Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak yang Enak Banget

Dipos pada October 10, 2020

Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak

Sore-sore begini enaknya membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak adalah 15 biji. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mengikuti tantangan Mamah dengan Tema Masak setiap Bagian selain memaksimalkan bahan untuk dimasak, juga dapat memaksimalkan sisa makanan untuk di-daur ulang menjadi rasa yang berbeda. Kali ini aku memanfaatkan nasi sisa yang aku masak menjadi cireng nasi. Supaya tetap memenuhi gizi makanan aku tambahkan sayuran (wortel dan kembang kol). Rencananya pakai brokoli, tapi apa daya pas bersih-bersih kulkas gak nemu brokoli tapi menemukan kembang kol. Ya sudah gpp yang penting menyembunyikan sayuran di Cireng Nasiku agar anak-anak tetap mengkonsumsi sayuran yang disembunyikan. Ingat ya Bunda.. wortelnya gak usah dikupas yang penting dicuci bersih. Demikian pula dengan kembang kol nya, semua batangnya dimanfaatkan agar bisa maksimal. Sausnya aku pilih saus rujak. Aku pakai gula palm (stok yang ada di lemariku). Aku tambah kencur sedikit agar membantu mengurangi batuk, mengingat cirengnya digoreng. Yukk Bunda dicoba Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak yang sehat ini... #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague #FoodplaceCookChallenge #CookpadCommunity_Jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak:

  1. Bahan Utama:
  2. 150 gram nasi (2-3 centong nasi)
  3. 150 gram tepung tapioka
  4. 50 gram wortel
  5. 50 gram Kembang Kol
  6. 100 ml air panas
  7. Minyak untuk menggoreng
  8. Bahan Bumbu:
  9. 3 siung bawang putih
  10. 1 batang daun bawang
  11. Bumbu Penyedap:
  12. 1/2 sdt lada bubuk
  13. 1/2 sdt garam
  14. 1/2 sdt kaldu bubuk
  15. Bumbu Saus:
  16. 3 buah cabe rawit
  17. 1 siung bawang putih
  18. 1/2 cm kencur
  19. 3 biji asam jawa
  20. 5 sdm gula palm
  21. 1/4 sdt garam
  22. 50 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak

1
Siapkan nasi, tepung tapioka dan semua sayuran. Parut wortel dan Kembang Kol dengan parutan keju. Sisihkan.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 1
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 1
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 1
2
Siapkan bumbu Cireng. Rajang daun bawang. Sisihkan. Haluskan bawang putih dan semua bumbu penyedap di cobek. Kemudian haluskan nasi di atas bumbu ini sampai halus.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 2
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 2
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 2
3
Pindahkan nasi dan bumbu yang sudah dihaluskan ke wadah lalu campurkan semua bahan (kecuali air). Panaskan air, setelah mendidih, tuang ke dalam semua bahan ini dan aduk sampai adonan bisa dipulung.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 3
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 3
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 3
4
Ambil sesendok, lalu tekan-tekan dengan tangan sampai pipih (jika lengket, taburkan pakai tepung tapioka). Lakukan sampai semua adonan habis.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 4
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 4
5
Goreng Cireng sampai kering dan kekuningan. Sisihkan.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 5
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 5
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 5
6
Buat saus rujaknya. Haluskan cabe, bawang putih, kencur, asam jawa, dan garam. Lalu tambahkan gula palm, uleg bersama bumbu dan tambahkan air. Aduk sampai merata dan Tuang ke dalam panci kecil.
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 6
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 6
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 6
7
Agar saus rujak tahan lama, rebus saus rujak di atas kompor sampai mendidih. Lalu tuang di mangkok dan siap disajikan sebagai cocolan cireng. Siap disajikan
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 7
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 7
Cireng Nasi Sayuran Saus Rujak - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risol ekonomis (250gr tepung jadi 38pcs risol)

Risol ekonomis (250gr tepung jadi 38pcs risol)

07/01/22 Siapa yang gak suka gorengan yang satu ini,, semua kalangan pasti doyan bahkan gak cukup 1 sekali makan yaa.. Biar hemat kita bikin sendiri yuuk,, Risoles homemade dengan bahan ekonomis tapi hasilnya enak, hasilnya banyak, tentunya lebih sehat.. Tips: -wajib menggunakan campuran tepung cakra Karena membuat adonan lebih elastis dan kulit rawan robek -Tujuan adonan kulit di diamkan untuk membentuk gluten supaya adonan lebih elastis rawan robek sehingga kita bisa membuat kulit risol setipis mungkin dan menghasilkan kulit risol yang banyak -mencampur semua bahan dengan blander supaya tidak perlu menyaring adonan kembali karena adonan udah pasti tercampur rata dan tidak ada yang gumpal.. -gunakan api kecil aja, supaya teflon tidak terlalu panas mengakibatkan kulit jadi berpori seperti kulit dadar gulung.. -setelah pinggir kulit kering langsung angkat dan beri isian dan langsung di gulung supaya menghemat waktu.. #TiketGoldenBatikApron

38 bijik
1 jam
Bala-Bala (Bakwan Sayur)

Bala-Bala (Bakwan Sayur)

Paling suka banget sarapan pake gorengan bala-bala dan saya suka yang sayurannya banyak dan melimpah dibanding tebel tepungnya.

