Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada April 20, 2021

Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan memakai 6 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tetangganya ibu sy lg panen kacang hijau,,kemaren pas maen ksn semua pada ngasih,,alhamdulillah rezeki🙏,,jadi berasa ikut panen beneran saking banyaknya😁😁. Trus nyampe rumah sy buat kolak kacang hijau tanpa santan kesukaan paksu dan anak²😍,,,klo emaknya lebih suka yg pake santan,,lebih gurih gituu😉. Bikinnya juga cepet no ribet,,apalagi kacang hijaunya baru,,jadi lebih cepet empuknya😘. #CookpadCommunity #ResepnyaMamaRiska

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan:

  1. 100 gram kacang hijau
  2. 2 lembar daun pandan,simpulkan
  3. 1 ruas jahe,geprek
  4. 8 sdm gula pasir (sesuai selera)
  5. Secukupnya air mendidih
  6. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan

1
Cuci bersih kacang hijau,,lalu rendam dg air biasa selama 30 menit,,buang kacang/kotoran yg mengapung,tiriskan
Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan - Step 1
2
Kemudian rendam kacang hijau dengan air mendidih,,tutup rapat selama 30 menit. Kacang akan sedikit mengembang. Airnya jangan di buang yaa,,sudah banyak mengandung vitamin.
Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan - Step 2
3
Kemudian tuang kacang hijau dan airnya tadi ke dalam panci. Tambahkan secukupnya air,daun pandan dan jahe. Masak hingga matang dan empuk. Masukkan gula pasir,masak hingga gula larut. Tes rasa. Matikan api.
Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan - Step 3
4
Sajikan
Kolak Kacang Hijau Tanpa Santan - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak cincau

Kolak cincau

Alhamdulillah.. bkin kolak prtama dn hasilnya memuaskan. Dan yg trpenting dr pmbuatan kolak yaitu santan tidak pecah😊

30 menit
Kolak Tape Praktis

Kolak Tape Praktis

Lagi pingin yang seger tapi tetap anget...emm...alhamdulillah ada tape...than langsung dech..bikin kolak cepat..habis keburu pingin makannya..

3 orang
10 mnt
27. Kolak Setup Pisang

27. Kolak Setup Pisang

Hobi banget sama yang namanya pisang, mau diolah apa aja, doyaaan bener. Bosen digoreng, alhasil dikolek aja, tapi paksuami lg ngehindarin banget yang namanya santan. Jadilah kita setup setup cantiiik. Source: Tintin Rayner Sedikit modifikasi dari aku ❤

Kolak Labu Parang + Pisang

Kolak Labu Parang + Pisang

Berhubung ramadhan jadi rajin buat ta'jil #bukapuasa yang manis dan praktis, ini salah satunyaa. Hemat dan banyak jadi rela deh dibagi bagi (kolaknya) 😂

Kolak Merdeka

Kolak Merdeka

Sengaja dikasih nama Kolak Merdeka, selain karena postingnya pas 17 Agustus kolak ini bikin perut kenyang alias merdeka. Biasanya bikin kolak cuman pake pisang sama singkong doank, tapi kali ini dapat kiriman ubi dari keluarga di provinsi sebelah, jadi deh kolaknya ditambahin ubi 😆 #indonesiamemasak

5 porsi
Kolak Labu Kuning Gula Pasir

Kolak Labu Kuning Gula Pasir

Jadi tadi pagi-pagi, Ibu ngasih PR buat masakin kolak. Soalnya di kulkas ada labu kuning yang gak habis-habis dari dua minggu lalu. 😂😂😂 Untung masih enak ya, labunya. Btw karena aku gak seberapa suka sama gula merah, jadinya pake gula pasir.

3 porsi besar
30 menit
Kolak waloh hangat wangi

Kolak waloh hangat wangi

Kolak identik dengan rasa manis dan mengenyangkan. .suami suka bosan dengan makanan ini..coba resep baru dengan tambahan jahe suami jadi suka banget. Manisnya pas hangat dan wangi..gak ngebosenin .

5 porsi
45 menit
Kolak ubi putih#bikinramadhanberkesan

Kolak ubi putih#bikinramadhanberkesan

Bikin kolaknya terburu-buru, jadi santannya mengumpal. buat ibu promil, gula pasirnya sedikit, asal ada manis-manisnya gitu.

Kolak Ubi Singkong putih

Kolak Ubi Singkong putih

Kenapa pake gula putih.. Karena raja dirumah ga suka gula merah.. Hehe

Kolak Pisang #BikinRamadanBerkesan

Kolak Pisang #BikinRamadanBerkesan

Suami bilang pengen makan kolak pisang yang biasa dimasak mertua di kampung halaman (kebetulan kita dari Medan). Langsung telpon mertua nanyak detail resepnya, ternyata sama aja kayak masak kolak pisang biasa, tapi gula merah nya dibanyakin, jadi warnanya lebih coklat. Cocok banget ni disantap buka puasa. #BikinRamadanBerkesan

Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

Dapat labu kuning dari tetangga.. kebetulan udh lama gak makan kolak labu kuning.. cus di coba 😎😊

Kolak Pisang Bola Ubi Ungu

Kolak Pisang Bola Ubi Ungu

Punya banyak persediaan ubi ungu tapi bosan dengan ubi kukus biasa.. akhirnya iseng bikin bola ubi dan kolak. Voila.. rasanya endeuss