Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 22, 2021

Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis adalah Untuk 8 Orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis diperkirakan sekitar 30 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

🌾 12 Oktober 2018.. Untuk di daerah saya, namanya lokan. Tapi nama secara umum, lokan bisa disebut sebagai kerang yang berasal dari muara antara sungai dan laut. Ini kerang vitaminnya sangat bagus dari pada daging. Tapi jika di konsumsi banyak, yang punya penyakit kolesterol, berhati hati untuk mengkonsumsi kerang dalam jumlah banyak. Dan harga kerang juga hampir sama dengan harga daging. Dan saya merupakn salah satu pecinta kerang. Maka. Gulai kerang campur pakis merupakan masakan yang terkenal di daerah saya yaitu Air Haji(Padang). Gulai ini juga bisa dikeringkan dan menjadi rendang kerang campur pakis malah tambah nikmat. Yuk bu ibu, si lahkan di coba..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis:

  1. 1/2 kg santan kental
  2. 1/2 kg santan campur air
  3. 2 gelas air kelapa
  4. 500 gram kerang / lokan
  5. 2 ikat daun pakis
  6. 1 ons cabe rawit
  7. 3 sdm cabe giling
  8. 5 siung bawang putih
  9. 7 potong asam kandis
  10. 6 ruas lengkuas
  11. 3 ruas jahe
  12. 3 ruas kunyit
  13. 5 lembar daun kunyit
  14. 1 batang serai
  15. 1 buah gardam unggu (pelunak kerang)
  16. 1 buah peka (pelunak kerang)
  17. 1 sdm bumbu korma (boleh di skip)
  18. 1 bungkus royco rasa sapi
  19. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis

1
Bersihkan kerang. Buang kotorannya. Potong 2 tapi tidak sampai putus. Biar bumbu meresap ke dalam kerangnya.
2
Sayur pakisnya di bersihkan.
Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis - Step 2
3
Blender bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lengkuas, jahe, dan kunyit.
4
Campurkan santan campur air, air kelapa, bumbu yang di blender, cabe giling, gardam unggu, pekka, dan kerang. Masukkan daun kunyit dan serai yang udah di geprek. Tumis sampai airnya mulai berkurang hingga bumbu telah meresap ke dalam kerang.
Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis - Step 4
5
Setelah bumbu meresap. Masukkan santal kental, aduk2. Dan masukkan daun pakis, asam kandis, royco sapi, dan garam secukupnya. Masak hingga mateng. Dan jadi deh.
Gulai Kerang (Lokan) Campur Pakis - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Roti Gandum Tangzhong

Roti Gandum Tangzhong

Mau sarapan dengan makanan yg sehat. Mencoba resep mba Desi Arianti, jadilah roti gandum ini🍞🍞 , rotinya yang satunya sudah ludes.πŸ˜†πŸ˜† #PilkadaCookpad( LinaBachry)

3 buah
2 jam
21. Topping pizza manis

21. Topping pizza manis

Kapan lalu pernah share yang topping sarden atau asin. Sekarang yang manis ya #PejuangGoldenApron3

1 orang
30 menit
Nastar Kurma

Nastar Kurma

Awal nya gak sengaja bikin nastar kurma. Karena bahan kulit nya masih banyak sisa, tapi selai nanas nya udah abis. Trus juga mager keluar rmh buat beli selai nanas jadi. Lagian takut ga enak juga kan,kalo beli selai yg udah jadi. Ternyata hasil nastar pake kurma enak bgt loh. Resep selai kurma, di sebelah ya. Yuk cobain bikin πŸ‘©β€πŸ³

Gulai kurma lidah sapi ala fivi

Gulai kurma lidah sapi ala fivi

Sebenernya ini udh kesekian kalinya aku bikin masakan ini,tapi baru coba utk share...^_^

Es buah

Es buah

Buat buka puasa enaknya yang segar2 apalagi kalau bikinan sendiri pasti aman, enak dan sehat

2 porsi
5 menit
Sup ayam obat sederhana dan mudah

Sup ayam obat sederhana dan mudah

Resep ini terinspirasi dari postingan teman di FB dan karena akhir akhir ini saya sering belanja di Segari, padahal tidak suka memasak. Resep ini mudah dan semua orang pasti bisa.

