Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 30, 2018

Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu adalah 6-8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu diperkirakan sekitar 1-2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu memakai 23 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hari ini pengen makan tinutuan (bubur manado) jadi pagi hari sudah ke pasar nyari semua bahan. Rasanya enak dong, menurutku malah tinutuan ini lebih enak daripada tinutuan yang jualan di foodcourt. Mungkin karena Ibu dari kecil udah tinggal di Manado, jadi udah tau rasa yang pas dan khas disana itu gimana. Apalagi kalau sambalnya pedas banget tambah nikmat deh 😁 Salah satu makanan andalan & favorit di rumah πŸ˜‹

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu:

  1. Tinutuan:
  2. 2 cup beras putih, cuci bersih
  3. 2 ikat sayur bayam, petik
  4. 6 ikat sayur kangkung, petik dan potong sebagian batangnya
  5. 2 ikat sayur daun kacang, petik
  6. 1 ikat daun kemangi, petik
  7. 3 buah jagung, serut
  8. 1/2 buah labu kuning, kupas dan potong dadu
  9. 3 buah ubi kayu/jalar ukuran sedang
  10. 2 batang serai, memarkan
  11. secukupnya garam
  12. secukupnya air
  13. ikan:
  14. 4 ekor ikan asin, potong 3 bagian/ekor
  15. secukupnya air dingin/es
  16. secukupnya minyak goreng
  17. sambal:
  18. 5 siung bawang merah, iris
  19. 2 genggam cabe rawit, ulek
  20. 3 buah tomat, iris
  21. 2 bungkus terasi abc
  22. secukupnya garam
  23. secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu

1
Siapkan semua bahan tinutuan. Petik semua sayuran (khusus sayur kangkung, sebagian batangnya di potong). Potong dadu labu kuning, serut jagung, memarkan serai, dan potong ubi. Kemudian cuci bersih semua sayuran dan bahan.
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 1
2
Masukkan beras dan air secukupnya sampai menjadi bubur. Lalu masukkan serai dan labu, tunggu sampai matang. Tiriskan labu lalu haluskan. Kemudian masukkan kembali labu yang telah halus. Tambahkan ubi, tunggu sampai ubi matang dan empuk. (tambahkan air jika berkurang/sesuai keinginan Anda, agar bubur tidak hangus)
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 2
3
Setelah ubi telah empuk dan matang. Masukkan sayuran saat bubur telah mendidih & meletup. Kecilkan api kompor, campur bubur dengan sayuran. Matikan kompor. (jangan terlalu lama di masak agar sayuran tidak terlalu layu/lembek) nb: saya mengganti dandang/panci, karena dandang yang pertama tak cukup ukurannya πŸ˜‚
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 3
4
Siapakan semua bahan, haluskan cabe rawit dan sedikit garam. Panaskan minyak goreng, masukkan irisan bawang merah (sampai harum), tomat dan 2 terasi sampai matang dan tomat layu. Kemudian masukkan cabe rawit yang telah di ulek. Tumis sambel sampai matang dan tercampur rata.
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 4
5
Setelah matang, tiriskan pada mangkok yang telah Anda sediakan
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 5
6
Potong ikan asin menjadi 3 bagian/ekor. Lalu rendam dengan air dingin/es selama kurang lebih 10-15 menit. Lalu tiriskan. Panaskan minyak goreng, masukkan ikan. Goreng ikan asin sampai kering dan garing.
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 6
7
Tiriskan ikan asin pada pirinh yang telah Anda sediakan.
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 7
8
Tinutuan atau Bubur Manado pun telah siap di santap. Lengkap dengan ikan asin dan sambal pedas. Enaaaak~~
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 8
9
Jadi pengen nambah lagi dan lagi πŸ˜‚
Tinutuan (Bubur Manado) Ala Ibu - Step 9
10
(jika disekitar rumah ada yang jualan atau menanam sayuran daun gedi, bisa di tambahkan kedalam kelompok sayuran tinutuan ini)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Telur Puyuh Ikan Tuna

