Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Pecel Telo (Ubi) yang Lezat Sekali

Dipos pada June 11, 2019

Pecel Telo (Ubi)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Pecel Telo (Ubi) yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Pecel Telo (Ubi) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Pecel Telo (Ubi), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Pecel Telo (Ubi) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Telo (Ubi) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Telo (Ubi) memakai 22 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berawal dari kepengen banget bikin pecel semanggi khas dengan sambel telonya. Tapi nunggu yang biasa jual di depan rumah nggak lewat-lewat. Akhirnya bikin sendiri sambelnya dan dirumah ada kulupan daun pepaya singkon serta kenikir. Cus deh dibikin, ternyata lebih nikmat daripada pakai semanggi. #indonesiamemasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Telo (Ubi):

  1. Bahan Pelengkap
  2. Secukupnya daun singkong rebus (potong halus)
  3. Secukupnya daun pepaya rebus (potong halus)
  4. secukupnya daun kenikir rebus (potong halus)
  5. secukupnya tauge rebus
  6. secukupnya timun lalap (potong kecil-kecil)
  7. secukupnya tauge lalap
  8. secukupnya petai cina
  9. secukupnya kemangi
  10. secukupnya krupuk puli lebar
  11. Bahan sambel
  12. 100 gr kacang tanah goreng
  13. 250 gr ubi putih (kukus)
  14. Bumbu halus
  15. 4 siung bawang putih
  16. 50 gr cabe rawit
  17. 2 buah cabe merah besar
  18. 7 lembar daun jeruk
  19. 1 ruas kencur
  20. 100 gr gula merah
  21. 1 sdm gula pasir
  22. 1 sdm garam (peres)

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Telo (Ubi)

1
Goreng bawang putih, cabe rawit, cabe merah dan kencur.
2
Haluskan ubi yang sudah dikukus. Sisihkan.
3
Haluskan bumbu yang sudah digoreng tadi.
4
Tambahkan gula merah, gula pasir, garam dan kacang tanah. Ulek hingga halus.
5
Campurkan ubi yang telah dihaluskan tadi, aduk terus hingga tercampur rata. Tes rasa, jika sudah pas bisa langsung digunakan.
6
Ambil secukupnya sambal di mangkok, beli sedikit air panas untuk melumat sambal.
7
Siapkan krupuk puli yang lebar, beri potongan daun pepaya, singkong dan kenikir. Tambahkan tauge rebus. Siram dengan bumbu yang sudah dilumatkan dengan air tadi. Atasnya beri tauge lalap, petai cina, timun dan kemangi.
8
Pecel telo siap disantap dengan krupuk yang nikmat.
9
Selamat mencoba dan semoga sukses selalu :)
10
NB: biar nggak pahit rasa daun pepayanya, sebaiknya ngerebusnya jadikan satu sama daun singkong. Ngerebusnya lama ya karna kalau sebentar daunnya masih keraaaass dan nggak susah buat dikunyah. Setelah matang, masukkan daun kenikir, sebentar aja karna daun kenikir mudah layunya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Paket Sambal Pecel Ayam, Cumi Goreng + Tahu Putih Goreng

Paket Sambal Pecel Ayam, Cumi Goreng + Tahu Putih Goreng

Kepengen banget makan sambal yg banyak pake cumi asin goreng, drpd beli gak bs makan puas, jd buat sendiri deh

Pecel Bandeng

Pecel Bandeng

My mom's recipe sebagai menu wajib Lebaran di salah satu desa di Kab. Gresik. Sesuaikan saja bahan bumbu pecel dengan ukuran ikan:)

8 porsi
30-45 menit
Bumbu pecel special ala yuliana

Bumbu pecel special ala yuliana

Lg pingin aja ...

1jam
Pecel Terong #pr_olahanterong

Pecel Terong #pr_olahanterong

Setoran yg simple aja, yg penting ga bolos πŸ˜†. Recook resep mba wiwied arre, makasih share resep simple tp endolita ini ya mba.. mashaAllah bikin kalaaap.. padahal cuma makan sama ini tapi nasinya nambah-nambah πŸ™ˆπŸ™ˆ.

