Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Manado Tinotuan yang Sempurna

Dipos pada February 2, 2019

Bubur Manado Tinotuan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Manado Tinotuan yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur Manado Tinotuan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Manado Tinotuan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Manado Tinotuan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado Tinotuan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado Tinotuan memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini salah satu bubur favoritku. Resep turun temurun dari keluarga dimakan dg ikan kering atau teri nasi goreng garing (resepnya ada di sinj)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado Tinotuan:

  1. 2 gelas beras cuci bersih
  2. 1500 cc air
  3. 1 batang sereh geprek
  4. 1 ikat kemangi
  5. 1 ikat daun bayam siangi
  6. 1 ikat kangkung siangi
  7. 300 gr labu kuning yang matang kupas kulitnya
  8. 3 buah jagung manis sisir kasar
  9. 1 ikat kacang panjang. Kaldu bubuk
  10. Sambal dabu2 lilang:
  11. 10 cabai rawit
  12. 1 butir bawang merah
  13. 1 buah tomat
  14. Garam
  15. Jeruk limau
  16. secukupnya Daun kemangi

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado Tinotuan

1
Didihkan air masukkan sereh,labu,jagung dan berasnya
2
Masak hingga jadi bubur.
3
Masukkan sayur aduk hingga sayur layu terakhir tambahkan daun kemangi dan kaldu bubuk
4
Sajikan dengan ikan kering dan sambal tomat atau dengan sambal Roa.
5
Sambal dabu2 :haluskan bahan sambal beri perasan limau dan petikan daun kemangi

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur lemu bisa untuk balita atau manula

Bubur lemu bisa untuk balita atau manula

Ketika tinggal di Sragen,sering banget beli bubur lemu untuk sarapan pagi. Biasanya dimakan dg terik tahu/telur,ada juga yg dimakan dg sambal tumpang. Setelah tinggal di kampung blm nemu tempat yg pas untuk beli bubur. Akhirnya bikin sendiri. Dan ibu bapakku seneng banget setiap kali aku buatkan. Biasanya satu paket dg terik tahu dan telur. Yuuk bikin....gampang kok mom. Ini saya bikin agak banyak bisa untuk 6 orang.

Bubur Masin

Bubur Masin

Pengen bubur tapi yang ada asam2nya. Eh kebetulan ada belimbing wuluh, buat bubur masin aja

MPASI Puree Bubur Susu Labu Kuning #homemadebylita

MPASI Puree Bubur Susu Labu Kuning #homemadebylita

Okee karna anak sudah menginjak masa MPASI, cuss mommy abadikan resep yg dicoba di Cookpad ๐Ÿ˜‚. Belum tingkatan MPASI 4 Bintang sihh, tp okelah buat baby baru belajar makan yakk

2 porsi kecil
Bubur Manado

Bubur Manado

Ikutan #pekaninspirasi#pekan_manado kali ini saya bikin bubur manado, bubur yang sarat dengan sayuran. Bubur sehat...pilihan alternatif juga buat keluarga saya kalau ada yang sakit dan ga bisa makan nasi atau yang makanan yang keras.Alhamdulillah anak anak juga suka๐Ÿ˜„๐Ÿ‘Œ. Dan resep ini bersumber dari Ayo cek resep ini: Bubur manado istimewa https://cookpad.com/id/resep/6817506-bubur-manado-istimewa?via=androidsharesheet&shared_at=1551425437 Tapi ada beberapa bahan yang saya rubah dan tambahkan, tapi tetap menjaga kualitas dan rasa yang enak๐Ÿ˜†๐Ÿ˜˜ #berburucelemekemas #resolusi2019 #3weekschallenge #pekan_manado #pekaninspirasi #cookpadcommunity_jakarta Minggu ke 8 (3)

Tinutuan (bubur manado)

Tinutuan (bubur manado)

Dah lama gak makan,mo beli yg jualan jauh..yaudah cuzz dapur bkin sendiri

4-5 porsi
Bubur ketan item enak

Bubur ketan item enak

Dulu setiap beli bubur kacang ijo, gak suka sama ketan item. Terlalu manis rasanya di tukang jualan yg biasa mangkal di samping rumah. Ternyata pas disini, ada menu di restoran Indonesia cuma ketan item aja dan enak. Suami pun doyan ketan item, jadi sering buat. Karena saya jarang nyetok santan atau coconut milk (disini harus ke supa yg jual barang import baru ada coconut milk), saya jadinya lbh suka ketan item dikasi fresh milk aja. Oishii๐Ÿ˜‹ Cobain ya^^

Bubur kacang ijo mix pisang

Bubur kacang ijo mix pisang

Ceritanya mau masak bubur kacang ijo trus di kulkas ada pisang sunrise ya uda ak mix aja berhubung ak lg hamil muda dan resep ini bgs bgt buat bumil dan janin ga ribet juga masak nya hehehe

