Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Manado Sedap dan Sehat yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada December 5, 2018

Bubur Manado Sedap dan Sehat

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Manado Sedap dan Sehat yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Bubur Manado Sedap dan Sehat yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Manado Sedap dan Sehat, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Manado Sedap dan Sehat sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado Sedap dan Sehat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado Sedap dan Sehat memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source: mb @ifanidevi Salah satu menu sehat food combining ku , favorite bgt meskipun masaknya banyak printilannya ya. Aduh selalu pingin bikin 😂 Sudah ada karbohidrat di dalamnya, aneka sayur tentunya dan protein hewani “walau”’dari si ikan teri unyu2. 😂😁 Enyaaaak…makanya di resepku ada beberapa versi bikin bubur manado😂 I am truly a big fan’s of it😍😆 Selain labu kuning, resep mb Ifani menggunakan singkong n ubi jalar, aku skip keduanya (lupa pesan pak tuksay😁), dan menggantinya dg sumber karbohidrat yg lain yaitu wortel. Ini resep aslinya ya https://cookpad.com/id/resep/15355939-413-bubur-manado-tinutuan?invite_token=wNmP1XYaM1anGbxSRcC9Y5p9&shared_at=1632852151 #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado Sedap dan Sehat:

  1. Bahan bubur :
  2. 200 gram Beras
  3. 2 buah Jagung Manis
  4. 475 gr labu kuning (berat setelah dikupas)
  5. 2 buah wortel (ukuran sedang, potong kotak sedang)
  6. 1.8 ml Liter Air (dibagi 2 bagian)
  7. Bahan tumisan :
  8. 15 gr bawang putih (kupas, cuci, geprek, cibcang kasar)
  9. 2 batang Serai (memarkan bagian putihnya, lalu disimpulkan)
  10. 2 lembar Daun Pandan (remas2, lalu disimpulkan)
  11. Bahan bumbu :
  12. 1 sdt garam
  13. 1 sdt kaldu bubuk
  14. 1 sdt lada bubuk
  15. Bahan pelengkap :
  16. Sambal dabu2
  17. Sambal rica-rica
  18. Ikan asin (bisa ikan teri, ikan asin pari, ikan asin jambal
  19. Bakwan/ perkedel jagung

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado Sedap dan Sehat

1
Cuci bersih beras. Kupas dan cuci bersih lalu potong2 kotak kecil labu kuning. Cuci bersih jagung lalu di pipil / serut. Untuk sayuran, setelah dicuci bersih lalu disiangi (dipetik sesuai selera).
2
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, serai dan daun pandan hingga harum. Kemudian masukkan beras, separuh labu kuning, jagung, dan wortel. Tuang 900 ml air aduk² hingga rata.
Bubur Manado Sedap dan Sehat - Step 2
Bubur Manado Sedap dan Sehat - Step 2
3
Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk, aduk rata dan koreksi rasa. Setelah air menyusut dan labu kuning + wortel lunak, penyet² labu agar hancur dan warna bubur jadi orange Tambahkan lagi Air 900 ml (sisa air) dan masukkan sisa labu kuning. Masak hingga matang dan bubur mengental.
Bubur Manado Sedap dan Sehat - Step 3
4
Masukkan sayuran dan masak sebentar aja, biar sayurannya kriuk2/ crunchy. Apabila moms bikinnya banyak dan disantap bertahap (tidak habis sekaligus), ketika memanaskan buburnya, sebaiknya sayuran hijau direbus terpisah dan dimasukkan/ disajikan jelang bubur disantap, supaya sayuran tetap crunchy dan sehat (sayuran hijau baiknya tidak dipanaskan lagi)
Bubur Manado Sedap dan Sehat - Step 4
5
Bubur Manado Sedap dan Sehat - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MENUPPKM Bubur Ndeso (Resquqer)

MENUPPKM Bubur Ndeso (Resquqer)

Efek PPKM PSBB 2 tahun gak mudik kangen kampung halaman terutama makanan nya

4 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau Ala Dewi

Bubur Kacang Hijau Ala Dewi

Ini mah permintaan suami dari minggu lalu bun... Baru ketirutan 1 minggu setelah dia minta buatin... Haha

Bubur Kentang Daging Sapi MPASI 6 Bulan Day 8

Bubur Kentang Daging Sapi MPASI 6 Bulan Day 8

MPASI 6 Bulan baby Nala Day 8 22 Jan 2022 Di hari ke 8 ...Karbo nya yg biasanya Nasi di ganti dengan kentang.. Manfaat Kentang untuk MPASI : 1. Sumber Energi yg Baik 2. Menyehatkan Pencernaan 3. Mengontrol Tekanan Darah 4. Meningkatkan sistem Imunitas Tubuh 5. Menjaga kesehatan Kulit 6. Menurunkan Resiko Terserang Infeksi Alhamdulillah baby Nala selalu Lahap makan MPASI nya... #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #MPASI6bulanDay8 #MPASI6Bulan #MPASIBuburKentangDagingSapi #MPASIKentang #MPASIDagingSapi #ResepMpasiNala #ResepFey_pawonmungil #fey_pawonmungil

