Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 22, 2021

Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu sekitar 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu diperkirakan sekitar 50 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu memakai 36 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gajah Mati adalah nama wilayah di kabupaten Pati yang paling legendaris yang menjadi sentral makanan "Nasi Gandul". Resep nasi gandul kali ini sedikit dikreasikan sesuai kemampuanku yang pas-pasan heee, moga sesuai selera keluarga Indonesia. Meski membuatnya agak rumit karena bumbunya banyak, pasti tidak rugi kalau kenal rasa dan penyajiannya yang unik nasinya "Nggandul" tidak nempel di piring tapi di daun. Oya masih punya banyak kacang almond dan kurma ditambahkan aja biar ala timur tengah haaa. Sayang kita masak sama-sama yuk! Nasi gandulnya makannya pakai suru (sendok daun) pasti asyik. Si kecil ajak kita sama-sama makan di gubuk taman rumah pasti rasanya makin maknyus, nyam-nyam seru dan makin segar perut juga suasana.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu:

  1. 300 gram daging sapi
  2. 200 gram jeroan sapi rebus air rebusan dibuang biar sehat
  3. 100 gram almond cincang untuk taburan dan dihaluskan bersama bumbu
  4. 4 sdm Kecap manis
  5. 10 buah Cabe rawit dan 2 siung bawang putih kukus haluskan ditambah kecap untuk sambal
  6. 4 buah Cabai merah
  7. 10 siung Bawang merah
  8. 8 siung Bawang putih
  9. 3 buah Kapulaga geprak
  10. 1 sdt Jintan
  11. 1 sdm ketumbar
  12. 4 buah kemiri
  13. 3 lembar Daun salam
  14. 3 cm Lengkuas geprak
  15. 3 cm Jahe
  16. 1 cm Kunyit
  17. 4 cm kayu manis
  18. 2 sdm gula aren
  19. secukupnya garam
  20. 1/2 sdt gula pasir
  21. 1 sdm merica
  22. 1/4 sdt pala
  23. 1 batang sere
  24. 2 buah cengkeh
  25. 1 buah belimbing wuluh, iris
  26. 2 buah daun jeruk
  27. 4 cm kunci
  28. 4 lembar kayu secang untuk menambah warna
  29. 4 buah kurma untuk menambah rasa manis
  30. 1/2 sdt terasi Pati
  31. secukupnya Bawang merah dan putih goreng
  32. 2 sdm madu
  33. 2 buah kluwak rendam dengan 100ml air hangat
  34. 500 ml santan sedang
  35. 300 ml santan kental
  36. Beras pulen 300gram cuci bersih

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu

1
Rebus daging dengan 600 ml air sere,kayu manis, salam,lengkuas,cengkeh Kapulaga hingga keluar kaldunya. Pisahkan daging dan kaldu. Iris daging menjadi 5.
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 1
2
Siapkan semua bumbu yang dihaluskan. Haluskan bumbu, jangan lupa kluwaknya, sementara air rendaman kluwak jangan dibuang. Siapkan santan.
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 2
3
Tumis masukkan daging dan jeroan, tambahkan kecap manis,madu, air rendaman kluwak dan air kaldu. Biarkan meresap tambahkan santan encer.
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 3
4
Hidangkan dengan menata nasi diatas daun pisang guyur dengan kuah irisan daging/ jeroan diatasnya, taburi kenari. Jangan lupa sambal kecapnya. Tempe goreng buat pelengkapAmbil irisan daging dan jeroan goreng dengan teflon hingga kecoklatan. Angkat dan gunting-gunting daging, jeroan.
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 4
5
Setelah diambil daging dan jeroan lalu tambahkan santan kental. Aduk-aduk kuah gandul hingga matang.
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 5
6
Untuk nasi : beras yang sudah bersih tambahkan 400 ml air.Rebus hingga air menyusut. Lalu siapkan dandang tambahkan air, kukus beras karu tadi hingga matang kurang lebih 30 menit. Nasi siap saji.
7
Hidangkan dengan menata nasi diatas daun pisang guyur dengan kuah irisan daging/ jeroan diatasnya, taburi kenari. Jangan lupa sambal kecapnya. Tempe goreng buat pelengkap
Nasi Gandul Pati Gajah Mati Seribu Bumbu - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Banana Smoothie bowl🍌

Banana Smoothie bowl🍌

Jangan lupa selipkan makanan sehat..😊😊

1 orang
10 menit
Resep Adenomyosis Alami

Resep Adenomyosis Alami

Video, tips dan resep lengkapnya ada Di Instagram @sulistyowati_05

Chocolate Cake

Chocolate Cake

Karena lagi self quarantine (seperti yang dianjurkan pemerintah) dan gabut di rumah, akhirnya nyoba2 bikin ini. Sy sengaja pakai kelapa parut kering untuk nggantiin terigu dan kurma sy pakai untuk nggantiin gula pasir. Sy juga sengaja ga pakai susu sapi dan margarin/mentega, sebagai gantinya sy pakai extra virgin olive oil.

