Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Batagor Bumbu Pecel yang Enak Banget

Dipos pada June 15, 2019

Batagor Bumbu Pecel

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Batagor Bumbu Pecel yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Batagor Bumbu Pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Batagor Bumbu Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Batagor Bumbu Pecel sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Batagor Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Batagor Bumbu Pecel memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

16.03.18._ Source: Ibu Cicik Ary dengan resep 'Batagor #pr_dibumbukacangin'. Terima kasih untuk resep nya bu.. Bebikin cemilan buat si anak dan emak nya, si emak nya bawaan nya pengen ngunyah muluuuu.. Jadilah bebikin ini cemilan dengan sedikit modifikasi juga.. Untuk adonan nya aku pake tambahan sedikit daun bawang, untuk bumbu kacang nya, aku nggak pake bumbu kacang seperti punya bu Cicik Ary, tp aku pake bumbu pecel homemade (hehehe maafkan lah bu..), resep 'Bumbu Pecel Homemade' nya ada di resep sebelumnya, bisa di lihat di galeri resep ku.. Tapi ini aku tulis sesuai resep nya Ibu Cicik Ary..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Batagor Bumbu Pecel:

  1. 4 buah tahu putih uk.sedang, cuci & haluskan
  2. 75 gram tepung tapioka
  3. 50 gram tepung terigu (aku pake kunci biru)
  4. 1 butir telur uk.kecil
  5. 1/2 sdt soda (aku pake 1/4 sdt) larutkan dgn 50 ml air putih
  6. 1 siung bawang putih uk.sedang (haluskan)
  7. 1/4 sdt merica bubuk
  8. Secukupnya garam halus & kaldu bubuk
  9. Sejumput gula pasir (tambahan ku)
  10. 2 batang daun bawang, iris halus (tambahan ku)
  11. 4 sdm bumbu pecel homemade (ada di resep sebelum nya)
  12. Secukupnya air putih matang hangat
  13. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng
  14. Bumbu kacang:
  15. 2 sdm kacang tanah goreng
  16. 1 siung bawang putih goreng
  17. 5 buah cabe rawit merah
  18. Secukupnya garam halus & kecap manis
  19. Secukupnya air panas

Langkah-langkah untuk membuat Batagor Bumbu Pecel

1
Dalam mangkuk masuk kan tahu yg sudah di haluskan tambahkan bawang putih yg dihaluskan + merica bubuk + garam halus + gula pasir + kaldu bubuk, daun bawang & telur. Aduk rata, tambahkan duo tepung dan larutan soda kue. Aduk rata kembali. Diamkan selama 30 menit..
2
Setelah 30 menit, adonan siap di goreng. Panaskan 500 ml minyak goreng dengan api sedang, goreng adonan 1 sdt saja krna nanti adonan akan mengembang, goreng sampai mengapung dan kecoklatan.. Angkat dan tiriskan di tisu makan..
3
Dalam mangkuk lain masuk kan 4 sdm bumbu pecel tambahkan air putih matang hangat secukupnya, aduk rata dan siap di sajikan dengan batagor..
4
Klo pake bumbu kacang seperti punya Ibu Cicik Ary caranya: Haluskan semua bahan (kecuali kecap & air panas yah..) tambahkan air panas, aduk rata, terakhir masuk kan kecap manis, aduk rata kembali, siap di sajikan dengan batagor..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu pecel homemade #siapramadan

Bumbu pecel homemade #siapramadan

Mau bikin pecel pas liat bumbu jadi ternyata sudah expired finally bikin sendiri aja

Pecel Sederhana ala saya

Pecel Sederhana ala saya

Bahannya sesuai selera ya bunda Daun singkong 2000 kacang panjang 2000 timun 2000 kacang tanah 4000 gula merah 3000 lombok 3000 dll (garam dsbg)1000 total 17.000

5 porsi
11 menit
Cilok Baper (isi sambel pecel)

Cilok Baper (isi sambel pecel)

