Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Tio Ciu Ang Tho Kue yang Enak Banget

Dipos pada September 5, 2019

Tio Ciu Ang Tho Kue

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Tio Ciu Ang Tho Kue yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Tio Ciu Ang Tho Kue yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Tio Ciu Ang Tho Kue, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Tio Ciu Ang Tho Kue di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tio Ciu Ang Tho Kue sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tio Ciu Ang Tho Kue memakai 25 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini makanan khas orang Tio Ciu. Kalau orang Kal-Bar biasanya tau makanan ini. Ang Tho itu semacam Kue Ku. Seharusnya sesuai namanya berwarna merah (Ang dlm bahasa tio ciu artinya merah). Tp ya..suka2 yg bikin aja lah ya.. ahaha.. Kalau Kue Ku isiannya berupa kacang hijau (manis). Kalau Tio Ciu Ang Tho Kue itu isinya cenderung asin karna isinya nasi ketan dicampur dengan bahan isian seperti daging ayam, jamur shitake, dll. Silakan bagi yg mau coba.. :) Smoga suka. Klo kluargaku suka bgt sm makanan ini. Dikasi sambal enak bgt.. :) Note: kue ini gak bisa disimpan lama2 ya. Klo saya taro kulkas max bgt 2 hari. Lalu kukus hangatin lg. Atau mau digoreng dg sedikit minyak jg enak. Tp klo yg gak suka tekstur agak keras, baiknya kukus aja.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tio Ciu Ang Tho Kue:

  1. Bahan Isian:
  2. 200 gr kacang tanah (rebus sampai empuk)
  3. 2-3 buah jamur shitake
  4. 6 siung bawang putih (cincang)
  5. 150 gr ebi (rendam air panas lalu cincang)
  6. 250 gr lobak manis/ chai pou (cincang)
  7. 300 gr dada ayam filet (potong kotak lalu marinasi 2 jam)
  8. Bumbu Marinasi Ayam:
  9. 1 sdm gulpas
  10. Sejumput garam
  11. 1/8 sdt lada bubuk
  12. 3 sdm kecap manis
  13. 1 sdm dark soy sauce
  14. Bahan Utama:
  15. 800 gr beras ketan putih
  16. 65 ml santan + 200 ml air (bisa ditambah jika masih keras)
  17. 1 sdm garam
  18. Bahan Kulit:
  19. 250 gr Tepung beras
  20. 75 gr Tepung ketan
  21. 75 gr Tepung tapioka
  22. 3 sdm minyak goreng
  23. 450 ml air panas
  24. Sejumput garam
  25. Sejumput kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Tio Ciu Ang Tho Kue

1
Cuci beras ketan sampai bersih. Lalu rendam selama 4 jam. Tiriskan. Marinasi ayam sekitar 2 jam. Taruh dlm kulkas.
2
Sambil menunggu rendaman ketan dan marinasi ayam, siapkan bahan isian lainnya. Rebus kacang tanah, Rendam jamur shitake dg air panas sampai lunak lalu potong kotak, Rendam ebi dg air panas dan cincang kasar, Cincang bawput, Cincang lobak manis.
3
Setelah 2 jam (karna tunggu marinasi ayam). Masak bahan isian. Masukan minyak secukupnya (sesuaikan dg jumlah bahan). Tumis ebi sampai wangi. Masukan bawput masak sampai wangi. Masukan lobak manis. Masak sampai wangi. Masukan jamur shitake. Masak sampai wangi. Masukan soy sauce, garam, dan kaldu jamur. Ayam aku masak terpisah karna sempat lupa ada ayam. Wkwkwkwk. Tumis ayam sampai matang. Lalu masukan bahan yg sblmnya udh dimasak td. Campur dg kacang tanah. Koreksi rasa.
4
Taruh beras ketan dlm dandang, kasi air dan kukus selama 30 menit atau sampai lunak. Sesekali dicek, apakah air cukup atau harus ditambah lagi.
5
Masukan nasi ketan ke dlm bahan isian td (langkah no. 3). Aduk sampai rata. Koreksi rasa.
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 5
6
Buat bahan kulit. Campur bahan kering (tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka, garam & kaldu jamur. Aduk rata. Masukan air panas sedikit2. Sambil diaduk. Lalu diamkan sekitar 20 mnt. Ulen sampai tercampur rata dan tidak lengket di tangan. Jika masih lengket, bisa balut tangan dg tapioka.
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 6
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 6
7
Isi dg bahan isian dan cetak. Ini harusnya pakai daun pisang. Tp gak punya. Jd coba test pake kertas roti.. dan hasilnyaaa...zonk.. nempel di kertas. Wkwkwkwk. Jd klo gak ada daun pisang, biarkan aja ya. Olesi loyang dg minyak aja cukup. Lalu kukus selama 10 menit. Angkat dan oleskan permukaannya dg minyak goreng.
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 7
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 7
8
Sajikan dg saus sambal. Enak banget.. hehe..
Tio Ciu Ang Tho Kue - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bandeng bakar bumbu kacang

