Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Lapis Pepe Pandan Khas Betawi yang Menggugah Selera

Dipos pada October 23, 2019

Lapis Pepe Pandan Khas Betawi

Anda sedang mencari inspirasi resep Lapis Pepe Pandan Khas Betawi yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Lapis Pepe Pandan Khas Betawi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Lapis Pepe Pandan Khas Betawi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Lapis Pepe Pandan Khas Betawi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Lapis Pepe Pandan Khas Betawi adalah 36 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Lapis Pepe Pandan Khas Betawi diperkirakan sekitar 2 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lapis Pepe Pandan Khas Betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lapis Pepe Pandan Khas Betawi memakai 13 jenis bahan dan 29 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenBatikApron #cloverdandelion17 #IdeMasak #lapispepe #cloverdandelion17_lapispepe #CeritaDapurHariIni Kuliner Nusantara kaya akan beragam kudapan tradisional. Salah satunya kudapan tradisional Betawi, kue pepe. Di balik kelembutan kue pepe Betawi tersimpan nilai dan pemaknaan mendalam. Tak hanya memiliki cita rasa yang khas akan nuansa terdahulu, tapi menyimpan makna terdalam. Keberadaan kue pepe juga disebut-sebut menyimbolkan hubungan erat dalam persaudaraan yang tak putus “Lengket terus seperti kue pepe". Di kalangan masyarakat Betawi, kue lapis sagu sering disajikan saat hajatan, tahlilan dan syukuran, kue ini sedikit lengket, kenyal dan berwarna cerah. Cita rasa gurih dan manis dari kue pepe dihasilkan dari campuran gula dan santan. Agar kue pepe beraroma khas, saat proses memasak gula, santan dan juga air, sangat penting untuk menambahkan daun pandan dan daun jeruk. Dan tak lupa untuk memberi pewarna, di balik kelembutan kue pepe Betawi tersimpan pula sajian yang menarik. Untuk mengukus satu warna biasanya membutuhkan waktu lima menit saja, kemudian masukkan lagi adonan warna lainnya. Setelah matang dikukus, kue pepe dipotong persegi panjang dan disajikan diatas piring, dibungkus dengan plastik permukaannya agar tidak lengket.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lapis Pepe Pandan Khas Betawi:

  1. ● Bahan tepung:
  2. 655 gram tepung tapioka warungan aja (650 gram+1 sendok teh)
  3. 50 gram tepung hunkwe
  4. ● Bahan cair:
  5. 800 mili santan murni dari perasan kelapa tanpa air
  6. 800 mili air pandan wangi
  7. ● Bahan pelengkap:
  8. 18 lembar daun pandan wangi
  9. 18 lembar daun pandan suji
  10. 10 lembar daun pandan wangi untuk membuat air pandan
  11. 750 gram gula pasir
  12. 3 sendok teh garam halus
  13. 1/2 sendok teh pewarna putih

