan kemiri.
Bubur Ayam Simple - Step 3
Bubur Ayam Simple - Step 3
4
Tumis bumbu halus, tambahkan salam, sereh, daun jeruk. Tumis hingga harum dan matang lalu tambahkan ayam. Aduk sampai ayam berubah warna. Tambahkan air. Rebus sampai ayam empuk. Tambahkan gula dan kaldu ayam bubuk jika suka. Tes rasa. Angkat ayam, dan saring kuahnya.
Bubur Ayam Simple - Step 4
Bubur Ayam Simple - Step 4
5
Cara penyajian: Taruh bubur di piring, beri sedikit kecap, siram kuah, tambahkan suwiran ayam, irisan cakwe, irisan seledri, kacang kedelai goreng (jika ada), kerupuk dan sambal. Mmh... Hangat dan yummy. 😘😘😘😘😍😍😍 Sambal: rebus cabe rawit dan kemiri, haluskan tambahkan 5 sendok kuah bubur.
Bubur Ayam Simple - Step 5
Bubur Ayam Simple - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo Gula Merah

Bubur Kacang Ijo Gula Merah

assalammu'alaykum... cuaca hari pertama di tahun baru agak sendu buibuk, jd buat yg anget anget ❤️ krna suka manisnya gula merah, jd lebih dominan gula merah, gula putih ttep pake dicolok sedikit 😁 #masakditahunbaru #tantanganakhirtahun

Bubur ayam ala Aceh

Bubur ayam ala Aceh

Bubur ini makanan kesukaan keluarga dari anak sampai cucu dan biasanya muncul dalam menu- menu berbuka ketika bulan ramadhan, karena dapat menentramkan dan menghangatkan perut yang kosong dengan jahe dan rempah2nya. Disebut ala Aceh karena memang ini merupakan salah satu jenis kuliner Aceh yang sudah diadaptasi dengan lidah keluarga saya yang campuran jawa.

10 porsi
Bubur Durian Susu

Bubur Durian Susu

Recook dari bunda @QeyQey, resepnya pakai santan,diganti dgn SKM putih dan sdikit tambahan resep lain.. menemani pagi yg sedang hujan.. dan mengurangi kemubaziran durian yg blm bgitu sempurna manisnya..

Bubur Manado

Bubur Manado

Mulai sering hujan, pengennya makan yang anget-anget seger dan sehat.. Bubur Manado bisa jadi pilihan yang tepat !

5 porsi
Bubur oat mpasi

Bubur oat mpasi

Ceritanya ini emaknya lagi puter otak, gimana biar setiap makan selalu habis, kaya sebelum2nya. Memasukin umur 8m dede tumgi alis tumbuh gigi jadi sekarang2 ini makannya agak susah, kaya lagi GTM gitu. Biasanya kalo di kasih bubur menu 4 ☆(karbo, prohe, prona, sayur) selalu habis. Mungkin karna efek tumgi tadi atau mungkin dede bosen sama bubur 4☆. Jadi tadi menu makan siang pake ini. Sebetulnya ini lebih ke cemilan tapi ya gak apa2 lah yang penting habis. Reaksi dede Razka doyan banget. #mpasiRazka #8m8d

1 porsi
+- 10menit
Mix Porridge

Mix Porridge

Kangen makan bubur buat sarapan. Untuk toppingnya sesuai selera ya. Kebetulan saya pake ayam, sosis babi dan telur dadar. Ini resep dari mamah saya dan enaaakkk banget.

5 porsi dewasa
1 jam
Mp asi kentang, brokoli, bubur nasi, Tahu putih, ayam lunak

Mp asi kentang, brokoli, bubur nasi, Tahu putih, ayam lunak

Cobain rasa baru n gizi bagus, nih rasanya pun enakkk my baby sukaaa...

