Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak Singkong Legit yang Enak Banget

Dipos pada April 20, 2021

Kolak Singkong Legit

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak Singkong Legit yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Kolak Singkong Legit yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak Singkong Legit, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Singkong Legit sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Kolak Singkong Legit kira-kira 3-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Singkong Legit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Singkong Legit memakai 5 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Membuat kolak singkong itu sangat mudah. Yang terpenting adalah pemilihan singkong harus tepat. Singkong yang bagus untuk kolak adalah singkong kuning dan jangan terlalu tua atau muda.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Singkong Legit:

  1. 200 gr singkong (sudah dikupas&dibersihkan)
  2. 1 pcs santan instant cair/bubuk
  3. 500 ml Air (disesuaikan)
  4. 250 gr gula (optional)
  5. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Singkong Legit

1
Siapkan panci berisi air (kalo misal kurang boleh ditambah) dan didihkan.
2
Selagi menunggu air mendidih, siapkan singkong dan potonglah menjadi beberapa bagian yang sama.
3
Jika air sudah mulai mendidih, masukkan gula, garam, dan santan. *note* untuk santan bubuk sebaiknya dencerkan dahulu dengan air panas baru masukkan ke dalam panci.
4
Masukkan singkong yang telah dipotong tadi kedalam panci. Tutup panci dan tunggu hingga kolak singkong matang. Agar matangnya sempurna kecilkan api sedikit.
5
Setelah kiranya matang, Anda bisa sajikan.
6
Disini Anda bisa menambahkan pisang atau ubi untuk campuran kolak singkong Anda. Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak pisang kepok

Kolak pisang kepok

Kakak ipar jualan buah2an jadi kalo pisang nya over matang tapi gak laku pasti di bagi2in deh...mumpung ada santan di kulkas jadi saya bikin nya kolak aja...simple enak

Kolak Pisang Sederhana #day2 #BikinRamadanBerkesan

Kolak Pisang Sederhana #day2 #BikinRamadanBerkesan

Ini tanpa pandan dan santan.. Tp ini kesukaan keluargaku.. Bikin nya cepat, dan mudah..

10 menit
13. Kolak Bola - bola Sukun#PekanInspirasi#BikinRamadhanBerkesan

13. Kolak Bola - bola Sukun#PekanInspirasi#BikinRamadhanBerkesan

Dimana2 yang saya tau klo kolak biji salak itu dari ubi/labu tapi dengan azas penyelamatan isi kulkas sebelum hari sabtu mau dikuras liat2 ada apa yang harus segera diolah biar ga mubazir eh pas ditengok ada 1 wadah tup*erw** isi sukun kukus ma wadah minuman isi kuah kinca dari buat bubur sumsum (resep dah dishare ya 😆) liat cookpad ko klo sukun dibikin kolak rata2 cuma dipotong biasa aja nah liat resep kolak biji salak lah ko rata2 pake ubi/labu kuning jadi saya ambil bahan campuran untuk membuat bola2 biar bisa jadi bunder gitu ditambah apa ya,makasih ya senior2 cookpad ilmunya sisanya ngarang bebas tapi alhamdulilah pake ilmu kira2 manisnya pas bola2nya juga teksturnya kaya biji salak versi ubi,👏👏👏 ini saya buat kolaknya kemarin sore ya.Ini resepnya monggo klo ma coba barang kali,saya sengaja nyimpen disini biar klo pohon sukun engkong berbuah + panen bisa buat kolak lagi gitu.😊

2 mangkok bakso
Kolak labu kuning tapai singkong

Kolak labu kuning tapai singkong

Bunyi wa cling...request p.suami...pengen mkn kolak tapai singkong cuzz bikinin,,ben tambah disayang,,uang belanjanya ditambahin...haha

1 panci kecil
20 menit
Kolak Singkong Praktis

Kolak Singkong Praktis

Cuma ga pingin ribet. Tp pingin mkn kolak. Jd lh kolak singkong praktis.

Kolak singkong keju

Kolak singkong keju

#indonesia memasak

Kolak Pisang Kuah Jahe

Kolak Pisang Kuah Jahe

Kolak tanpa santan dengan jahe yang menghangatkan

Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Lagi panen pisang kepok nih dr kebun. Akhirnya bberapa di bagiin ke saudara, sisanya buat nyamil orang rumah. Hehe. Hari ini diolah sama ubi, jadi kolak. Hmm yumm..

5-6 porsi
35 menit
Kolak Labu

Kolak Labu

Labu udah gak tau mau dimasak apa,,, dari pada gak ke pake, makanya saya masak kolak aja,,, 😊

4 porsi
20 menit
Kolek ubi kuning

Kolek ubi kuning

Ada yg ngasih ubi bingung mau dbikin apa mskipun bukan bulan puasa bkin kolek aja deh kangn bulan puasa 😁

30 menit
Kolak Kacang Ijo.. 🙂

Kolak Kacang Ijo.. 🙂

Ini untuk anget2an tadi sore.. Karena masih episode hujan seharian 🌨🌫❄

20. Kolak Pisang

20. Kolak Pisang

Sudah lama ga bikin Kolak Pisang, pas dikasih Ibu pisang kepok 1 sisir... Lumayan lah dibikin kolak pisang pagi-pagi bisa buat sarapan si Ayah

Kolak ubi madu #BikinRamadanBerkesan

Kolak ubi madu #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan #Day26 Hari2 akhir ramadhan begini nafsu makan sudah tidak banyak seperti diawal2, buka dg kolak aja sudah cukup. Kebetulan diberi ubi madu sama sodara jd bikin kolak deh

8 porsi
Kolak Kolang-Kaling #BikinRamadanBerkesan

Kolak Kolang-Kaling #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan #5 kolang kaling gak cuma buat es atau manisan... di buat kolak juga ok... 😊😊

3-4 porsi
Kolak labu parang dan pisang

Kolak labu parang dan pisang

Sebentar lagi bulan Ramadhan. Kok sudah kepingin kolak ya? Berhubung belum ada yang menjual, dan kemarin belanja ada labu parang setengah dengan ukuran kecil harganya hanya 4 ribu rupiah. Dari rumah dibawakan pisang kepok oleh Ama. Dibrankas bumbu ada santan instan. Lihat depan kamar kost ada tanaman pandan. Jadilah, bak pucuk dicinta ulampun tiba.

4 orang