Langkah-langkah untuk membuat Lapis Pepe Pandan Khas Betawi

1
Ini bahan-bahannya, moms. Aku pakai tepung tapioka curah warungan aja tapi Insha Allah hasilnya gak kalah dari tepung tapioka bermerk. Oh iya tepung tapioka ini aku beli 1 kg nya Rp. 10.000
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 1
2
800 mili santan kental murni. Jika pakai santan kiloan, bisa dilakukan dengan dua cara: 1. Menggantung santan yang terbungkus plastik hingga terlihat pisahan santan dan air. 2. Dengan menuang santan kiloan pada wadah bening dan letakkan dikulkas bagian chiller selama 45 menit hingga terlihat pisahan air dan santan murni. Lalu ambil perlahan santan murni dengan sendok sayur. 1 kilogram santan kelapa peras beli ditukang santan didapat volume 450 mili santan murni.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 2
3
Aku ambil santan murninya pakai juicer. Jadi kelapa parutnya aku masukin mesin juicer. Jika tidak punya mesin juicer, bisa gunakan cara: Peras parutan kelapa dengan kain. Ingat tanpa penambahan air. Dua butir kelapa ukuran sedang didapat volume 350 mili santan murni. ● Noted: Santan murni tidak direbus karena nanti total pengukusan membutuhkan waktu 2.5 jam. Insha Allah kuenya awet seharian bahkan sampe malam tidak basi pada suhu ruang.
4
Air pandan wangi: Rebus 10 lembar daun pandan wangi dengan 1000 mili air. Jadikan 800 mili. Tunggu sampai dingin baru digunakan.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 4
5
Campur tepung tapioka, tepung hunkwe, gula pasir dan garam halus. Aduk hingga tercampur dengan baik.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 5
6
Tuangkan santan kental.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 6
7
Tuangkan air pandan dan aduk sampai tercampur dengan baik. Saring. Setelah diukur, volumenya adalah= 2.570 mili. Ambil 150 mili adonan, ini akan digunakan sebagai lapisan hijau yang diletakkan untuk lapisan paling dasar. Sisa adonan adalah= 2.420 mili.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 7
8
Sisa adonan kita bagi untuk 22 lapisan. 2.420:22= 110 mili. Kita ambil 10 lapisan untuk lapisan putih sebanyak 1.100 mili. 2.420-1.100= 1.320. Sekarang sisa adonan menjadi 1.320 mili.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 8
9
Tambahkan ½ sendok teh pewarna putih untuk lapisan putih. Aduk sampai tercampur dengan baik. Sisihkan dahulu.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 9
10
Ini pewarna putihnya yah, moms.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 10
11
Gunting-gunting daun pandan tambahkan 500 mili adonan pepe. Blender sampai halus dan saring dengan menggunakan serbet atau kain blacu, lalu ukur kembali volumenya jika kurang dari 500 mili maka tambahkan santan kental. Sisa adonan yang 1.320 mili, lalu kita tambahkan adonan yang 150 mili tadi. 1.320+150= 1.470 Jadi total adonan sekarang 1.470 mili. Aduk sampai tercampur dengan baik.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 11
12
Tuang sari pandan pada lapisan yang akan kita jadikan lapisan hijau, aduk sampai tercampur dengan baik. Lalu ambil kembali 150 mili adonan hijau. Sisihkan. Sisa adonan sekarang menjadi 1.320 mili. Kita jadikan 12 lapisan. 1.320:12= 110 mili. 6 lapisan dengan volume 110 mili untuk lapisan bawah dan 6 lapisan dengan volume 110 mili untuk lapisan setelah lapisan putih. Total lapisan hijau ada 13 lapisan. Satu lapisan dengan volume 150 mili dan 12 lapisan dengan masing-masing volume 110 mili.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 12
13
Oles loyang ukuran 20×20×7 cm baik dasar maupun sisi-sisinya dengan minyak sayur tipis-tipis saja. Sisihkan. Panaskan kukusan dengan api sedang tanpa ditutup dengan panci kukusan. Setelah kukusan panas lalu panaskan loyang selama 5 menit (hidupkan timer hpnya), tutup kukusan dengan dialasi kain. Setelah 5 menit tuang adonan hijau pertama dengan volume 150 mili. Dan kukus selama 5 menit (hidupkan timer hpnya) Noted: saat melapis tutup kukusan dialasi kain agar lapisan tidak ketetesan uap air.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 13