2-4 orang
30 menit
Kue kurma

Kue kurma

Bosan dgn kurma yg dimakan itu itu aja,,, saya bikin kukernya aja,,, cekidottt

Camilan sehat

Camilan sehat

# Kapsul Ajaib # Camilan sehat untuk anak2 penderita kanker. Semangat berjuang melawan penyakit kanker. Percayalah, semua penyakit pasti ada obatnya. Semoga cepat sembuh... Aamiin.

banana oat bars

banana oat bars

entah kenapa kalau ngeliat chef luar bikin sesuatu itu terasa lebih menggugah selera.. mungkin karena yang dimasak itu bukan yang biasa diliat sehari2 yaa.. biasa dhe, rumput eh makanan tetangga khan terlihat lebih enak, hahaha XD padahal masakan sini juga banyak yang enak sih.. cuma mungkin karena yang jual juga banyak jadi kadang suka males bikin (terutama kue2 basah) kalau yang ribet2.. udah pengennya cuma satu, repotnya segambreng eh rasanya belum tentu enak, hahahaha :p tapi resep kali ini simpel and enaaakk walau hasilnya ga se-crunchy yang gua harapkan, mungkin karena manggangnya kurang lama.. resep hasil googling and diambil versi the kitchn dengan modifikasi bahan

6 porsi
35 menit
Kue Lumpur Kentang Lembut

Kue Lumpur Kentang Lembut

Ini salah satu bakulan saya. Manisnya pas, lembut dan lumer saat digigit. Dijamin, konsumen suka ;) Resep diadaptasi dari resep kue lumpur Ibu Fatmah NCC. Note: selain dimixer, cara lebih praktis adalah diblender sekaligus seperti yang sudah direcook sobat-sobat cookpad ya. Kita tidak membuat adonan mengembang tapi hanya untuk mencampur dan bertekstur halus. #cookpadcommunity_bogor #dapurbundalila #huntersinaction

Oatmeal Banana Muffins

Oatmeal Banana Muffins

Assalammualaykum,.. halooo semua,.. Dian balik lagi nih,.. hihihi,.. busui bawaannya laperrrrr mulu,. Abis makan ga kenyang pengen ngemil,.. so beberapa waktu lalu bikin lah muffins yang kalorinya ga banyak2 amat,. Abis tu insyaAllah bagus bngt utk yg lagi diets😍 Btw ini Dian pake Rolled Oat yah moms,.. oats yg blm ancur gitu,.. masih utuh,.. 😘

12-14 porsi
Es kepal milo

Es kepal milo

Berbukalah dg yang manis2 hehehe Ayoo bikin es milo yg enak mudah dan gampang πŸ˜‰

Protein balls

Protein balls

Snack time !

2 porsi
Booster asi kental sarapan busui

Booster asi kental sarapan busui

Mommy yg br lahiran dan butuh srpan yg knyangny lama, bkinny cpet krn rempong hrs ngrus 2 baby ccok bgt nyoba ini..

192. Klepon Real Food

192. Klepon Real Food

Pengen ngemil tanpa rasa bersalah? Klepon KW ini bisa jadi solusinya. Camilan sehat kaya manfaat dari bahan real food yang pastinya tanpa tambahan bahan pengawet, pewarna, perasa, tepung, gula dan lain2. Bikinnya super gampang tapi rasanya wow luar biasa. Cocok buat ngemil di saat menikmati "me time". Chanel YouTube : Shofiyyah Soleh #WeekendChallenge #PahlawanMenuSehat #CamilanSehat #MeTimeSambilNgemil

4 porsi
15 menit
Es buah / sop buah simple 🍊

Es buah / sop buah simple 🍊

Sebenernya pakai buah apa saja pasti enak, sesuai selera. Yang penting untuk sirup nya (gula pasir+air+daun pandan) saat merebus, gula dan air sampai mendidih baru masukan daun pandannya, kemudian matikan. Kalau memasukan daun pandan bersamaan akan mengurangi aroma dan cita rasa dari si daun pandan tersebut. Semoga bermanfaat.

5 porsi
30 menit
Dark chocolate praline

Dark chocolate praline

Bbrp Kali bqn chocolate praline ternyata kl compound chocolate nya dimix dgn dark chocolate makin enaaakk chocolaty bingiiitttt.....