Bandeng bakar bumbu kacang

31.12.2016 Resep ini dari ibu, dulu.. hampir setiap hari Minggu mesti bikin ikan bakar dengan dua macam bumbu dan salah satu bumbu yang wajib ada ya bumbu kacang ini..Karena suami dan anak anaknya suka pokoknya semua anggota keluarga pada doyan dan di jamin pasti habis tak tersisa πŸ˜‹πŸ˜‹ sekilas mendengar kata bumbu kacang pasti mikirnya wah rasa pecal nich padahal beda. Dulunya ibu bikin menggunakan kacang mete goreng tapi di resep ini sy menggunakan kacang tanah. Beda beda dikit lah 11-12 gitu... Terima kasih ibu, I miss u..😘 resepnya aq share di sini buat kontes ikan bakar 😚

2-3 porsi
Gulai kacang panjang

Gulai kacang panjang

Masak bahan yang ada dikulkas. Campur semua jadi satu aja deh.. sebenernya ini lebih enak kalau pakai cabe merah kurang lebih 5 buah dan 1 sdm lada, cuma disini aku skip karena biar anak anak bisa ikutan makan hehee tapi begini aja juga boleh deh di rasain rasanya aku tidak bisa komen 😬

4 orang
30 menit
Rempeyek Kacang Ijo (tanpa telur, santan, kemiri, bp)

Rempeyek Kacang Ijo (tanpa telur, santan, kemiri, bp)

Di rumah sy ada 2 kubu penggemar rempeyek. Sebagian suka rempeyek yang super renyah, kemriyuk pyarr bagaikan ngga butuh gigi lagi buat mengunyahnya. Sebagian lagi suka rempeyek yang renyahnya tetep maksimal tapi harus kokoh, masih terasa pecah kriuknya di mulut. Yah, namanya juga selera ya, mana-mana aja ngga ada salahnya. Karena yang kiuk pyar-nya udah dibuat kemaren, biar adil hari ini sy buatkan yang renyahnya kokoh. Ini ngga keras lho ya, sekali lagi..ini ngga keras. Rempeyeknya masih berbasic resep rempeyek kacang hijau-nya mba @nurikasari tanpa bahan-bahan yg sudah sy infokan diatas. Bikin rempeyek yg satu ini butuh perencanaan, karena adonan tepung berasnya sy rendam air dulu semalaman. Alasannya? Entahlah, sy pikir bisa lebih empuk saja tepung berasnyaπŸ˜… Tapi sebetulnya, sebelum direndam semalaman, sy coba goreng adonan rempeyek tipis-tipis, kriuknya bagus juga sih, ngga keras. Mungkin bisa disesuaikan jumlah cairan yg digunakan. Ya artinya kan, kalau mau buat lagi, sy ngga usah terlalu harus mempunyai semua bahan pada resep yg lengkap. Tetep bisa bikin rempeyek dengan bahan seadanya. Tentunya setiap racikan punya kekhasan masing-masing. Soal direndam. Sy harus merenung lagi sebentarπŸ˜… Ya udah, Rempeyeknya tidak makan minyak dan cukup awet kriuk di suhu ruang. #cookpadcommunity_bogor #combongabibita_peyekcanghejo #pejuanggoldenbatikapron

1 jam
Gulai nangka kacang panjang

Gulai nangka kacang panjang

Minggu kemarin ada ngobras bersama mb @mamafathan tentang desain canva tema flayer. Jadi membuat flayer di canva. Sebagai ucapan terima kasih saya recook gulai nangka kikil mb Risa. Tapi karena gak ada kikil jadilah saya ganti dengan kacang panjang dan kol. Alhamdulillah rasanya enak, dan saya buat tidak terlalu pedas agak anak sulung bisa ikut makannya. Resep asli https://cookpad.com/id/r/14630201 #NgobrasPeDa_Risa #PejuangGoldenBatikApron #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #cookpadcommunity_tangerang #pekan6

7. Ide Mbekal : Tumis Telur Kacang Panjang

7. Ide Mbekal : Tumis Telur Kacang Panjang

#PejuangGoldenBatikApron Kali ini aku akan share ide menu buat bekal. Tetapi yg aku share resep lauknya hanya salah satu saja, karena yg lain bikinnya gampang, hanya sarden dan brokoli rebus saja. Semoga bisa membantu para pejuang nasi bekal dari rumah.