3 Porsi
Bubur Jamur

Bubur Jamur

Makanan wajib kalau lagi kurang sehat. tanpa pelengkapnya saja sudah enak. #PejuangGoldenBatikApron

4-5 porsi
1 jam 30 menit
Bubur kacang ijo sederhana

Bubur kacang ijo sederhana

Untuk pemula lumayan enak kata suami 😍😘. Masak lah dengan penuh rasa Cinta bunda, dan selalu mengawali nya dengan bismillah

3/4porsi
Bubur moreng

Bubur moreng

3 orang
30 menit
158. #MPASI Bubur Tenggiri

158. #MPASI Bubur Tenggiri

Menu makan anak aku hari ini. Pake prohe Ikan Tenggiri nih. Bisa dicobain pake ikan lainnya juga. #ApprovedbyBocil ❤

3 porsi
Bubur Sup

Bubur Sup

Anak lagi susah makan, jadilah cari2 resep. Ini resep dari guru masak sehat alami saya Wied Harry Apriadji. Bukan hanya buat MPASI,, ini jadi sarapan keluarga pagi ini 😀 Baby saya juga lahap Alhamdulillah,,selamat mencoba #menusarapan #MPASI #TiketGoldenBatikApron

3 porsi
1 jam
#11 Bubur Kacang Hijau #BikinRamadanBerkesan

#11 Bubur Kacang Hijau #BikinRamadanBerkesan

17/05/2018 Resep ke 11 Ramadhan Wkt pulang ke Cilacap mertua bekelin aku kacang hijau 1kg dan baru ke inget masih ada sisa setengah nya 😭 dari pd mubadzir lebih baik di jadikan Takjil untuk berbuka puasa #BikinRamadanBerkesan

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

rencana mau bikin bubur kacang ijo ketan hitam trnyta stok ketan hitam habis jdnya pake ketan putih saja, tp ttp enak kook..

Bubur ubi

Bubur ubi

Untuk santannya bisa dicampur langsung wkt proses memasak bisa juga dipisah ya bun. Kalo dipisah cara penyajiannya tinggal siapkan mangkok tuang bubur di mangkok lalu dituang santannya. Bubur ini bisa disajikan hangat bisa jg disajikan dingin. Sama2 enak.

Bubur Manado ala Zha

Bubur Manado ala Zha

Bubur Manado ini inspired by @ feykitchen2020

4-5 orang
Bubur Nila Tempe

Bubur Nila Tempe

Mpasi ku terinspirasi di postingan mpasi Instagram banyak bangett referensi disana dan pastinya bikin baby lahap makan! So jadi aku cobain resep ini buat baby Jenna, selamat mencoba mommy!🥰🤗

3 orang
1jam 45 menit
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Berhubung suami lagi diet & ngurangin karbo, puter otak deh gimana caranya biar tetep kenyang tapi nggak makan nasi 🙈 Akhirnya kepikiran buat bubur kacang ijo ini. Alhamdulillah suami suka, katanya mirip yg dijual abang abang pinggir jalan, lebih enak malah. Simple bikinnya, bakal jadi kudapan favorit 💕 Source : Dina "Ummu Khal Kitchen" #CookpadCommunity_Tangerang

Mpasi Bubur ayam wortel 6 bulan

Mpasi Bubur ayam wortel 6 bulan

Anak pertama dan sengaja mau buat bubur homemade Emaknya suka rasanya anaknya juga lahap

2 kali makan
Bubur Kacang Hijau Santan Pisah.. #49

Bubur Kacang Hijau Santan Pisah.. #49

Biar bentuk masih utuh tapi teksturnya udah empukk bgt .. Lezatosss .. 👍

Bubur Kacang Hijau (Burjo Bibik)

Bubur Kacang Hijau (Burjo Bibik)

Cerita ini khusus utk pemula yang ingin membuat bubur kacang ijo simpel, enak, lemak. Baru kali ini saya masak, ada yang nangis karena masakan saya mirip masakan ibunya 😍😍 (Sebelumnya doi komplen mulu kurang pedes, kurang asin, kurang mateng 😂😂)

Bubur Ketan Hitam Kacang Ijo(Mung Beans and Black Sticky Rice)

Bubur Ketan Hitam Kacang Ijo(Mung Beans and Black Sticky Rice)

Masak 2 versi nih , satu dengan santan satu lagi dengan soya bean . Hal tersebut dikarenakan saya menghindari santan (lg diet) wkwk. Jd buat tmn2 semua terserah mau pake santan atau gaa ya.