Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon yang Enak Banget

Dipos pada April 19, 2021

Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon

Anda sedang mencari inspirasi resep Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon yaitu 4 - 5 gelas. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon memakai 20 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen yang sweger-sweger. Ntah kenapa selama hamil ini bawaannya gerah terus. Langsung cus deh bikin kolak, mumpung ada pandan, pisang raja, sama ubi. Dan ada es krim nangka bikinan sendiri di freezer, coba deh kolaknya kasih es krim nangka, ngga nyangka enak banget. • Ini aku bikin porsi sedikit ya, kalau mau banyak tinggal dikalikan aja bahan-bahannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon:

  1. 👉 Kolak Ubi Pisang :
  2. 2 butir Gula Jawa
  3. 4 sdm Gula Pasir
  4. 1 sachet Vanili
  5. Sejumput Garam
  6. 1 lembar Daun Pandan
  7. 1/2 bungkus Santan (saya pakai santan rose brand/kara juga bisa)
  8. 1 liter Air
  9. 2 buah Pisang Raja
  10. 👉 Es Krim Nangka Cinnamon :
  11. 10 buah Nangka
  12. 2 sdm Gula Pasir (bisa lebih, sesuai selera)
  13. 1 sachet Susu Kental Manis Vanila (bisa lebih, sesuai selera)
  14. 1 sdm SP (tidak munjung)
  15. 1 sdm Maizena
  16. 1,5 cm Kayu Manis
  17. 1/2 sdt Vanila Ekstrak (bisa di skip)
  18. 300 ml (1 cup/1 gelas lebih) Air
  19. 1 mangkuk Es Batu (mangkuk ukuran kecil)
  20. 1 buah Ubi

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Ubi Pisang & Es Krim Nangka Cinnamon

1
👉 Kolak :
2
Kukus ubi hingga lunak, potong-potong dadu (kalau saya bentuk bulat dengan cetakan buah). Dan potong serong pisang raja (saya pakai pisang raja yang hampir matang) atau bisa pakai pisang kepok yang lebih enak untuk kolak menurut saya.
3
Rebus air bersama gula jawa, gula pasir, vanili, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk lalu masukkan santan, aduk terus. Tes rasa, jika dirasa kurang manis bisa tambahkan gula pasir.
4
Lalu masukkan potongan pisang dan ubi. Tunggu hingga mendidih. Angkat. Sajikan.
5
👉 Es Krim Nangka Cinnamon :
6
Cairkan maizena dengan air, lalu rebus bersama kayu manis. Jika sudah mendidih, angkat dan dinginkan.
7
Blender nangka dan gula pasir hingga halus sekitar 15 menitan. Tambahkan cairan meizena, blender lagi. Tuang ke wadah.
8
Blender susu kental manis, vanila ekstrak, dan SP hingga mengembang sekitar 10 menitan. Masukkan nangka yg sudah halus, blender lagi. Lalu masukkan Es batu, blender lagi. Tuang ke wadah, masukkan kedalam freezer selama min 8 jam (kalau saya diamkan di freezer semalaman).
9
Langsung deh bisa di scop dan dinikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Ubi

Kolak Ubi

Bismillahirrahmanirrahiim Sebenernya lagi pengen banget kolak pisang tanduk, tapi kang sayur dititipin bilangnya ngga ada terus 😂 Adanya ubi kuning. Yaudahlah daripada ngga keturutan, eksekusi ubi ajah 😋 Gulanya bagusnya pakek gula aren ya, karena warna lebih pekat, dan rasa ngga terlalu manis. Karena disini susah cari gula aren, jadi saya pakek gula merah biasa. Rasanya udah maniss banget tapi warnanya masih putih gitu 😂😂 Santannya juga lebih enak pakek kelapa asli, bukan kemasan. Saya lagi lagi ngga mau repot, jadi pakek santan kemasan 😅 Yuk moms cekidot..