2 porsi
30 menit
Cilok Kuah dan bumbu kacang

Cilok Kuah dan bumbu kacang

Dua hari ini eksperimen trial n error bikin cilok. Dulu pernah buat rasanya juga enak plus resep juga sy simpan, tapi saya penasaran dgn resep2 cilok di sini yg kebanyakan takaran sagu lebih banyak dari terigu. Dulu sy terigu lebih banyak sehingga hasilnya cilok memang lebih padat. Akhirnya sy coba sagu 2:1 dari terigu, duh koq kenyal banget ya, agak lama dikunyah sama anak2 sy. Penasaran lagi, tapi sagu habis tinggal tapioka. Ga pa2 hampir sama teksturnya. Takarannya 1:1 dengan terigu. Hasilnya kenyal juga tapi agak padat sedikit. Apa airnya kebanyakkan yea? Untuk pelengkap awalnya saya buat bumbu kacang saja. Lama2 pingin coba pakai kuah, eh enak dan cocokkan pakai kuah ketimbang bumbu kacang. Resep di bawah yg 1:1 saja ya..

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Ini sbnrnya cilok udah bbrp minggu saya recook dr mb Ai, dg bahan simple , ukuran pas..dn hsl nya pas...πŸ‘,

Cilok Bumbu Kacang Isi Ayam

Cilok Bumbu Kacang Isi Ayam

Berawal dari ke kecewa an kalau beli cilok, di abang abang .. Mereka rata rata menjual cilok dengan saos sambal, bukan bumbu kacang .. Akhirnya ibuku buat sendiri dirumah, dan aku suka .. Ku coba recook dengan ingatan seadanya ..

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Mantab...

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Camilan kesukaan waktu kecil..

Karedok

Karedok

#PejuangGoldenBatikApron Diberi sayuran hasil panen tetangga itu sesuatu lho, meski sedikit tapi nikmat dan berkah krn dpt dinikmati oleh penghuni rumah. Seperti karedok ini. Setelah diolah jadinya lumayan banyak cukup untuk 5 orang sekali makan πŸ˜˜πŸ€—

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Selasa, 29.03.22 .. Bismillah,, memanfaatkan sisa nasi yg sering sisa dipagi hari, biasanya dibikin nasi goreng, kali ini dibikin cemilan praktis & enak. Ga perlu banyak bahan, tapi rasanya mantul. Langsung dimakan tanpa cocolan bumbu rujaknya juga udah enak, dimakan gitu aja panas-panas masih kriuk enak bgt. Source: Dapur Kobe #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurNauzalla #DapurNauzalla_Telur #PejuangGoldenBatikApron #Week9

Kering Kentang Kacang Teri

Kering Kentang Kacang Teri

Sebentar lagi masuk bulan puasa, artinya siap-siap sediain menu darurat untuk sahur. salah satunya ini nih yang gak ada matinya. walaupun bukan bulan puasa juga tetep aja digandrungi pasukan rumah, jadi selalu siap sedia deh. kali ini saya cooksnap resepnya teh @AmbarShaf buat menjawab pertanyaan Mamah Cookpad, sekaligus buat setoran sebagai pemenang arisan perdana di tahun ke 5. #BandungCooksnap5_Ambarshaf #KeringKentangKacang #RamadanCamp #PejuangGoldenBatikApron #Minggu6 #CookpadCommunity_Bandung

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Dan hari ini ditutup oleh recook saya yang ke-4 untuk memeriahkan #RecookDepok_Trixie. Hasilnya juara banget, kasih jempol buat Mbak Trixie. Cuma disini ada yg saya kurangi (ebi) dan saya tambahi isian. #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

Urap

Urap

45mnt
Lodeh Kluwih

Lodeh Kluwih

Sayur paling enak sedep klo sudah nginep semalem, diangetin lagi makannya pake lontong sama tempe mendoan dan sambel tomat pecak iwak panggang ...πŸ˜‹ nikmatttt ...🀀 #Kopijos_Manasin #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #Kopijos

Sambel Kacang Bumbu Pecel Madiun

Sambel Kacang Bumbu Pecel Madiun

Order sambel pecel di shopee nya dapurselva ya

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Cemilan tanggal tua. 😁 Resep ciliknya pakai resep Bunda Fah Umi Yasmin, Bumbu kacangnya ngarang ala2 saya. 😁