14
Ini hasilnya setelah dikukus selama 5 menit. Noted: 1. Mengukus perlapisan cukup 5 menit saja, jika kurang dari 5 menit adonan belum matang dan belum set, jika dituang lapisan berikutnya akan membuat lapisan sebelumnya bocor dan adonannya akan bercampur dengan lapisan yang akan kita tuang. 2. Mengukus adonan gunakan api sedang, jika api besar permukaan lapis akan mengelembung kecil. Dan nanti hasil kuenya ketika dipotong akan terlihat garisnya tidak horizontal, akan ada yang bergelombang.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 14
15
Tuang lapisan hijau kedua dengan volume 110 mili dan kukus kembali selama 5 menit (hidupkan timer hpnya). Lakukan hingga sampai lapisan keenam. Jadi total lapisan hijau ada 7 lapisan. Satu dengan volume 150 mili dan 6 dengan volume 110 mili. ● Aduk-aduk wadah adonan sebelum mengambil tiap lapisan yang 110 mili. Untuk memastikan tidak ada tepung yang mengendap.
16
Setelah selesai 7 lapisan hijau, selanjutnya tuang adonan putih sebanyak 110 mili. Dan kukus masing-masing adonan selama 5 menit (hidupkan timer hpnya) ● Aduk-aduk wadah adonan sebelum mengambil tiap lapisan yang 110 mili. Untuk memastikan tidak ada tepung yang mengendap.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 16
17
Setelah semua adonan putih selesai kita kukus, selanjutnya tuang kembali adonan hijau. Masing-masing lapisan hijau sebanyak 110 mili. Dan masing-masing lapisan dikukus selama 5 menit (hidupkan timer hpnya). Total ada 6 lapisan hijau.
18
Nah ini adonan yang paling terakhir yah, moms. Bisa dilihat lapisannya penuh satu loyang.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 18
19
Setelah lapisan paling terakhir dikukus selama 5 menit selanjutnya kukus adonan selama 30 menit (hidupkan timer hpnya). ● Mengukus kue setelah seluruh lapisan dikukus cukup 30 menit saja. Jika lewat dari 30 menit maka permukaan kue akan mengelembung kecil-kecil. Setelah kue matang biarkan kue selama 2 jam, lalu keluarkan kue. Noted: jika air kukusan berkurang, tambahkan dengan air panas.
20
Oles alas untuk meletakkan kue yang akan kita keluarkan dengan minyak sayur. Dioles minyak agar kue pepenya tidak lengket diwadah.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 20
21
Sisir pinggir-pinggir loyang dengan bantuan spatula tipis dan juga dengan bantuan tangan lalu tepuk dasar loyang. Keluarkan kue. Ini lapisan bawah. Dan balikkan lagi kue, tempat kue tetap dioles minyak sayur.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 21
22
Bagian samping kue.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 22
23
Bagian atas kue.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 23
24
Setelah dingin sempurna baru potong kue. Bagi empat kue lalu satu bagian dipotong jadi 9. Didapat 36 potong. Cara memotong: letakkan selembar plastik pada permukaan kue lalu letakkan pisau (pisau tidak perlu dioles minyak sayur), lalu tekan dan geser bagian kue agar tidak melekat kembali ke kue satunya. Tiap memotong lakukan dengan cara menekan bukan mengiris. Cukup letakkan plastik pada permukaan kue dan potong kue dengan cara menekan.
25
Cantik yah warnanya, moms. Ini asli dari daun pandan wangi dan pandan suji yang diblender dengan adonan pepe.
26
Lapisi kue dengan plastik dan sajikan. Insha Allah, enak.
27
Berapa lapis: 23 lapisan dengan tekstur yang lembut, kenyal dan tidak alot. Dijamin sekali makan akan ketagihan. 23 lapisan: Lapisan hijau bawah= 7 lapisan. Lapisan putih tengah= 10 lapisan. Lapisan hijau atas= 6 lapisan.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 27
28
Cobain lapis pepe coklat klasik, moms.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 28
29
Cobai lapis pepe kacang hijau ini juga, moms.
Lapis Pepe Pandan Khas Betawi - Step 29

