Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur candil gula karamel saus santan yang Anti Gagal

Dipos pada October 19, 2018

Bubur candil gula karamel saus santan

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur candil gula karamel saus santan yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur candil gula karamel saus santan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur candil gula karamel saus santan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur candil gula karamel saus santan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur candil gula karamel saus santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur candil gula karamel saus santan memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur candil kebanyakan gulanya pakai gula merah,kali ini sy menggunakan gula yg disangrai hingga menjadi karamel,lbh mantap rasanya,menurut sy sih,krn sy suka bgt wangi gula yg disangrai,harum bgt.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur candil gula karamel saus santan:

  1. Bola ketan :
  2. 500 gram tepung ketan
  3. 100 ml air kapur sirih
  4. 1/2 sdt garam
  5. 300 ml air
  6. Kuah karamel :
  7. 250 gram gula pasir,buat karamel
  8. 100 gram gula pasir (sesuai selera)
  9. 2 liter air
  10. 1 batang kecil kayu manis (1/2 sdt kayu manis bubuk)
  11. 1 sdt garam
  12. Secukupnya tepung beras untuk taburan(2 sdm untuk pengental)
  13. Secukupnya daun pandan,simpulkan
  14. Bahan saus santan :
  15. 1000 ml santan kental
  16. 1/2 sdt garam
  17. Secukupnya daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur candil gula karamel saus santan

1
Buat bola ketannya dulu.campur semua bahan bola kecuali air,tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bs dipulung.pulung sebesar kelerang,jgn lp beri taburan tepung beras agar bola bola tidak saling menempel,lakukan hingga habis,sisihkan.
Bubur candil gula karamel saus santan - Step 1
2
Lalu buat karamel.sangrai gula pasir yg 250 gram hingga menjadi karamel,sy sangrai langsung di panci aluminium tebal,lalu tuang air,tambahkan sisa gula yg 100 gram(sesuaikan selera mau nambah berapa),masukkan kayu manis,daun pandan dan garam,aduk hingga mendidih dan gula larut,tes rasa dl saat sdh mendidih.
3
Jika sdh mendidih masukkan bola ketan,aduk terus dgn api sedang hingga bola mengapung dan matang,ambil 1 bola,tes sdh matang pa blm.jika sdh matang tambahkan 2 sdm tepung beras yg sdh dicairkan dgn sdikit air,aduk rata hingga bubur mengental,matikan api.
Bubur candil gula karamel saus santan - Step 3
4
Buat saus santannya.rebus semua bahan saus hingga mendidih.matikan api
5
Plating dulu
Bubur candil gula karamel saus santan - Step 5
6
Yg ini bubur campur,bubur candil,bubur ketan hitam dan bubur sumsum tp tanpa saus gulanya,lalu siram saus santan,hm komplit rasanya
Bubur candil gula karamel saus santan - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil saus putih

Candil saus putih

Sebenarnya tadinya mau bikin bubur candil saus gula merah yang biasa.Udah selesai bikin candilnya tinggal bikin sausnya..pas mau nyelupin gula merah ke panci,buka toples gula merah lha koq kosong.. Ya Allah lupa ternyata gulmernya di bikin bipang ma bumer bbrapa hari yang lalu πŸ˜πŸ˜… Masa candil imut nan kenyil2 ini gagal tayang, cuss otak langsung salto (lebay) mikir diapain inii... Ya udahlah celupin gula pasir ajaa 😁😁

Katiri mandi ubi(jenang bola2 ubi)

Katiri mandi ubi(jenang bola2 ubi)

Dapat urutan untuk buat takjil dapt dapat ubi madu ungu dan putih dari saudara Jadi kepikiran buat jenang / kolak .. karna ga punya pisang .. lihat resep sahabat2 cookpad ..jatuh pilihan resep mb susi Dan maaf untuk sebagian resp asli saya modifikasi dan saya share dgn bahasa saya.. Source mb susiagung Dan klo mau coba pake 1/2resep yaa ni buat takjil 30-40 org

Klepon dan candil ubi ungu

Klepon dan candil ubi ungu

Ini udah dr lama sih bikinnya. Tp gpp lah share sedikit

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bismillah Bubur ayam minimalis, tanpa kerupuk, kacang dan sambal. Karena yg mau makan baru cabut gigi graham belakang 🀭

3 porsi
1 jam 30 menit
Candil #BikinRamadhanBerkesan 2

Candil #BikinRamadhanBerkesan 2

Masih semangat kah? Hihihi... #BikinRamadhanBerkesan Untuk bubur sumsum nya enggak aku masukkin ke resep karna asal cemplung gak pakai ditimbang lagi hehe..

MPASI 9bln Bubur Tim

MPASI 9bln Bubur Tim

Instan mix homemade

Bubur candil manis n gurih

Bubur candil manis n gurih

Waktu saya masih kecil dulu suka banget sama bubur buatan ibu saya ini namanya bubur candil..sekarang gak nyangka anak2 saya juga suka..jd sering buatin bubur ini buat mereka..

Mpasi 7+ Day 29 : Bubur Kentang Telur Tomat

Mpasi 7+ Day 29 : Bubur Kentang Telur Tomat

Menu kali ini mengandung kalori sekitar 233 kkal. #mpasi7+ #mpasi7bulan #mpasimenulengkap #mpasiwho #mpasihomemade #pejuanggoldenapron3

3 kali makan 1 hari
1 jam
Bubur ayam bandung

Bubur ayam bandung

Di berau susah banget nemuin yang jualan bubur ayam suami kangen buryam Bandung jadilah yaaa kita buat dengan bahan seadanya 😊😊

3 porsi
Kolak candil ubi cilembu mantap

Kolak candil ubi cilembu mantap

Kolak candil merupakan makanan yang banyak di sukai , rasanya yang manis dan mengenyangkan cocok di musim penghujan ini 😊

25 menit
Bubur Kentang Ayam Kampung for baby 8 bulan

Bubur Kentang Ayam Kampung for baby 8 bulan

Adek usia 8 bulan Karena hari Minggu, mama masak yang simple dan gak banyak makan waktu

Bubur Candil

Bubur Candil

Kali ini, bikin yg gula merah.. πŸ˜‹πŸ˜‹

Biji Salak Ubi (Candil)

Biji Salak Ubi (Candil)

Biji salak ubi (Candil) saya ini resep turun menurun keluarga.. karena si Candil ini makanan wajib saat berbuka puasa, semua suka. Yang saya tulis sekarang adalah resep Candilnya saja, untuk membuat kolaknya sama seperti membuat kolak pada umumnya, dicampur kolak pisang juga enaak. Tambah daun pandan dan jahe semakin nikmat.

Banyak
30 menit