Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cande/candil/biji salak yang Enak Banget

Dipos pada October 16, 2018

Cande/candil/biji salak

Sore-sore begini enaknya membuat Cande/candil/biji salak yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Cande/candil/biji salak yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cande/candil/biji salak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cande/candil/biji salak ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cande/candil/biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cande/candil/biji salak memakai 7 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Apa aja namanya saya buat sesuka saya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cande/candil/biji salak:

  1. 1/2 bungkus tepung ketan
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 7 keping gula merah
  4. Air
  5. Sedikit garam
  6. Daun pandan (jika ada& jika punya)
  7. Santan instan / dari kelapa yang di patut

Langkah-langkah untuk membuat Cande/candil/biji salak

1
Air gula merah : rebus dengan air 7 keping gula merah dengan daun pandan jika ada sampai kepingan gula merah ny sudah tidak ada (mencair) diamkan sampai suhu ruangan lalu saring.
2
Panas kan air gula merah dengan api yg sangat kecil. campur tepung ketan dengan air sampai kalis. Bentuk bulat_bulat kecil d3ngan tangan dan langsung masukkan k dalam air gula merah. Lakukan aampai adonan tepung ketannya habis.
3
Aduk pelan
4
Lalu untuk mengentalkannya 2 sdm tepung beras campur dengan sedikit air aduk2 lalu tuang k dalam air gula merah sambil di saring.
5
Aduk pelan setelah matang meletup matikan api kompor.
6
Kuah santannya : santan instan di tambahkan air beri sedikit garam (sesuai selera agar sdikit asin) krn cande = pertemuan antara rasa manis adonan gula merah dengan santan.
7
Selesai sajikan.
8
Note :lebih sehat pakai santan dari kelapa asli. Saya karena sementara tinggal di flat house jauh dari pasar tradisional sulit hidup sehat disini serba instan.
9
Cara buat santan dari kepala : 1.beli kelapa tua / sedang agak tua. Bilang abangnya di kerik bersih parut halus. Di rumah kelapa ny di taro d mangkok besar siram dan rendam dengan air panas tunggu setelah air rendaman kelapa parutny dingin / suhu ruangan lalu blender. Trus saring langsung di masak (di hangatkan) beri garam dan daun pandan jika punya/ada. Sajikan. Tidak ada kata repot memeras kelapa kalo sudah di blender semua ny sudah keluar sari santannya.
10
Sisa parutan kelapa yang sudah di dapat santannya bisa di simpan di kulkas bisa di pakai untuk buat klepon atau buat kue lainny karena kalo di luar negeri banyak sisa parutan kelapa kosong yang sudah di ambil santan nya di jual lagi.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil #bikinRamadanberkesan

Bubur Candil #bikinRamadanberkesan

Memasak itu juga salah satu pelampiasan cemas.. ๐Ÿ˜‚ cobain yuuu

10 mangkuk
20 menit
Mpasi 7m+ Bubur daging oyong

Mpasi 7m+ Bubur daging oyong

Kali ini saya mulai naik tekstur dengan mencincang daging sapi giling

3 porsi
1 jam
Bubur ayam magic com

Bubur ayam magic com

Aisha anak saya paling suka setiap Minggu pagi beli sarapan bubur ayam di dekat rumah..tapi kebetulan hari itu si penjual tidak buka..sedikit putar otak dengan bahan seadanya di kulkas kita berdua bikin buryam magic com ala ala..

3 porsi
Bubur Candil / Jenang Grendul / Biji Salak

Bubur Candil / Jenang Grendul / Biji Salak

Punya stok tepung ketan, bingung mau dibikin apa. Mampir ke cookpad nemu postingannya Greg Dhian Permana. Langsung eksekusi dan syukaaa. Pertama makan ini waktu pulang kekampungnya suami. Dan langsung jatuh hati.

4 porsi
Beef Porridge (Simpel Pakai Magic Com)

Beef Porridge (Simpel Pakai Magic Com)

Ini bikinnya sudah lamaa banget. Tapi baru sempat dishare karena baru ketemu fotonya. Rasanya enaak, ringan ga eneg, ala-ala bubur oriental gitu. Kekentalannya bisa diatur sendiri ya, kalau mau lebih encer, tambah takaran airnya #PejuangGoldenApron2

Bubur ayam berbumbu

Bubur ayam berbumbu

Bikin bubur ini untuk bekal kerja, pas masak ga dipakein kuah karena biar ga tumpeh2 deh tu bubur. (Gusi masih meradang) // maaf baru update ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

3-4 porsi
ยฑ 3jam
Mpasi 6+m bubur ayam bayam

Mpasi 6+m bubur ayam bayam

Untuk makan pagi dan sore
2 jam (menggunakan slow cooker)
Bubur candil #30

Bubur candil #30

Gak terasa makin habis aja ni bulan. Kita sudah di penghujung Ramadhan. ๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ž Terakhir aku mau post Resep Bubur Candil. Oh iya ini ada Bubur sumsumnya resep udah pernah aku share. Jadi gk nulis lagi ya anak lagi rewel. Habis sakit ๐Ÿ˜ข sariawan 4 hari susah bobok.๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ž. Back to topic. Ini teksturnya enak loh kenyil" gitu. Dan rasanya ngangenin. Soal e buat e lama maem e cepet dan kenyang. Yg lama cuma bulet"in aja kog. Dijamin. Enak. Silakan di coba manteman.๐Ÿ™ #BikinRamadanBerkesan day #30

Bubur sumsum candil

Bubur sumsum candil

Selalu suka dengan bubur ini. Di medan ini di percaya bisa memulihkan letih saat kita sangat lelah ๐Ÿ˜Š

Bubur Gurih *Nasi sisa semalam*

Bubur Gurih *Nasi sisa semalam*

Recook @KatrienaUtami Memasak bubur jauh lebih cepat karena memakai nasi sisa semalam. Tp untuk rasa..hmm gurih banget mom's Layak dicoba kalau misalnya ada nasi sisa ya. Saya si untuk pelengkap semua beli matang *haha๐Ÿ˜‚ males yak. Bubur polosan dengan taburan abon& bawang goreng juga udah enakk banget si cocok buat sarapan๐Ÿ‘Œ. #berburucelemekemas

3 porsi
Bubur candil ketan Manjahh

Bubur candil ketan Manjahh

Resep ini wajib dicoba ya bund.. Selain pembuatannya yang gampang, cemilan ini juga salah satu favorit keluarga dirumah.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ lets gets cooking.. ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ

Bubur ayam bandung ricecooker

Bubur ayam bandung ricecooker

Kangen bubur ayam dibandung akhirnya nemu resep ibu suci nabilla. Alhamdulillah suami dan anak suka.

5porsi
Candil Spesial Cantik๐Ÿ˜˜1 by: Erni Hartanti.Amd๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Candil Spesial Cantik๐Ÿ˜˜1 by: Erni Hartanti.Amd๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

Horee berhasil karna spesialnya aku pake susu di kuahnya. Yg g suka dengan susu putih bikin ini aja pasti lahap n minum susu..hbis enaaak sih..:-)

3 porsi
Bubur Sumsum dan Candil

Bubur Sumsum dan Candil

Kalau di medan namanya candil, kalau anak jabodetabek biji salak.

Kolak candil ketan praktis

Kolak candil ketan praktis

6 porsi
40 menit