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketoprak abang2

Ketoprak abang2

Pengen bikin sarapan yang gampang n cepet. Jadi deh menu nya jatuh ke menu ketoprak

6 orang
Onde Onde Isi Kacang Hijau

Onde Onde Isi Kacang Hijau

Bikin kue kesukaan anak bocil hehe Ternyata bikin onde onde mudah, yg bikin males bulet buletin satu satu 😂 Resep by: @azizah_bundaafra #PejuangGoldenBatikApron

36 buah
Rendang Daging Ala Tia

Rendang Daging Ala Tia

2 orang
3 jam
Kue latok klepon

Kue latok klepon

Malem jum'at kalo dikampung mesti slametan dengan jajanan tradisional. Nah karna anakku doyan bgt sm klepon dan latuk yudah q bikin sendiri. Jangan lupa di recook ya bun

Pukis brownies dengan santan

Pukis brownies dengan santan

Selamat soree teman2 . Saya sebetulnya suka pukis , tapi pas masih anget . Kalo udah dingin suka ga selera 😂😂 .. Trus cobain nih resep pukis brownies , wah menarik nih . Secara saya penggemar coklat .. Yuuk temen2 cobain , ini enak legit gurih manis mirip2 kue balok versi lebi empukk cakeyy ..

25pcs
60 menit
Wajik Gula Merah

Wajik Gula Merah

Penasaran aja cara buatnya.. Ternyata tidak semudah yg diduga 😀

20 potong
2 jam
Gethuk Pelangi 🌈

Gethuk Pelangi 🌈

Kemarin dapet kiriman foto mba Tuwiarsih Indah "Getuk Lindri", melihat penampilannya menarik, warna yg sendu,membuat yg memandang langsung jatuh hati .... Kebetulan, ada singkong dr Lab Lapang. Jadi di hari ini lsg eksekusi untuk malmingan bersama anak di rumah 🏡 ditemeni segelas kopi sambil santai di teras. 60 menit, gethuk siap dinikmati. Warna yang mirip pelangi maka saya beri nama "Gethuk Pelangi 🌈, nama asli dr mba Tuwiarsih Indah "Gethuk Lindri". Source: Tuwiarsih Indah ( Tangerang) #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #MasakanRumahan #OlahanSingkong

Relatif
60 menit
Ayam Suwir Kacang Panjang

Ayam Suwir Kacang Panjang

Manfaatkan ayam goreng sisa semalam. Kebetulan ada kacang panjang juga, jadi masak sayur plus lauk jadi satu. Ini beneran enak banget, bikin makan mau nambah mulu. Rasa bumbunya itu eennnaaaakkkk👌 #DiBuangSayang #PosbarIdaman #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Paser

PASTEL homemade yang renyah, so simple

PASTEL homemade yang renyah, so simple

Buat cemilan sore hari

7 orang
30 menit
Putu Ayu

Putu Ayu

Bikin yang simpel untuk cemilan keluarga jadilah buat ini

30 pcs
1jam
Nagasari nangka pandan

Nagasari nangka pandan

8 cup 200 ml
1 jam 30 menit
Jangan Tempe Lombok

Jangan Tempe Lombok

• 16-04-2021 • Acara coboy minggu ini acara coboy dolan ke Bogor nih. Bukan jalan2 beneran tapi jalan2 virtual di cookpad cari resep dari komunitas Bogor ☺️ dengan tema pilihan yaitu protein nabati. Salah satu makanan yang berprotein nabati adalah tempe. Saya buat aja jangan tempe lombok. Kalau tidak salah sayur ini adalah khas nya Yogyakarta tepatnya Gunung Kidul. Jadi sayur dengan kuah santan ini diberi cabe yang banyak. Sederhana tapi enak 😊 Source : fransiska arie #CoboyDolan #CoboyDolan_Combo #CoboyDolan_ProteinNabati #CoboyDolanNangBogor #CoboyWani #CookpadCommunity_Surabaya #PekanPosbarProtein #KampoengRamadan #GA_TheNextLevel

Abon Ayam Untuk Isian Lemper, Mento, Roti dll

Abon Ayam Untuk Isian Lemper, Mento, Roti dll

Esok hari mau bikin makanan dari ketan dgn isian Abon Ayam. Takut waktunya ga keburu, buat isiannya malam hari. Nah jadinya fotonya juga gelap2an . Maklum dapur remang2 😂. #CookpadCommunity_Yogyakarta #Kopijos #Selaluistimewa #PejuangGoldenBatikApron #Minggu_06 #AbonAyam #MasakItuSaya #DapurkuIdeMasakku m

Risol Ragout

Risol Ragout

Bikin cemilan teman ngeteh saat buka puasa Bun.. Simpan di freezer supaya tidak repot, tinggal goreng saat menjelang Buka Puasa 👌 Owh yaa bun.. untuk bahan pencelup kalau mau bikin cukup terigu & air, aduk rata encer. Naahh... karena adonan kulit risol saya masih sisa dan rogout habis..maka sisa adonan kulit saya manfaatkan buat pencelup risol sebelum di panir yaa...hehe 😁 #PejuangGoldenBatikApron #RisolRagout #CookpadIndonesia

Nagasari simple

Nagasari simple

Kali ini nyoba buat nagasari tanpa dibungkus daun pisang... Karena ga bisa bungkusnya.. Hehehe.. Dan ga ada alasan untuk ga masak kue ini.. Kue yang enak, mengenyangkan.. Dan bebas gluten.. Cocok dimakan sore - sore sambil minum teh #PejuangGoldenBatikApron #PekanPosbar #GlutenFree #cookpadcommunity_yogyakarta #kopijos_glutenfree #selaluistimewa

40 menit