Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak yang Anti Gagal

Dipos pada April 24, 2021

Kolak

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Kolak yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Kolak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak memakai 9 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak:

  1. 1 sisir pisang uli,potong sesuai selera
  2. 1 kg ubi jalar,potong sesuai selera
  3. 1/2 kg kolang kaling
  4. 3 ltr air
  5. 2 bh santan kara instan
  6. 5 lmbr daun pandan
  7. 1 sdt garam
  8. 1/2 kg gula merah
  9. secukupnya Gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Kolak

1
Didihkan air,lalu masuk'an ubi,masak sampai ubi 1/2 matang,
2
Kemudian masuk'an kolang kaling,pisang,daun pandan,gula merah,gula pasir & garam
3
Masak sampai ubi & pisang empuk,masuk'an santan,masak kembali sampai mendidih,matikan api

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kacang ijo pisang

Kolak kacang ijo pisang

Lagi pengen makan kacang ijo ini.. Empuk bgt, pokok nya ngerebus sampe mekar smbil d tutup ya. Kalo gula sesuai selera aja sampe rasa manis nya dapet n sesuai selera.. Boleh pake full gulmer ato full gula pasir.. Saya banyakim gula pasir nya karena pingin warna nya bgini.. Tp ttp sy kasih dkit gula merah kira2 aja hihihihii. Untuk takeran aer mnyesuaikan kacang ijo nya, pokoknya rebus smpe bnr2 merekah.. Klo aer dh nyusut n blm mekar ya tambahin lagi aer nya ya.

4 porsi
45 menit
Kolak Pisang Ubi Kuning

Kolak Pisang Ubi Kuning

Alhamdulillah dapat rejeki,di kasih tetangga pisang sm ubi kuning,di jodohin aja jadi kolak,manteb๐Ÿ‘. Pas banget makan kolak sambil nemenin anak2 mainan sore ini,di akhir liburan sekolahnya๐Ÿ˜Š. Sy buat kolaknya pake gula pasir aja,kebetulan gula jawanya lg abis. Mw beli keluar malas๐Ÿ˜.

Kolak pisang

Kolak pisang

Kolak adalah salah satu menu untuk buka puasa yang rasanya manis.Dan manisnya umumnya menggunakan gula merah dan santan kolak banyak variasinya kebetulan dikasih pisang dari adik jadi ditambah saja buah kolang kaling yang kalau bulan puasa banyak sekali dijual di pasar pasar #bikinramadanberkesan Ini Resep ke 7 #berburucelemekspesial ๐Ÿ˜€

6 porsi
60 menit
Kolak Pisang & Labu Kuning

Kolak Pisang & Labu Kuning

Dapat labu kuning dr kuningan, jd kpingin bikin kolak saja, pas pula ad pisang nangka am abg sayur. Jadi deh kolaknya buat cemilan para bocah n bapake โ˜บ๏ธ

Kolak Labu Parang Sederhana

Kolak Labu Parang Sederhana

Hujan-hujan pingin yang anget, dan sejak awal puasa belum ketemu kolak labu parang ljs

Kolak pisang

Kolak pisang

mumpung ada sisa gula merah, di pake aja. toh, juga mulai males makan pisang doang

3 porsi
15 menit
Kolak Labu Kabocha #BikinRamadhanBerkesan

Kolak Labu Kabocha #BikinRamadhanBerkesan

Tidak afdhol buka puasa kalau tidak ada kolak ya bundaa.. Mumpung di kulkas ada kabocha & sun kara, dijadiin kolak buat berbuka.

3 porsi
28. Kolak Nenek Sepanjang Masa

28. Kolak Nenek Sepanjang Masa

20Ramadhan1439H Bismillah. ..... Kolak nenek ini selalu #BikinRamadhanBerkesan Kemarin vidcall sama nenek yang jauuuuh di sinjai bone sana. Tanya2 cara bikin kolak legendarisnya nenek. Daaaan ini dia resepnya.

Kolak pisang singkong labu dan kolang kaling

Kolak pisang singkong labu dan kolang kaling

Dari kemaren ceritanya mau bikin kolak,tapi rada malas mau ngapa ngapain,nah hari ini mau ga mau harus bikin,heheeee.....jadi juga kolaknya ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‹

Kolak Pisang Ubi Ungu Oatmeal #Indonesia Memasak

Kolak Pisang Ubi Ungu Oatmeal #Indonesia Memasak

Senang deh lihat ubi ungu, sukak warnanya, ubi ungunya sudah dikukus tapi aku ga tertarik makan begitu aja๐Ÿ˜Œ. Eh, ada pisang uli sudah dikukus juga, ah bosan makan gitu doang๐Ÿ˜ซ. Bongkar resep di cookpad nemu resepnya Yuni Mugie Yarti, terimakasih mba๐Ÿ˜Š. Pas banget bahane tersedia hanya daun pandan tok yang tak ada, wes aku ganti pakai vanilla ekstrak wae, sama-sama wangi ada rasa vanilla juga lhoo..๐Ÿ˜†. Bedane vanilla ekstrak wanginya tajam, haruumm, ga mabok kok sedangkan daun pandan wanginya lembuutt, rasane kayak daun kalo diblender..hahaha..๐Ÿ˜‚. Coba masak yuk kolaknya๐Ÿ˜Š.

Kolak pisang kolang kaling

Kolak pisang kolang kaling

Entah ada angin apa tiba tiba pengen makan kolak

Kolak Labu Pisang

Kolak Labu Pisang

Karena Ada banyak pisang dirumah jadi biar pisangnya gag busuk dibuat Kolak aja deh .

5 orang
30 menit
Kolak kering

Kolak kering

Berawal dari bapak yang suka dengan makanan manis-manis.

20 cup
Kolak pisang ijo

Kolak pisang ijo

Ceritanya punya sisa pisang kepok 7 buah lagi nih, si kakak bilang di kolak aja,gula merah abis, pas ujan juga jadinya gak bisa beli akhirnya bikin ini aja, yang penting kolak, pas dah jadi pak suami bilang kolak aneh... Setelah di coba akhirnya pak suami sama si kk nambah mulu...

#2 kolak sederhana ala kampung

#2 kolak sederhana ala kampung

Bulan puas byk jajanan takjil.drpd beli.masak sendri aj...lbh higenis lbh mantap g pk pemanis buatan.

8-10 mangkuk
Kolak pisang ala yuliana

Kolak pisang ala yuliana

Musim hujan enak bgt ni..terus cepat bgt olah nya..gak pake lama..hehehe

Kolek pisang & ubi homemade

Kolek pisang & ubi homemade

Ada sisa pisang ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒbikin molen kemaren,dan ada juga ubi jalar๐Ÿ ๐Ÿ ๐Ÿ  sisa buat Roti ๐Ÿž๐Ÿž๐Ÿžkemaren hehe ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Berhubung pisang๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒudah mateng cuus lah kepikiran bikin kolek pisang dan ubi mumpung bahan ada semua heehee.

4 porsi
20 mnt
Kolak ubi singkong pisang

Kolak ubi singkong pisang

cuma ngabisin bahan2 yg ada di kulkas โ˜บ