Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bumbu pecel khas madiun yang Enak

Dipos pada June 13, 2019

Bumbu pecel khas madiun

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu pecel khas madiun yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bumbu pecel khas madiun yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu pecel khas madiun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bumbu pecel khas madiun ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu pecel khas madiun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu pecel khas madiun memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jadi keadaan saya kuliah di luar kota ninggalin kakung suka mikir bikin masakan yang tahan di simpan dalam kulkas lumayan lama ya, penyajiannya juga gampang tinggal di seduh air hangat dan tambahan beberapa sayur rebus saja plus pake peyek udah enak pol.ya kakungku emang jago masak juga tapi faktor umur kan jadi males ribet-riber jadi kalo cuma ngerebus sayuran yang saya siapkan mah kecil hhehe

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu pecel khas madiun:

  1. 500 gram kacang tanah, sangrai lalu buang kulitnya
  2. sesuai selera cabai merah dan cabai keriting
  3. 7 siung bawang putih
  4. 10 lembar daun jeruk,buang tulang daunnya
  5. 159 gram gula merah
  6. 2 ruas kencur
  7. 1 sdt asam jawa
  8. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu pecel khas madiun

1
Goreng cabai, bawang putih,daun jeruk dan kencur.tunggu dingin lalu haluskan bersama gula merah,asam jawa dan garam,sisihkan.
2
Haluskan juga kacang tanah. Lalu campur dengan bumbu.Aduk Rata.Cek rasa sebelum disajikan.
3
Untuk penyajian ambil secukupnya lalu larutkan dengan air hangat secukupnya.agar awet simpan di tempat tertutup lalu masukan ke dalam lemari es.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu pecel homemade #siapramadan

Bumbu pecel homemade #siapramadan

Mau bikin pecel pas liat bumbu jadi ternyata sudah expired finally bikin sendiri aja

Bumbu pecel kediri

Bumbu pecel kediri

Saya kalo beli bumbu pecel suka tidak sesuai dengan lidah saya. Apalagi yang bumbu pecel di swalayan. Akhirnya nemu resep dengan sedikit dimodif sesuai lidah saya.

Pecel crispy 😱

Pecel crispy 😱

Lagi memanfaatkan sayur yang ada aja biar gak kebuang percuma πŸ˜‚

Pecel terong

Pecel terong

Suami paling seneng kalo dimasakin pecel terong, ingat masa nyantren dulu katanya, jadi lauk andalan sama temen2... masakan nostalgia

2 porsi
30 menit
Pecel Jawa ala Bakul Pecel

Pecel Jawa ala Bakul Pecel

Sering bikin pecel pakai bumbu jadi, tapi rasanya tetap berbeda dengan pecel ala bakul/penjual pecel. Bumbu pecel jadi menggunakan lebih banyak kacang dan gula Jawa daripada yang biasa dipakai bakul pecel. Lebih enak bumbu pecel buatan bakul pecel kalau di lidah saya πŸ˜‚ akhirnya sekalinya pulang ke Jawa, saya amatin bener2 apa aja bumbunya, lalu eksekusi di rumah.

1-2 porsi
Mie Goreng Pecel

Mie Goreng Pecel

Kapan hari temen share resepnya,, klo dijkarta pas mau buka bisa beli mie goreng,lontong oncom,gorengan,trus siram bumbu kacang. Di malang ga ada,yuk bikin aja...

Sambel pecel kenangan

Sambel pecel kenangan

#BringBackMemories. kenangan Bun..ini adalah masakan pertama saya ketika menjadi menantu di rumah mertua waktu itu,saya menikah THN 1998 ..singkatnya Bun,setelah menikah saya tinggal di rumah mertua sebagai mantu..aduh kalau saya inget perasaan.saya waktu itu..antara deg deg an..takut salah dan pingin nangisπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ maklum saya ini adalah anak perempuan yg buta perdapuran..lanjut ya Bun...singkatnya ibu mertua minta saya bikin sambel pecel..saya kaget waktu itu,karena saya ngga tau bumbunya apa,saya liatin wajah suami waktu itu,eeh doi cuma nyengir ,waktu itu Khan juga blm ada hp canggih seperti sekarang Bun,jadilah waktu itu saya bikin sambelnya dengan bumbu yg saya tau,dan yg lebih bikin kenangan lagi waktu itu bikin sambelnya pakai cobek Bun..ngulek,dengan jumlah kacang yg buanyaaaaakπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚,jadilah waktu itu saya bener bener menitik kan air mata,kebayang waktu itu saya saya ngulek dengan nangis Bun,bener bener nangis tapi waktu itu bumer ngga ada di dapur Bun,cuma saya dan suami yg cuma nungguin ,dan suami waktu itu bilang gini :Yo salahmu to,kok Yo gelem(katanya kok saya mau bikin)....weleh nek ngga mau apa jadinya duniaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚akhirnya Bun setiap liat pecel ,saya selalu ingat waktu itu..tapi saya sungguh berterimakasih sama bumer,berkat beliau juga saya belajar memasak,sekarang walaupun juga ngga pinter masak setidaknya saya udah ngga bingung lagi,naaah ini sambel pecel yg waktu itu saya buat Bun,yg mengingatkan saya 21 THN yg lalu..#BringBackMemories

Sambal Pecel

Sambal Pecel

Resep aku dapet dari mamaku, karena kita sekeluarga asli jawa, Magelang tepatnya jd rasa lebih ke manis yaaa kalo mau lebih pedes bisa tambahin cabe rawit :) Disini aku pake cobek yaaa engga pake blender, soalnya gada teksturnya kalo pake blender tuh. Maaf jg engga ada foto hasil ulekan kacang dan bumbunya yg belum dicampur Hehehehe

Pecel ala restaurant & hotrl

Pecel ala restaurant & hotrl

Pecel tradisional

Sambel Pecel Super Praktis

Sambel Pecel Super Praktis

Ini pas suami pengen banget makan pecel dan di Sorong ga ada warung pecel yg seperti di kampung halaman. Jadi deh pecelnya bikin sendiri dan alhamdulillah enak, berasa seperti pulang kampung.

Pecel siap saji

Pecel siap saji

Lagi pingin makan serba sayur. Alhamdulillah ada bumbu pecel siap pakai.jadi tinggal rebus2 saja sayurannya.harusnya ada tambahan telur rebus,tempe atau tahu goreng.tak sempatpun belinya...ya yang ada saja.yang penting bisa dinikmati.

Mie kuah bumbu pecel #BikinRamadanBerkesan

Mie kuah bumbu pecel #BikinRamadanBerkesan

Pernah makan mirip sprti ginian dibelikan temen pas berkunjung ke rumahnya. #BikinRamadanBerkesan

7-8 porsi
Nasi pecel pincuk madiun#BikinRamadanBerkesan

Nasi pecel pincuk madiun#BikinRamadanBerkesan

Kalau merantau pasti kangen makanan khas daΓ©rah. Kaya saya lg pngn maem nasi pecel.

Pecel kampoeng

Pecel kampoeng

Vegetables healty body :)

2 porsi
35 menit
Sambal pecel awet nikmat

Sambal pecel awet nikmat

Pingin mbuat oleh oleh saudara jauh..rasanya puas klu mbuat sendiri..sambal pecel..praktis..kali ini semua bahan di sangrai...sedapp

31/2kg
60 menit
Pecel bumbu kacang instan

Pecel bumbu kacang instan

#7resepterbaruku #15maret2019

1 menit