8 orang
1 jam
Risol Mayo

Risol Mayo

1 resep ini jadi 30 pcs risol mayo 😊 kulitnya gurih lentur, anti sobek dan tidak lengket biarpun langsung di tumpuk jadi satu, tanpa sekat/pembatas. #Note : ✔️kalau ingin lapisan lebih tebal, takaran tepung panir bisa di tambah. ✔️saya pakai wajan teflon diameter 20 cm. ✔️jikalau teflon nya lengket bisa di oles tipis dengan minyak goreng sebelum menuang adonan. ✔️untuk stok bisa simpan di frezzer jadi sewaktu2 bisa di goreng.

Tahu isi Mayo

Tahu isi Mayo

Source: maestro Mayonais Bikin cemilan kemaren, resep aku modif sesuaikan bahan dirumah. #cookpadcommunity_Kalbar

Pisang Goreng Gurih

Pisang Goreng Gurih

Pisang goreng ini untuk snack pagi tukang-tukang yang lagi kerja di rumah. Pisangnya manis kecut seger, adonan tepungnya gurih dan ada sedikit rasa bawang. Warna gorengannya keemasan cantik karena diberi sedikit kunyit. #TiketGoldenBatikApron

16 potong
30 menit
Cireng nasi simple

Cireng nasi simple

Beberapa kali mencoba buat cireng dari yang pakai aci saja sampai campur nasi, ini yg tidak terlalu karet + sehat (karena pakai nasi kali ya🤭) Resep asli bisa cek di Dapur Qu, ini sudah saya modif ya.

Cireng anti gagal

Cireng anti gagal

Recook ka devina dermawan Sedikit saya ubah di bahan biang Jadi nanti kalian dikira2 aja sesuai selera :)

10 orang
1 jam
Resep Tahu Bulat Di Goreng Dadakan

Resep Tahu Bulat Di Goreng Dadakan

Malam ini ngemil apa nih bun? Yuk cobain bikin tahu bulat,pasti bikin kenyang lho. Mari simak resepnya dibawah ini.

Pisang Goreng super krispi

Pisang Goreng super krispi

Ccok buat jualan, yg udah nyobain pst pengen makan lg

8 orang
30 menit
Tahu walik Isi Ayam

Tahu walik Isi Ayam

iseng2 dikala hujan sore2,, rasanya pengen bikin gorengan yang enak. mumpung ada tahu pong juga dah beberapa hari tak tersentuh di dlm kulkas. akhirnya dengan bahan2 yg ada di kulkas jadilah tahu walik isi ayam...

Banana Spring Rolls

Banana Spring Rolls

Pisang digoreng tepung sudah bosan, teringat teman saya orang filipina hampir tiap hari buat banana spring rolls yang renyah. Kebetulan dapat kiriman pisang banyak, jadi langsung dibuat saja.

Martabak Kulit Lumpia

Martabak Kulit Lumpia

Alternatif buat yg gak mau ribet bikin kulit martabak, karna proses perendaan adonan di minyak goreng harus lama biar elastis, kalo udah gak sabar pengen segera menikmati martabak telor, bisa pakai kulit lumpia, pasti selallu ada diwarung sayur.🙂 selamat mencoba...

4 porsi
45 menit
Bakwan bihun sayur

Bakwan bihun sayur

Siputih bihun dipadukan dengan sayur mayur memang cocok apalagi dimusim dingin begini bisa dijadikan cemilan.. #pekanposbar #kreasibihun #cookpadcommunity_surabaya

Pisang goreng krispi

Pisang goreng krispi

Resep bisa untuk stok camilan di freezer bunda Selamat mencoba

500 gr
30 menit
Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

Sudah lama banget tidak setor resep. Kali ini tetap menu simpel murah meriah, favorit dari zaman anak-anak, pisang goreng. Dulu kalau makan pisang goreng bisa habis sepiring, makannya pakai sambel gami, tambah enak. Di sini, makan pisang goreng wajib pakai sambal. Bisa sambal gami, sambal terasi, sambal bawang, sambal kacang, dll. Ditemani teh atau kopi, satu sisir juga nggak cukup di rumah kami. Bisa dibentuk kipas biar lebih cantik. #PisangGorengCrispy #PisangGoreng.

4 porsi
20 menit
193. Si Cireng (Nasi Cireng)

193. Si Cireng (Nasi Cireng)

Bismillah, memanfaatkan nasi sisa semalam supaya ngga mubadzir. Sekalian memenuhi tantangan Mamah diprogram #MasakSetiapBagian dalam memanfaatkan sisa makanan yg ada di rumah. Mau buat nasgor tanggung, cuma semangkok🤭🤭 Ya sudah dibuat cemilan aja, gampang buatnya dg bahan yg simple, semua pada doyan hihiihihi... Oya, cocolannya itu pake sambal kacang yah hehehhe. Enak jg koq 😁😁 #UbahSisaJadiRasa #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #MasakItuSaya #OlahanNasiSisa Source: YT. Dapur Enta

Kakiage (Bakwan Jepang)

Kakiage (Bakwan Jepang)

Bakwan sepertinya disukai hampir semua orang yaaa Kali ini buat Kakiage alias Bakwan Jepang Mirip dengan bakwan yang ada di Indonesia, menggunakan sayuran. Yang membedakan, Kakiage menggunakan tepung tidak sebanyak bakwan di Indonesia Saya menggunakan tepung Bakwan dari @dapurkobe Source : @dapurade50 #PosbarMasakanJepang #Jabodetabek_MakananJepang #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #RememberGenkPeda_DapurAde