Sweet Potato Cinnamon Bread - Roti Dari Ubi

Sweet Potato Cinnamon Bread - Roti Dari Ubi

#Homemade berawal dari coba bikin Cake Buah dan Ubi dari buah Pear sisa dirumah, ternyata animo konsumen tidak ada haha langsung banting setir diolah jadi SPCB dari resep tasteofhome.com

8 porsi
60 menit
Ayam masak kunyit

Ayam masak kunyit

Menu kesukaan pas makan di kedai orang india waktu jalan jalan ke malaysia

Stem Cell Alami

Stem Cell Alami

Assalamu'alaikum. Menu sehat dari rempah, resep dari @menusehat.jsr. Stem cell adalah sel-sel yang bertanggung jawab untuk menciptakan sel-sel baru. Kasarnya stem cell adalah pabrik dari sel-sel apapun dari makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Apapun selnya, entah sel mata, sel kulit, sel rambut, sel ginjal, dan lain sebagainya, semua berasal dari stem cell. Mengapa Stem cell Sangat Penting Bagi Kehidupan Kita? Tentu saja penting karena stem cell akan aktif ketika ada sel-sel yang mati.Β  (sumber, kompasiana.com) #WeekendChallenge #PahlawanMenuSehat #MenuSehatDariRempahIndonesia #PejuangGoldenApron2

1 porsi
2 menit
Bolu pisang magicom

Bolu pisang magicom

Mau keluarin mixer aja males pol... Apalagi oven... Akhirnya pake magicom sajalah. Setelah baca sana sini... Mari eksekusi... For info saja,, saiya pakai pisang gablog (kepok kw) sama pakai pisang tanduk biar ada asem2 nya... Hehehe (padahal emang cm pisang itu yg ada di rumah)

banyak porsi
Gulai Kurma Padang

Gulai Kurma Padang

#bikinramadhanberkesan

Happy orange juice

Happy orange juice

Bismillah, mau share resep smoothies buah sayur yg kami konsumsi di rumah. Ngga ribet, seadanya sayur dan buah ajalah yg penting enak . Untuk pemanis, jangan pake gula ya, bisa kurma atau madu, tapi saya sendiri ngga pake madu lagi karena di lidah saya, jus sayur aja udah enakπŸ˜†. Untuk cairan, bisa pake air biasa atau air kelapa (ini enak bgt sih). Untuk takaran buah, sayur dan air silahkan ditakar sendiri ya. Untuk pemula bisa dimulai dengan porsi buah yg lebih banyak dari sayur, kalo sudah terbiasa silahkan diperbanyak porsi sayurnya. Selamat minum jus 😁

Salad Buah

Salad Buah

Ini salad buah ala aku yaa.. Aku tu gasuka sama mayones jadi aku pakein kental manis aja sm taburan keju. Oiya, dibuat begini tuuh hasil perpaduan comot2 bahan dari #belanjaidedipasarcookpad loooh.. Itung2 ini bikin gaya baru utk menyantap buah laahhh yaaa 😍 Semoga Bisa jadi referensi teman2 semua yaa πŸ₯° #sarungtangancookpad #cookpadcommunity_yogyakarta #alamommyrizky #alame

1 porsi
15 menit
Martabak Coklat Kurma ala Arya

Martabak Coklat Kurma ala Arya

Buat sarapan pagi😊😊

Baby pancake (mpasi 10m+) no eggs no milk

Baby pancake (mpasi 10m+) no eggs no milk

Resep ini spesial untuk camilan si kecil yg alergi telur dan susu. Sangat aman dikonsumsi bayi dengan alergi, so jangan sedih moms!

1 porsi
30 menit
Sop ayam obat dengan Peach gum

Sop ayam obat dengan Peach gum

Biasanya peach gum terkenalnya dijadin dessert. kali ini saya masak peach gum yg kaya kolagen dengan rasa asin di tim pake ayam kampung

6 orang
1 1/2 jam
Puding Roti

Puding Roti

Puding Roti yg selalu ngangenin.. 😍 Memanfaatkan susu cair yg lumayan banyak nganggur d kulkas.. Step by step nya smoga bermanfaat πŸ™

Kukis Oat Coklat

Kukis Oat Coklat

Karena si anak kicik gak konsumsi telur dan produk dairy, jadilah ubek2 cookpad. Nemu resep Mb Amez Mekabe yg di-recook Mb Teti Ummu Yumna. Sedikit modifikasi di susu kental manisnya.

Bread Pudding Oreo cheese

Bread Pudding Oreo cheese

Ps* karena dengan mangkuk keramik akan memakan waktu lebih lama jadi saya juga menggunakan alimunium foil berukuran kecil agar cepat matang ❀️❀️❀️

7 porsi
60 menit