5 porsi
30 menit
Kolak bola ubi jepang😋

Kolak bola ubi jepang😋

Di kasih ubi, nah di kemasan nya ubi jepang namanya jd itu deh😂😂

Kolak labu pisang

Kolak labu pisang

Kolak labu pisang yang agak kematengan.. hehehhe

Kolak Ubi Kolang-Kaling #PekanInspirasi #BIkinRamadanBerkesan

Kolak Ubi Kolang-Kaling #PekanInspirasi #BIkinRamadanBerkesan

Resep olahan dengan gula merah, tapi tanpa pisang.

Kolak Kacang Ijo jahe

Kolak Kacang Ijo jahe

5 - 6 orang
Kolak Kacang Hijau Praktis/instan

Kolak Kacang Hijau Praktis/instan

Kepingin bikin kolak kacang hijau tp tdk mau ribet. Hidup ala-ala anak kost aja deh. Hehe. Saya kurang suka ribet ngolah santan sendiri. Jadinya saya pakai santan instan. Dulu pernah coba santan k*r*, tp kurang suka rasanya. Seteleh coba yg Sasa( bkn iklan ya) ternyata rasanya seperti santan asli.Tp kalau bunda bisa, memang lebih baik bikin santan sendiri ya. Silahkan dicoba resepnya.

3-4 porsi
30menit
Kolak Ubi Merah

Kolak Ubi Merah

Dapat kiriman ubi dari ibu mertua, coba bikin kolak ubi. Pernah buat pake ubi putih, dan anak-anak kurang suka. Alhamdulillah pas buat pake ubi merah anak-anak suka, kata mereka ini ubinya enak manis #KamisManis #Cookpadcommunity

6 mangkuk
30 menit
Kolak ta'jil

Kolak ta'jil

Kangen suasana Ramadhan... Bikin kolak yuuukkk....

Kolak pisang kolang kaling

Kolak pisang kolang kaling

Ceritanya pengen buat takjil untuk buka puasa nanti..

untuk 4 porsi
30 menit
Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

3 porsi
1 jam
Kolak labu kuning tapai singkong

Kolak labu kuning tapai singkong

Bunyi wa cling...request p.suami...pengen mkn kolak tapai singkong cuzz bikinin,,ben tambah disayang,,uang belanjanya ditambahin...haha

1 panci kecil
20 menit
28. Kolak Nenek Sepanjang Masa

28. Kolak Nenek Sepanjang Masa

20Ramadhan1439H Bismillah. ..... Kolak nenek ini selalu #BikinRamadhanBerkesan Kemarin vidcall sama nenek yang jauuuuh di sinjai bone sana. Tanya2 cara bikin kolak legendarisnya nenek. Daaaan ini dia resepnya.

Kolak ayam #BikinRamadanBerkesan

Kolak ayam #BikinRamadanBerkesan

Jangan membayangkan kolak seperti kolak pisang,singkong dll yang manis-manis.Kolak ayam ini rasanya legit dengan minim bumbu,tapi tetep enak.tradisi membuat kolak ayam ini ada di desa Gumeno,kec.Manyar,kab.Gresik.Makanan ini hanya disajikan pada malam 23 Ramadhan,biasanya memakai ayam jago dan yang masak juga para laki-laki.Kolak ayam ini biasanya disajikan sebagai takjil disertai ketan putih, ayam juga disuwir-suwir.saya coba masak sendiri di rumah,dapat resep dari dapur Umami.kolak ayam ini pasti #BikinRamadanBerkesan.baru tahu kalau ceritanya juga ada di ig nya cookpad.jarang buka ig soalnya hehehe

Stup Tape (Kolak Tape)

Stup Tape (Kolak Tape)

Resep gampil murah cihuy! Pas banget buat jadi alternatif dessert atau cemilan enak saat tanggal tua.

5 porsi
30 menit
Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Mr.kakang minta dibikinin kolak buat takjil sore ini katanya kemarin beli takjil kurang mantep 😁 dan akhirnya eksekusi lah ini, hasil minta resapan sama emak tercintah😊 dan Allhamdulillah mr.kakang suka 😍

Kolak pisang “Jangan Tanya Rasanya”

Kolak pisang “Jangan Tanya Rasanya”

Lagi panen pisang dirumah bingung mau dibikin apa akhirnya terinspirasi buat bikin kolak pisang

2 porsi
20-30 menit