Pecel ayam

Pecel ayam

Pecel ayam dengan lalapan yg di rebus.

#7 Pecel Sayur #SelasaBisa

#7 Pecel Sayur #SelasaBisa

15 Mei 2018 #BikinRamadanBerkesan, Masih semangat di hari ke 7 dengan tema kampuang nan jauh di mato,,, bicara kampung halaman memang kuliner makanan yang super lezat menurut ku, makanan yang biasa juga kalau di kampung enaknya bikin ketagihan ampe mau balik kampung sekarang juga πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ ini nih salah satu makanan yang mangil2 terus pecel sayur, jajanan biasa yang di jual di warung2 sarapan pagi, tapi kalau puasa kita wajib bikin nih karena ini bisa jadi penyemangat di kala beduk tiba πŸ˜€πŸ˜€ atau bisa di simpan di kulkas bahan2 nya pas sahur tinggal tuang air panas ke bumbu pecellnya masyaallah pengen pulang kampung 😍😍

2 porsi
Nasi pecel versi khas ponorogo

Nasi pecel versi khas ponorogo

Nasi pecel ini diponorogo sangat amat mudah dijumpai.....bs untuk sarapan ataupun makan malam...sebenarnya untuk nasinya bs yg sudah dlm bentuk puli gt, yaitu nasi yg ditumbuk +dikasih serbuk pengenyal....tp sy gak buat πŸ˜…......ini sy bikin untuk sarapan ibu2 yg kerja gejik jagung diladang....pembuatan nya sangat simpel tinggal rebus 2 aja asal udah prepare sambelnya ...sayuranya jg menyesuaikan dgn isi kulkas dan selera Qt sendiri,ini yg versi saya ya.....πŸ˜‚ #pekanInspirasi #pekanNasiDaerah #cookpadcomunity_ponorogo

Sambel Pecel

Sambel Pecel

Assalamualaikum setoran sambel2an nih hehehe, ini pake resepnya mba endang jtt udh paling paten menurut saya cuma saya versi agak sehatnya karena gak pake minyak disangrai semua bahannya, dan gak mengurangi kelezatan sambal pecel ini loh bnran deh biar gak digoreng bahan2nya, dan kenapa saya bilang agak sehat karena masih pake gula dan garam hehehe, tapi setidaknya udh ngurangin lah ya, yuk dicoba mom #madebydewa #resolusi2019 #berburucelemekemas #cookpadcommunity_tangerang #sambalpecel #kacangtanah

700 gram
60 menit
Pecel Madiun, Gempil buat pemula

Pecel Madiun, Gempil buat pemula

Jadi bosen dengan sayur bening, tumis2an, dan juga lagi nggak makan nasi. Jadi bikin pecel aja deh. Kali ke 3 bikin bumbu pecel Madiun dan rasanya semakin yahuuds. Siap deh memporak porandakan dapur dirumah kita nanti jod (oh) πŸ˜‚

Tahu telur bumbu pecel

Tahu telur bumbu pecel

Hujan2 laper dan buka kulkas ada stok tahu plus sambel pecel jadi deh makan ini bareng suami sampai kekenyangan..

2 porsi
Mie pecal medan/mie pecel🍝

Mie pecal medan/mie pecel🍝

Banyak varian ya di Indonesia,mkn pecel kl di kota kelahiran sy pke oges,kl di solo pake gendar,kl di kota suami pake mie,sebutannya mie pecal,kbtlan duo kesayangan lg bapil,hari ini hari yg melelahkan,blm sarapan,kdu antre ke apotek cuz blnja,krn suami lg pngen mam mie pecel ktanya,duo kesayangan kl skit mlah maemnya war biasa.yg anak wedok minta rawon tpi pke ayam,jd wes sbuk bngt,skrg br smpet sarapan curhat dicookpadπŸ˜…#Sarapanku#cookpadcommunity_jaksel.

Pecel sayur

Pecel sayur

Udah lama gituh rasanya gak makan pecel jd tiba-tiba kepengen masak syuper simple cuma kukus sayur mayur buat sambel kacang ... Happy cooking momies