Ceritanya baru dapet oleh-oleh sambel pecel khas nganjuk. Awalnya sih pengen bikin cilok biasa aja, terus disiram sambel pecel. Tp setelah adonannya jadi tiba2 kepikiran bikin cilok isi sambel. Jadi dehh cilok isi yg puedesnya bikin baper efek sambel pecel+boncabe lv.30 😅😅

4 porsi
Pecel Sayuran Bumbu Kacang

Pecel Sayuran Bumbu Kacang

#bikinramadanberkesan #25 Salah satu menu kesukaan saya, karena bikinnya mudah. Sayuran bisa diganti sesuai selera ya

Pecel toping tempe+tahu

Pecel toping tempe+tahu

Request suami ini mah... alhamdulillah mantuuuuul

Sambel pecel

Sambel pecel

Dapat request dr suami jg anak" buka puasa pengen d bikinin bakwan pke sambel pecel...ya dah ngubek" dapur langsung bikin sambel pecel..

15 menit
Pecel

Pecel

Dulu jaman kita2 kecil (5 bersaudara) setiap minggu ibu selalu bikin pecel termasuk bumbu kacangnya dan herannya kita2 gak pernah bosan sampai sekarang. Sampe ditanya sama teman2 nya banyak2 amat beli sayur buat apa dan siapa... jualankah... gak taunya buat dirumah saja hehehe .. yg terkadang seharian kita hanya makan pecel aja gak makan nasi. Kl sekarang aku bikin pakai bumbu pecel yg ready biar cepat (pemalas hahaha). Tricky tuk merebus sayurannya, mulai dari yg gampang matang (toge) baru ke yg paling lama (kacang panjang) dengan hanya menggunakan 1x air rebusan. source : ibu tersayang

6 porsi
30 menit
Sambel kacang bumbu pecel

Sambel kacang bumbu pecel

Ini pertama kali q bikin sndri biasanya beli jadi.source:resepnya ci Yulianti / YnY..uda simpen dr bbrp tahun lalu..baru kesampaian sekarang.Req mysua yg lg ultah..kebetulan masih ada sisa kacang lebaran pas bnget bs bkin sambal kacang homemade.Resep dibawah 1/2 dr resep aslinya dan sdh q modif menyesuaikan bahan yg ada ya..hasilnya dapet 3 uk @100gr...5 uk @50gr. Berhubung kami gk suka pedas jd q cm pke 3 cabe rawit...q bkin tnp terasi ya.Suka banget enakkk...

8 porsi
Pecel

Pecel

Semoga menu masakan hari ini bisa menjadi ide buat bunda dirumah ya😘 . . #5resepterbaruku

Pecel Terong Ala-ala

Pecel Terong Ala-ala

Kesukaan paksu dan mas faryal. Aku sering banget buat pecel Terong ini. Pasti habis. Resep sambal nya sudah pernah aku share.

3 porsi
20 menit
Resep Pecal Pesta Porsi 2000 Tamu

Resep Pecal Pesta Porsi 2000 Tamu

Dijamin Resep original

2000 Org tamu
Bumbu pecel homemade

Bumbu pecel homemade

kelamaan nunggu kiriman dr malang , akhirnya bikin sendiri . sama enaknya 😊😊😊

Pecel #BikinRamadhanBerkesan

Pecel #BikinRamadhanBerkesan

R7 #BikinRamadhan Berkesan Menu sahur hari pertama bikin pecel aja..semalam habis panen bayam dan terong di kebun mertua..kacang tanahnya juga hasil kebun..langsung uleg2 bikin bumbu kacangx.. Untuk sayurannya biasanya pakai kecambah/tauge,kacang panjang dan lain2..

Pecel Sayur Seadanya

Pecel Sayur Seadanya

Ayahnya LilaKamila masih sakit dan harus minum obat, jd pagi ini harus bkin sarapan, karena saya harus berangkat kerja, jadi bkin menu sederhana ini, kebetulan bahannya ada didalam kulkas,yuk cekidot 😉 #SiapRamadan

Pecel Santan

Pecel Santan

1 porsi
Cilok sambel pecel

Cilok sambel pecel

#ResepPertamaku

5 porsi
Pecel madiun

Pecel madiun

Masak yg simpel untuk sarapan,beli bumbu pecel d pasar