Bubur Telur Puyuh Ikan Tuna

Moura sekarang berumur 8m otw 9m 😁, klo sebelumnya selalu bubur campur yg selalu di blender dengan rasa original dan tanpa diberi perasa atau penyedap. Sudah 3 hari ini aq kenalkan dengan nasi lembek dengan menu lauknya yang di pisah tanpa di blend jadi satu dan di coba penyedap. Alhamdulillah Moura suka 🀲πŸ₯Ί

2 porsi
45menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Pagi, Berbikin sarapan bubur yaa kali ini πŸ™‚ #buburkacanghijau #cookpadcommunity_jakarta #berbagiresepmakanan #anekaresepmakanan #jajananpasar #tiketgoldenbatikapron #adjeng_mw

Bubur ayam

Bubur ayam

Bikin bubur ini karna si aa lagi sakit minta makan bubur😊cepet sembuh anak bunda😘

Bubur Kacang Hijau Metode 5 30 7

Bubur Kacang Hijau Metode 5 30 7

Anakku lagi ada tugas menanam kacang hijau Nah ada sisa kacangnya dibuat ini bubur aja lumayan buat cemilan. Dan masaknya ga pakai direndam2 jadi cepat.

Bubur kacang ijo fiber creme

Bubur kacang ijo fiber creme

Perdana bgt buat ini tanpa santan dan di ganti dgn fiber creme.. Alhamdulillah soal rasa di jamin endul bgt.. Dan ini resep so simple bgt buat nya

Bubur ayam

Bubur ayam

Ini bubur bukan buat orang sakit, karena apa? Karena orang sehat pun gpp makan ini. Bubur ini enak banget, cocok buat yang ga doyan kuah kuahan yang dipadu ama bubur. Iya karena aku emang ga terlalu suka kalo bubur dikasih kuah gt. Ini rasanya gurih ayam gt, meskipun tanpa toping. Kusarani bawang gorengnya banyakin biar makin sedep.

Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung

Ditantangin suami buat bikin bubur ayam bandung, atau bubur ayam jakarta. Entahlah, biasanya sy makan beginian di jakarta soalnya πŸ˜‚ ternyata lebih enak bikin sendiriiii yahhh. Seneng deh. Sila dicoba buibu!

2-3 porsi
Bubur ayam super praktis

Bubur ayam super praktis

Ini resep suamiku loh,,kemaren waktu lagi sakit dan g boleh makan apa2 selain bubur,suamiku nyari yg jualan tpi g nemu. Makanya dia punya inisiatif sendiri buat bikin bubur sbg salah satu wujud cinta buat istri nya. Romantis kaaan

260. Bubur Ayam Abang-Abang

260. Bubur Ayam Abang-Abang

Bubur ayam simple dan enak. Kamu tim bubur ayam di aduk atau ngga hayooo?😁 Resep buburnya sudah pernah sy share di postingan "Bubur Ayam Kampung". Disini sy posting kuah kuning dengan bumbu berbeda untuk buburnya yaa. Note : 1genggam Kacang kedelai direndam semalaman ya bersama 1/2sdt garam atau penyedap rasa, kemudian goreng.

Bubur kacang hijau tanpa santan update ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Bubur kacang hijau tanpa santan update ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Today aku masak bubur kacang hijau req suami. Berhub suamiku krg suka santen jd aku ga pake aku santen

4 orang
60 menit
Bubur manado/ tinutuan

Bubur manado/ tinutuan

Moodboster saat badan sedang drop. Masak buburnya ttp pake teknik 5:30:7

Bubur Kacang Hijau + Ubi

Bubur Kacang Hijau + Ubi

De" mau mkn bubur kacang hijau + ubi...so...done lha. Masak yg simple pakai santan kara saja. #PejuangGoldenApron3

Bubur Ayam Jakarta

Bubur Ayam Jakarta

Source : Suci Handayani