Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Jadul Kuah Kuning yang Enak

Dipos pada December 8, 2018

Bubur Jadul Kuah Kuning

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Jadul Kuah Kuning yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur Jadul Kuah Kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Jadul Kuah Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Jadul Kuah Kuning bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Jadul Kuah Kuning kira-kira 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Bubur Jadul Kuah Kuning diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Jadul Kuah Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Jadul Kuah Kuning memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur jadul karena dimasak pakai santan. Tapi dimodif dengan kuah kuning dan kacang merah. Hasilnya enaak Bun... 😘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Jadul Kuah Kuning:

  1. 500 gr beras karon untuk bubur
  2. Santan dari 1/2 kelapa atau 2 pcs santan instan
  3. 300 gr daging ayam
  4. Daun bawang ambil bagian putihnya, chopped
  5. Kacang merah goreng
  6. Emping dan kerupuk
  7. 4 telur rebus, belah
  8. Bawang goreng
  9. Kecap asin
  10. Kecap manis

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Jadul Kuah Kuning

1
Siapkan bahan. Masak bubur, masukkan santan, daun salam dan garam, aduk rata. Masak hingga bubur mengental. Rebus ayam sampai empuk. Ambil kaldunya, sisihkan.
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 1
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 1
2
Rebus telur untuk topping. Dinginkan dan kupas. Blender semua bimbu kecuali daun salam/jeruk/sere. Tumis dengan api kecil, tambahkan air kaldu, daun jeruk, salam dan sere.
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 2
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 2
3
Masukkan ayam yang sudah direbus, tambahkan air, garam, lada, gula dan kaldu blok. Koreksi rasa. Sisihkan ayamnya, saring kuah kuningya. Tambahkan kacang tanah goreng sebagai pelengkap (me: kacang merah).
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 3
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 3
4
Goreng ayam setengah matang dan potong suwir. Tata bubur dalam mangkok dengan topping lengkap. Siram kuah kuning, tambahkah kerupuk, emping dan bawang goreng.
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 4
Bubur Jadul Kuah Kuning - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 6m+ bubur udang bayam keju

Mpasi 6m+ bubur udang bayam keju

2 kali makan
50 menit
Mpasi Bubur Ayam Mentega

Mpasi Bubur Ayam Mentega

3 porsi
30 menit
Mpasi 6 bulan: bubur ayam tahu

Mpasi 6 bulan: bubur ayam tahu

kali ini aku masak pakai slowcooker yah moms.

2 kali makan (pagi & sore)
2 jam slow cooker
Bubur Oatmeal Ayam

Bubur Oatmeal Ayam

Bubur ayam itu godaan, tapi karena sedang mengurangi konsumsi nasi putih digantilan si beras putih pake oatmeal untuk dijadikan bubur oatmeal ayam.

1 porsi
MPASI bubur ikan kembung

MPASI bubur ikan kembung

Menurut dr. Arina Heidyana, manfaat ikan kembung untuk MPASI ialah membantu perkembangan otak anak berkat kandungan omega-3. “Lalu, vitamin A, B1, C, D, dan E, zat besi, serta fosfor sangat baik dalam menunjang perkembangan pada mata, tulang, dan daya tahan tubuh,” Dari segi gizi, ikan kembung ternyata punya gizi lebih tinggi dibanding ikan salmon. Kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi. Ikan kembung juga sumber gizi yang sangat baik.

3x makan
1 Jam
MPASI 6+ bubur mujair bumbu kuning

MPASI 6+ bubur mujair bumbu kuning

Resep bisa untuk 6-9bulan menyesuaikan tekstur ya mom

2x makan
kurleb 30menit
Bubur sengkolo (nasi sisa)

Bubur sengkolo (nasi sisa)

Sering punya nasi sisa, biasanya di jemur. Bosen kl di jemur aja, sekali2 di bikin bubur aja. Kali ini bikin bubur sengkolo aja krn menyesuaikan stok yg ada.

Bubur Manado minim budget

Bubur Manado minim budget

Di rmh semua suka bubur manado tp buatnya tdk terlalu sering krn biasanya sy kalo buat sayurnya hrs yg fresh jd blm masuk kulkas nah mumpung ada pekan posbar sesuai budget di bln tua jd hari ini menu pagi kami dirmh bubur manado dgn budget minim #GA_TheNextLevel #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget

6 porsi
60 menit
812. Bubur Gurih Praktis Bergizi (mengolah sisa nasi)

812. Bubur Gurih Praktis Bergizi (mengolah sisa nasi)

Assalamu'alaikum sahabat dapur, Mengolah nasi sisa agar ada yang ngelirik, pilihan jatuh pada bubur gurih. Alhamdulillah, akhirnya malah jadi "rebutan" warga, hehehe 👍🥰 lumayan juga bisa nambah lagi item di kumpulan #ResepdeBloom. Silakan dicoba yaaa ... Halloo . . . gimana kabar tim kesayangan? #CookpadCommunity_Malang, #EmakNusantaraKreatif, dan #Kendedes. Saya doakan semoga semua "Paders" Indonesia tetap terjaga kesehatannya, aamiin ... Salam sehat dan sukses selalu ...🌹🥰🤲💪❤️💯 (2021-037).