20 menit
Bubur Tim Nasi, Kacang Merah, Buncis, Wortel MPASI 7bln+

Bubur Tim Nasi, Kacang Merah, Buncis, Wortel MPASI 7bln+

Pas ada kacang merah, tibaยฒ ide muncul untuk bikinkan si baby bubur tim, eh ga taunya dia suka .. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜‹

3-5 porsi
Bubur tumis ayam + wortel

Bubur tumis ayam + wortel

3 porsi
30 menit
Bubur Manado oat

Bubur Manado oat

Hahahaha....sekalinya bikin bubur Manado pakai oat. Saya lagi menurunkan BB 4kg lagi, karena belum mencapai ideal. Semenjak BO, saya usahakan belajar hidup sehat dan menjaga BB huhuhu...๐Ÿ˜ญ. Jadi sekali - kali gak papa kan share resep yg kurang menggugah selera ๐Ÿคฃ. Kalau lagi program menurunkan berat badan atau mengubah pola hidup lebih sehat silakan recook atau penasaran gimana rasanya, monggo ...rasanya lumayan enak karena terbantu dengan adanya daun salam๐Ÿ˜‹. Ini bubur kw ya , maaf kalo bahannya ngaco...biar cepat aja buatnya.

Bubur ayam jakarta

Bubur ayam jakarta

Memasak menggunakan rice cooker

2 porsi
Bubur Gunting (Khas Banjarmasin)

Bubur Gunting (Khas Banjarmasin)

Membuat Bubur Gunting sama seperti membuat Kolak pada umumnya, sering ditemui pada saat bulan Ramadhan. Bubur gunting merupakan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan, berbahan Sagu yang digulung kemudian digunting serong disajikan bersama gula merah dan santan. #SiapRamadan #CookpadIndonesia #MasakituSaya #BagikanInspirasimu #JemputRezeki

Bubur Susu w/ Banana Flambee Sauce (Mpasi 6+)

Bubur Susu w/ Banana Flambee Sauce (Mpasi 6+)

Menu 6+ nya Adri, ini menu yg paling fav bgt sm dia ๐Ÿ˜ Ya ampunnn... Ini wangiiii... Nya sampe ke depan2 ๐Ÿ˜‹

Bubur biji salak endol

Bubur biji salak endol

Bikin ini pas malem mau ngemil ๐Ÿคญ bahan nya ada semua. Saya suka yg kuah biji salaknya kental. Mari eksekusi

Bubur kacang ijo (tanpa direndam)

Bubur kacang ijo (tanpa direndam)

Musim dingin begini enaknya bikin yang hangatยฒ #5resepterbaruku

porsi 5 orang
Tinutuan / Bubur Manado

Tinutuan / Bubur Manado

Pertama kali kenal tinutuan atau bubur manado ini sewaktu kuliah, seliweran kan tuh di explore IG & terbitlah penasaran. Berhubung masih jadi anak kost, susah kan mau coba" buat makanan ini jadilah searching berselancar di dunia maya buat cari" rumah makan yang jual bubur manado ini. Sampai sewaktu hari balik kuliah ajakin temen yg emang demen kulineran ke suatu tempat yang jualan bubur ini & singkat cerita orderlah kita bubur ini awalny sih underestimate kenapa bubur campur campur ubi sayur segala rupa dalam hati udah ngebatin "wah failed nih pasti, gk bakal kemakan nih kayany" begitu nyicip taunya enak hahaha ternyata unik juga rasany kirain bakal yang aneh gimana. Semakin penasaran untuk coba buat sendiri di rumah (sewaktu pulang kampung alias libur kuliah) taunya orang rumah terutama si mami suka banget banget sampai beberapa kali tiap pulang kampung minta dimasakin tinutuan ini. Bisa dibilang makanan yang masakny gk ribet tapi rasany haoce alias uenakkkkk ๐Ÿ–ค #Pekan_Manado #Cookpadcommunity_Cilacap #Cookpadcommunity_Purwokerto #Cookpadcommunity_JawaTengah #PekanInspirasi #ResepkuHariIni

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

#terimakasihguru #gurukuidolaku Resep ini ku persembahkan untuk ibu Andang (guru TK). Teringat kala itu, saat saya masih TK. Tiap jumat beliau selalu membuat kan sayur sop atau bubur kacang ijo untuk semua murid nya. Dengan memberikan makanan yg bergizi kepada kami, kami sampai sekarang tumbuh dengan sehat. Untuk mengenang itu, maka saya buat bubur kacang ijo ini. Walaupun rasanya gak sama seperti beliau, tapi rasanya lumayan enak. Terimakasih bu, jasa mu selalu ku kenang. Terimakasih bu.