Bubur cakwe china

Bubur cakwe china

Terinspirasi dari tukang bubur motor yg suka lewat dari tambun bekasi... Taraaa... Lebih enak pakai rebusan ayam, dibuat kaldu, karna bahan tdk ada, yaa mirip2 rasanya.. Simple

1 porsi mangkok
Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan (Bubur Manado)

Suami saya asal Sulawesi, sementara saya asal Jawa. Sebelum menikah saya asing sekali dengan masakan2 Sulawesi, padahal suami favoritnya banyak sekali makanan khas sana. Dari pisang ijo/palu buttung, brudel, jalangkote, kaledo, nasi jaha, ayam woku, dan masih banyak lagi yang belum saya pelajari. Nah kali ini saya belajar buat bubur manado alias tinutuan. Dan sukses bikin suami nagih, nambah terus 😁😍 Pernah ditanya sih sama ibu mertua, "tau resepnya darimana?" Karena rasanya mirip dan hampir ga pernah gagal. Hehehe 😁 saya cuma bilang, "lihat di cookpad Ma" . Wajar dong rasanya mirip sama buatan tangan asli sana, kan sudah teruji didapur para paders hehehe Buat saya cookpad itu seperti guru yang mengajari saya memasak. Saya tidak selalu berpatokan pada satu cookpader untuk melihat resep2nya.. Bagi saya cookpad sebagai inspirasi saya dalam belajar didapur, mengembangkan ide ide dan kreativitas. Karena belajar bisa dimana aja kan? Termasuk didapur. 😂😂 Terima Kasih cookpad. Nah untuk resep tinutuan kali ini saya pakai resepnya mba vy @dapurVy, meskipun pada dasarnya sama resep, tapi yang bedain pakai tumisan bawang putih yang dicincang halus. Jadi terasa lebih gurih. 😍😍 Dan ada beberapa tips yang dipakai saat membuat bubur ini supaya terlihat lebih cantik dan harum. Hm.... Makasih mba vy untuk resepnya 🙏🙏 #terimakasihguru #gurukuidolaku

Bubur Ubi Daging untuk MPASI Batuk Pilek atau Tumbuh Gigi

Bubur Ubi Daging untuk MPASI Batuk Pilek atau Tumbuh Gigi

ank ku susah bgt makan kalo tumbuh gigi atau lg batuk pilek, tp kalo menu nya d bikin bubur dy mau.. oia, ubi nya bisa d ganti dgn nasi.. krna kalau nasi masaknya lama, jd ganti pke ubi deh, juga nya ank sya lbh suka rasa manis.. kalau mau d tambah bumbu aromatik bisa bgt :)

3 porsi
Bubur Tuna Seaweed

Bubur Tuna Seaweed

Simple, sehat, dan cocok buat sarapan atau kerabat yang sedang sakit

Nasi/Bubur Ayam Hainan

Nasi/Bubur Ayam Hainan

Ceritanya dari minggu kemarin sdh pengen banget makan nasi hainan. Tapi beli nasi hainan di resto porsinya kecil dan harganya biasanya mahal. Akhirnya disempetin bikin sendiri. Lebih ekonomis dan bisa puas makannya.

4-5 porsi
MPASI 6M+ Bubur Beras Putih + Hati Ayam

MPASI 6M+ Bubur Beras Putih + Hati Ayam

Hari pertama baby G makan, puji Tuhan lahap.

1 porsi
Bubur Manado

Bubur Manado

Awal bulan diguyur hujan ya bund ? Alhamduliah adem jadinya.. pengen sarapan yang anget anget nih,, udah lama ga bikin bubur, yuk bund bikin 😊

5-6 porsi
Bubur udang praktis dan enak

Bubur udang praktis dan enak

Hai moms, kadang Kita suka sedih, ya, kalo nasi nggak abis trus udah keras, jadi dibuang deh 😢. Nah, kali ini Kita manfaatin aja, yuk, nasi sisanya biar bisa kemakan dan jadi lebih banyak 😁. Biar kayak pepatah, nasi sudah jadi bubur, tambahin udang biar makin maknyooos 🤣 cus, ah, check this out! #5resepterbaruku #BerburuCelemekEmas #resolusi2019

2 porsi