4 porsi
30 menit
4. Bubur kacang ijo fibercreme mudah dan hemat waktu

4. Bubur kacang ijo fibercreme mudah dan hemat waktu

Gak tau knp suka bgt sama bubur kacang ijo, tapi karna punya asam lambung jadi pake fibercreme. Dan sekarang jatuh cinta bgt sama burjo fibercreme gak bikin kembung dan asam lambung aman. Apalagi buatnya hemat waktu dan gak perlu rendem2 kacangnya

7 orang
45 menit
Bubur telur ayam kampung (mpasi 6m+)

Bubur telur ayam kampung (mpasi 6m+)

07 okt 2021 hari pertama mpasi si bayikuu . Alhamdulillah dia mangap terus sama bubur pertamanya 🥰 Btw ini buat 2 porsi ya . Pagi dan sore

2. MPASI bubur nasi tempe pokcoy (8m+)

2. MPASI bubur nasi tempe pokcoy (8m+)

Menu mpasi untuk bayi difa (8m+) Cukup untuk 2x makan (porsi kecil). #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
20 menit
Bubur ikan senangin+puyuh+sayur mpasi 6 bulan

Bubur ikan senangin+puyuh+sayur mpasi 6 bulan

Biji bijian : Beras Sayuran : Jagung muda dan wortel Kacang : Tempe Makanan laut : Ikan Senangin Daging dan sumber protein : Telur puyuh

Bubur Ayam Kuah Kuning (bubur dari nasi sisa semalam)

Bubur Ayam Kuah Kuning (bubur dari nasi sisa semalam)

Nasi sisa semalam biasa nya dibuat nasi goreng berhubung anak lanang lagi sakit sarapan pagi pengen makan bubur nyari resep dan otw bikin lah🥰 Sudah lama banget bikinnya baru sempat nulis 🙏 Source:Azizah Kitchen Resep bisa dilihat 👇 https://cookpad.com/id/resep/10654287-bubur-ayam-kuah-kuning-bubur-dari-nasi-sisa-semalam?invite_token=YC6NYLU73mmFR3bquqpNeruE&shared_at=1630026622 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague #CintaUntukBerlian #SayangCoboyUntukBerlian

Bubur Manado

Bubur Manado

Menu sarapan di hari libur, kaya nutrisi dan mudah membuatnya. Seharusnya menggunakan daun gedi sebagai sayurnya juga berguna untuk mengentalkan bubur, tapi cukup sulit didapatkan di Jakarta, jadi menggunakan kangkung dan bayam sebagai penggantinya.

6-8 orang
1 jam
Bubur Pacar Cina

Bubur Pacar Cina

Pengen bubur pacar cina kayak orang ngidam, ampun. Pacar cina ya udah beli lama, tapi baru sempet di olah sekarang. Di Bandung, sebagian orang bilang pacar cina seperti ini adalah sekoteng. Tapi saya, lahir dan besar di Jakarta, dari dulu menyebutnya pacar cina. Di makan hangat atau di jadikan es berkuah dua2nya enak👍. #pacarcina #buburpacarcina #takjilramadhan #menuberbuka #bundaei #cookpadcommunity #cookpad_id #buburtradisinal #cookpadcommunity_bandung

Bubur MPASI Ayam Lodeh

Bubur MPASI Ayam Lodeh

Bubur ayam lodeh, bubur gurih anti GTM. Fiyya lahap banget makan ini. Menu lengkap; Karbo : beras prohe : ayam fillet prona: tahu Sayur : tomat, dan labu *labu nya tidak kefoto. Bumtik : duo bawang Lemak Tambahan : santan kara dan ub Santan bisa juga diganti pakai uht *disesuaikan dengan stok dirumah saja. Takaran bahan dan tekstur bubur disesuaikan dengan kebutuhan anak ya bu Happy recook 🥰🥰

3 porsi
Bubur kacang ijo madura (abang2)

Bubur kacang ijo madura (abang2)

Dari dulu penasaran cara buat bubur ini, akhirnya nemu resep dellasuzura. Aslinya resepnya untuk bubur ketan item, tapi bisa diaplikasiin untuk bubur kacang ijo juga

3 orang
1 jam
Bubur Sayur Mix

Bubur Sayur Mix

Makanan sehat sederhana yang banyak serat . Menjadi menu terbaik yang kaya gizi buat sarapan pagi si buah hati tercinta. Buat menambah cita rasa serta sumber gizi, bunda dapat menambahkan hati ayam jika suka. Atau menambahkan protein lainya. Dan bunda bunda dapat mengganti berbagai jenis sayur sesuai selera.

10 porsi
1jam